Implementasi Pemanfaatan Media Alam Sekitar Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Siswa pada MIN 03 Bone
Mega Rizkia hamzah/02.16.5010 - Personal Name
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pemanfaatan Media Alam
sekitar di MIN 3 Bone. 2) Untuk mengetahui cara Menumbuhkan kemampuan Menulis
Puisi Siswa dengan pemanfaatan media alam sekitar di MIN 3 Bone.
Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif
dengan Pendekatan Paedagogik dan Pendekatan Sinektik, untuk memperoleh data
yang diinginkan menggunakan data primer dan data sekunder, selanjutnya dianalisis
dengan cara 1. Meredukasi data, 2. Mendiskripsikan data, 3. Penarikan Kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Pemanfaatan Media Alam
sekitar pada materi Menulis Puisi adalah salah satu media yang digunakan oleh guru
dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa agar mempermudah dalam
proses pembelajaran, guru perlu menciptakan suasana belajar yang baru agar siswa
yang diajar tidak bosan dengan suasana belajar mengajar di dalam kelas,
memanfaatkan lingkungan sekolah salah satu upaya untuk menciptakan suasana belajar
yang baru, di lingkungan sekolah banyak tempat yang bisa dijadikan tempat belajar
seperti Taman sekolah selain tempatnya yang menarik ditaman sekolah juga dapat
membuat pikiran siswa menjadi lebih fresh dan memudahkan siswa untuk berfikir
media alam sekitar dalam menumbuhkan kemampuan menulis puisi siswa sangat
efektif. Guru berhasil menciptakan suasana belajar yang berbeda didukung dengan
kondisi lingkungan sekolah yang menarik perhatian siswa, dapat disimpulkan bahwa
penggunaan media alam sekitar membantu siswa berfikir secara lebih fresh karena
siswa mendapatkan suasana belajar yang baru, pada saat proses belajar mengajar
berlangsung siswa lebih antusias untuk belajar, dan memudahkan siswa berfikir terkait
apa yang ingin dijadikan bahan untuk menulis puisi karena mereka berada di luar kelas
banyak yang mereka lihat dan bisa dijadikam sebagai bahan untuk menulis puisi.
A. Kesimpulan
Berdasarkan uraian- uraian yang telah dipaparkan dalam bab- bab
sebelumnya, sesuai data hasil penelitian dan analisa peneliti mengenai Urgensi
Pemanfaatan Media Alam Sekitar dalam Menumbuhkan Kemampuan Menulis Puisi
Siswa pada MIN 3 Bone, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:
1. Pemanfaatan Media Alam sekitar pada materi Menulis Puisi adalah salah satu
media yang digunakan oleh guru dalam menyampaikan materi pembelajaran
kepada siswa agar mempermudah dalam proses pembelajaran, guru perlu
menciptakan suasana belajar yang baru agar siswa yang diajar tidak bosan
dengan suasana belajar mengajar di dalam kelas, memanfaatkan lingkungan
sekolah salah satu upaya untuk menciptakan suasana belajar yang baru, di
lingkungan sekolah banyak tempat yang bisa dijadikan tempat belajar seperti
Taman sekolah selain tempatnya yang menarik ditaman sekolah juga dapat
membuat pikiran siswa menjadi lebih fresh dan memudahkan siswa untuk
berfikir.
2. Menumbuhkan kemampuan menulis puisi siswa di MIN 3 Bone dengan
menggunakan media alam sekitar sangat baik di terapkan karena dengan
menggunakan media alam sekitar siswa mampu berfikir secara lebih fresh dan
suasana hatinya senang karena siswa mendapatkan suasana belajar yang baru
sebelumnya siswa hanya belajar di dalam kelas setelah guru membawa siswa
belajar di luar ruangan siswa lebih aktif dan nyaman pada saat proses belajar
mengajar berlangsungkegiatan belajar mengajar di luar kelas lebih menarik
perhatian dan antusias siswa untuk belajar, serta memudahkan siswa berfikir
secara abstrak terkait apa yang ingin dijadikan bahan untuk menulis puisi karena
mereka berada di luar kelas banyak yang mereka lihat dan bisa dijadikam
sebagai bahan untuk menulis puisi.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian dari kesimpulan yang telah dipaparkan maka
saran yang dapat disampaikan oleh peneliti sebagai berikut:
1. Bagi guru dan calon guru untuk menumbuhkan kemampuan menulis puisi
siswa media yang cocok digunakan yaitu Media Alam sekitar karena media ini
sangat membantu siswa dalam berfikir secara nyata karena mereka di ajak ke
alam bebas untuk berfikir sambil menikmati pemandangan disekitar mereka.
2. Bagi siswa, dalam penggunaan Media Alam sekitar ini siswa diharapkan lebih
mematuhi aturan- aturan sebelum mereka ke lokasi belajar untuk menghindari
hal- hal yang tidak diinginkan.
3. Bagi peneliti, untuk diwaktu yang akan datang penelitian ini akan sangat
berguna diwaktu yang akan datang karena peneliti dapat menggunakan media
alam sekitar untu menumbukan kemampuan menulis puisi siswa.
sekitar di MIN 3 Bone. 2) Untuk mengetahui cara Menumbuhkan kemampuan Menulis
Puisi Siswa dengan pemanfaatan media alam sekitar di MIN 3 Bone.
Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif
dengan Pendekatan Paedagogik dan Pendekatan Sinektik, untuk memperoleh data
yang diinginkan menggunakan data primer dan data sekunder, selanjutnya dianalisis
dengan cara 1. Meredukasi data, 2. Mendiskripsikan data, 3. Penarikan Kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Pemanfaatan Media Alam
sekitar pada materi Menulis Puisi adalah salah satu media yang digunakan oleh guru
dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa agar mempermudah dalam
proses pembelajaran, guru perlu menciptakan suasana belajar yang baru agar siswa
yang diajar tidak bosan dengan suasana belajar mengajar di dalam kelas,
memanfaatkan lingkungan sekolah salah satu upaya untuk menciptakan suasana belajar
yang baru, di lingkungan sekolah banyak tempat yang bisa dijadikan tempat belajar
seperti Taman sekolah selain tempatnya yang menarik ditaman sekolah juga dapat
membuat pikiran siswa menjadi lebih fresh dan memudahkan siswa untuk berfikir
media alam sekitar dalam menumbuhkan kemampuan menulis puisi siswa sangat
efektif. Guru berhasil menciptakan suasana belajar yang berbeda didukung dengan
kondisi lingkungan sekolah yang menarik perhatian siswa, dapat disimpulkan bahwa
penggunaan media alam sekitar membantu siswa berfikir secara lebih fresh karena
siswa mendapatkan suasana belajar yang baru, pada saat proses belajar mengajar
berlangsung siswa lebih antusias untuk belajar, dan memudahkan siswa berfikir terkait
apa yang ingin dijadikan bahan untuk menulis puisi karena mereka berada di luar kelas
banyak yang mereka lihat dan bisa dijadikam sebagai bahan untuk menulis puisi.
A. Kesimpulan
Berdasarkan uraian- uraian yang telah dipaparkan dalam bab- bab
sebelumnya, sesuai data hasil penelitian dan analisa peneliti mengenai Urgensi
Pemanfaatan Media Alam Sekitar dalam Menumbuhkan Kemampuan Menulis Puisi
Siswa pada MIN 3 Bone, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:
1. Pemanfaatan Media Alam sekitar pada materi Menulis Puisi adalah salah satu
media yang digunakan oleh guru dalam menyampaikan materi pembelajaran
kepada siswa agar mempermudah dalam proses pembelajaran, guru perlu
menciptakan suasana belajar yang baru agar siswa yang diajar tidak bosan
dengan suasana belajar mengajar di dalam kelas, memanfaatkan lingkungan
sekolah salah satu upaya untuk menciptakan suasana belajar yang baru, di
lingkungan sekolah banyak tempat yang bisa dijadikan tempat belajar seperti
Taman sekolah selain tempatnya yang menarik ditaman sekolah juga dapat
membuat pikiran siswa menjadi lebih fresh dan memudahkan siswa untuk
berfikir.
2. Menumbuhkan kemampuan menulis puisi siswa di MIN 3 Bone dengan
menggunakan media alam sekitar sangat baik di terapkan karena dengan
menggunakan media alam sekitar siswa mampu berfikir secara lebih fresh dan
suasana hatinya senang karena siswa mendapatkan suasana belajar yang baru
sebelumnya siswa hanya belajar di dalam kelas setelah guru membawa siswa
belajar di luar ruangan siswa lebih aktif dan nyaman pada saat proses belajar
mengajar berlangsungkegiatan belajar mengajar di luar kelas lebih menarik
perhatian dan antusias siswa untuk belajar, serta memudahkan siswa berfikir
secara abstrak terkait apa yang ingin dijadikan bahan untuk menulis puisi karena
mereka berada di luar kelas banyak yang mereka lihat dan bisa dijadikam
sebagai bahan untuk menulis puisi.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian dari kesimpulan yang telah dipaparkan maka
saran yang dapat disampaikan oleh peneliti sebagai berikut:
1. Bagi guru dan calon guru untuk menumbuhkan kemampuan menulis puisi
siswa media yang cocok digunakan yaitu Media Alam sekitar karena media ini
sangat membantu siswa dalam berfikir secara nyata karena mereka di ajak ke
alam bebas untuk berfikir sambil menikmati pemandangan disekitar mereka.
2. Bagi siswa, dalam penggunaan Media Alam sekitar ini siswa diharapkan lebih
mematuhi aturan- aturan sebelum mereka ke lokasi belajar untuk menghindari
hal- hal yang tidak diinginkan.
3. Bagi peneliti, untuk diwaktu yang akan datang penelitian ini akan sangat
berguna diwaktu yang akan datang karena peneliti dapat menggunakan media
alam sekitar untu menumbukan kemampuan menulis puisi siswa.
Ketersediaan
| STAR20210086 | 86/2021 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
86/2021
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
