Implementasi Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Kualitas Proses belajar mengajar di MTs Al-Istiqomah Majang.

No image available for this title
Skripsi ini membahas mengenai “Implementasi Manajemen Kelas Dalam
Meningkatkan Kualiats Proses Belajar Mengajar Di MTs Al-Istiqomah Majang”. Hal yang
penting dikaji dalam skripsi ini yakni untuk mengetahui tentang implementasi manajemen
kelas, Kualitas proses belajar mengajar dan Kontribusi Implementasi Manajemen
Kelas dalam meningkatkan Kualitas Proses Belajar Mengajar di MTs Al-Istiqomah
Majang.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, Jenis penelitian adalah
penelitian kualitatif (qualitative research) dan pendekatan penelitian ialah pendekatan
manajemen, paedagogik, psikologis serta sosiologis. data dianalisis dengan metode reduksi
data, penyajian data, triangulasi dan penarikan kesimpulan, Selanjutnya dianalisis data
deduktif yaitu mengambil beberapa fakta yang bersifat umum yang selanjutnya dianalisis
untuk diterapkan ke hal yang bersifat khusus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, implementasi manajemen kelas di
MTs Al-Istiqomah Majang yaitu dimulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan,
pengawasan dan evaluasi, dari hasil penelitian dapat dikatakan bahwa implementasi
manajmen kelas di MTs Al-Istiqomah Majang telah berjalan dengan baik dalam
melaksanakan tufoksinya karna kepala sekolah dan guru senantiasa bersinergi serta telah
menjalankan implementasi manajemen kelas dengan sebaik mungkin. Kedua, Kualitas
proses belajar mengajar di MTs Al-Istiqomah Majang dapat dikatakan telah berjalan
dengan baik karna guru-guru wali kelas telah menjalankan tugasnya dengan baik dan
sebelum proses belajar mengajar di mulai guru mempersiapakannya, di mulai dari membuat
bahan ajar, menciptakan suasana belajar yang kondusif, nyaman dan menarik bagi
siswa, mempersiapkan, memanfaatkan media dan sumber belajar, dan guru sebagi
subyek pembelajar yang mampu berinteraksi dan memberikan motivasi kepada
siswanya dan ini tidak luput dari keinginan para guru untuk terus mengembangkan diri
dalam proses pemberian pengajaran kepada siswanya. dan juga dilihat dari guru-gurunya
yang terus-menuerus melakukan pengembangan diri dari berbagai sumber dan juga memiliki
tanggung jawab terhadap profesinya. Ketiga,Kontribusi implementasi Manajemen Kelas
dalam meningkatkan Kualitas Proses Belajar Mengajar di MTs Al-Istiqomah Majang
dilihat dari usaha kepala sekolah dalam meningkatkan kemampuan, menyampaikan kepada
guru utuk terus menerus meningkatkan kualitas dari pada proses belajar mengajar yang
dilakukannya di dalam kelas. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa kepala sekolah dan guru
telah berkontribusi dalam meningkatkan kualiatas proses belajar mengajr di MTs Al-
Istiqomah Majang, peningkatan kualiatas guru dilaksanakan melalui dimensi perencanaan,
pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, evaluasidan memaksimalkandimensi dari pada
bahan ajar yang di buat dan disiapkannya, menciptakan suasana belajar yang kondusif,
nyaman dan menarik bagi siswa, mempersiapkan dan memanfaatkan media dan
sumber belajar, dan guru sebagi subyek pembelajar yang mampu berinteraksi dan
memberikan motivasi kepada siswanya.
A. Kesimpulan
Dari hasil penelitian yang telah dipaparkan, maka penulis dapat
mengambil kesimpulan bahwa:
1. Implementasi manajmen kelas yang ada di MTs Al-Istiqomah Majang itu telah
dilaksanakan dengan baik hal itu dapat dilihat dari:
a. Perencanaan dimana guru wali kelas telah merencanakan sarana belajar yang
diperlukan, Mengadakan sarana belajar yang diperlukan serta Menata
letak sarana belajar yang diharapkan.
b. Pengorganisasian bahwa kepala sekolah telah menentukan sumber daya dan
kegiatan yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan organisasi, merancang
dan mengembangkan kelompok kerja yang berisi orang yang mampu
membawa organisasi pada tujuan serta menugaskan seseorang atau
kelompok orang dalam suatu tanggung jawab tugas dan fungsi tertentu.
c. Pelaksanaan bahwa kepala sekolah telah menggerakkan serta mengoptimalan
Sumber Daya Manusia.
d. Pengawasan dimana kepala sekolah telah melakukan pengamatan, menilai
kinerja pelaksanaan, dan mengambil tindakan korektif.
e. Evaluasi dimnan kepala sekolah telah melakukan pengumpulan data dan
mengumpulkan informasi.
77
2. Kualitas proses belajar mengajar di MTs Al-Istiqomah Majang telah
dilaksanakan dengan baikpulahal itudapat dilihat dari:
a. Bahan ajar dimana dalam hal ini guru telah mampu membuat bahan ajar dan
mempersiapkan bahan ajar sebelum proses belajar mengajar di mulai.
b. Suasana belajar dimana guru mampu menciptakan suasana belajar yang
kondusif, nyaman dan menarik bagi siswa di dalam kelas.
c. Media dan sumber belajar dimana guru telah mempersiapkan dan mampu
memanfaatkan media dan sumber belajar yang ada agar hasil belajar
peserta didik semakin meningkat.
d. Guru sebagai subyek pembelajar di mana guru mampu berinteraksi dan
memberikan motivasi kepada peserta didik itu dilakukan agar
kepercayaan peserta didik semakin meningkat
3. Kontribusi implementasi Manajemen Kelas dalam meningkatkan Kualitas
Proses Belajar Mengajar di MTs Al-Istiqomah Majang, Berdasarkan hasil
penelitian, bahwa kepala sekolah dan guru telah berkontribusi dalam meningkatkan
kualiatas proses belajar mengajr di MTs Al-Istiqomah Majang hal itu dapat dilihat
dari impelementasi manajemen kelas yang dijalankan secara baik seprti
perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, evaluasi dan kualitas dari
pada proses belajar mengajar seperti bahan ajar yang dibuat dan disiapkannya,
menciptakan suasana belajar yang kondusif, nyaman dan menarik bagi siswa,
mempersiapkan dan memanfaatkan media dan sumber belajar, dan guru
sebagi subyek pembelajar yang mampu berinteraksi dan memberikan
motivasi kepada siswanya.
B. Implikasi
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh. Maka saran-saran dari
penulis yang dapat dijadikan pertimbangan dalam meningkatkan kualitas
pendidikan adalah sebagai berikut:
1. Guru sebagai pendidik dan semua pihak lembaga pendidikan di Sekolah
haruslah menyadari seberapa besar peran dan tanggung jawab dalam
mengemban amanah dan memerankannya sesuai dengan posisinya serta
selalu mengikuti perkembangan dunia pendidikan baik secara teorritis
maupun secara praktis terutama dalam hal Manajemen Kelas.
2. Guru wali kelas sebaiknya mampu mengoptimalkan penggunaan media
pembelajaran, karena media pembelajaran sangat membantu siswa dalam
memahami materi pelajaran.
3. Selalu memberikan motivasi kepada peserta didik agar lebih meningkatkan
kesadaran pada dirinya masing-masing untuk dapat belajar dengan giat dan
sungguh-sungguh sesuai dengan cara/metode yang diberikan guru melalui
bimbingan atau pengarahan. Sebagai siswa yang baik harus ikut
4. Kepala sekolah sebaiknya lebih sering memantau dan memonitoring tentang
manajemen kelas guru agar proses belajar mengajar di dalam kelas dapat
berjalan dengan lancar. Di samping itu, hendaknya selalu membimbing guru
dalam mengelola kelas sesuai dengan situasi dan kondisi siswa.
Ketersediaan
STAR20190169169/2019Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

169/2019

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyahh

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top