Analisis Penggunaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Matematika Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Muhsinin Bulu Laju Kecamatan Amali Kabupaten Bone.
Evi Yulianti/02.17.5023 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang Analisis Penggunaan Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Matematika Kelas IV di
Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Muhsinin Bulu Laju Kecamatan Amali Kabupaten
Bone. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Penggunaan Rencana Pelaksanaan
Pembelajran (RPP) kurikulum 2013 di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Muhsinin Bulu
Laju, dan untuk mengetahui minat dan motivasi siswa terhadap konsep materi
matematika yang disampaikan oleh guru dalam proses pembelajaran.
Penelitian ini merupakan penelitian bersifat deskriptif kualitatif. Pendekatan
yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan pedagogik dan pendekatan
sosiologis. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,
wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis
kualitatif dengan tiga tahap yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data
display), dan penarikan kesimpulan dan verifikasi (conclusion drawing dan
verification).
Dalam penelitian ini telah menunjukkan bahwa pertama, penggunaan Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) kurikulum 2013 telah dilaksanakan oleh guru
matematika kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Muhsinin Bulu Laju namun
masih banyak kekurangan pada pelaksanaan komponennya. Kekurangannya adalah
dalam proses pembelajaran masih ada komponen rencana pelaksanaan pembelajaran
yang masih tidak di aplikasikan sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran
seperti halnya tidak menyampaikan tujuan pembelajaran karena menganggap bahwa
materi apa yang telah disampaikan maka itulah yang akan dicapai peserta didik.
Kedua, guru matematika kelas IV mengalami kesulitan dalam menyampaikan konsep
materi karena peserta didik kurang berminat dan termotivasi dalam pembelajaran
matematika sehingga konsep pembelajaran yang disampaikan oleh guru tidak dicerna
dengan baik. Diantara 7 siswa yang dijadikan sebagai sample,ada 2 orang yang tidak
menyukai matematika dengan alasan pembelajaran matematika itu sulit untuk
dipahami dan dicerna.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian yang telah dipaparkan sebelumnya, maka yang menjadi
simpulan dalam pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Dalam proses pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Muhsinin Bulu Laju
khususnya pada guru matematika kelas IV telah menggunakan
rencana pelaksanaan pembelajaran berbasis kurikulum 2013 pada pembelajaran
matematika. Namun dalam penggunaan komponen RPP masih kurang karena tidak
menyampaikan tujuan pembelajaran, penggunaan alokasi waktu tidak sesuai
dengan yang ditentukan dalam RPP dan dalam kegiatan pembelajaran guru
matematika kelas IV mengalami kesulitan karena peserta didik tidak terlalu
memahami bahasa Indonesia.
2. Pembelajaran matematika yang dilaksanakan oleh guru matematika kelas IV di
Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Muhsinin Bulu Laju masih kurang, Karena diantara
peserta didik masih ada yang kurang berminat dan termotivasi dalam pembelajaran
matematika sehingga mengalami kesulitan-kesulitan dalam
memahami konsep matematika yang disampaikan oleh guru.
B. Implikasi
Berdasarkan simpulan tersebut, maka penulis akan memberikan saran sebagai
bentuk implikasi penelitian, kepada:
1. Pendidik atau guru diharapkan dapat menggunakan dan memenuhi segala aspek
yang ada pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran kurikulum 2013 dalam
pembelajaran matematika dengan baik dan selalu memberikan inovasi serta
motivasi kepada peserta didik agar pembelajaran bisa maksimal dan lebih
menarik sehingga siswa menjadi lebih aktif dalam setiap mengikuti aktivitas
belajar.
2. Kepala sekolah sekiranya perlu menyediakan fasilitas atau sumber belajar di
sekolah yang lebih memadai sehingga dalam proses pembelajaran lebih optimal
dilaksanakan oleh para guru.
3. Diharapkan kepada semua pimpinan terutama kepala sekolah agar tetap
memberikan dukungan kepada para bawahannya dalam memberikan pembinaan
serta berbagai pelatihan yang berkaitan dengan sumber belajar terutama pelatihan
tentang perangkat pembelajaran.
Pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Matematika Kelas IV di
Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Muhsinin Bulu Laju Kecamatan Amali Kabupaten
Bone. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Penggunaan Rencana Pelaksanaan
Pembelajran (RPP) kurikulum 2013 di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Muhsinin Bulu
Laju, dan untuk mengetahui minat dan motivasi siswa terhadap konsep materi
matematika yang disampaikan oleh guru dalam proses pembelajaran.
Penelitian ini merupakan penelitian bersifat deskriptif kualitatif. Pendekatan
yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan pedagogik dan pendekatan
sosiologis. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,
wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis
kualitatif dengan tiga tahap yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data
display), dan penarikan kesimpulan dan verifikasi (conclusion drawing dan
verification).
Dalam penelitian ini telah menunjukkan bahwa pertama, penggunaan Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) kurikulum 2013 telah dilaksanakan oleh guru
matematika kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Muhsinin Bulu Laju namun
masih banyak kekurangan pada pelaksanaan komponennya. Kekurangannya adalah
dalam proses pembelajaran masih ada komponen rencana pelaksanaan pembelajaran
yang masih tidak di aplikasikan sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran
seperti halnya tidak menyampaikan tujuan pembelajaran karena menganggap bahwa
materi apa yang telah disampaikan maka itulah yang akan dicapai peserta didik.
Kedua, guru matematika kelas IV mengalami kesulitan dalam menyampaikan konsep
materi karena peserta didik kurang berminat dan termotivasi dalam pembelajaran
matematika sehingga konsep pembelajaran yang disampaikan oleh guru tidak dicerna
dengan baik. Diantara 7 siswa yang dijadikan sebagai sample,ada 2 orang yang tidak
menyukai matematika dengan alasan pembelajaran matematika itu sulit untuk
dipahami dan dicerna.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian yang telah dipaparkan sebelumnya, maka yang menjadi
simpulan dalam pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Dalam proses pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Muhsinin Bulu Laju
khususnya pada guru matematika kelas IV telah menggunakan
rencana pelaksanaan pembelajaran berbasis kurikulum 2013 pada pembelajaran
matematika. Namun dalam penggunaan komponen RPP masih kurang karena tidak
menyampaikan tujuan pembelajaran, penggunaan alokasi waktu tidak sesuai
dengan yang ditentukan dalam RPP dan dalam kegiatan pembelajaran guru
matematika kelas IV mengalami kesulitan karena peserta didik tidak terlalu
memahami bahasa Indonesia.
2. Pembelajaran matematika yang dilaksanakan oleh guru matematika kelas IV di
Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Muhsinin Bulu Laju masih kurang, Karena diantara
peserta didik masih ada yang kurang berminat dan termotivasi dalam pembelajaran
matematika sehingga mengalami kesulitan-kesulitan dalam
memahami konsep matematika yang disampaikan oleh guru.
B. Implikasi
Berdasarkan simpulan tersebut, maka penulis akan memberikan saran sebagai
bentuk implikasi penelitian, kepada:
1. Pendidik atau guru diharapkan dapat menggunakan dan memenuhi segala aspek
yang ada pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran kurikulum 2013 dalam
pembelajaran matematika dengan baik dan selalu memberikan inovasi serta
motivasi kepada peserta didik agar pembelajaran bisa maksimal dan lebih
menarik sehingga siswa menjadi lebih aktif dalam setiap mengikuti aktivitas
belajar.
2. Kepala sekolah sekiranya perlu menyediakan fasilitas atau sumber belajar di
sekolah yang lebih memadai sehingga dalam proses pembelajaran lebih optimal
dilaksanakan oleh para guru.
3. Diharapkan kepada semua pimpinan terutama kepala sekolah agar tetap
memberikan dukungan kepada para bawahannya dalam memberikan pembinaan
serta berbagai pelatihan yang berkaitan dengan sumber belajar terutama pelatihan
tentang perangkat pembelajaran.
Ketersediaan
| STAR20210309 | 309/2021 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
309/2021
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
