Urgensi Penggunaan Media Benda Konkret pada Pembelajaran Matematika Materi Perkalian Kelas III di MIS Al-Muhsinin Bulu Laju Kecamatan Amali Kabupaten Bone
Darwisa/ 02.17.5001 - Personal Name
Skripsi ini membahas Urgensi Penggunaan Media Benda Konkret Pada
Pembelajaran Matematika Materi Perkalian Kelas III Di MIS Al-Muhsinin Bulu Laju
Kecamatan Amali Kabupaten Bone. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan
Penggunaan Media Benda Konkret di MIS Al-Muhsinin Bulu Laju, dan untuk
mengetahui Urgensi Penggunaan Media Benda Konkret di MIS Al-Muhsinin Bulu
Laju.
Penelitian ini merupakan penelitian bersifat deskriptif kualitatif. Pendekatan
yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan paedagogik dan sosiologis.
Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan
dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis kualitatif dengan
tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pembelajaran matematika di MIS
Al-Muhsinin Bulu Laju khususnya di kelas 3 telah menggunakan media benda
konkret. Jenis media benda konkret yang digunakan yaitu biji-bijian(biji jagung) dan
bebatuan (batu asam). Media ini digunakan dalam proses pembelajaran karena selain
mudah dijangkau oleh siswa juga menarik dan mengandung unsur pendidikan serta
media ini dapat membuat siswa terhibur. Kemampuan menghitung perkalian siswa
khususnya di kelas 3 MIS Al-Muhsinin Bulu Laju tergolong sangat baik. Karena
peserta didik hampir secara keseluruhan sudah mampu melakukan perhitungan dan
dengan mudah menyelesaikan soal-soal perkalian. Seperti halnya siswa mampu
memahami materi yang disampaikan, menyelesaikan soal-soal, menjawab
pertanyaan, dan lain sebagainya. Media memliki manfaat yang besar dalam proses
pembelajaran terutama media benda konkret yang secara nyata diperlihatkan kepada
siswa MIS Al-Muhsinin Bulu Laju. Penggunaan media dapat mengatasi perbedaan
pengalaman, mengatasi ruang, membantu siswa untuk mengenal lingkungan,
membantu siswa dalam keseragaman pengamatan, memberikan pemahaman konsep
dasar yang benar dan menarik perhatian siswa.
A. Kesimpulan
Berdasarkan uraian yang telah dipaparkan sebelumnya, maka yang menjadi
simpulan dalam pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Dalam pembelajaran matematika di MIS Al-Muhsinin Bulu Laju khususnya di
kelas 3 telah menggunakan media benda konkret. Jenis media benda konkret yang
digunakan yaitu biji-bijian(biji jagung) dan bebatuan (batu asam). Media ini
digunakan dalam proses pembelajaran karena selain mudah dijangkau oleh siswa
juga menarik dan mengandung unsur pendidikan serta media ini dapat membuat
siswa terhibur. Kemampuan menghitung perkalian siswa khususnya di kelas 3
MIS Al-Muhsinin Bulu Laju tergolong sangat baik. Karena peserta didik hampir
secara keseluruhan sudah mampu melakukan perhitungan dan dengan mudah
menyelesaikan soal-soal perkalian. Seperti halnya siswa mampu memahami
materi yang disampaikan, menyelesaikan soal-soal, menjawab pertanyaan, dan
lain sebagainya.
2. Media memliki manfaat yang besar dalam proses pembelajaran terutama media
benda konkret yang secara nyata diperlihatkan kepada siswa MIS Al-Muhsinin
Bulu Laju. Penggunaan media dapat mengatasi perbedaan pengalaman, mengatasi
ruang, membantu siswa untuk mengenal lingkungan, membantu siswa dalam
keseragaman pengamatan, memberikan pemahaman konsep dasar yang benar dan
menarik perhatian siswa.
B. Implikasi
Berdasarkan simpulan tersebut, maka penulis akan memberikan saran sebagai
bentuk implikasi penelitian, kepada:
1. Pendidik atau guru diharapkan dapat menggunakan media benda konkret dalam
pembelajaran dengan baik dan selalu memberikan inovasi serta motivasi kepada
siswa agar pembelajaran bisa maksimal dan lebih menarik dan siswa menjadi
lebih aktif dalam setiap mengikuti aktivitas belajar.
2. Kepala sekolah perlunya menyediakan fasilitas atau sumber belajar di sekolah
yang lebih memadai sehingga dalam proses pembelajaran lebih optimal
dilaksanakan oleh para guru.
3. Diharapkan kepada semua pimpinan terutama kepala sekolah agar tetap
memberikan dukungan kepada para bawahannya dalam memberikan pembinaan
serta berbagai pelatihan yang berkaitan dengan sumber belajar.
Pembelajaran Matematika Materi Perkalian Kelas III Di MIS Al-Muhsinin Bulu Laju
Kecamatan Amali Kabupaten Bone. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan
Penggunaan Media Benda Konkret di MIS Al-Muhsinin Bulu Laju, dan untuk
mengetahui Urgensi Penggunaan Media Benda Konkret di MIS Al-Muhsinin Bulu
Laju.
Penelitian ini merupakan penelitian bersifat deskriptif kualitatif. Pendekatan
yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan paedagogik dan sosiologis.
Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan
dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis kualitatif dengan
tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pembelajaran matematika di MIS
Al-Muhsinin Bulu Laju khususnya di kelas 3 telah menggunakan media benda
konkret. Jenis media benda konkret yang digunakan yaitu biji-bijian(biji jagung) dan
bebatuan (batu asam). Media ini digunakan dalam proses pembelajaran karena selain
mudah dijangkau oleh siswa juga menarik dan mengandung unsur pendidikan serta
media ini dapat membuat siswa terhibur. Kemampuan menghitung perkalian siswa
khususnya di kelas 3 MIS Al-Muhsinin Bulu Laju tergolong sangat baik. Karena
peserta didik hampir secara keseluruhan sudah mampu melakukan perhitungan dan
dengan mudah menyelesaikan soal-soal perkalian. Seperti halnya siswa mampu
memahami materi yang disampaikan, menyelesaikan soal-soal, menjawab
pertanyaan, dan lain sebagainya. Media memliki manfaat yang besar dalam proses
pembelajaran terutama media benda konkret yang secara nyata diperlihatkan kepada
siswa MIS Al-Muhsinin Bulu Laju. Penggunaan media dapat mengatasi perbedaan
pengalaman, mengatasi ruang, membantu siswa untuk mengenal lingkungan,
membantu siswa dalam keseragaman pengamatan, memberikan pemahaman konsep
dasar yang benar dan menarik perhatian siswa.
A. Kesimpulan
Berdasarkan uraian yang telah dipaparkan sebelumnya, maka yang menjadi
simpulan dalam pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Dalam pembelajaran matematika di MIS Al-Muhsinin Bulu Laju khususnya di
kelas 3 telah menggunakan media benda konkret. Jenis media benda konkret yang
digunakan yaitu biji-bijian(biji jagung) dan bebatuan (batu asam). Media ini
digunakan dalam proses pembelajaran karena selain mudah dijangkau oleh siswa
juga menarik dan mengandung unsur pendidikan serta media ini dapat membuat
siswa terhibur. Kemampuan menghitung perkalian siswa khususnya di kelas 3
MIS Al-Muhsinin Bulu Laju tergolong sangat baik. Karena peserta didik hampir
secara keseluruhan sudah mampu melakukan perhitungan dan dengan mudah
menyelesaikan soal-soal perkalian. Seperti halnya siswa mampu memahami
materi yang disampaikan, menyelesaikan soal-soal, menjawab pertanyaan, dan
lain sebagainya.
2. Media memliki manfaat yang besar dalam proses pembelajaran terutama media
benda konkret yang secara nyata diperlihatkan kepada siswa MIS Al-Muhsinin
Bulu Laju. Penggunaan media dapat mengatasi perbedaan pengalaman, mengatasi
ruang, membantu siswa untuk mengenal lingkungan, membantu siswa dalam
keseragaman pengamatan, memberikan pemahaman konsep dasar yang benar dan
menarik perhatian siswa.
B. Implikasi
Berdasarkan simpulan tersebut, maka penulis akan memberikan saran sebagai
bentuk implikasi penelitian, kepada:
1. Pendidik atau guru diharapkan dapat menggunakan media benda konkret dalam
pembelajaran dengan baik dan selalu memberikan inovasi serta motivasi kepada
siswa agar pembelajaran bisa maksimal dan lebih menarik dan siswa menjadi
lebih aktif dalam setiap mengikuti aktivitas belajar.
2. Kepala sekolah perlunya menyediakan fasilitas atau sumber belajar di sekolah
yang lebih memadai sehingga dalam proses pembelajaran lebih optimal
dilaksanakan oleh para guru.
3. Diharapkan kepada semua pimpinan terutama kepala sekolah agar tetap
memberikan dukungan kepada para bawahannya dalam memberikan pembinaan
serta berbagai pelatihan yang berkaitan dengan sumber belajar.
Ketersediaan
| STAR20210032 | 32/2021 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
32/2021
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
