Urgensi Sarana dan Prasarana dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran (Studi di MA Al-Mubarak Tacipi Kecamatan Ulaweng Kabupaten Bone)
Hasniar/ 02.15.3198 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang Urgensi Sarana dan Prasarana dalam Peningkatan
Kualitas Pembelajaran (Studi di MA Al-Mubarak Tacipi Kecamatan Ulaweng
Kabupaten Bone). Penelitian ini merumuskan tiga rumusan masalah yaitu: bagaimana
kualitas pembelajaran di MA Al-Mubarak Tacipi Kecamatan Ulaweng Kabupaten Bone
dan apa upaya yang dilakukan pihak sekolah dalam memenuhi sarana dan prasarana
dalam peningkatan kualitas pembelajaran di MA Al-Mubarak Tacipi Kecamatan
Ulaweng Kabupaten Bone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keadaan sarana
dan prasarana di MA Al-Mubarak Tacipi Kecamatan Ulaweng Kabupaten Bone, untuk
mengetahui kualitas pembelajaran di MA Al-Mubarak Tacipi Kecamatan Ulaweng
Kabupaten Bone dan untuk mengetahui upaya yang dilakukan pihak sekolah dalam
memenuhi sarana dan prasarana dalam peningkatan kualitas pembelajaran di MA Al-
Mubarak Tacipi Kecamatan Ulaweng Kabupaten Bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, jenis penelitan ini adalah
penelitian kualitatif (qualitative research). Data dianalisis dengan metode reduksi data,
penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi, data yang diperoleh dianalisis
dengan menggunakan metode analisis kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Keadaan sarana dan prasarana di MA Al-
Mubarak Tacipi Kecamatan Ulaweng Kabupaten Bone yaitu 1) Peralatan kerja yang a)
Sesuai dengan kebutuhan sekolah dan b) Mampu meningkatkan kualitas kinerja, 2)
Perlengkapan kerja yang a) Mendukung keterlaksanaan tugas-tugas, b) Mempercepat
proses pekerjaan, dan c) Menambah kenyamanan dalam bekerja dan 3) Perlengkapan
bantu atau fasilitas yang dapat a) Meningkatkan kelancaran dalam melaksanakan tugas
pekerjaan serta b) Mempermudah pelaksanaan pekerjaan/tugas.
Kualitas pembelajaran di MA Al-Mubarak Tacipi Kecamatan Ulaweng
Kabupaten Bone yaitu 1) peningkatan kedisiplinan guru, 2) Peningkatan pengetahuan
guru, 3) Adanya upaya pembinaan dan usaha perbaikan pendidikan yang dilakukan oleh
guru dan 4) keaktifan siswa dapat lebih meningkat.
Upaya yang dilakukan pihak sekolah dalam memenuhi sarana dan prasarana
dalam peningkatan kualitas pembelajaran di MA Al-Mubarak Tacipi Kecamatan
Ulaweng Kabupaten Bone yaitu 1) melakukan pembelian barang, 2) membuat sendiri
sarana pembelajaran, 3) menerima hibah atau bantuan, 4) menyewa barang, 6)
meminjam barang, 7) mendaur ulang barang bekas dan 8) melakukan pertukaran dengan
instansi lain.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian yang telah dipaparkan sebelumnya, maka yang
menjadi simpulan dalam pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Keadaan sarana dan prasarana di MA Al-Mubarak Tacipi Kecamatan
Ulaweng Kabupaten Bone yaitu 1) Peralatan kerja yang a) Sesuai dengan
kebutuhan sekolah dan b) Mampu meningkatkan kualitas kinerja, 2)
Perlengkapan kerja yang a) Mendukung keterlaksanaan tugas-tugas, b)
Mempercepat proses pekerjaan, dan c) Menambah kenyamanan dalam
bekerja dan 3) Perlengkapan bantu atau fasilitas yang dapat a) Meningkatkan
kelancaran dalam melaksanakan tugas pekerjaan serta b) Mempermudah
pelaksanaan pekerjaan/tugas.
2. Kualitas pembelajaran di MA Al-Mubarak Tacipi Kecamatan Ulaweng
Kabupaten Bone yaitu 1) peningkatan kedisiplinan guru, 2) Peningkatan
pengetahuan guru, 3) Adanya upaya pembinaan dan usaha perbaikan
pendidikan yang dilakukan oleh guru dan 4) keaktifan siswa dapat lebih
meningkat.
3. Upaya yang dilakukan pihak sekolah dalam memenuhi sarana dan prasarana
dalam peningkatan kualitas pembelajaran di MA Al-Mubarak Tacipi
Kecamatan Ulaweng Kabupaten Bone yaitu 1) melakukan pembelian barang,
2) membuat sendiri sarana pembelajaran, 3) menerima hibah atau bantuan, 4)
menyewa barang, 6) meminjam barang, 7) mendaur ulang barang bekas dan
8) melakukan pertukaran dengan instansi lain.
B. Saran-saran
Beranjak dari ungkapan yang telah dikemukakan di atas, maka penulis
dapat memberikan saran-saran sebagai berikut:
1. Diharapkan kepada semua pimpinan terutama kepala sekolah agar tetap
memberikan dukungan kepada para bawahannya dalam berkreasi
menciptakan sarana dan prasarana pembelajaran.
2. Diharapkan kepada guru agar selalu berupaya untuk memanfaatkan sarana
dan prasarana meskipun hanya memanfaatkan barang-barang bekas yang
dapat memperlancar kegiatan proses belajar mengajar di kelas.
3. Diharapkan kepada para siswa agar memiliki semangat yang tinggi dalam
mengikuti pembelajaran di sekolah serta memiliki krativitas yang tinggi
untuk menciptakan sesuatu yang dapat berguna untuk masyarakat luar.
4. Diharapkan kepada para peneliti berikutnya agar hasil penelitian ini dapat
dijadikan sebagai bahan referensi dalam mengkaji objek yang sama.
Kualitas Pembelajaran (Studi di MA Al-Mubarak Tacipi Kecamatan Ulaweng
Kabupaten Bone). Penelitian ini merumuskan tiga rumusan masalah yaitu: bagaimana
kualitas pembelajaran di MA Al-Mubarak Tacipi Kecamatan Ulaweng Kabupaten Bone
dan apa upaya yang dilakukan pihak sekolah dalam memenuhi sarana dan prasarana
dalam peningkatan kualitas pembelajaran di MA Al-Mubarak Tacipi Kecamatan
Ulaweng Kabupaten Bone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keadaan sarana
dan prasarana di MA Al-Mubarak Tacipi Kecamatan Ulaweng Kabupaten Bone, untuk
mengetahui kualitas pembelajaran di MA Al-Mubarak Tacipi Kecamatan Ulaweng
Kabupaten Bone dan untuk mengetahui upaya yang dilakukan pihak sekolah dalam
memenuhi sarana dan prasarana dalam peningkatan kualitas pembelajaran di MA Al-
Mubarak Tacipi Kecamatan Ulaweng Kabupaten Bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, jenis penelitan ini adalah
penelitian kualitatif (qualitative research). Data dianalisis dengan metode reduksi data,
penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi, data yang diperoleh dianalisis
dengan menggunakan metode analisis kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Keadaan sarana dan prasarana di MA Al-
Mubarak Tacipi Kecamatan Ulaweng Kabupaten Bone yaitu 1) Peralatan kerja yang a)
Sesuai dengan kebutuhan sekolah dan b) Mampu meningkatkan kualitas kinerja, 2)
Perlengkapan kerja yang a) Mendukung keterlaksanaan tugas-tugas, b) Mempercepat
proses pekerjaan, dan c) Menambah kenyamanan dalam bekerja dan 3) Perlengkapan
bantu atau fasilitas yang dapat a) Meningkatkan kelancaran dalam melaksanakan tugas
pekerjaan serta b) Mempermudah pelaksanaan pekerjaan/tugas.
Kualitas pembelajaran di MA Al-Mubarak Tacipi Kecamatan Ulaweng
Kabupaten Bone yaitu 1) peningkatan kedisiplinan guru, 2) Peningkatan pengetahuan
guru, 3) Adanya upaya pembinaan dan usaha perbaikan pendidikan yang dilakukan oleh
guru dan 4) keaktifan siswa dapat lebih meningkat.
Upaya yang dilakukan pihak sekolah dalam memenuhi sarana dan prasarana
dalam peningkatan kualitas pembelajaran di MA Al-Mubarak Tacipi Kecamatan
Ulaweng Kabupaten Bone yaitu 1) melakukan pembelian barang, 2) membuat sendiri
sarana pembelajaran, 3) menerima hibah atau bantuan, 4) menyewa barang, 6)
meminjam barang, 7) mendaur ulang barang bekas dan 8) melakukan pertukaran dengan
instansi lain.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian yang telah dipaparkan sebelumnya, maka yang
menjadi simpulan dalam pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Keadaan sarana dan prasarana di MA Al-Mubarak Tacipi Kecamatan
Ulaweng Kabupaten Bone yaitu 1) Peralatan kerja yang a) Sesuai dengan
kebutuhan sekolah dan b) Mampu meningkatkan kualitas kinerja, 2)
Perlengkapan kerja yang a) Mendukung keterlaksanaan tugas-tugas, b)
Mempercepat proses pekerjaan, dan c) Menambah kenyamanan dalam
bekerja dan 3) Perlengkapan bantu atau fasilitas yang dapat a) Meningkatkan
kelancaran dalam melaksanakan tugas pekerjaan serta b) Mempermudah
pelaksanaan pekerjaan/tugas.
2. Kualitas pembelajaran di MA Al-Mubarak Tacipi Kecamatan Ulaweng
Kabupaten Bone yaitu 1) peningkatan kedisiplinan guru, 2) Peningkatan
pengetahuan guru, 3) Adanya upaya pembinaan dan usaha perbaikan
pendidikan yang dilakukan oleh guru dan 4) keaktifan siswa dapat lebih
meningkat.
3. Upaya yang dilakukan pihak sekolah dalam memenuhi sarana dan prasarana
dalam peningkatan kualitas pembelajaran di MA Al-Mubarak Tacipi
Kecamatan Ulaweng Kabupaten Bone yaitu 1) melakukan pembelian barang,
2) membuat sendiri sarana pembelajaran, 3) menerima hibah atau bantuan, 4)
menyewa barang, 6) meminjam barang, 7) mendaur ulang barang bekas dan
8) melakukan pertukaran dengan instansi lain.
B. Saran-saran
Beranjak dari ungkapan yang telah dikemukakan di atas, maka penulis
dapat memberikan saran-saran sebagai berikut:
1. Diharapkan kepada semua pimpinan terutama kepala sekolah agar tetap
memberikan dukungan kepada para bawahannya dalam berkreasi
menciptakan sarana dan prasarana pembelajaran.
2. Diharapkan kepada guru agar selalu berupaya untuk memanfaatkan sarana
dan prasarana meskipun hanya memanfaatkan barang-barang bekas yang
dapat memperlancar kegiatan proses belajar mengajar di kelas.
3. Diharapkan kepada para siswa agar memiliki semangat yang tinggi dalam
mengikuti pembelajaran di sekolah serta memiliki krativitas yang tinggi
untuk menciptakan sesuatu yang dapat berguna untuk masyarakat luar.
4. Diharapkan kepada para peneliti berikutnya agar hasil penelitian ini dapat
dijadikan sebagai bahan referensi dalam mengkaji objek yang sama.
Ketersediaan
| STAR20190175 | 175/2019 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
175/2019
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
