Pengaruh Sarana Dan Prasarana dengan Minat Belajar Siswa Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kaitannya di MI Nurul Hikmah Pajalele Kabupaten Bone

No image available for this title
Skripsi ini membahas pengaruh sarana dan prasarana dengan minat belajar siswa
pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan kaitannya di MI Nurul Hikmah Pajalele
Kabupaten Bone.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuisarana dan
prasaranapendidikan jasmani dan olahraga, minat belajar siswa pada mata pelajaran
pendidikan jasmani dan olahraga serta pengaruh sarana dan prasarana pendidikan
jasmani olahraga dan kesehatan terhadap minat belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah
Nurul Hikmah Pajalele Kabupaten Bone.
Jenis penelitian yang dilakukan oleh penulis adalah jenis penelitian kuantitatif
deskriptif. Penelitian kuantitatif fenomena-fenomena objektif dan dikaji secara
kuantitatif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan paedagogis dan sosiologis.
Data primer dalam penelitian ini diperoleh langsung dari lokasi penelitian yaitu
melalui observasi dan kuesioner.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Sarana dan prasarana pendidikan jasmani dan
olahraga dan kesehatan di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hikmah Pajalele Kabupaten
Bone dalam kategori baik. Hal ini dapat dilihat dari analisis statistik inferensial hitung
diperoleh nilai mean sebesar 58,90; standar deviation sebesar 4,397; median sebesar
60.00; dan modus sebesar 57. 2) Minat belajar siswa pelajaran pendidikan jasmani
dan olahraga dan kesehatan di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hikmah Pajalele
Kabupaten Bone dalam kategori tinggi. Hal ini dapat dilihat dari analisis statistik
inferensial hitung diperoleh nilai mean sebesar 52,10; standar deviation sebesar
5,659; median sebesar 52.00; dan modus sebesar 52. 3) Adanya pengaruh sarana dan
prasarana dengan minat belajar siswa pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di
Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hikmah Pajalele Kabupaten Bone yang ditunjukkan dari
t_hitung (3,918) > t_tabel (1,895). Hasil pengujian menunjukkan bahwa nilai
signifikansi diperoleh nilai 0,000, dengan demikian nilai signifikansi yang diperoleh
lebih kecil daripada probabilitas α 0,05 yang ditetapkan.
A. Kesimpulan
1. Kualitas sarana dan prasaranapendidikan jasmani dan olahraga dan kesehatan
di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hikmah Pajalele Kabupaten Bone dalam
kategori baik. Hal ini dapat dilihat dari analisis statistik inferensial hitung
diperoleh nilai mean sebesar 58,90; standar deviation sebesar 4,397; median
sebesar 60.00; dan modus sebesar 57.
2. Minat belajar siswapelajaran pendidikan jasmani dan olahraga dan kesehatan
di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hikmah Pajalele Kabupaten Bone dalam
kategori tinggi. Hal ini dapat dilihat dari analisis statistik inferensial hitung
diperoleh nilai mean sebesar 52,10; standar deviation sebesar 5,659; median
sebesar 52.00; dan modus sebesar 52.
3. Adanya pengaruh sarana dan prasarana dengan minat belajar siswa pendidikan
jasmani olahraga dan kesehatan di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hikmah
Pajalele Kabupaten Bone yang ditunjukkan dari t_hitung (3,918) > t_tabel
(1,895). Hasil pengujian menunjukkan bahwa nilai signifikansi diperoleh nilai
0,000, dengan demikian nilai signifikansi yang diperoleh lebih kecil daripada
probabilitas α 0,05 yang ditetapkan.
B. Implikasi
1. Dari hasil penelitian ini diharapkan kepada pihak yang berkaitan terutama
kepala sekolah dan guru agar bersinergi dengan baik untuk meningkatkan
kinerjanya. Baik buruknya minat belajar siswa tidak terletak kepada kepala
sekolah atau guru semata, tetapi terletak kepada semua komponen yang ada di
sekolah.
2. Pengawas dan kepala sekolah yang sekaligus berfungsi sebagai supervisor
hendaknya mengedepankan pendekatan dialogis agar guru tidak merasa
dirinya sedang mendapatkan pengawasan. Kepala sekolah dapat memulai
supervisinya dengan mendengarkan kesulitan-kesulitan yang dihadapi guru
selama melaksanakan pembelajaran terutama dalam pengadministrasian
pendidikan. Dari persoalan ini, kepala sekolah dapat memberikan saran
kepada guru untuk melakukan perbaikan kualitas adminsitrasi pendidikan.
3. Untuk tenaga pendidik, lebih meningkatkan kinerjanya dengan menggunakan
segala perangkat pembelajarannya serta sarana-sarana yang mampu
mendukung keberlangsungan proses belajar mengajar.
Ketersediaan
STAR20220252252/2022Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

252/2022

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top