Kreativitas Guru dalam Mengembangkan Minat Membaca Lanjutan Siswa pada Masa Pandemi di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Amin Cabalu Kabupaten Bone
Sulfina Sufya/02.17.5005 - Personal Name
Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana rancangan
kreativitas guru dalam mengembangkan minat membaca lanjutan siswa pada masa
pandemi di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Amin Cabalu Kabupaten Bone? 2) Apa
faktor penghambat dan pendukung kreativitas guru dalam mengenbangkan minat
membaca lanjutan siswa pada masa pandemi di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Amin
Cabalu Kabupaten Bone?
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan (field research)
yaitu penelitian yang dilakukan secara langsung di lapangan untuk memperoleh data
yang diperlukan dan penelitian yang objeknya mengenai gejala-gejala atau peristiwa
yang terjadi pada suatu kelompok masyarakat. Adapun teknik yang digunakan antara
lain:,observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan data yang
digunakan yaitu secara kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rancangan guru dalam mengembangkan
minat membaca siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Amin Cabalu, yaitu: guru
merancang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang sesuai dengan tema atau mata
pelajaran yang akan di ajarkan. Setelah itu guru merancang metode di gunakan untuk
melatih atau mengembangkan minat membaca siswa. Faktor-faktor yang
menghambat kreativitas guru kelas IV dalam mengembangkan minat membaca siswa
MI Al-Amin Cabalu, yaitu: kurangnya sumber bacaan yang dapat dimanfaatkan dan
media belajar yang dapat digunakan oleh guru kelas IV yang dimiliki sekolah, masih
sulitnya mengontrol atau mengatur siswa kelas IV ketika sedang belajar dikarenakan
pembelajaran di lakukan dalam jaringan atau media sosial, motivasi siswa kelas IV
yang masih rendah untuk membaca secara sungguh-sungguh. Sedangkan faktor-
faktor yang mendukung kreativitas guru kelas IV dalam mengembangkan minat
membaca siswa MI Al-Amin Cabalu, yaitu: kesukaan guru membaca buku-buku
metode mengembangkan minat membaca sehingga menambah pengetahuannya
tentang kreativitas dalam mengajar, dan keaktifan guru mengikuti sharing tentang
kreativitas guru, serta membuat Grup Belajar WA dan selalu menumbuhkan serta
memotovasi siswa agar membaca menjadi kebiasan untuk menambah wawasan dan
pengetahuan.
A. SIMPULAN
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan sebagai
berikut :
1. Rancangan kreativitas guru dalam mengembangkan minat membaca siswa
Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Amin Cabalu, yaitu: terlebih dahulu guru merancang
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang sesuai dengan tema atau mata pelajaran
yang akan di ajarkan. Setelah itu guru merancang metode apa yang harus di
gunakan untuk melatih atau mengembangkan minat membaca siswa. Sebelum
guru menetapkan metode apa yang digunakan guru melakukan pendekatan dengan
siswa, setelah menemukan apa yang sesuai dengan siswa guru mencari metode
yang menarik dan sesuai dengan karakteristik siswa setelah itu menerapkan dan
mengevaluasi apakah metode itu dapat meningkatkan minat membaca siswa.
2. Faktor-faktor yang menghambat kreativitas guru Kelas IV dalam mengembangkan
minat membaca siswa MI Al-Amin Cabalu, yaitu: kurangnya sumber bacaan yang
dapat dimanfaatkan dan media belajar yang dapat digunakan oleh guru Kelas IV
yang dimiliki sekolah, masih sulitnya mengontrol atau mengatur siswa Kelas IV
ketika sedang belajar dikarenakan pembelajaran di lakukan dalam jaringan atau
media sosial, motivasi siswa Kelas IV yang masih rendah untuk membaca secara
sungguh-sungguh, sehingga kedisiplinan siswa belum terbina dengan baik.
Sedangkan faktor-faktor yang mendukung kreativitas guru Kelas IV dalam
mengembangkan minat membaca siswa MI Al-Amin Cabalu, yaitu: kesukaan guru
membaca buku-buku metode meningkatkan minat membaca sehingga menambah
pengetahuannya tentang kreativitas dalam mengajar, dan keaktifan guru mengikuti
sharing tentang kreativitas guru, serta membuat Grup Belajar WA dan selalu
menumbuhkan serta memotovasi siswa agar membaca memnjadi kebiasan untuk
menambah wawasan dan pengetahuan.
B. Implikasi
Setelah mengadakan penelitian mengenai kreativitas guru dalam
mengembangkan minat membaca lanjutan pada masa pandemi di Madrasah
Ibtidaiyah (MI) Al-Amin Cabalu Kabupaten Bone, maka saran yang penulis akan
sampaikan adalah sebagai berikut :
1. Rancangan kreativitas sangat di perlukan dalam mengembangkan minat membaca
siswa. Rancangan kreativitas guru sangat membatu guru dalam melaksanakan
tugas sebagai pendidik. Kreativitas tinggi sangat di perlukan pada masa pandemi
COVID-19 ini sehingga membantu guru dalam mengembangkan minat membaca
siswa.
2. Guru di harapkan bisa mengurangi faktor penghambat dalam mengembangkan
minat membaca siswa dan lebih meningkatkan faktor pendukung dalam
mengembangkan minat membaca siswa.
kreativitas guru dalam mengembangkan minat membaca lanjutan siswa pada masa
pandemi di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Amin Cabalu Kabupaten Bone? 2) Apa
faktor penghambat dan pendukung kreativitas guru dalam mengenbangkan minat
membaca lanjutan siswa pada masa pandemi di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Amin
Cabalu Kabupaten Bone?
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan (field research)
yaitu penelitian yang dilakukan secara langsung di lapangan untuk memperoleh data
yang diperlukan dan penelitian yang objeknya mengenai gejala-gejala atau peristiwa
yang terjadi pada suatu kelompok masyarakat. Adapun teknik yang digunakan antara
lain:,observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan data yang
digunakan yaitu secara kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rancangan guru dalam mengembangkan
minat membaca siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Amin Cabalu, yaitu: guru
merancang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang sesuai dengan tema atau mata
pelajaran yang akan di ajarkan. Setelah itu guru merancang metode di gunakan untuk
melatih atau mengembangkan minat membaca siswa. Faktor-faktor yang
menghambat kreativitas guru kelas IV dalam mengembangkan minat membaca siswa
MI Al-Amin Cabalu, yaitu: kurangnya sumber bacaan yang dapat dimanfaatkan dan
media belajar yang dapat digunakan oleh guru kelas IV yang dimiliki sekolah, masih
sulitnya mengontrol atau mengatur siswa kelas IV ketika sedang belajar dikarenakan
pembelajaran di lakukan dalam jaringan atau media sosial, motivasi siswa kelas IV
yang masih rendah untuk membaca secara sungguh-sungguh. Sedangkan faktor-
faktor yang mendukung kreativitas guru kelas IV dalam mengembangkan minat
membaca siswa MI Al-Amin Cabalu, yaitu: kesukaan guru membaca buku-buku
metode mengembangkan minat membaca sehingga menambah pengetahuannya
tentang kreativitas dalam mengajar, dan keaktifan guru mengikuti sharing tentang
kreativitas guru, serta membuat Grup Belajar WA dan selalu menumbuhkan serta
memotovasi siswa agar membaca menjadi kebiasan untuk menambah wawasan dan
pengetahuan.
A. SIMPULAN
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan sebagai
berikut :
1. Rancangan kreativitas guru dalam mengembangkan minat membaca siswa
Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Amin Cabalu, yaitu: terlebih dahulu guru merancang
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang sesuai dengan tema atau mata pelajaran
yang akan di ajarkan. Setelah itu guru merancang metode apa yang harus di
gunakan untuk melatih atau mengembangkan minat membaca siswa. Sebelum
guru menetapkan metode apa yang digunakan guru melakukan pendekatan dengan
siswa, setelah menemukan apa yang sesuai dengan siswa guru mencari metode
yang menarik dan sesuai dengan karakteristik siswa setelah itu menerapkan dan
mengevaluasi apakah metode itu dapat meningkatkan minat membaca siswa.
2. Faktor-faktor yang menghambat kreativitas guru Kelas IV dalam mengembangkan
minat membaca siswa MI Al-Amin Cabalu, yaitu: kurangnya sumber bacaan yang
dapat dimanfaatkan dan media belajar yang dapat digunakan oleh guru Kelas IV
yang dimiliki sekolah, masih sulitnya mengontrol atau mengatur siswa Kelas IV
ketika sedang belajar dikarenakan pembelajaran di lakukan dalam jaringan atau
media sosial, motivasi siswa Kelas IV yang masih rendah untuk membaca secara
sungguh-sungguh, sehingga kedisiplinan siswa belum terbina dengan baik.
Sedangkan faktor-faktor yang mendukung kreativitas guru Kelas IV dalam
mengembangkan minat membaca siswa MI Al-Amin Cabalu, yaitu: kesukaan guru
membaca buku-buku metode meningkatkan minat membaca sehingga menambah
pengetahuannya tentang kreativitas dalam mengajar, dan keaktifan guru mengikuti
sharing tentang kreativitas guru, serta membuat Grup Belajar WA dan selalu
menumbuhkan serta memotovasi siswa agar membaca memnjadi kebiasan untuk
menambah wawasan dan pengetahuan.
B. Implikasi
Setelah mengadakan penelitian mengenai kreativitas guru dalam
mengembangkan minat membaca lanjutan pada masa pandemi di Madrasah
Ibtidaiyah (MI) Al-Amin Cabalu Kabupaten Bone, maka saran yang penulis akan
sampaikan adalah sebagai berikut :
1. Rancangan kreativitas sangat di perlukan dalam mengembangkan minat membaca
siswa. Rancangan kreativitas guru sangat membatu guru dalam melaksanakan
tugas sebagai pendidik. Kreativitas tinggi sangat di perlukan pada masa pandemi
COVID-19 ini sehingga membantu guru dalam mengembangkan minat membaca
siswa.
2. Guru di harapkan bisa mengurangi faktor penghambat dalam mengembangkan
minat membaca siswa dan lebih meningkatkan faktor pendukung dalam
mengembangkan minat membaca siswa.
Ketersediaan
| STAR20210023 | 23/2021 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
23/2021
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
