Manajemen Full Day School dalam Meningkatkan Prestasi Peserta Didik di SDN 24 Macanang Kabupaten Bone

No image available for this title
Skripsi ini membahas mengenai Manajemen Full day School dalam
Meningkatkan Prestasi Peserta Didik di SDN 24 Macanang di Kabupaten Bone. Hal
penting yang dikaji dalam skripsi ini yakni untuk mengetahui bagaimana manajemen
full day school di SDN 24 Macanang, bagaimana prestasi peserta didik di SDN 24
Macanang dan bagaimana kontribusi manajemen full day school dalam meningkatkan
prestasi peserta didik.
Untuk memudahkan pemecahan masalah di atas, digunakan metode penelitian
lapangan (Field Research) dengan menggunakan teknik antara lain observasi,
wawancara (interview), dan dokumen. Data yang diperoleh diolah dengan metode
kualitatif, Selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif
kualitatif yaitu dengan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan
verifikasi.
Berdasarkan hasil penelitian tentang Manajemen Full Day School dalam
Meningkatkan Prestasi Peserta Didik di SDN 24 Macanang Kabupaten Bone. Bahwa
Full day school di SDN 24 Macanang sudah dapat dikatakan sudah terlaksana dengan
baik dan sudah berhasil. Hal tersebut dapat dilihat dari struktur organisasi yang
profesional yang dimiliki sekolah tersebut, dilihat dari Kurikulum yang digunakan
sudah baik, metodologi pengajarannya sangat mendukung prestasi peserta didik, dan
hubungan kerja sama antara kepala sekolah, guru, peserta didik, orang tua peserta
didik dan masyarakat sudah terjalin hubungan dan kerja sama yang baik sehingga full
day school dapat terencana dengan baik dan apa yang diharapkan sekolah dapat
tercapai. Prestasi peserta didik di SDN 24 Macanang sudah dapat dikatakan
meningkat dan berprestasi. Hal tersebut dapat dilihat dari prestasi-prestasi yang diraih
oleh peserta didik ditingkat lokal dan dapat dilihat dari peserta didik yang sangat
antusias ketika ada perlombaan mereka selalu aktif ingin mengikuti perlombaan
tersebut. Kontribusi manajemen full day school dalam meningkatkan prestasi peserta
didik, full day school sangat berkontribusi dalam meningkatkan prestasi peserta didik
baik prestasi yang bersifat kognitif, afektif dan psikomotorik. Dengan pengalokasian
waktu yang di terapkan oleh full day school sangat membantu peserta didik dalam
belajar di sekolah dan dengan tambahan hari yang dapat dimanfaatkan oleh peserta
didik dalam melakukan pembelajaran ulang dan melakukan berbagai jenis kegiatan
ekstrakurikuler yang dapat membantu peserta didik dalam meningkatkan prestasinya.
A. Simpulan
Manajemen full day school dalam meningkatkan prestasi peserta didik
sudah maksimal dan dapat dikatakan berhasil. Hal tersebut dapat dilihat dari
kontribusi manajemen full day school yang yang sudah di jelaskan oleh kepala
sekolah.
Berdasarkanu uraian pada bab pembahasan di atas maka penulis dapat
mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu:
Manajemen full day school di SDN 24 Macanang sudah terlaksana dengan
baik. Sistem pengelolaan program sekolah dengan melibatkan stakeholders yang
ada di sekolah tersebut, dalam menyusn rencana, pelaksanaan pengawasan dan
evaluasi dengan tujuan mampu mencapai keberhasilan dalam meningkatkan
prsetasi peserta didik pada tingkat lokal dan dapat dilihatdari kerja sama antara
kepala sekolah, tenaga pendidik, tenaga kependidikan dan peserta didik saling
bekerja sama dan hubungan antara sekolah dengan orang tua peserta didik dan
masyarakat sangat terjalin hubungan yang sangat baik sehingga full day school
dapat terlaksana dengan apa yang diharapkan oleh sekolah.
Prestasi yang dimaksud adalah prestasi dalam sesi pembelajaran dan
prestasi dalam kegiatan ekstrakurikuler. Setelah diterapkan program full day
school di SDN 24 Macanang prestasi peserta didiknya menjadi selalu meningkat
baik dalam kelas maupun dalam kegiatan ekstrakrurikuler. Prestasi peserta didik
terdiri atas tiga macam prestasi yaitu prestasi yang bersifat kognitif, prestasi yang
bersifat afektif, dan prestasi yang bersifat psikomotorik yang terdiri atas
80
81
pengetahuan, pemahaman, penerapan materi pembelajaran, penilaian peserta didik
terhadap materi pembelajaran, penerimaan, menanggapi, bagaimana menilai atau
menghargai, dan bagaimana keterampilan dan skill peserta didik. Dimana di SDN
24 Macananag prestasi peserta didiknya sudah cukup meningkat dengan melihat
prestasi-prestasi yang telah diraih oleh peserta didik di tingkat lokal yang selalu
mendapatkan juara.
Manajemen full day school sangat berkontribusi dalam meningkatkan
prestasi peserta didik di SDN 24 Macanang dengan berbagai prestasi yang telah
diraih oleh peserta didik tingkat lokal selalu mendapatkan juara dan membaut
peserta didik selalu antusias sekali ketika ada perlombaan yang sedang diadakan
dan dapat dilihat dari alokasi waktu yang begitu banyak yang dapat peserta didik
manfaatkan dalam belajar dan ditambah pada hari sabtu dan minggu bagi peserta
didik yang tidak puas belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi mereka bisa
mengikuti pembelajaran pada hari sabtu atau minggu dan dilakukan kegiatan
ekstrakurikuler yang dapat mengasah keterampilan atau skill yang dimiliki oleh
peserta didik. Jadi dengan adanya full day school dapat meningkatkan prestasi
peserta didik di SDN 24 Macanang.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini akan
diuraikan saran-saran. Adapun saran-saran penulis dalam pembahasan skirpsi ini
adalah sebagai berikut:
1. Kepada guru atau wali kelas V dan guru lainnya sebaiknya tetap menerapkan
ke 5 metode pembelajaran tersebut agar dapat mempermudah dalam proses
pembelajaran dan dalam meningkatkan prestasi peserta didik dapat berjalan
dengan lancar.
2. Kepada kepala sekolah, tenaga pendidik, dan tenaga kependidikan dan peserta
didik tetap menjaga kekompakan dan kerja sama yang baik dan tetap
mempertahankan prestasi peserta didik serta menjaga nama baik sekolah
3. Kepada peserta didik hendaknya mengikuti kegiatan sekolah dengan sungguh-
sungguh dan rajin serta berusaha untuk membantu kelancaran pembentukan
akhlak agar memiliki akhlak yang luas.
Ketersediaan
STAR20190171\171/2019Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

\171/2019

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyahh

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top