Implementasi Supervisi Kunjungan Kelas dalam Meningkatkan Kemampuan Mengajar Guru MTs. DDI Al-Ihsan Pakkasalo
Satriani/02.15.3129 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai “Implementasi Supervisi Kunjungan Kelas
dalam Meningkatkan Kemampuan Mengajar Guru MTs. DDI Al-Ihsan Pakkasalo”.
Hal yang penting dikaji dalam skripsi ini yakni pelaksanaan supervisi kunjungan dan
kontribusi supervisi kunjungan kelas dalam meningkatkan kemampuan mengajar
guru MTs. DDI Al-Ihsan Pakkasalo.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, Jenis penelitian adalah
penelitian kualiatif (qualitatif research). Data dikumpulkan melalui observasi,
wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan metode reduksi data, penyajian
data, penarikan kesimpulan dan verifikasi, selanjutnya menggunakan teknik analisis
data induktif yaitu mengambil beberapa fakta yang bersifat umum yang selanjutnya
dianalisis untuk diterapkan ke hal yang bersifat khusus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi supervisi kunjungan kelas
dalam meningkatkan kemampuan mengajar guru MTs. DDI Al-Ihsan Pakkasalo
diterapkan dengan baik. Hal tersebut dapat ditunjukan pada, pertama, pelaksanaan
supervisi kunjungan kelas dalam meningkatkan kemampuan mengajar guru dapat
terlihat pada perencanaan kunjungan kelas yang meliputi; rapat antara supervisor
dengan para guru, pertemuan-pertemuan di kelompok supervisor dan pelaksanaan
kunjungan kelas yang meliputi; sikap supervisor, cara mengamati, hal-hal yang
diamati, cara mengintervensi dan cara mengakhiri kunjungan kelas. Kedua, kontribusi
supervisi kunjungan kelas dalam meningkatkan kemampuan mengajar guru dapat
terlihat pada beberapa kompetensi profesional yang harus dikuasai oleh seorang guru
diantaranya; menguasai landasan kependidikan, menguasai bahan pembelajaran,
menguasai bahasa dengan baik dan benar, menguasai teknologi informasi, memiliki
wawasan tentang penelitian pendidikan, memahami prinsip-prinsip pengelolaan
lembaga dan program pendidikan di sekolah, menguasai metode berpikir, mampu
bekerja berencana dan terprogram, memiliki wawasan tentang inovasi pendidikan,
mampu memahami bimbingan konseling, mampu menyelenggarakan administrasi
sekolah dan berani mengambil keputusan.
A. Simpulan
Berdasarkan dari hasil penelitian di MTs. DDI Al-Ihsan Pakkasalo yang
telah penulis uraikan di bab III dengan judul Implementasi Supervisi Kunjungan
Kelas dalam Meningkatkan Kemampuan Mengajar Guru MTs. DDI Al-Ihsan
Pakkasalo, maka penulis menyimpulkan sebagai berikut:
1. Pelaksanaan supervisi kunjungan kelas dalam meningkatkan kemampuan
mengajar guru MTs. DDI Al-Ihsan Pakkasalo dapat terlihat pada perencanaan
kunjungan kelas yang meliputi; rapat antara supervisor dengan para guru,
pertemuan-pertemuan di kelompok supervisor dan pelaksanaan kunjungan kelas
yang meliputi; sikap supervisor, cara mengamati, hal-hal yang diamati, cara
mengintervensi dan cara mengakhiri kunjungan kelas.
2. Kontribusi supervisi kunjungan kelas dalam meningkatkan kemampuan
mengajar guru MTs. DDI Al-Ihsan Pakkasalo dapat terlihat pada beberapa
kompetensi profesional yang harus dikuasai oleh seorang guru diantaranya;
menguasai landasan kependidikan, menguasai bahan pembelajaran, menguasai
bahasa dengan baik dan benar, menguasai teknologi informasi, memiliki
wawasan tentang penelitian pendidikan, memahami prinsip-prinsip pengelolaan
lembaga dan program pendidikan di sekolah, menguasai metode berpikir,
mampu bekerja berencana dan terprogram, memiliki wawasan tentang inovasi
pendidikan, mampu memahami bimbingan konseling, mampu
menyelenggarakan administrasi sekolah dan berani mengambil keputusan.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan kesimpulan tersebut, maka di bawah ini akan
diuraikan saran-saran. Adapun saran-saran penulis dalam pembahasan skripsi ini
sebagai berikut:
1. Diharapkan kepada kepala madrasah agar lebih sering melakukan kunjungan
kelas untuk memperoleh data mengenai keadaan sebenarnya mengenai
kemampuan dan keterampilan mengajar guru.
2. Diharapkan kepada guru agar lebih memanfaatkan kunjungan kelas oleh kepala
madrasah, karena kunjungan kelas memberikan kesempatan kepada guru-guru
mengemukakan hambatan-hambatan yang dihadapi serta meminta bantuan dan
mengetahui sejauh mana kemampuannya dalam mengajar.
dalam Meningkatkan Kemampuan Mengajar Guru MTs. DDI Al-Ihsan Pakkasalo”.
Hal yang penting dikaji dalam skripsi ini yakni pelaksanaan supervisi kunjungan dan
kontribusi supervisi kunjungan kelas dalam meningkatkan kemampuan mengajar
guru MTs. DDI Al-Ihsan Pakkasalo.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, Jenis penelitian adalah
penelitian kualiatif (qualitatif research). Data dikumpulkan melalui observasi,
wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan metode reduksi data, penyajian
data, penarikan kesimpulan dan verifikasi, selanjutnya menggunakan teknik analisis
data induktif yaitu mengambil beberapa fakta yang bersifat umum yang selanjutnya
dianalisis untuk diterapkan ke hal yang bersifat khusus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi supervisi kunjungan kelas
dalam meningkatkan kemampuan mengajar guru MTs. DDI Al-Ihsan Pakkasalo
diterapkan dengan baik. Hal tersebut dapat ditunjukan pada, pertama, pelaksanaan
supervisi kunjungan kelas dalam meningkatkan kemampuan mengajar guru dapat
terlihat pada perencanaan kunjungan kelas yang meliputi; rapat antara supervisor
dengan para guru, pertemuan-pertemuan di kelompok supervisor dan pelaksanaan
kunjungan kelas yang meliputi; sikap supervisor, cara mengamati, hal-hal yang
diamati, cara mengintervensi dan cara mengakhiri kunjungan kelas. Kedua, kontribusi
supervisi kunjungan kelas dalam meningkatkan kemampuan mengajar guru dapat
terlihat pada beberapa kompetensi profesional yang harus dikuasai oleh seorang guru
diantaranya; menguasai landasan kependidikan, menguasai bahan pembelajaran,
menguasai bahasa dengan baik dan benar, menguasai teknologi informasi, memiliki
wawasan tentang penelitian pendidikan, memahami prinsip-prinsip pengelolaan
lembaga dan program pendidikan di sekolah, menguasai metode berpikir, mampu
bekerja berencana dan terprogram, memiliki wawasan tentang inovasi pendidikan,
mampu memahami bimbingan konseling, mampu menyelenggarakan administrasi
sekolah dan berani mengambil keputusan.
A. Simpulan
Berdasarkan dari hasil penelitian di MTs. DDI Al-Ihsan Pakkasalo yang
telah penulis uraikan di bab III dengan judul Implementasi Supervisi Kunjungan
Kelas dalam Meningkatkan Kemampuan Mengajar Guru MTs. DDI Al-Ihsan
Pakkasalo, maka penulis menyimpulkan sebagai berikut:
1. Pelaksanaan supervisi kunjungan kelas dalam meningkatkan kemampuan
mengajar guru MTs. DDI Al-Ihsan Pakkasalo dapat terlihat pada perencanaan
kunjungan kelas yang meliputi; rapat antara supervisor dengan para guru,
pertemuan-pertemuan di kelompok supervisor dan pelaksanaan kunjungan kelas
yang meliputi; sikap supervisor, cara mengamati, hal-hal yang diamati, cara
mengintervensi dan cara mengakhiri kunjungan kelas.
2. Kontribusi supervisi kunjungan kelas dalam meningkatkan kemampuan
mengajar guru MTs. DDI Al-Ihsan Pakkasalo dapat terlihat pada beberapa
kompetensi profesional yang harus dikuasai oleh seorang guru diantaranya;
menguasai landasan kependidikan, menguasai bahan pembelajaran, menguasai
bahasa dengan baik dan benar, menguasai teknologi informasi, memiliki
wawasan tentang penelitian pendidikan, memahami prinsip-prinsip pengelolaan
lembaga dan program pendidikan di sekolah, menguasai metode berpikir,
mampu bekerja berencana dan terprogram, memiliki wawasan tentang inovasi
pendidikan, mampu memahami bimbingan konseling, mampu
menyelenggarakan administrasi sekolah dan berani mengambil keputusan.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan kesimpulan tersebut, maka di bawah ini akan
diuraikan saran-saran. Adapun saran-saran penulis dalam pembahasan skripsi ini
sebagai berikut:
1. Diharapkan kepada kepala madrasah agar lebih sering melakukan kunjungan
kelas untuk memperoleh data mengenai keadaan sebenarnya mengenai
kemampuan dan keterampilan mengajar guru.
2. Diharapkan kepada guru agar lebih memanfaatkan kunjungan kelas oleh kepala
madrasah, karena kunjungan kelas memberikan kesempatan kepada guru-guru
mengemukakan hambatan-hambatan yang dihadapi serta meminta bantuan dan
mengetahui sejauh mana kemampuannya dalam mengajar.
Ketersediaan
| STAR20190165 | 165/2019 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
165/2019
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
