Manajemen Perubahan Dalam Mewujudkan Madrasah Unggul Di Mts Ibadurrahman Muttahidah Kec. Sibulue Kab.Bone
Adriani/02.17.3015 - Personal Name
Skripsi ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai tahapan dalam
manajemen perubahan untuk menerapkan nilai-nilai dasar (jujur, disiplin, kerja keras,
dan kerja sama) siswa sebagai bentuk perwujudan madrasah unggul pada Masa
Pandemi Covid-19 di MTs Ibadurrahman Muttahidah Kecamatan Sibulue Kabupaten Bone.
Metode digunakan peneliti field research (penelitian lapangan) dengan
melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang di peroleh diolah
dengan menggunakan metode kualitatif untuk mendeskripsikan penelitian tentang
Manajemen Perubahan dalam Mewujudkan Madrasah Unggul pada Masa Pandemi
Covid-19 di MTs Ibadurrahman Muttahidah Kecamatan Sibulue Kabupaten Bone.
Dalam menganalisis data, penulis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen perubahan pada masa
pandemi Covid-19 di MTs Ibadurrahman Muttahidah Kecamatan Sibulue Kabupaten
Bone dilakukan dengan kegiatan unfreezing (pencairan), moving (perubahan), dan
refreezing (pembekuan kembali) dan menghasilkan perubahan positif. Hal tersebut
dapat dilihat dari pengimplementasian nilai-nilai dasar siswa pada masa pandemi
Covid-19 di MTs Ibadurrahman Muttahidah Kecamatan Sibulue Kabupaten Bone
sudah cukup baik.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dipaparkan pada bab sebelumnya,
maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Manajemen perubahan pada masa pandemi Covid-19 di MTs Ibadurrahman
Muttahidah Kecamatan Sibulue Kabupaten Bone dilakukan dengan kegiatan
refreezing (pencairan), moving (perubahan), dan refreezing (pembekuan
kembali), dan menghasilkan perubahan positif.
2. Implementasi nilai-nilai dasar sebagai bentuk perwujudan madrasah unggul di
masa pandemi Covid-19 di MTs Ibadurrahman Muttahidah Kecamatan
Sibulue Kabupaten Bone sudah cukup baik.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, selanjutnya penulis akan
menguraikan implikasi penelitian yang berisi saran-saran. Adapun saran-saran yang
penulis maksud, yaitu sebagai berikut:
1. Diharapkan kepada pihak sekolah untuk selalu bekerja sama dan
memperhatikan penyelenggaraan pembelajaran daring agar dapat
menanamkan sikap jujur, disiplin, kerja keras, dan kerja sama siswa.
2. Sebagai pelajar, siswa diharapkan mampu meningkatkan kejujuran,
kedisiplinan, kerja keras, dan kerja sama mereka khususnya dalam
pembelajaran daring dengan mendengar nasehat, mematuhi aturan serta
meningkatkan ketakwaannya kepala Allah SWT..
3. Peneliti yang berminat mengkaji masalah yang relevan dengan penelitian ini
diharapkan menelit manajemen perubahan lebih mendetail, dan lebih spesifik
membahas tentang faktor-faktor yang dapat mempengaruhi keunggulan suatu
madrasah.
manajemen perubahan untuk menerapkan nilai-nilai dasar (jujur, disiplin, kerja keras,
dan kerja sama) siswa sebagai bentuk perwujudan madrasah unggul pada Masa
Pandemi Covid-19 di MTs Ibadurrahman Muttahidah Kecamatan Sibulue Kabupaten Bone.
Metode digunakan peneliti field research (penelitian lapangan) dengan
melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang di peroleh diolah
dengan menggunakan metode kualitatif untuk mendeskripsikan penelitian tentang
Manajemen Perubahan dalam Mewujudkan Madrasah Unggul pada Masa Pandemi
Covid-19 di MTs Ibadurrahman Muttahidah Kecamatan Sibulue Kabupaten Bone.
Dalam menganalisis data, penulis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen perubahan pada masa
pandemi Covid-19 di MTs Ibadurrahman Muttahidah Kecamatan Sibulue Kabupaten
Bone dilakukan dengan kegiatan unfreezing (pencairan), moving (perubahan), dan
refreezing (pembekuan kembali) dan menghasilkan perubahan positif. Hal tersebut
dapat dilihat dari pengimplementasian nilai-nilai dasar siswa pada masa pandemi
Covid-19 di MTs Ibadurrahman Muttahidah Kecamatan Sibulue Kabupaten Bone
sudah cukup baik.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dipaparkan pada bab sebelumnya,
maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Manajemen perubahan pada masa pandemi Covid-19 di MTs Ibadurrahman
Muttahidah Kecamatan Sibulue Kabupaten Bone dilakukan dengan kegiatan
refreezing (pencairan), moving (perubahan), dan refreezing (pembekuan
kembali), dan menghasilkan perubahan positif.
2. Implementasi nilai-nilai dasar sebagai bentuk perwujudan madrasah unggul di
masa pandemi Covid-19 di MTs Ibadurrahman Muttahidah Kecamatan
Sibulue Kabupaten Bone sudah cukup baik.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, selanjutnya penulis akan
menguraikan implikasi penelitian yang berisi saran-saran. Adapun saran-saran yang
penulis maksud, yaitu sebagai berikut:
1. Diharapkan kepada pihak sekolah untuk selalu bekerja sama dan
memperhatikan penyelenggaraan pembelajaran daring agar dapat
menanamkan sikap jujur, disiplin, kerja keras, dan kerja sama siswa.
2. Sebagai pelajar, siswa diharapkan mampu meningkatkan kejujuran,
kedisiplinan, kerja keras, dan kerja sama mereka khususnya dalam
pembelajaran daring dengan mendengar nasehat, mematuhi aturan serta
meningkatkan ketakwaannya kepala Allah SWT..
3. Peneliti yang berminat mengkaji masalah yang relevan dengan penelitian ini
diharapkan menelit manajemen perubahan lebih mendetail, dan lebih spesifik
membahas tentang faktor-faktor yang dapat mempengaruhi keunggulan suatu
madrasah.
Ketersediaan
| STAR20210181 | 181/2021 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
181/2021
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
