Kompetensi Sosial Guru Dalam Membina Karakter Siswa Yang Terpengaruh Gadget Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (Min) 3 Bone
Ramlah/02.17.5053 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai Kompetensi Sosial Guru dalam
Membina Karakter Siswa yang terpengaruh Gadget di MIN 3 Bone. Pokok
permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimana kompetensi sosial guru dalam
membina karakter siswa yang terpengaruh gadget di MIN 3 Bone. Hal ini penting
dikaji untuk mengetahui kompetensi sosial guru dalam membina karkater siswa
yang terpengaruh gadget di MIN 3 Bone.
Untuk
memudahkan
pemecahan
masalah
tersebut,
penulis
menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan
sosiologis dan pendekatan teologis normatif dan teknik antara lain: observasi,
wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan data yang digunakan yaitu
kualitattif. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan metode kualitatif
untuk mendeskripsikan penelitian tentang Kompetensi Sosial Guru dalam
Membina Karakter Siswa yang Terpengaruh Gadget di Kelas V.B MIN 3 Bone.
Data yang diperoleh dianalisis dengan mengguanakan tiga teknik yaitu: teknik
reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verfikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Karakteristik yang dimiliki siswa
yang terpengaruh dampak negatif gadget di MIN 3 Bone diantaranya:
Menurunkan minat belajar dan mengganggu konsentrasi belajar anak di sekolah,
malas menulis dan membaca, penurunan dalam bersosialisasi di lingkungannya,
memberi dampak negatif terhadap kesehatan, dan perkembangan kognitif anak
terhambat. 2) Strategi pendekatan sosial guru dalam membina karakter siswa yang
terpengaruh dampak negatif gadget di kelas V.B MIN 3 Bone adalah: Menjadi
teman baik anak dengan merasakan/menerima keluhan anak, tindakan mengadili,
dan memberikan alternatif solusi terhadap pemecahan permasalahan yang dialami
anak didik. Kemudian menjadi orang tua di sekolah dengan memperlihatkan
kepribadian yang penuh kasih dan perhatian, orangtua berusaha mendidik untuk
mencapai sesuatu yang menjadi harapannya, memberikan pujian dan disiplin,
membantu anak untuk mencapai cita-cita dan keinginannya, memberikan
bimbingan secara rutin baik di dalam kelas maupun di luar kelas dan membantu
anak untuk dapat bersahabat satu dengan yang lainnya. 3) Strategi pendekatan
sosial guru dalam membina karakter siswa yang terpengaruh gadget di kelas V.B
MIN 3 Bone sudah terealisasi dengan baik. Ketika guru melakukan pendekatan
sosial kepada siswa dengan menjadi teman dekat anak di sekolah terlebih menjadi
orang tua siswa di sekolah membuat siswa terkesan terbuka kepada gurunya
sehingga karakter siswa yang terpengaruh oleh dampak negatif gadget perlahan
bisa diminimalisir dengan baik.
A. Kesimpulan
Berdasarkan penelitian yang dilakukan penulis selama satu bulan di MIN 3
Bone dengan judul penelitian Komptensi Sosial Guru dalam Membina Karakter
Siswa yang Terpengaruh Gadget di Kelas V.B MIN 3 Bone, maka penulis
menyimpulkan sebagai berikut:
1. Kompetensi sosial guru dalam membina karakter siswa yang terpengaruh
dampak negatif gadget di kelas V.B MIN 3 Bone. T.A 2020/2021 adalah:
Menjadi teman baik anak dengan merasakan/menerima keluhan anak,
tindakan mengadili, dan memberikan alternatif solusi terhadap pemecahan
permasalahan yang dialami anak didik. Kemudian menjadi orang tua di
sekolah dengan memperlihatkan kepribadian yang penuh kasih dan
perhatian, orangtua berusaha mendidik untuk mencapai sesuatu yang
menjadi harapannya,memberikan pujian dan disiplin,membantu anak
untuk tercapainya cita-cita dan keinginannya, memberikan bimbingan
secara rutin baik di dalam kelas maupun di luar kelas dan membantu anak
untuk dapat bersahabat satu dengan yang lainnya.
2. Karakteristik yang dimiliki siswa yang terpengaruh dampak negatif
gadget di kelas V.B MIN 3 Bone T.A 2020/2021 adalah: Menurunkan
minat belajar dan mengganggu konsentrasi belajar anak di sekolah, malas
menulis dan membaca, penurunan dalam bersosialisasi di lingkungannya,
memberi dampak negatif terhadap kesehatan, dan perkembangan kognitif
anak terhambat.
3. Strategi pendekatan sosial guru dalam membina karakter siswa yang
terpengaruh gadget di kelas V.B MIN 3 Bone sudah terealisasi dengan
baik. Ketika guru melakukan pendekatan sosial kepada siswa dengan
menjadi teman dekat anak di sekolah terlebih menjadi orang tua siswa di
sekolah membuat siswa terkesan terbuka kepada gurunya sehingga
karakter siswa yang terpengaruh oleh dampak negatif gadget perlahan bisa
diminimalisir dengan baik.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka dibawah ini
dikemukakan implikasi penelitian yang berisikan saran-saran. Adapun saran-saran
penulis dalam pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Kepada kepala madrasah agar selalu memperhatikan harmonisasi
diantara guru dan siswanya dalam berinteraksi di sekolah dan
mengadakan edukasi tentang dampak negatif gadget khusunya di MIN
3 Bone.
2. Kepada guru hendaknya selalu melakukan pendekatan sosial kepada
siswa yang baik untuk senantiasa memperbaiki karakter siswa yang
terpengaruh gadget khusunya di kelas V.B MIN 3 Bone.
3. Kepada para siswa MIN 3 Bone agar selalu taat aturan dalam hal
memperbaiki karakter serta mengurangi penggunaan gadget yang
berlebihan demi kemaslahatan bersama.
Membina Karakter Siswa yang terpengaruh Gadget di MIN 3 Bone. Pokok
permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimana kompetensi sosial guru dalam
membina karakter siswa yang terpengaruh gadget di MIN 3 Bone. Hal ini penting
dikaji untuk mengetahui kompetensi sosial guru dalam membina karkater siswa
yang terpengaruh gadget di MIN 3 Bone.
Untuk
memudahkan
pemecahan
masalah
tersebut,
penulis
menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan
sosiologis dan pendekatan teologis normatif dan teknik antara lain: observasi,
wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan data yang digunakan yaitu
kualitattif. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan metode kualitatif
untuk mendeskripsikan penelitian tentang Kompetensi Sosial Guru dalam
Membina Karakter Siswa yang Terpengaruh Gadget di Kelas V.B MIN 3 Bone.
Data yang diperoleh dianalisis dengan mengguanakan tiga teknik yaitu: teknik
reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verfikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Karakteristik yang dimiliki siswa
yang terpengaruh dampak negatif gadget di MIN 3 Bone diantaranya:
Menurunkan minat belajar dan mengganggu konsentrasi belajar anak di sekolah,
malas menulis dan membaca, penurunan dalam bersosialisasi di lingkungannya,
memberi dampak negatif terhadap kesehatan, dan perkembangan kognitif anak
terhambat. 2) Strategi pendekatan sosial guru dalam membina karakter siswa yang
terpengaruh dampak negatif gadget di kelas V.B MIN 3 Bone adalah: Menjadi
teman baik anak dengan merasakan/menerima keluhan anak, tindakan mengadili,
dan memberikan alternatif solusi terhadap pemecahan permasalahan yang dialami
anak didik. Kemudian menjadi orang tua di sekolah dengan memperlihatkan
kepribadian yang penuh kasih dan perhatian, orangtua berusaha mendidik untuk
mencapai sesuatu yang menjadi harapannya, memberikan pujian dan disiplin,
membantu anak untuk mencapai cita-cita dan keinginannya, memberikan
bimbingan secara rutin baik di dalam kelas maupun di luar kelas dan membantu
anak untuk dapat bersahabat satu dengan yang lainnya. 3) Strategi pendekatan
sosial guru dalam membina karakter siswa yang terpengaruh gadget di kelas V.B
MIN 3 Bone sudah terealisasi dengan baik. Ketika guru melakukan pendekatan
sosial kepada siswa dengan menjadi teman dekat anak di sekolah terlebih menjadi
orang tua siswa di sekolah membuat siswa terkesan terbuka kepada gurunya
sehingga karakter siswa yang terpengaruh oleh dampak negatif gadget perlahan
bisa diminimalisir dengan baik.
A. Kesimpulan
Berdasarkan penelitian yang dilakukan penulis selama satu bulan di MIN 3
Bone dengan judul penelitian Komptensi Sosial Guru dalam Membina Karakter
Siswa yang Terpengaruh Gadget di Kelas V.B MIN 3 Bone, maka penulis
menyimpulkan sebagai berikut:
1. Kompetensi sosial guru dalam membina karakter siswa yang terpengaruh
dampak negatif gadget di kelas V.B MIN 3 Bone. T.A 2020/2021 adalah:
Menjadi teman baik anak dengan merasakan/menerima keluhan anak,
tindakan mengadili, dan memberikan alternatif solusi terhadap pemecahan
permasalahan yang dialami anak didik. Kemudian menjadi orang tua di
sekolah dengan memperlihatkan kepribadian yang penuh kasih dan
perhatian, orangtua berusaha mendidik untuk mencapai sesuatu yang
menjadi harapannya,memberikan pujian dan disiplin,membantu anak
untuk tercapainya cita-cita dan keinginannya, memberikan bimbingan
secara rutin baik di dalam kelas maupun di luar kelas dan membantu anak
untuk dapat bersahabat satu dengan yang lainnya.
2. Karakteristik yang dimiliki siswa yang terpengaruh dampak negatif
gadget di kelas V.B MIN 3 Bone T.A 2020/2021 adalah: Menurunkan
minat belajar dan mengganggu konsentrasi belajar anak di sekolah, malas
menulis dan membaca, penurunan dalam bersosialisasi di lingkungannya,
memberi dampak negatif terhadap kesehatan, dan perkembangan kognitif
anak terhambat.
3. Strategi pendekatan sosial guru dalam membina karakter siswa yang
terpengaruh gadget di kelas V.B MIN 3 Bone sudah terealisasi dengan
baik. Ketika guru melakukan pendekatan sosial kepada siswa dengan
menjadi teman dekat anak di sekolah terlebih menjadi orang tua siswa di
sekolah membuat siswa terkesan terbuka kepada gurunya sehingga
karakter siswa yang terpengaruh oleh dampak negatif gadget perlahan bisa
diminimalisir dengan baik.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka dibawah ini
dikemukakan implikasi penelitian yang berisikan saran-saran. Adapun saran-saran
penulis dalam pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Kepada kepala madrasah agar selalu memperhatikan harmonisasi
diantara guru dan siswanya dalam berinteraksi di sekolah dan
mengadakan edukasi tentang dampak negatif gadget khusunya di MIN
3 Bone.
2. Kepada guru hendaknya selalu melakukan pendekatan sosial kepada
siswa yang baik untuk senantiasa memperbaiki karakter siswa yang
terpengaruh gadget khusunya di kelas V.B MIN 3 Bone.
3. Kepada para siswa MIN 3 Bone agar selalu taat aturan dalam hal
memperbaiki karakter serta mengurangi penggunaan gadget yang
berlebihan demi kemaslahatan bersama.
Ketersediaan
| STAR20210322 | 322/2021 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
322/2021
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
