Pengaruh Iklim Sosial Kelas Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Smp Negeri Satap 4 Palkka Kab. Bone

No image available for this title
Skripsi ini membahas tentang pengaruh iklim sosial kelas terhadap motivasi
belajar siswa di SMP Negeri SATAP 4 Palakka Kab. Bone. Masalah pokok penelitian
ini yaitu bagaimana pengaruh iklim sosial kelas terhadap motivasi belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui iklim sosial kelas di SMP Negeri SATAP 4
Palakka, motivasi belajar siswa di SMP Negeri SATAP 4 Palakka, dan pengaruh
iklim sosial kelas terhadap motivasi belajar siswa.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Untuk mendapatkan
informasi dari masalah di atas, penulis menggunakan metode field research
(penelitian lapangan). Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara,
dan dokumentasi. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan metode
kuantitatif (statistik) untuk mendeskripsikan penelitian tentang iklim sosial kelas,
motivasi belajar siswa, dan pengaruh iklim sosial kelas terhadap motivasi belajar
siswa. Selanjutnya, dalam menganalisis data, penulis melakukan pengujian
independensi antara dua faktor menggunakan statistik uji regresi linier sederhana
dengan bantuan software IBM Statistical Package for Social Sciences (SPSS)
Statistics 26. Penelitian ini juga menggunakan pendekatan sosiologis dan psikologis.
Hasil penelitian ini menujukkan bahwa iklim sosial kelas di SMP Negeri
SATAP 4 Palakka Kab. Bone dapat dikatakan baik dengan kriteria guru telah
memberikan perlakuan yang adil terhadap siswa, adanya komunikasi yang dinamis
antar warga kelas, terjalinnya hubungan antar pribadi yang akrab dan adanya sikap
saling menghargai satu dengan yang lain. Hal ini sesuai dengan hasil analisis jawaban
angket responden diperoleh nilai rata-rata 46,31 untuk variabel iklim sosial kelas.
Angka 46,31 berada pada kategori baik di dalam interval. Sedangkan motivasi belajar
siswa di SMP Negeri SATAP 4 Palakka dapat dikatakan baik dengan kriteria siswa
aktif mengikuti pembelajaran, selalu menyelesaikan tugas yang diberikan, siswa
punya semangat untuk berprestasi dan ingin mendapatkan nilai yang tinggi. Hal ini
sesuai dengan hasil analisis jawaban angket responden diperoleh nilai rata-rata 47,42
untuk variabel motivasi belajar siswa. Angka 47,42 berada pada kategori baik di
dalam interval. Hasil uji f diperoleh nilai Fhitung 23,294 Ftabel 4,03 dan nilai sig.
sebesar 0.000 < 0.05 serta hasil uji t diperoleh nilai thitung 4,826 > ttabel 1,67469 dan
nilai sig. untuk pengaruh iklim sosial kelas terhadap motivasi belajar siswa sebesar
0.000 < 0.05, hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima yang artinya
iklim sosial kelas berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap motivasi belajar
siswa di SMP Negeri SATAP 4 Palakka Kab. Bone. Hal ini dapat diinterpretasikan
bahwa semakin tinggi iklim sosial kelas dibangun maka semakin tinggi motivasi
belajar siswa yang ditampilkan. Demikian pula sebaliknya, semakin rendah iklim
sosial kelas dibangun semakin rendah motivasi belajar siswa yang ditampilkan.
1. Simpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan sebelumnya, maka dapat ditarik
kesimpulan sebagai berikut:
1. Dari hasil analisis angket iklim sosial kelas di SMP Negeri SATAP 4 Palakka
Kab. Bone diatas, dapat diketahui bahwa rata-rata untuk variabel iklim sosial
kelas (X) adalah 46,31. Angka 46,31 berada pada kategori baik (lihat lampiran
9). Jadi, dapat dibuktikan bahwa iklim sosial kelas yang terkait dengan
perlakuan yang adil, komunikasi yang dinamis, motivasi guru kepada siswa,
sikap saling mengahargai satu dengan yang lain, dan mendahulukan
kepentingan bersama di kelas serta sikap saling terbuka di SMP Negeri
SATAP 4 Palakka Kab. Bone adalah baik.
2. Dari hasil analisis angket motivasi belajar siswa di SMP Negeri SATAP 4
Palakka Kab. Bone dapat dipahami bahwa rata-rata untuk variabel Motivasi
Belajar Siswa (Y) adalah 47,42. Angka 47,42 berada pada ketegori baik (lihat
lampiran 10). Jadi, dapat dibuktikan bahwa motivasi belajar siswa yang terkait
dengan keinginan belajar, rasa senang mengikuti pelajaran, selalu
menyelesaikan tugas, meningkatkan pengetahuan, ingin berprestasi, dan ingin
mendapat pengakuan serta ingin nilai yang tinggi di SMP Negeri SATAP 4
Palakka Kab. Bone adalah baik.
3. Berdasarkan hasil uji f diperoleh nilai Fhitung 23,294 Ftabel 4,03 dan nilai sig.
sebesar 0.000 < 0.05 serta hasil uji t diperoleh nilai thitung 4,826 > ttabel
1,67469 dan nilai sig. untuk pengaruh iklim sosial kelas terhadap motivasi
belajar siswa sebesar 0.000 < 0.05, hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak
dan H1 diterima yang artinya iklim sosial kelas berpengaruh secara positif dan
signifikan terhadap motivasi belajar siswa di SMP Negeri SATAP 4 Palakka
Kab. Bone. Hal ini dapat diinterpretasikan bahwa semakin tinggi iklim sosial
kelas dibangun maka semakin tinggi motivasi belajar siswa yang ditampilkan.
Demikian pula sebaliknya, semakin rendah iklim sosial kelas dibangun
semakin rendah motivasi belajar siswa yang ditampilkan.
2. Saran
Berdasarkan simpulan diatas maka dapat disarankan sebagai berikut:
1. Iklim sosial kelas di SMP Negeri SATAP 4 Palakka Kab. Bone agar selalu
dijaga dan dikembangkan agar individu-individu yang ada selalu bersemangat
dalam mewujudkan pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif dan
menyenangkan dikelas.
2. Para guru agar senantiasa lebih meningkatkan interaksi yang baik dengan
siswa serta mengatur hubungan baik antar siswa agar suasana penuh dengan
kekeluargaan sehingga siswa akan lebih termotivasi untuk belajar.
3. Kepada pimpinan sekolah diharapkan agar lebih menciptakan iklim sekolah
yang kondusif agar semua warga sekolah selalu merasa nyaman berada di
lingkungan sekolah dan mampu mengemban tugasnya dengan baik.
Ketersediaan
STAR2021007474/2021Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

74/2021

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyahh

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Subyek

Iklim kelas

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top