Pengaruh Sarana Dan Prasarana dengan Minat Belajar Siswa Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kaitannya di MI Nurul Hikmah Pajalele Kabupaten Bone
Herdianto/02.17.5073 - Personal Name
Skripsi ini membahas pengaruh sarana dan prasarana dengan minat belajar siswa
pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan kaitannya di MI Nurul Hikmah Pajalele
Kabupaten Bone.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuisarana dan
prasaranapendidikan jasmani dan olahraga, minat belajar siswa pada mata pelajaran
pendidikan jasmani dan olahraga serta pengaruh sarana dan prasarana pendidikan
jasmani olahraga dan kesehatan terhadap minat belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah
Nurul Hikmah Pajalele Kabupaten Bone.
Jenis penelitian yang dilakukan oleh penulis adalah jenis penelitian kuantitatif
deskriptif. Penelitian kuantitatif fenomena-fenomena objektif dan dikaji secara
kuantitatif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan paedagogis dan sosiologis.
Data primer dalam penelitian ini diperoleh langsung dari lokasi penelitian yaitu
melalui observasi dan kuesioner.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Sarana dan prasarana pendidikan jasmani dan
olahraga dan kesehatan di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hikmah Pajalele Kabupaten
Bone dalam kategori baik. Hal ini dapat dilihat dari analisis statistik inferensial hitung
diperoleh nilai mean sebesar 58,90; standar deviation sebesar 4,397; median sebesar
60.00; dan modus sebesar 57. 2) Minat belajar siswa pelajaran pendidikan jasmani
dan olahraga dan kesehatan di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hikmah Pajalele
Kabupaten Bone dalam kategori tinggi. Hal ini dapat dilihat dari analisis statistik
inferensial hitung diperoleh nilai mean sebesar 52,10; standar deviation sebesar
5,659; median sebesar 52.00; dan modus sebesar 52. 3) Adanya pengaruh sarana dan
prasarana dengan minat belajar siswa pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di
Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hikmah Pajalele Kabupaten Bone yang ditunjukkan dari
t_hitung (3,918) > t_tabel (1,895). Hasil pengujian menunjukkan bahwa nilai
signifikansi diperoleh nilai 0,000, dengan demikian nilai signifikansi yang diperoleh
lebih kecil daripada probabilitas α 0,05 yang ditetapkan.
A. Kesimpulan
1. Kualitas sarana dan prasaranapendidikan jasmani dan olahraga dan kesehatan
di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hikmah Pajalele Kabupaten Bone dalam
kategori baik. Hal ini dapat dilihat dari analisis statistik inferensial hitung
diperoleh nilai mean sebesar 58,90; standar deviation sebesar 4,397; median
sebesar 60.00; dan modus sebesar 57.
2. Minat belajar siswapelajaran pendidikan jasmani dan olahraga dan kesehatan
di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hikmah Pajalele Kabupaten Bone dalam
kategori tinggi. Hal ini dapat dilihat dari analisis statistik inferensial hitung
diperoleh nilai mean sebesar 52,10; standar deviation sebesar 5,659; median
sebesar 52.00; dan modus sebesar 52.
3. Adanya pengaruh sarana dan prasarana dengan minat belajar siswa pendidikan
jasmani olahraga dan kesehatan di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hikmah
Pajalele Kabupaten Bone yang ditunjukkan dari t_hitung (3,918) > t_tabel
(1,895). Hasil pengujian menunjukkan bahwa nilai signifikansi diperoleh nilai
0,000, dengan demikian nilai signifikansi yang diperoleh lebih kecil daripada
probabilitas α 0,05 yang ditetapkan.
B. Implikasi
1. Dari hasil penelitian ini diharapkan kepada pihak yang berkaitan terutama
kepala sekolah dan guru agar bersinergi dengan baik untuk meningkatkan
kinerjanya. Baik buruknya minat belajar siswa tidak terletak kepada kepala
sekolah atau guru semata, tetapi terletak kepada semua komponen yang ada di
sekolah.
2. Pengawas dan kepala sekolah yang sekaligus berfungsi sebagai supervisor
hendaknya mengedepankan pendekatan dialogis agar guru tidak merasa
dirinya sedang mendapatkan pengawasan. Kepala sekolah dapat memulai
supervisinya dengan mendengarkan kesulitan-kesulitan yang dihadapi guru
selama melaksanakan pembelajaran terutama dalam pengadministrasian
pendidikan. Dari persoalan ini, kepala sekolah dapat memberikan saran
kepada guru untuk melakukan perbaikan kualitas adminsitrasi pendidikan.
3. Untuk tenaga pendidik, lebih meningkatkan kinerjanya dengan menggunakan
segala perangkat pembelajarannya serta sarana-sarana yang mampu
mendukung keberlangsungan proses belajar mengajar.
pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan kaitannya di MI Nurul Hikmah Pajalele
Kabupaten Bone.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuisarana dan
prasaranapendidikan jasmani dan olahraga, minat belajar siswa pada mata pelajaran
pendidikan jasmani dan olahraga serta pengaruh sarana dan prasarana pendidikan
jasmani olahraga dan kesehatan terhadap minat belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah
Nurul Hikmah Pajalele Kabupaten Bone.
Jenis penelitian yang dilakukan oleh penulis adalah jenis penelitian kuantitatif
deskriptif. Penelitian kuantitatif fenomena-fenomena objektif dan dikaji secara
kuantitatif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan paedagogis dan sosiologis.
Data primer dalam penelitian ini diperoleh langsung dari lokasi penelitian yaitu
melalui observasi dan kuesioner.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Sarana dan prasarana pendidikan jasmani dan
olahraga dan kesehatan di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hikmah Pajalele Kabupaten
Bone dalam kategori baik. Hal ini dapat dilihat dari analisis statistik inferensial hitung
diperoleh nilai mean sebesar 58,90; standar deviation sebesar 4,397; median sebesar
60.00; dan modus sebesar 57. 2) Minat belajar siswa pelajaran pendidikan jasmani
dan olahraga dan kesehatan di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hikmah Pajalele
Kabupaten Bone dalam kategori tinggi. Hal ini dapat dilihat dari analisis statistik
inferensial hitung diperoleh nilai mean sebesar 52,10; standar deviation sebesar
5,659; median sebesar 52.00; dan modus sebesar 52. 3) Adanya pengaruh sarana dan
prasarana dengan minat belajar siswa pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di
Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hikmah Pajalele Kabupaten Bone yang ditunjukkan dari
t_hitung (3,918) > t_tabel (1,895). Hasil pengujian menunjukkan bahwa nilai
signifikansi diperoleh nilai 0,000, dengan demikian nilai signifikansi yang diperoleh
lebih kecil daripada probabilitas α 0,05 yang ditetapkan.
A. Kesimpulan
1. Kualitas sarana dan prasaranapendidikan jasmani dan olahraga dan kesehatan
di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hikmah Pajalele Kabupaten Bone dalam
kategori baik. Hal ini dapat dilihat dari analisis statistik inferensial hitung
diperoleh nilai mean sebesar 58,90; standar deviation sebesar 4,397; median
sebesar 60.00; dan modus sebesar 57.
2. Minat belajar siswapelajaran pendidikan jasmani dan olahraga dan kesehatan
di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hikmah Pajalele Kabupaten Bone dalam
kategori tinggi. Hal ini dapat dilihat dari analisis statistik inferensial hitung
diperoleh nilai mean sebesar 52,10; standar deviation sebesar 5,659; median
sebesar 52.00; dan modus sebesar 52.
3. Adanya pengaruh sarana dan prasarana dengan minat belajar siswa pendidikan
jasmani olahraga dan kesehatan di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hikmah
Pajalele Kabupaten Bone yang ditunjukkan dari t_hitung (3,918) > t_tabel
(1,895). Hasil pengujian menunjukkan bahwa nilai signifikansi diperoleh nilai
0,000, dengan demikian nilai signifikansi yang diperoleh lebih kecil daripada
probabilitas α 0,05 yang ditetapkan.
B. Implikasi
1. Dari hasil penelitian ini diharapkan kepada pihak yang berkaitan terutama
kepala sekolah dan guru agar bersinergi dengan baik untuk meningkatkan
kinerjanya. Baik buruknya minat belajar siswa tidak terletak kepada kepala
sekolah atau guru semata, tetapi terletak kepada semua komponen yang ada di
sekolah.
2. Pengawas dan kepala sekolah yang sekaligus berfungsi sebagai supervisor
hendaknya mengedepankan pendekatan dialogis agar guru tidak merasa
dirinya sedang mendapatkan pengawasan. Kepala sekolah dapat memulai
supervisinya dengan mendengarkan kesulitan-kesulitan yang dihadapi guru
selama melaksanakan pembelajaran terutama dalam pengadministrasian
pendidikan. Dari persoalan ini, kepala sekolah dapat memberikan saran
kepada guru untuk melakukan perbaikan kualitas adminsitrasi pendidikan.
3. Untuk tenaga pendidik, lebih meningkatkan kinerjanya dengan menggunakan
segala perangkat pembelajarannya serta sarana-sarana yang mampu
mendukung keberlangsungan proses belajar mengajar.
Ketersediaan
| STAR20220252 | 252/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
252/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
