Urgensi Penerapan Metode Demonstrasi Dalam Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 1 Takkalalla Kabupaten Wajo

No image available for this title
Skripsi ini membahas mengenai “Urgensi penerapan metode demonstrasi
dalam meningkatkan pemahaman peserta didik pada pembelajaran pendidikan agama
Islam di SMP Negeri 1 Takkalalla Kabupaten Wajo”. Hal yang penting dibahas
dalam skripsi ini yaitu pertama untuk mengetahui bagaimana penerapan metode
demostrasi dalam meningkatkan pemahaman peserta didik pada pembelajaran
pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Takkalalla Kabupaten Wajo. Kedua untuk
mengetahui bagaimana faktor penghambat dan pendukung penerapan metode
demonstrasi dalam meningkatkan pemahaman peserta didik pada pembelajaran
pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Takkalalla kab.Wajo.
Dalam mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan penelitian kualitatif
(qualitatif research) dengan menggunakan pendekatan paedagogik, dan pendekatan
psikologis. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data
dianalisis dengan menggunakan reduksi data, display data, kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, bagaimana penerapan metode
demostrasi dalam meningkatkan pemahaman peserta didik pada pembelajaran
pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Takkalalla Kabupaten Wajo mengenai
metode demonstrasi masuk dalam kategori cukup dan masih sangat perlu untuk
ditingkatkan. Kedua bagaimana faktor penghambat dan pendukung penerapan
metode demonstrasi dalam meningkatkan pemahaman peserta didik pada
pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Takkalalla kab.Wajo yakni
dalam proses pembelajaran dikelas, guru PAI menguasai materi terlebih dahulu
kemudian memilih media dan metode yang sesuai dengan materi yang akan
diajarkan. Selain itu, guru PAI mengadakan Praktek shalat guna untuk
mengaplikasikan teori yang diajarkan dalam proses pembelajaran dikelas.
Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa apabila dalam proses belajar
mengajar guru menggunakan metode pembelajaran yang tepat, maka akan
meningkatkan pemahaman peserta didik, karena metode ini cenderung mengarah ke
praktek dibandingkan teori yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik masa kini.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Penerapan Metode Demonstrasi pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di
SMP Negeri 1 Takkalalla Kab. Wajo dilakukan dengan cara pertama, guru
menyusun bahan ajar sesuai materi yang akan diajarkan dan siswa menyiapkan
sumber belajar yang akan digunakan. Kedua, mendiskusikan bahan materi belajar
dengan membuat kelompok kecil, tujuan dilakukannya berdiskusi kecil adalah
agar memberikan stimulus bagi siswa. Ketiga yaitu melibatkan siswa untuk
melihat, mendengar dan mengwasi praktik yang dilakukan untuk ditirukan oleh
siswa. Keempat
memberikan motivasi kepada siswa, memberikan rasa untuk
percaya diri dan dorongan semangat .
2. Faktor Pendukung dan Penghambat Penerapan Metode Demonstrasi dalam
Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Agama
Islam di SMP Negeri 1 Takkalalla Kab. Wajo, yaitu:
a. Faktor Pendukung
Faktor pendukung metode demonstrasi adalah semua faktor yang
sifatnya mendorong, menyokong, melancarkan, menunjang, terjadinya
sesuatu diantaranya, keseriusan peserta didik dipusatkan, tempat
pelaksanaan, materi pendidikan agama Islam mudah di demonstrasikan
seperti shalat, kurikulum 2013.
b. Faktor Penghambat
Faktor penghambat metode demonstrasi adalah semua jenis faktor
yang sifatnya menghambat atau bahkan menghalangi dan menahan
terjadinya sesuatu. Diantaranya, memerlukan persiapan yang lebih matang,
demonstrasi memerlukan peralatan, demonstrasi memerlukan guru khusus,
waktu jam pelajaran terbatas, siswa kurang serius.
B. Implikasi
1. Hendaknya guru PAI lebih meningkatkan kreatifitas dalam pemilihan metode
dan penggunaan alat dalam proses pembelajaran terkhusus dalam pemberian
materi shalat.
2. Hendaknya guru PAI lebih meningkatkan kegiatan bimbingan praktek shalat,
dilakukan secara berulang agar peserta didik benar-benar memahami tata cara
pelaksanaan praktek shalat.
3. Hendaknya penilaian tidak hanya dilakukan oleh guru PAI saja akan tetapi
melibatkan kepala sekolah, guru umum lainnya bahkan orang tua dan
masyarakat sekitar, dengan tujuan penilaian tersebut akan menjadi bahan acuan
untuk lebih meningkatkan lagi kinerja dalam memberikan pemahaman kepada
peserta didik tentang metode demonstrasi materi shalat.
Ketersediaan
STAR20210299299/2021Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

299/2021

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top