Pelaksanaan Supervisi Berbasis Total Quality Management(TQM) dalam Meningkatkan Kualitas Sekolah di SMP Negeri 2 Tellu Siattinge Kabupaten Bone
SYAHRI DEVI APRIANI/02.12.3047 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai“Pelaksanaan Supervisi Berbasis TotalrnQuality Management (TQM) dalam Meningkatkan Kualitas Sekolah di SMP Negeri 2rnTellu Siattinge Kabupaten Bone”. Hal yang penting dikaji dalam skripsi ini yaknirnuntuk mengetahui pelaksanaan supervisi berbasis Total Quality Management (TQM)rndan mengetahui peran supervisor dalam meningkatkan kualitas sekolah di SMPrnNegeri 2 Tellu Siattinge.rnUntuk memudahkan pemecahan masalah tersebut di atas digunakan metodernpenelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan teknik antara lainrnwawancara, dokumentasi dan observasi. Untuk mendapatkan data dilapanganrndigunakan pendekatan sosiologis dan pendekatan manajemen. dan Sumber datarndalam penelitian ini adalah unsur yang terkait dalam lembaga pendidikan tersebut,rnyaitu kepala sekolah dan guru. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakanrnmetode induktif, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis datarnkualitatif meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan simpulan dan verifikasi.rnBerdasarkan hasil penelitian tentang pelaksanaan supervisi berbasis TotalrnQuality Management (TQM) dalam meningkatkan kualitas sekolah di SMP Negeri 2rnTellu Siattinge dilakukan dengan fokus terhadap kebutuhan peserta didik,rnmengevaluasi hasil kerja guru melalui supervisi berkala dengan sasaran kerjarnpegawai, mempertahankan hasil kerja dengan memberikan arahan dan motivasirnkepada para guru. Adapun peran supervisor dalam meningkatkan kualitas sekolah dirnSMP Negeri 2 Tellu Siattinge adalah melaksanakan kurikulum, memperhatikanrnpeserta didik, memberikan dukungan dalam proses belajar mengajar denganrnmelengkapi sarana dan prasarana, melakukan supervisi terhadap kinerja para guru.rnSekolah akan berkualitas bila pemimpin mampu mensupervisi para gururnsecara menyeluruh. Dengan supervisi yang dilakukan diharapkan mampurnmeningkatkan kinerja para guru yang akan berpengaruh terhadap peningkatan kalitasrnsekolah.rnA. Simpulanrn1. Pelaksanaan supervisi berbasis Total Quality Management di SMP Negeri 2rnTellu Siattinge meliputi fokus terhadap kebutuhan peserta didik,rnmengevaluasi hasil kerja guru melalui supervisi berkala dengan sasaran kerjarnpegawai, mempertahankan hasil kerja dengan memberikan arahan danrnmotivasi kepada para guru.rn2. Peran supervisor dalam meningkatkan kualitas sekolah di SMP Negeri 2rnTellu Siattinge adalah melaksanakan kurikulum, memperhatikan pesertarndidik, memberikan dukungan dalam proses belajar mengajar denganrnmelengkapi sarana dan prasarana, melakukan supervisi terhadap kinerja pararnguru.rnB. Saranrn1. Bagi Kepala sekolah, hendaknya selalu melakukan kegiatan supervisi kepadarnpara guru,baik itu supervisi manajerial maupun supervisi akademik. Hal inirndiperlukan agar diketahui kekurangan yang dialami oleh para guru sehinggarnkepala sekolah juga mampu memberikan masukan dan arahan agar gururnmenjadi lebih profesional dalam menjalankan tugasnya.rn2. Bagi guru, hendaknya memperhatikan saat kepala sekolah melakukanrnsupervisi, apabila ada keluhan sebaiknya laporkan secepatnya kepada kepalarnsekolah agar dapat segera menindaklanjuti. Kemudian menjalankan tugasnyarnsebagai guru di sekolah dengan maksimal dan memperhatikan arahan yangrndiberikan oleh kepala sekolah.
Ketersediaan
| ST20160169 | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
169/2016
Penerbit
STAIN Watampone : Watampone., 2016
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
