Urgensi Kedisiplinan Mengajar Guru Dalam Pengembangan Efektivitas Pembelajaran Di Mi Tunas Harapan Sugiale Kec Barebbo Kab Bone

No image available for this title
Skripsi ini membahas mengenai”Urgensi Kedisiplinan Mengajar Guru dalam
Pengembangan Efektivitas Pembelajaran di MI Tunas Harapan Sugiale Kec Barebbo
Kab Bone”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi tentang Kedisiplinan
mengajar guru, efektivitas Pembelajaran dan Urgensi kedisiplinan mengajar guru
dalam pengembangan efektivitas pembelajaran di MI Tunas Harapan Sugiale Kec
Barebbo Kab Bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah, digunakan penelitian lapangan
(Field Research) dengan menggunakan teknik antara lain observasi wawancara
(Interview), dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan
analisis deskriptif kualitatif
dengan tiga tahap yaitu tahap reduksi data (data
reduction),
penyajian
data
(display
data)
dan
penarikan
kesimpulan
(drawing/verification).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Kedisiplinan mengajar guru dalam
keaktifan masuk kelas terdiri dari dua hal yaitua). Kehadiran kepala madrasah di MI
Tunas Harapan Sugiale Kec Barebbo Kab Bone dan guru-guru lainnya telah
memenuhi aturan datang tepat waktu, sifat ini sangat bijaksana dalam mengambil
suatu tindakan yang dapat memecahkan masalah yang ada di Madrasah sebelum
proses belajar mengajar. b). Menyiapkan bahan pembelajaran serta memberikan
ketertiban dalam kelas baik dalam mengisi daftar hadir peserta didik, bahkan dalam
melakukan proses belajar mengajar sesuai dengan RPP yang telah dibuat oleh guru.
2). Efektivitas Pembelajaran di MI Tunas Harapan Sugiale Kec Barebbo Kab Bone
telah terwujud dan dapat menggambarkan dari mutu pengajaran dengan perencanaan,
penilaian, meningkatkan pengajaran yang tepat, memiliki sifat kepemimpinan seperti
sifat fleksibel, akuntabel, dan memecahkan masalah dengan baik. Pembelajaran
dengan intensif, dan waktumemberikan keadilan dan kelayakan serta memberikan
dorongan atau semangat kepada peserta didik. 3).Urgensi kedisiplinan mengajar guru
dalam pengembangan efektivitas pembelajaran di MI Tunas Harapan Sugiale Kec
Barebbo Kab Bone sudah berjalan baik dan dapat dilihat dari suasana pembelajaran
yang dilakukan oleh guru-guru kemudian ditata rapih agar peserta didik mampu
menciptakan keindahan dalam proses pembelajaran sehingga siswa dapat belajar
dengan efektif. Menciptakan suasana yang kondusif memiliki pengaruh besar
terhadap berlangsungnya proses pembelajaran yang efektif, sehingga peserta didik
dapat belajar secara maksimal.
A. Kesimpulan
Berdasarkan penelitian dan analisis yang telah diuraikan pada bab
sebelumnya yang dilakukan oleh peneliti di Mi Tunas Harapan Sugiale Kec
Barebbo Kab Bone, maka peneliti dapat menyimpulkan sebagai berikut:
1. Kedisiplinan mengajar guru dalam Keaktifan masuk kelas terdiri dari
dua hal yaitu a). Kehadiran kepala madrasah di Mi Tunas Harapan
Sugiale Kec Barebbo Kab Bone dan guru-guru lainnya telah
memenuhi aturan datang tepat waktu, sifat ini sangat bijaksana dalam
mengambil suatu tindakan yang dapat memecahkan masalah yang ada
di Madrasah sebelum proses belajar mengajar. b). Menyiapkan bahan
pembelajaran serta memberikan ketertiban dalam kelas baik dalam
mengisi daftar hadir peserta didik, bahkan dalam melakukan proses
belajar mengajar sesuai dengan RPP yang telah dibuat oleh guru.
2. Efektivitas Pembelajaran di Mi Tunas Harapan Sugiale Kec Barebbo
Kab Bone telah terwujud dan dapat menggambarkan dari mutu
pengajaran dengan perencanaan, penilaian, meningkatkan pengajaran
yang tepat, memiliki sifat kepemimpinan seperti sifat fleksibel,
akuntabel, dan memecahkan masalah dengan baik. Pembelajaran
dengan intensif, dan waktu memberikan keadilan dan kelayakan serta
memberikan dorongan atau semangat kepada peserta didik
3. Urgensi kedisiplinan mengajar guru dalam pengembangan efektivitas
pembelajaran di Mi Tunas Harapan Sugiale Kec Barebbo Kab Bone
sudah berjalan baik dan dapat dilihat dari suasana pembelajaran yang
dilakukan oleh guru-guru kemudian ditata rapih agar peserta didik
mampu menciptakan keindahan dalam proses pembelajaran sehingga
siswa dapat belajar dengan efektif. Menciptakan suasana yang
kondusif memiliki pengaruh besar terhadap berlangsungnya proses
pembelajaran yang efektif, sehingga peserta didik dapat belajar secara
maksimal.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan di atas, maka di bawah ini akan
diuraikan implikasi penelitian yang berisi saran-saran. Adapaun saran-saran yang
penulis maksud sebagai beriku:
1. Diharapkan kepada kepala madrasah, tenaga pendidik dan
kependidikan mampu berkerja sama dalam meningkatkan kedisiplinan
yang ada di madrasah serta dengan menaati tata tertib.
2. Diharapkan kepala madrasah, tenaga pendidik dan kependidikan bisa
merepakan sikaf disiplin bagi warga di sekolah serta memberikan
contohcontoh yang positif
3. Para guru-guru dan tenaga kependidikan harus mempertahankan atau
meningkatkan efektivitas pembelajaran peserta didik
4. Untuk peserta didik, agar selalu berusaha dengan tekun dalam
menuntut ilmu supaya dapat mencapai cita-cita yang diinginkan.
Ketersediaan
STAR2022008787/2022Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

87/2022

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top