Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Dalam Usaha Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA
Elvi Astuti/02.17.5064 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dalam
usaha meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui bagaimana lingkungan sekolah sebagai sumber belajar
dalam usaha meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA.
Jenis penelitian yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
kualitatif. Penelitian pustaka (Library Research). Data primer dalam penelitian ini
diperoleh langsung dari bahan-bahan pustaka yang berkaitan langsung dengan
masalah penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Lingkungan sekolah merupakan sumber
belajar yang paling efektif dan efesien serta tidak membutuhkan biaya yang besar
dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik, serta dapat digunakan secara sendiri-
sendiri maupun secara kelompok. Sumber belajar merupakan alat bantu yang berguna
dalam kegiatan belajar mengajar seperti bahan-bahan yang dimanfaatkan dan
diperlukan dalam proses pembelajaran, yang dapat berupa buku teks, media cetak,
media elektronik, narasumber, lingkungan sekitar dan sebagainya yang dapat
meningkatkan gairah belajar bagi peserta didik. 2) Usaha meningkatkan hasil belajar
siswa pada mata pelajaran IPA melalui media lingkungan diantaranya dengan
mempelajari tumbuhan melalui pemanfaatan lingkungan alam, diharapkan siswa
dapat lebih memahami gejala-gejala alam yang terjadi dalam kehidupannya sehari-
hari, melalui interaksi langsung dengan lingkungan dan alam sekitar akan
menimbulkan penghayatan baru dalam diri siswa tentang keterkaitan antar berbagai
lingkungan. Serta pemanfaatan lingkungan pada materi tumbuhan mampu
memudahkan siswa dalam belajar karena siswa dihadapkan langsung ke alam nyata.
A. Simpulan
Dari penjelasan yang sudah dipaparkan pada bab sebelumnya, penulis
menyimpulkan bahwa :
1. Lingkungan sekolah merupakan wadah tempat siswa dapat mengungkapkan
seluruh pikiran dan kegiatannya dalam proses pembelajaran. Lingkungan
adalah contoh nyata dalam sebuah pembelajaran dengan memanfaatkan
media, terutama dalam pembelajaran IPA, lingkungan dapat mengenalkan
secara langsung kepada peserta didik mengenai fenomena, bentuk, gerak,
sehingga peserta didik memperoleh contoh yang kongkrit dalam proses
pembelajaran, salah satu lingkungan yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber
belajar adalah lingkungan sekolah. Dari uraian tersebut, dapat ditarik
kesimpulan bahwa lingkungan merupakan sumber belajar yang paling efektif
dan efesien serta tidak membutuhkan biaya yang besar dalam meningkatkan
hasil belajar peserta didik, serta dapat digunakan secara sendiri-sendiri
maupun secara kelompok. Sumber belajar merupakan alat bantu yang berguna
dalam kegiatan belajar mengajar seperti bahan-bahan yang dimanfaatkan dan
diperlukan dalam proses pembelajaran, yang dapat berupa buku teks, media
cetak, media elektronik, narasumber, lingkungan sekitar dan sebagainya yang
dapat meningkatkan gairah belajar bagi peserta didik.
2. Usaha-usaha meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA
melalui media lingkungan sekolah yang di maksud adalah Sumber belajar
lingkungan adalah pemahaman terhadap gejala atau
tingkah laku tertentu dari objek atau pengamatan ilmiah terhadap sesuatu yang ada di
sekitar sebagai bahan pengajaran siswa sebelum dan sesudah menerima materi
sekolah dengan membawa pengalaman dan penemuan dengan apa yang mereka
dapatkan di lingkungan mereka.
Pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar adalah kegiatan
pembelajaran di MI sebaiknya dimulai dari lingkungan yang terkecil atau paling
dekat dengan siswa. Lingkungan sifatnya relatif menetap oleh karena itu jenis
lingkungan ini akan lebih mudah dikenal dan dipelajari oleh siswa. Dengan
mempelajari tumbuhan melalui pemanfaatan lingkungan alam diharapkan siswa dapat
lebih memahami gejala-gejala alam yang terjadi dalam kehidupannya sehari-hari,
melalui interaksi langsung dengan lingkungan dan alam sekitar akan menimbulkan
penghayatan baru dalam diri siswa tentang keterkaitan antar berbagai lingkungan.
Pemanfaatan lingkungan pada materi tumbuhan menurut peneliti adalah untuk
memudahkan siswa dalam pembelajaran karena lingkungan siswa dihadapkan
langsung ke alam nyata.
B. Implikasi
Berdasarkan pengalaman yang penulis lalui dalam penelitian ini, maka penulis
mengajukan saran-saran yang kiranya bisa diambil pelajaran untuk semua,
diantaranya :
1. Dalam mempelajari lingkungan sekolah hendaknya memperhatikan dasar-
dasar yang sudah ada agar lebih mudah untuk di pahami diantaranya adalah
menggunakan media yang ada di lingkungan sekolah.
2. Pemanfaatan media lingkungan sekolah pada mata pelajaran IPA terhadap
siswa diharapkan mampu memberikan jawaban kepada siswa sehingga
dampak yang dirasakan langsung mengena pada seluruh kalangan siswa.
3. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi informasi bagi peneliti mendatang
dan dapat memberi masukan, evaluasi, masukan, pemikiran, dan
pertimbangan mengenai lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dalam
usaha meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA.
usaha meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui bagaimana lingkungan sekolah sebagai sumber belajar
dalam usaha meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA.
Jenis penelitian yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
kualitatif. Penelitian pustaka (Library Research). Data primer dalam penelitian ini
diperoleh langsung dari bahan-bahan pustaka yang berkaitan langsung dengan
masalah penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Lingkungan sekolah merupakan sumber
belajar yang paling efektif dan efesien serta tidak membutuhkan biaya yang besar
dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik, serta dapat digunakan secara sendiri-
sendiri maupun secara kelompok. Sumber belajar merupakan alat bantu yang berguna
dalam kegiatan belajar mengajar seperti bahan-bahan yang dimanfaatkan dan
diperlukan dalam proses pembelajaran, yang dapat berupa buku teks, media cetak,
media elektronik, narasumber, lingkungan sekitar dan sebagainya yang dapat
meningkatkan gairah belajar bagi peserta didik. 2) Usaha meningkatkan hasil belajar
siswa pada mata pelajaran IPA melalui media lingkungan diantaranya dengan
mempelajari tumbuhan melalui pemanfaatan lingkungan alam, diharapkan siswa
dapat lebih memahami gejala-gejala alam yang terjadi dalam kehidupannya sehari-
hari, melalui interaksi langsung dengan lingkungan dan alam sekitar akan
menimbulkan penghayatan baru dalam diri siswa tentang keterkaitan antar berbagai
lingkungan. Serta pemanfaatan lingkungan pada materi tumbuhan mampu
memudahkan siswa dalam belajar karena siswa dihadapkan langsung ke alam nyata.
A. Simpulan
Dari penjelasan yang sudah dipaparkan pada bab sebelumnya, penulis
menyimpulkan bahwa :
1. Lingkungan sekolah merupakan wadah tempat siswa dapat mengungkapkan
seluruh pikiran dan kegiatannya dalam proses pembelajaran. Lingkungan
adalah contoh nyata dalam sebuah pembelajaran dengan memanfaatkan
media, terutama dalam pembelajaran IPA, lingkungan dapat mengenalkan
secara langsung kepada peserta didik mengenai fenomena, bentuk, gerak,
sehingga peserta didik memperoleh contoh yang kongkrit dalam proses
pembelajaran, salah satu lingkungan yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber
belajar adalah lingkungan sekolah. Dari uraian tersebut, dapat ditarik
kesimpulan bahwa lingkungan merupakan sumber belajar yang paling efektif
dan efesien serta tidak membutuhkan biaya yang besar dalam meningkatkan
hasil belajar peserta didik, serta dapat digunakan secara sendiri-sendiri
maupun secara kelompok. Sumber belajar merupakan alat bantu yang berguna
dalam kegiatan belajar mengajar seperti bahan-bahan yang dimanfaatkan dan
diperlukan dalam proses pembelajaran, yang dapat berupa buku teks, media
cetak, media elektronik, narasumber, lingkungan sekitar dan sebagainya yang
dapat meningkatkan gairah belajar bagi peserta didik.
2. Usaha-usaha meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA
melalui media lingkungan sekolah yang di maksud adalah Sumber belajar
lingkungan adalah pemahaman terhadap gejala atau
tingkah laku tertentu dari objek atau pengamatan ilmiah terhadap sesuatu yang ada di
sekitar sebagai bahan pengajaran siswa sebelum dan sesudah menerima materi
sekolah dengan membawa pengalaman dan penemuan dengan apa yang mereka
dapatkan di lingkungan mereka.
Pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar adalah kegiatan
pembelajaran di MI sebaiknya dimulai dari lingkungan yang terkecil atau paling
dekat dengan siswa. Lingkungan sifatnya relatif menetap oleh karena itu jenis
lingkungan ini akan lebih mudah dikenal dan dipelajari oleh siswa. Dengan
mempelajari tumbuhan melalui pemanfaatan lingkungan alam diharapkan siswa dapat
lebih memahami gejala-gejala alam yang terjadi dalam kehidupannya sehari-hari,
melalui interaksi langsung dengan lingkungan dan alam sekitar akan menimbulkan
penghayatan baru dalam diri siswa tentang keterkaitan antar berbagai lingkungan.
Pemanfaatan lingkungan pada materi tumbuhan menurut peneliti adalah untuk
memudahkan siswa dalam pembelajaran karena lingkungan siswa dihadapkan
langsung ke alam nyata.
B. Implikasi
Berdasarkan pengalaman yang penulis lalui dalam penelitian ini, maka penulis
mengajukan saran-saran yang kiranya bisa diambil pelajaran untuk semua,
diantaranya :
1. Dalam mempelajari lingkungan sekolah hendaknya memperhatikan dasar-
dasar yang sudah ada agar lebih mudah untuk di pahami diantaranya adalah
menggunakan media yang ada di lingkungan sekolah.
2. Pemanfaatan media lingkungan sekolah pada mata pelajaran IPA terhadap
siswa diharapkan mampu memberikan jawaban kepada siswa sehingga
dampak yang dirasakan langsung mengena pada seluruh kalangan siswa.
3. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi informasi bagi peneliti mendatang
dan dapat memberi masukan, evaluasi, masukan, pemikiran, dan
pertimbangan mengenai lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dalam
usaha meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA.
Ketersediaan
| STAR20210373 | 373/2021 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
373/2021
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
