Proses Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) pada Masa Pandemi Covid-19 pada Siswa Kelas V di MI Amir Al-Jannah Tippulue Kabupaten Bone
Sumarni/02.17.5004 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran Pendidikan Jasmani
Olahraga dan Kesehatan (PJOK) pada masa pandemi covid-19 serta faktor-faktor
yang mempengaruhi proses pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan
Kesehatan (PJOK) pada masa pandemi Covid-19 pada siswa kelas V di MI Amir Al-
Jannah Tippulue Kabupaten Bone. Untuk memudahkan penelitian ini digunakan jenis
penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan pedagogis,
sosiologis, dan psikologis. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun data yang diperoleh dianalisis
dengan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan..
Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, proses pembelajaran
Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) pada masa pandemi Covid-19
pada siswa kelas V MI Amir Al-Jannah Tippulue Kabupaten Bone dilakukan dengan
cara pembelajaran daring. Adapun pembelajaran daring untuk mata pelajaran
Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) pada masa pandemi Covid-19
pada siswa kelas V MI Amir Al-Jannah Tippulue Kabupaten Bone dilakukan dengan
tetap memperhatikan dan mempertimbangkan beberapa aspek dalam proses
pencapaian tujuan pendidikan yang ada, diantaranya perencanaan, pelaksanaan,
evaluasi. Kedua, faktor-faktor yang mempengaruhi proses pembelajaran Pendidikan
Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) pada masa pandemi Covid-19 pada siswa
kelas V di MI Amir Al-Jannah Tippulue Kabupaten Bone diantaranya keterbatasan
akses jaringan yang mempengaruhi kelancaran proses belajar mengajar, kondisi siswa
yang masih sulit memahami materi pembelajaran karena pembelajaran
berlangsungsecara daring, kondisi siswa yang masih susah fokus untuk mengikuti
jalannya pembelajaran karena terpengaruh oleh teman mereka yang mengajak
bermain serta keterlibatan orangtua siswa untuk meluangkan waktunya dalam
mendampingi anaknya selama melaksanakan sekolah dari rumah.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah peneliti paparkan
dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Proses pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK)
pada masa pandemi Covid-19 pada siswa kelas V MI Amir Al-Jannah
Tippulue Kabupaten Bone dilakukan dengan cara pembelajaran daring.
Pembelajaran daring ini merupakan pembelajaran tanpa tatap muka secara
langsung antara guru dan siswa tetapi dilakukan melalui online yang
menggunakan jaringan internet melalui media handphone ataupun laptop.
Adapun pembelajaran daring untuk mata pelajaran Pendidikan Jasmani
Olahraga dan Kesehatan (PJOK) pada masa pandemi Covid-19 pada siswa
kelas V MI Amir Al-Jannah Tippulue Kabupaten Bone dilakukan dengan tetap
memperhatikan dan mempertimbangkan beberapa aspek dalam proses
pencapaian tujuan pendidikan yang ada, diantaranya 1) Membuat Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPP); 2) Menyusun materi pembelajaran
3) Memperhatikan Prosedur Awal Pembelajaran 4) Melakukan Pengelolaan
Kelas dan Memperhatikan Jalannya Proses Belajar Mengajar Secara Daring; 5)
Menyiapkan Media Pembelajaran 6) Pemanfaatan Sumber belajar 7)
Melakukan Penilaian dan Evaluasi; serta 8) Pemberian Motivasi Kepada
Siswa.
2. Kendala-kendala dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan
Kesehatan (PJOK) pada masa pandemi Covid-19 pada siswa kelas V di MI
Amir Al-Jannah Tippulue Kabupaten Bone diantaranya keterbatasan akses
jaringan yang mempengaruhi kelancaran proses belajar mengajar, kondisi
siswa yang masih sulit memahami materi pembelajaran karena pembelajaran
berlangsung secara daring, kondisi siswa yang masih susah fokus untuk
mengikuti jalannya pembelajaran karena terpengaruh oleh teman mereka yang
mengajak bermain serta keterlibatan orangtua siswa untuk meluangkan
waktunya dalam mendampingi anaknya selama melaksanakan sekolah dari
rumah.
B. Implikasi
Setelah memperhatikan beberapa kesimpulan tersebut, maka dapat
dikemukakan implikasi penelitian sebagai berikut:
1. Untuk siswa-siswa MI Amir Al-Jannah Tippulue Kabupaten Bone diharapkan
lebih dapat meningkatkan belajarnya agar mampu menjadi pribadi yang hebat
dan berprestasi serta mampu membangun kesadaran akan pentingnya
menuntut ilmu.
2. Untuk guru-guru dan segenap tenaga kependidikan MI Amir Al-Jannah
Tippulue Kabupaten Bone, hendaknya selalu meningkatkan pengetahuan,
kemampuan dan keterampilan serta tanggung jawabnya, khususnya guru mata
pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan PJOK serta hendaknya
dapat selalu bersinergi sesama guru atau tenaga kependidikan yang ada.
Olahraga dan Kesehatan (PJOK) pada masa pandemi covid-19 serta faktor-faktor
yang mempengaruhi proses pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan
Kesehatan (PJOK) pada masa pandemi Covid-19 pada siswa kelas V di MI Amir Al-
Jannah Tippulue Kabupaten Bone. Untuk memudahkan penelitian ini digunakan jenis
penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan pedagogis,
sosiologis, dan psikologis. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun data yang diperoleh dianalisis
dengan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan..
Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, proses pembelajaran
Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) pada masa pandemi Covid-19
pada siswa kelas V MI Amir Al-Jannah Tippulue Kabupaten Bone dilakukan dengan
cara pembelajaran daring. Adapun pembelajaran daring untuk mata pelajaran
Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) pada masa pandemi Covid-19
pada siswa kelas V MI Amir Al-Jannah Tippulue Kabupaten Bone dilakukan dengan
tetap memperhatikan dan mempertimbangkan beberapa aspek dalam proses
pencapaian tujuan pendidikan yang ada, diantaranya perencanaan, pelaksanaan,
evaluasi. Kedua, faktor-faktor yang mempengaruhi proses pembelajaran Pendidikan
Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) pada masa pandemi Covid-19 pada siswa
kelas V di MI Amir Al-Jannah Tippulue Kabupaten Bone diantaranya keterbatasan
akses jaringan yang mempengaruhi kelancaran proses belajar mengajar, kondisi siswa
yang masih sulit memahami materi pembelajaran karena pembelajaran
berlangsungsecara daring, kondisi siswa yang masih susah fokus untuk mengikuti
jalannya pembelajaran karena terpengaruh oleh teman mereka yang mengajak
bermain serta keterlibatan orangtua siswa untuk meluangkan waktunya dalam
mendampingi anaknya selama melaksanakan sekolah dari rumah.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah peneliti paparkan
dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Proses pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK)
pada masa pandemi Covid-19 pada siswa kelas V MI Amir Al-Jannah
Tippulue Kabupaten Bone dilakukan dengan cara pembelajaran daring.
Pembelajaran daring ini merupakan pembelajaran tanpa tatap muka secara
langsung antara guru dan siswa tetapi dilakukan melalui online yang
menggunakan jaringan internet melalui media handphone ataupun laptop.
Adapun pembelajaran daring untuk mata pelajaran Pendidikan Jasmani
Olahraga dan Kesehatan (PJOK) pada masa pandemi Covid-19 pada siswa
kelas V MI Amir Al-Jannah Tippulue Kabupaten Bone dilakukan dengan tetap
memperhatikan dan mempertimbangkan beberapa aspek dalam proses
pencapaian tujuan pendidikan yang ada, diantaranya 1) Membuat Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPP); 2) Menyusun materi pembelajaran
3) Memperhatikan Prosedur Awal Pembelajaran 4) Melakukan Pengelolaan
Kelas dan Memperhatikan Jalannya Proses Belajar Mengajar Secara Daring; 5)
Menyiapkan Media Pembelajaran 6) Pemanfaatan Sumber belajar 7)
Melakukan Penilaian dan Evaluasi; serta 8) Pemberian Motivasi Kepada
Siswa.
2. Kendala-kendala dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan
Kesehatan (PJOK) pada masa pandemi Covid-19 pada siswa kelas V di MI
Amir Al-Jannah Tippulue Kabupaten Bone diantaranya keterbatasan akses
jaringan yang mempengaruhi kelancaran proses belajar mengajar, kondisi
siswa yang masih sulit memahami materi pembelajaran karena pembelajaran
berlangsung secara daring, kondisi siswa yang masih susah fokus untuk
mengikuti jalannya pembelajaran karena terpengaruh oleh teman mereka yang
mengajak bermain serta keterlibatan orangtua siswa untuk meluangkan
waktunya dalam mendampingi anaknya selama melaksanakan sekolah dari
rumah.
B. Implikasi
Setelah memperhatikan beberapa kesimpulan tersebut, maka dapat
dikemukakan implikasi penelitian sebagai berikut:
1. Untuk siswa-siswa MI Amir Al-Jannah Tippulue Kabupaten Bone diharapkan
lebih dapat meningkatkan belajarnya agar mampu menjadi pribadi yang hebat
dan berprestasi serta mampu membangun kesadaran akan pentingnya
menuntut ilmu.
2. Untuk guru-guru dan segenap tenaga kependidikan MI Amir Al-Jannah
Tippulue Kabupaten Bone, hendaknya selalu meningkatkan pengetahuan,
kemampuan dan keterampilan serta tanggung jawabnya, khususnya guru mata
pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan PJOK serta hendaknya
dapat selalu bersinergi sesama guru atau tenaga kependidikan yang ada.
Ketersediaan
| STAR202103389 | 389/2021 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
389/2021
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
