Implementasi Supervisi Kunjungan Kelas dalam Meningkatkan Kemampuan Mengajar Guru MTs. DDI Al-Ihsan Pakkasalo

No image available for this title
Skripsi ini membahas mengenai “Implementasi Supervisi Kunjungan Kelas
dalam Meningkatkan Kemampuan Mengajar Guru MTs. DDI Al-Ihsan Pakkasalo”.
Hal yang penting dikaji dalam skripsi ini yakni pelaksanaan supervisi kunjungan dan
kontribusi supervisi kunjungan kelas dalam meningkatkan kemampuan mengajar
guru MTs. DDI Al-Ihsan Pakkasalo.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, Jenis penelitian adalah
penelitian kualiatif (qualitatif research). Data dikumpulkan melalui observasi,
wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan metode reduksi data, penyajian
data, penarikan kesimpulan dan verifikasi, selanjutnya menggunakan teknik analisis
data induktif yaitu mengambil beberapa fakta yang bersifat umum yang selanjutnya
dianalisis untuk diterapkan ke hal yang bersifat khusus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi supervisi kunjungan kelas
dalam meningkatkan kemampuan mengajar guru MTs. DDI Al-Ihsan Pakkasalo
diterapkan dengan baik. Hal tersebut dapat ditunjukan pada, pertama, pelaksanaan
supervisi kunjungan kelas dalam meningkatkan kemampuan mengajar guru dapat
terlihat pada perencanaan kunjungan kelas yang meliputi; rapat antara supervisor
dengan para guru, pertemuan-pertemuan di kelompok supervisor dan pelaksanaan
kunjungan kelas yang meliputi; sikap supervisor, cara mengamati, hal-hal yang
diamati, cara mengintervensi dan cara mengakhiri kunjungan kelas. Kedua, kontribusi
supervisi kunjungan kelas dalam meningkatkan kemampuan mengajar guru dapat
terlihat pada beberapa kompetensi profesional yang harus dikuasai oleh seorang guru
diantaranya; menguasai landasan kependidikan, menguasai bahan pembelajaran,
menguasai bahasa dengan baik dan benar, menguasai teknologi informasi, memiliki
wawasan tentang penelitian pendidikan, memahami prinsip-prinsip pengelolaan
lembaga dan program pendidikan di sekolah, menguasai metode berpikir, mampu
bekerja berencana dan terprogram, memiliki wawasan tentang inovasi pendidikan,
mampu memahami bimbingan konseling, mampu menyelenggarakan administrasi
sekolah dan berani mengambil keputusan.
A. Simpulan
Berdasarkan dari hasil penelitian di MTs. DDI Al-Ihsan Pakkasalo yang
telah penulis uraikan di bab III dengan judul Implementasi Supervisi Kunjungan
Kelas dalam Meningkatkan Kemampuan Mengajar Guru MTs. DDI Al-Ihsan
Pakkasalo, maka penulis menyimpulkan sebagai berikut:
1. Pelaksanaan supervisi kunjungan kelas dalam meningkatkan kemampuan
mengajar guru MTs. DDI Al-Ihsan Pakkasalo dapat terlihat pada perencanaan
kunjungan kelas yang meliputi; rapat antara supervisor dengan para guru,
pertemuan-pertemuan di kelompok supervisor dan pelaksanaan kunjungan kelas
yang meliputi; sikap supervisor, cara mengamati, hal-hal yang diamati, cara
mengintervensi dan cara mengakhiri kunjungan kelas.
2. Kontribusi supervisi kunjungan kelas dalam meningkatkan kemampuan
mengajar guru MTs. DDI Al-Ihsan Pakkasalo dapat terlihat pada beberapa
kompetensi profesional yang harus dikuasai oleh seorang guru diantaranya;
menguasai landasan kependidikan, menguasai bahan pembelajaran, menguasai
bahasa dengan baik dan benar, menguasai teknologi informasi, memiliki
wawasan tentang penelitian pendidikan, memahami prinsip-prinsip pengelolaan
lembaga dan program pendidikan di sekolah, menguasai metode berpikir,
mampu bekerja berencana dan terprogram, memiliki wawasan tentang inovasi
pendidikan, mampu memahami bimbingan konseling, mampu
menyelenggarakan administrasi sekolah dan berani mengambil keputusan.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan kesimpulan tersebut, maka di bawah ini akan
diuraikan saran-saran. Adapun saran-saran penulis dalam pembahasan skripsi ini
sebagai berikut:
1. Diharapkan kepada kepala madrasah agar lebih sering melakukan kunjungan
kelas untuk memperoleh data mengenai keadaan sebenarnya mengenai
kemampuan dan keterampilan mengajar guru.
2. Diharapkan kepada guru agar lebih memanfaatkan kunjungan kelas oleh kepala
madrasah, karena kunjungan kelas memberikan kesempatan kepada guru-guru
mengemukakan hambatan-hambatan yang dihadapi serta meminta bantuan dan
mengetahui sejauh mana kemampuannya dalam mengajar.
Ketersediaan
STAR20190165165/2019Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

165/2019

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyahh

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top