Implementasi Strategi Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Kinerja Guru Di SMK Neg. 1 Bone
Fika ayu Lestari/ 02.17.3115 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang “Implementasi Strategi Kepala Sekolah
dalam Mengembangkan Kinerja Guru di SMK Negeri 1 Bone”. Hal yang penting
dikaji dalam skripsi ini yakni bagaimana strategi yang dimiliki kepala sekolah
dalam mengembangkan kinerja guru di SMK Negeri 1 Bone? Bagaimana kinerja
guru di SMK Negeri 1 Bone?
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, digunakan jenis
penelitian kualitatif (qualitatif research). Data dikumpulkan melalui wawancara,
observasi dan dokumentasi. Menggunakan pendekatan manajemen dan psikologi.
Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif
dengan tiga tahap yaitu tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pembinaan kinerja guru yang
dilakukan dari program pemerintah (pusat) maupun program dari kepala sekolah.
Motivasi yang diberikan oleh kepala sekolah yaitu memberikan dorongan kata-
kata dan memberikan teladan. Penghargaan yang diberikan oleh kepala sekolah
masih berbentuk non materi, kepala sekolah belum sempat memberikan
penghargaan dalam bentuk piagam dan finansial. Memberikan persepsi yang baik
bagi guru yang mempunyai kinerja yang baik. Adapun kaitan strategi kepala
sekolah dalam mengembangkan kinerja guru yaitu saling terkait, dengan
menerapkan strategi-strategi yang baik akan memberikan dampak bagi kinerja
guru seperti dalam perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, maupun
pengevaluasian pembelajaran.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian mengenai Implementasi Strategi Kepala Sekolah
dalam Mengembangkan Kinerja Guru di SMK Negeri 1 Bone, maka dapat
disimpulkan sebagai berikut:
1. Implementasi strategi kepala sekolah
Pembinaan kinerja guru telah dilaksanakan baik dari program pusat
maupun kepala sekolah seperti mengadakan pelatihan bagi guru-guru.
Motivasi yang dilakukan yaitu memberikan dorongan kata-kata baik secara
formal dan informal. Penghargaan belum dilaksanakan dalam bentuk
finansial maupun piagam, bentuk penghargaan kepala sekolah kepada guru
yaitu berterima kasih atas kinerja guru. Persepsi kepala sekolah terhadap
guru yaitu memberikan apresiasi bagi guru yang mempunyai kinerja yang
baik dalam proses pembelajaran .
2. Kinerja guru
Perencanaan pembelajaran telah dilakukan oleh guru sebelum mengadakan
proses pembelajaran karena perencanaan merupakan langkah awal sebelum
proses pembelajaran berlangsung dan merupakan pedoman yang digunakan
oleh guru dalam pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran yang
dilaksanakan oleh guru telah menggunakan media dalam proses
pembelajaran siswa dengan memfasilitasi siswa. Pengevaluasian
pembelajaran sudah terlaksana dengan baik, dimana dalam pengevaluasian
guru menulis nilai di buku siswa pada saat siswa
telah mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru, namun masih ada
beberapa guru yang dalam pengevaluasian tidak memperlihatkan
nilainya ke siswa dengan hanya memberikan paraf ke tugas siswa yang
untuk nilai siswa sendiri akan dicatat di buku penilaian guru.
B. Saran
1. Diharapkan kepala sekolah dan tenaga pendidik (guru) saling bekerja sama
dengan baik.
2. Diharapkan kepala sekolah mampu lebih meningkatkan strategi dalam
mengembangkan kinerja guru
dalam Mengembangkan Kinerja Guru di SMK Negeri 1 Bone”. Hal yang penting
dikaji dalam skripsi ini yakni bagaimana strategi yang dimiliki kepala sekolah
dalam mengembangkan kinerja guru di SMK Negeri 1 Bone? Bagaimana kinerja
guru di SMK Negeri 1 Bone?
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, digunakan jenis
penelitian kualitatif (qualitatif research). Data dikumpulkan melalui wawancara,
observasi dan dokumentasi. Menggunakan pendekatan manajemen dan psikologi.
Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif
dengan tiga tahap yaitu tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pembinaan kinerja guru yang
dilakukan dari program pemerintah (pusat) maupun program dari kepala sekolah.
Motivasi yang diberikan oleh kepala sekolah yaitu memberikan dorongan kata-
kata dan memberikan teladan. Penghargaan yang diberikan oleh kepala sekolah
masih berbentuk non materi, kepala sekolah belum sempat memberikan
penghargaan dalam bentuk piagam dan finansial. Memberikan persepsi yang baik
bagi guru yang mempunyai kinerja yang baik. Adapun kaitan strategi kepala
sekolah dalam mengembangkan kinerja guru yaitu saling terkait, dengan
menerapkan strategi-strategi yang baik akan memberikan dampak bagi kinerja
guru seperti dalam perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, maupun
pengevaluasian pembelajaran.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian mengenai Implementasi Strategi Kepala Sekolah
dalam Mengembangkan Kinerja Guru di SMK Negeri 1 Bone, maka dapat
disimpulkan sebagai berikut:
1. Implementasi strategi kepala sekolah
Pembinaan kinerja guru telah dilaksanakan baik dari program pusat
maupun kepala sekolah seperti mengadakan pelatihan bagi guru-guru.
Motivasi yang dilakukan yaitu memberikan dorongan kata-kata baik secara
formal dan informal. Penghargaan belum dilaksanakan dalam bentuk
finansial maupun piagam, bentuk penghargaan kepala sekolah kepada guru
yaitu berterima kasih atas kinerja guru. Persepsi kepala sekolah terhadap
guru yaitu memberikan apresiasi bagi guru yang mempunyai kinerja yang
baik dalam proses pembelajaran .
2. Kinerja guru
Perencanaan pembelajaran telah dilakukan oleh guru sebelum mengadakan
proses pembelajaran karena perencanaan merupakan langkah awal sebelum
proses pembelajaran berlangsung dan merupakan pedoman yang digunakan
oleh guru dalam pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran yang
dilaksanakan oleh guru telah menggunakan media dalam proses
pembelajaran siswa dengan memfasilitasi siswa. Pengevaluasian
pembelajaran sudah terlaksana dengan baik, dimana dalam pengevaluasian
guru menulis nilai di buku siswa pada saat siswa
telah mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru, namun masih ada
beberapa guru yang dalam pengevaluasian tidak memperlihatkan
nilainya ke siswa dengan hanya memberikan paraf ke tugas siswa yang
untuk nilai siswa sendiri akan dicatat di buku penilaian guru.
B. Saran
1. Diharapkan kepala sekolah dan tenaga pendidik (guru) saling bekerja sama
dengan baik.
2. Diharapkan kepala sekolah mampu lebih meningkatkan strategi dalam
mengembangkan kinerja guru
Ketersediaan
| STAR20210286 | 286/2021 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
286/2021
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
