Urgensi Mata Pelajaran Baca Tulis Al-qur’an (BTQ) dalam Meningkatkan Kualitas Mata Pelajaran Bahasa Arab (Studi pada MTs Al Istiqamah Majang Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone)
Hasrini/02141116 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang Urgensi Mata Pelajaran Baca Tulis Al-qur’an
(BTQ) dalam Meningkatkan Kualitas Mata Pelajaran Bahasa Arab (Studi pada MTs
Al Istiqamah Majang Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone). Pokok
masalah adalah bagaimana urgensi mata pelajaran BTQ dalam meningkatkan
kualitas Pendidikan Islam pada MTs Al Istiqamah Majang Kecamatan Tanete
Riattang Barat Kabupaten Bone. Dari pokok masalah tersebut dibagi menjadi dua
sub masalah sebagai berikut: pertama bagaimana strategi pelajaran BTQ dalam
meningkatkan kualitas Mata Pelajaran Bahasa Arab pada MTs Al Istiqamah Majang
Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone dan kedua bagaimana dampak
pelajaran BTQ terhadap Mata Pelajaran Bahasa Arab pada MTs Al Istiqamah
Majang Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone. Masalah ini dianalisis
dengan pendekatan psikologis dan pendekatan Teologis Normatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pelajaran BTQ dalam
meningkatkan kualitas mata pelajaran bahasa Arab pada MTs Al Istiqamah Majang
Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone yaitu 1) penggunaan metode
yang bervariasi, 2) mengangkat siswa yang pintar sebagai tutor siswa yang kurang
lancar membaca Al-qur’an, dan 3) menugaskan siswa satu-persatu untuk membaca
salah satu surah dalam Al-qur’an.
Dampak pelajaran BTQ terhadap mata pelajaran bahasa Arab pada MTs Al
Istiqamah Majang Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone yaitu 1)
membantu dalam pembelajaran bahasa Arab yang notabenenya kemampuan BTQ
adalah salah satu faktor pendukung utama dalam belajar bahasa Arab, 2)
menjadikan siswa mudah memahami Alquran yang merupakan salah satu aspek
terpenting dalam mengajarkan bahasa Arab, dan 3) dengan kelancaran siswa dalam
membaca dan menulis Al-qur’an menjadikan para siswa mudah mengerti dan
memahami pelajaran bahasa Arab dengan baik.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian yang telah dipaparkan sebelumnya, maka yang
menjadi simpulan dalam pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Strategi pelajaran BTQ dalam meningkatkan kualitas Mata Pelajaran Bahasa
Arab pada MTs Al Istiqamah Majang Kecamatan Tanete Riattang Barat
Kabupaten Bone yaitu 1) penggunaan metode yang bervariasi, 2) mengangkat
siswa yang pintar sebagai tutor siswa yang kurang lancar membaca Alquran,
dan 3) menugaskan siswa satu-persatu untuk membaca salah satu surah dalam
Alquran.
2. Dampak pelajaran BTQ terhadap Mata Pelajaran Bahasa Arab pada MTs Al
Istiqamah Majang Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone yaitu 1)
membantu dalam pembelajaran bahasa Arab yang notabenenya kemampuan
BTQ adalah salah satu faktor pendukung utama dalam belajar bahasa Arab, 2)
menjadikan siswa mudah memahami Alquran yang merupakan salah satu
aspek terpenting dalam mengajarkan bahasa Arab, dan 3) dengan kelancaran
siswa dalam membaca dan menulis Al-Qu’an menjadikan para siswa mudah
mengerti dan memahami pelajaran bahasa Arab dengan baik.
B. Saran-saran
Beranjak dari ungkapan yang telah dikemukakan di atas, maka penulis
dapat memberikan saran-saran sebagai berikut:
1. Lingkungan keluarga hendaknya memberikan kontribusi terhadap perilaku
dan kebiasaan siswa di rumah, dalam hal ini membiasakan lingkungan yang
cinta Alquran sehingga dapat menunjang kemampuan siswa dalam
membaca Alquran.
2. Guru Baca Tulis Alquran (BTQ) hendaknya mempunyai target atau strategi
khusus untuk mengajarkan Alquran dengan tepat dan cepat supaya siswa
kompeten dalam membaca Alquran dengan lancar dan benar.
3. Kepala sekolah hendaknya mengadakan program belajar membaca Alquran
di luar jam pelajaran sehingga siswa merasa terbiasa membaca Alquran
dan meningkatkan kemampuan membaca Alquran lebih baik lagi.
4. Diharapkan kepada para peneliti berikutnya agar hasil penelitian ini dapat
dijadikan sebagai bahan referensi dalam mengkaji objek yang sama.
(BTQ) dalam Meningkatkan Kualitas Mata Pelajaran Bahasa Arab (Studi pada MTs
Al Istiqamah Majang Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone). Pokok
masalah adalah bagaimana urgensi mata pelajaran BTQ dalam meningkatkan
kualitas Pendidikan Islam pada MTs Al Istiqamah Majang Kecamatan Tanete
Riattang Barat Kabupaten Bone. Dari pokok masalah tersebut dibagi menjadi dua
sub masalah sebagai berikut: pertama bagaimana strategi pelajaran BTQ dalam
meningkatkan kualitas Mata Pelajaran Bahasa Arab pada MTs Al Istiqamah Majang
Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone dan kedua bagaimana dampak
pelajaran BTQ terhadap Mata Pelajaran Bahasa Arab pada MTs Al Istiqamah
Majang Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone. Masalah ini dianalisis
dengan pendekatan psikologis dan pendekatan Teologis Normatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pelajaran BTQ dalam
meningkatkan kualitas mata pelajaran bahasa Arab pada MTs Al Istiqamah Majang
Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone yaitu 1) penggunaan metode
yang bervariasi, 2) mengangkat siswa yang pintar sebagai tutor siswa yang kurang
lancar membaca Al-qur’an, dan 3) menugaskan siswa satu-persatu untuk membaca
salah satu surah dalam Al-qur’an.
Dampak pelajaran BTQ terhadap mata pelajaran bahasa Arab pada MTs Al
Istiqamah Majang Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone yaitu 1)
membantu dalam pembelajaran bahasa Arab yang notabenenya kemampuan BTQ
adalah salah satu faktor pendukung utama dalam belajar bahasa Arab, 2)
menjadikan siswa mudah memahami Alquran yang merupakan salah satu aspek
terpenting dalam mengajarkan bahasa Arab, dan 3) dengan kelancaran siswa dalam
membaca dan menulis Al-qur’an menjadikan para siswa mudah mengerti dan
memahami pelajaran bahasa Arab dengan baik.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian yang telah dipaparkan sebelumnya, maka yang
menjadi simpulan dalam pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Strategi pelajaran BTQ dalam meningkatkan kualitas Mata Pelajaran Bahasa
Arab pada MTs Al Istiqamah Majang Kecamatan Tanete Riattang Barat
Kabupaten Bone yaitu 1) penggunaan metode yang bervariasi, 2) mengangkat
siswa yang pintar sebagai tutor siswa yang kurang lancar membaca Alquran,
dan 3) menugaskan siswa satu-persatu untuk membaca salah satu surah dalam
Alquran.
2. Dampak pelajaran BTQ terhadap Mata Pelajaran Bahasa Arab pada MTs Al
Istiqamah Majang Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone yaitu 1)
membantu dalam pembelajaran bahasa Arab yang notabenenya kemampuan
BTQ adalah salah satu faktor pendukung utama dalam belajar bahasa Arab, 2)
menjadikan siswa mudah memahami Alquran yang merupakan salah satu
aspek terpenting dalam mengajarkan bahasa Arab, dan 3) dengan kelancaran
siswa dalam membaca dan menulis Al-Qu’an menjadikan para siswa mudah
mengerti dan memahami pelajaran bahasa Arab dengan baik.
B. Saran-saran
Beranjak dari ungkapan yang telah dikemukakan di atas, maka penulis
dapat memberikan saran-saran sebagai berikut:
1. Lingkungan keluarga hendaknya memberikan kontribusi terhadap perilaku
dan kebiasaan siswa di rumah, dalam hal ini membiasakan lingkungan yang
cinta Alquran sehingga dapat menunjang kemampuan siswa dalam
membaca Alquran.
2. Guru Baca Tulis Alquran (BTQ) hendaknya mempunyai target atau strategi
khusus untuk mengajarkan Alquran dengan tepat dan cepat supaya siswa
kompeten dalam membaca Alquran dengan lancar dan benar.
3. Kepala sekolah hendaknya mengadakan program belajar membaca Alquran
di luar jam pelajaran sehingga siswa merasa terbiasa membaca Alquran
dan meningkatkan kemampuan membaca Alquran lebih baik lagi.
4. Diharapkan kepada para peneliti berikutnya agar hasil penelitian ini dapat
dijadikan sebagai bahan referensi dalam mengkaji objek yang sama.
Ketersediaan
| STAR20190168 | 168/2019 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
168/2019
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
