Penerapan Metode Qiraati dalam Pembelajaran Membaca Al- Qur’an di TPQ Miftahul Iman Boarenge Kec. Sibulue Kab. Bone
Rahmatang./02.17.10.79 - Personal Name
Skripsi
ini
membahas
mengenai
“Penerapan metode Qirāati dalam
Pembelajaran Membaca Al-Qur’an di TPQ Miftahul Iman Boarenge Kec. Sibulue
Kab. Bone”. Hal yang penting dikaji dalam skripsi ini yakni untuk mengetahui
bagaimana implementasi metode Qirāati dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an di
TPQ Miftahul Iman Boarenge Kec. Sibulue Kab. Bone, untuk mengetahui kelebihan
dan kekurangan metode Qirāati dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an di TPQ
Miftahul Iman Boarenge Kec. Sibulue Kab. Bone dan untuk mengetahui konstribusi
penerapan metode Qirāati di TPQ Miftahul Iman Boarenge Kec. Sibulue Kab. Bone
Untuk memudahkan memecahkan masalah tersebut, jenis penelitian yang
digunakan adalah penelitian kualitatif (qualitatif research), penulis melakukan
pendekatan teologis-normatif, pendekatan paedagogis, pendekatan psikologis dan
melakukan
penelitian lapangan
dengan
menggunakan
teknik
observasi
dan
wawancara. Data dianalisis dengan metode reduksi data, penyajian data, penarikan
kesimpulan dan verifikasi, selanjutnya dianalisis data deduktif yaitu mengambil
beberapa fakta yang bersifat umum yang selanjutnya dianalisis untuk diterapkan ke
hal yang bersifat khusus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, implemetnasi metode Qirāati
dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an di TPQ Miftahul Iman Boarenge Kec.
Sibulue Kab. Bone telah dilaksanakan dengan baik dengan guru mampu menerapkan
membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar serta mampu menguasai bacaan sesuai
dengan kaidah ilmu tajwid. Kedua, kelebihan dan kekurangan metode Qirāati dalam
pembelajaran membaca Al-Qur’an di TPQ Miftahul Iman Boarenge Kec. Sibulue
Kab. Bone adapun kelebihannya antara lain guru mampu mengajarkan mengenalkan
huruf-huruf hijaiyah, tanda-tanda baca dalam Al-Qur’an dan mengajarkan membaca
secara langsung tanpa dieja kepada santri sedangkan kekurangan antara lain, siswa
kurang fokus dan kesulitan membaca. Ketiga, konstribusi penerapan metode Qirāati
di TPQ, antara lain siswa mampu membaca Al-Qur’an secara fasih dan santri mampu
membaca Al-Qur’an sesuai dengan ketetapan tajwidnya.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian mengenai penerapan metode qiraati dalam
pembelajaran membaca Al-Qur’an di TPQ Miftahul Iman Boarenge, maka dapat
disimpulkan sebagai berikut:
1. Implementasi metode qiraati dalam pembelajaran membacaa Al-Qur’an di
TPQ Miftahul Iman Boarenge Kec. Sibulue Kab. Bone telah dilaksanakan
dengan baik dengan mampu menerapkan bacaan Al-Qur’an dengan baik dan
benar dan mampu menguasai bacaan sesuai dengan kaidah ilmu tajwid
2. Kelebihan dan Kekurangan yang dihadapi guru dalam menerapkan metode
qiraati di TPQ Miftahul Iman Boarenge antara lain kelebihan dalam
menerapkan metode qiraati yaitu siswa dapat mengenal huruf-huruf hijaiyah,
tanda-tanda baca dan membaca secara langsung tanpa dieja sedangkan
kekurangannya yaitu siswa kurang fokus dan siswa kesulitan membaca.
3. Konstribusi dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an di TPQ Miftahul Iman
Boarenge dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an seperti siswa
mampu membaca secara fasih dan siswa mampu membaca Al-Qur’an sesuai
dengan ketetapan tajwidnya
B. Implikasi
Setelah penulis mengumpulkan simpulan, maka dibawah ini akan diuraikan
implikasi atau saran. Adapun implikasi yang penulis maksud dalam pembahasan
skripsi ini yakni sebagai berikut:
1. Hendaknya guru melaksanakan atau menerapkan metode qiraatisecara optimal
dengan memperhatikan bagaimana tata cara pelaksanaan atau penerapan
metode qiraati agar santri dapat dengan cepat membaca Al-Qur’an dengan
baik dan benar sesuai dengan tajwidnya.
2. Hendaknya guru menjalin kerja sama terhadap orang tua dimana guru
membina dan membimbing siswanya di TPQ dan orang tua membina dan
membimbing anaknya di rumah.
3. Hendaknya bisa menjalankan perannya dengan sebaik mungkin agar proses
belajar mengajar dapat terlaksana dengan baik, serta siswa juga dapat
mengamalkan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari.
ini
membahas
mengenai
“Penerapan metode Qirāati dalam
Pembelajaran Membaca Al-Qur’an di TPQ Miftahul Iman Boarenge Kec. Sibulue
Kab. Bone”. Hal yang penting dikaji dalam skripsi ini yakni untuk mengetahui
bagaimana implementasi metode Qirāati dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an di
TPQ Miftahul Iman Boarenge Kec. Sibulue Kab. Bone, untuk mengetahui kelebihan
dan kekurangan metode Qirāati dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an di TPQ
Miftahul Iman Boarenge Kec. Sibulue Kab. Bone dan untuk mengetahui konstribusi
penerapan metode Qirāati di TPQ Miftahul Iman Boarenge Kec. Sibulue Kab. Bone
Untuk memudahkan memecahkan masalah tersebut, jenis penelitian yang
digunakan adalah penelitian kualitatif (qualitatif research), penulis melakukan
pendekatan teologis-normatif, pendekatan paedagogis, pendekatan psikologis dan
melakukan
penelitian lapangan
dengan
menggunakan
teknik
observasi
dan
wawancara. Data dianalisis dengan metode reduksi data, penyajian data, penarikan
kesimpulan dan verifikasi, selanjutnya dianalisis data deduktif yaitu mengambil
beberapa fakta yang bersifat umum yang selanjutnya dianalisis untuk diterapkan ke
hal yang bersifat khusus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, implemetnasi metode Qirāati
dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an di TPQ Miftahul Iman Boarenge Kec.
Sibulue Kab. Bone telah dilaksanakan dengan baik dengan guru mampu menerapkan
membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar serta mampu menguasai bacaan sesuai
dengan kaidah ilmu tajwid. Kedua, kelebihan dan kekurangan metode Qirāati dalam
pembelajaran membaca Al-Qur’an di TPQ Miftahul Iman Boarenge Kec. Sibulue
Kab. Bone adapun kelebihannya antara lain guru mampu mengajarkan mengenalkan
huruf-huruf hijaiyah, tanda-tanda baca dalam Al-Qur’an dan mengajarkan membaca
secara langsung tanpa dieja kepada santri sedangkan kekurangan antara lain, siswa
kurang fokus dan kesulitan membaca. Ketiga, konstribusi penerapan metode Qirāati
di TPQ, antara lain siswa mampu membaca Al-Qur’an secara fasih dan santri mampu
membaca Al-Qur’an sesuai dengan ketetapan tajwidnya.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian mengenai penerapan metode qiraati dalam
pembelajaran membaca Al-Qur’an di TPQ Miftahul Iman Boarenge, maka dapat
disimpulkan sebagai berikut:
1. Implementasi metode qiraati dalam pembelajaran membacaa Al-Qur’an di
TPQ Miftahul Iman Boarenge Kec. Sibulue Kab. Bone telah dilaksanakan
dengan baik dengan mampu menerapkan bacaan Al-Qur’an dengan baik dan
benar dan mampu menguasai bacaan sesuai dengan kaidah ilmu tajwid
2. Kelebihan dan Kekurangan yang dihadapi guru dalam menerapkan metode
qiraati di TPQ Miftahul Iman Boarenge antara lain kelebihan dalam
menerapkan metode qiraati yaitu siswa dapat mengenal huruf-huruf hijaiyah,
tanda-tanda baca dan membaca secara langsung tanpa dieja sedangkan
kekurangannya yaitu siswa kurang fokus dan siswa kesulitan membaca.
3. Konstribusi dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an di TPQ Miftahul Iman
Boarenge dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an seperti siswa
mampu membaca secara fasih dan siswa mampu membaca Al-Qur’an sesuai
dengan ketetapan tajwidnya
B. Implikasi
Setelah penulis mengumpulkan simpulan, maka dibawah ini akan diuraikan
implikasi atau saran. Adapun implikasi yang penulis maksud dalam pembahasan
skripsi ini yakni sebagai berikut:
1. Hendaknya guru melaksanakan atau menerapkan metode qiraatisecara optimal
dengan memperhatikan bagaimana tata cara pelaksanaan atau penerapan
metode qiraati agar santri dapat dengan cepat membaca Al-Qur’an dengan
baik dan benar sesuai dengan tajwidnya.
2. Hendaknya guru menjalin kerja sama terhadap orang tua dimana guru
membina dan membimbing siswanya di TPQ dan orang tua membina dan
membimbing anaknya di rumah.
3. Hendaknya bisa menjalankan perannya dengan sebaik mungkin agar proses
belajar mengajar dapat terlaksana dengan baik, serta siswa juga dapat
mengamalkan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari.
Ketersediaan
| STAR20210131 | 131/2021 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
131/2021
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
