Implementasi Kompetesni Manajerial Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru (Studi Di MA DDI AL-Ihsan Pakkasalo Kec.Dua Boccoe Kab.Bone)
Sarina/02.15.3127 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai“Implementasi Kompetensi Manajerial
Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru (studi di MA DDI AL-
IHSAN PAKKASALO)”. Hal yang penting dikaji dalam skripsi ini yakni perencanaa
kompetensi manajerial kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru,
pelaksanaan kompetensi manjerial dalam meningkatkan profesionalisme guru, dan
evaluasi kompetensi manjerial kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme
guru.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, Jenis penelitian adalah
penelitian kualiatif (qualitatif research). Data dikumpulkan melalui observasi,
wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan metode reduksi data, penyajian
data, penarikan kesimpulan dan verifikasi, selanjutnya dianalisis dengan
menggunakan data deduktif yaitu mengambil beberapa fakta yang bersifat umum
yang selanjutnya dianalisis untuk diterapkan ke hal yang bersifat khusus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa “Implementasi kompetensi manajerial
kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru (Studi MA DDI AL-
IHSAN PAKKASALO)”. Hal ini dapat diketahui dari dimensi Pertama, perencanaan
kompetesnsi manjerial kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di
MA DDI AL-IHSAN PAKKASALO dapat di lihat dalam menyusun rencana kegitan,
menetapkan program kerja dalam mencapai visi,misi dan tujuan madrasah,
melakukan rekrutmen berdasarkan analisis kebutuhan dan pekerjaan. ke dua
pelaksanaan kompetensi manajerial kepala madrasah dalam meningkatkan
profesionalisme guru DI MA DDI AL-IHSAN PAKKASALO adalah mengikutkan
dalam pendidikan dan latihan, seminar, worshop, sertifikasi guru, penyediaan fasilitas
penunjang, Revitalisasi organisasi profesi kependidikan.ke tiga evaluasi kompetensi
manajerial kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MA DDI
AL-IHSAN PAKKASALO dengan melakukan supervisi. Dengan di adakanya
supervisi maka akan di ketahui profesinalisme guru.
A. Simpulan
Setelah mengadakan penelitian mengenai Implementasi Kompetensi
Manajerial Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru (studi
di MA DDI AL-Ihsan Pakkasalao Kec.Dua Boccoe Kab.Bone) maka simpulan
yang dapat diambil adalah sebagai berikut:
1. Perencanaan kompetensi manajerial dalam meningkatkan profesionalisme
guru yang dilakukan oleh kepala MA DDI AL-Ihasan Pakkasalo adalah
Menetapkan Tujuan Program, Melaksanakan program kerja berdasarkan visi,
misi, tujuan sekolah. Dalam merencanakan peningkatan profesionalisme
guru kepala MA DDI AL-IHSAN PAKKASALO melibatkan seluruh unsur
civitas akademika sekolah termasuk guru. melakukan rekrutmen dengan
menganalisis jabatan dan pekerjaan, juga dalam melakukan proses rekrutmen
kepala MA DDI AL-IHSAN PAKKASALO melalui prosedur seleksi yang
komprehensif.
2. Pelaksanaan kompetensi manajerial yang dilakukan oleh kepala MA DDI
AL-Ihsan Pakkasalo dalam meningkatkan profesionalisme guru adalah
dengan melakukan berbagai upaya diantaranya adalah Mengikutkan dalam
berbagai kegitan seperti pendidkan dan pelatihan, seminar, worshop,
revitalisasi MGMP, penambahan fasilitas penunjang dan sertifikasi guru.
3. Evaluasi kompetensi manjerial kepala madrasah yang di lakukan dalam
meningkatkan profesionalisme guru adalah Melakukan supervisi pendidikan
bagi guru secara personal maupun kelompok, baik dengan teknik supervisi
pendidikan secara langsung (directive) dan tidak langsung (non direcvtiv)
Setelah penulis menguraikan simpulan, maka dibawah ini akan
diuraikan implikasi.
B. Implikasi
Adapun implikasi yang penulis maksud dalam pembahasan skripsi ini
yaitu sebagai berikut:
1. Di harapkan kepala sekolah sebagai pemimpin dalam meningkatkan
profesionalisme guru agar lebih optimal lagi .
2. Di harapkan agar pelaksanaan peningkatkan profesionalisme guru tidak
hanya melakukan pendidikan dan pelatihan dan lain sebagainya tetapi juga
harus melakukan studi lanjut untuk lebih menambah wawasan.
Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru (studi di MA DDI AL-
IHSAN PAKKASALO)”. Hal yang penting dikaji dalam skripsi ini yakni perencanaa
kompetensi manajerial kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru,
pelaksanaan kompetensi manjerial dalam meningkatkan profesionalisme guru, dan
evaluasi kompetensi manjerial kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme
guru.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, Jenis penelitian adalah
penelitian kualiatif (qualitatif research). Data dikumpulkan melalui observasi,
wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan metode reduksi data, penyajian
data, penarikan kesimpulan dan verifikasi, selanjutnya dianalisis dengan
menggunakan data deduktif yaitu mengambil beberapa fakta yang bersifat umum
yang selanjutnya dianalisis untuk diterapkan ke hal yang bersifat khusus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa “Implementasi kompetensi manajerial
kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru (Studi MA DDI AL-
IHSAN PAKKASALO)”. Hal ini dapat diketahui dari dimensi Pertama, perencanaan
kompetesnsi manjerial kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di
MA DDI AL-IHSAN PAKKASALO dapat di lihat dalam menyusun rencana kegitan,
menetapkan program kerja dalam mencapai visi,misi dan tujuan madrasah,
melakukan rekrutmen berdasarkan analisis kebutuhan dan pekerjaan. ke dua
pelaksanaan kompetensi manajerial kepala madrasah dalam meningkatkan
profesionalisme guru DI MA DDI AL-IHSAN PAKKASALO adalah mengikutkan
dalam pendidikan dan latihan, seminar, worshop, sertifikasi guru, penyediaan fasilitas
penunjang, Revitalisasi organisasi profesi kependidikan.ke tiga evaluasi kompetensi
manajerial kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MA DDI
AL-IHSAN PAKKASALO dengan melakukan supervisi. Dengan di adakanya
supervisi maka akan di ketahui profesinalisme guru.
A. Simpulan
Setelah mengadakan penelitian mengenai Implementasi Kompetensi
Manajerial Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru (studi
di MA DDI AL-Ihsan Pakkasalao Kec.Dua Boccoe Kab.Bone) maka simpulan
yang dapat diambil adalah sebagai berikut:
1. Perencanaan kompetensi manajerial dalam meningkatkan profesionalisme
guru yang dilakukan oleh kepala MA DDI AL-Ihasan Pakkasalo adalah
Menetapkan Tujuan Program, Melaksanakan program kerja berdasarkan visi,
misi, tujuan sekolah. Dalam merencanakan peningkatan profesionalisme
guru kepala MA DDI AL-IHSAN PAKKASALO melibatkan seluruh unsur
civitas akademika sekolah termasuk guru. melakukan rekrutmen dengan
menganalisis jabatan dan pekerjaan, juga dalam melakukan proses rekrutmen
kepala MA DDI AL-IHSAN PAKKASALO melalui prosedur seleksi yang
komprehensif.
2. Pelaksanaan kompetensi manajerial yang dilakukan oleh kepala MA DDI
AL-Ihsan Pakkasalo dalam meningkatkan profesionalisme guru adalah
dengan melakukan berbagai upaya diantaranya adalah Mengikutkan dalam
berbagai kegitan seperti pendidkan dan pelatihan, seminar, worshop,
revitalisasi MGMP, penambahan fasilitas penunjang dan sertifikasi guru.
3. Evaluasi kompetensi manjerial kepala madrasah yang di lakukan dalam
meningkatkan profesionalisme guru adalah Melakukan supervisi pendidikan
bagi guru secara personal maupun kelompok, baik dengan teknik supervisi
pendidikan secara langsung (directive) dan tidak langsung (non direcvtiv)
Setelah penulis menguraikan simpulan, maka dibawah ini akan
diuraikan implikasi.
B. Implikasi
Adapun implikasi yang penulis maksud dalam pembahasan skripsi ini
yaitu sebagai berikut:
1. Di harapkan kepala sekolah sebagai pemimpin dalam meningkatkan
profesionalisme guru agar lebih optimal lagi .
2. Di harapkan agar pelaksanaan peningkatkan profesionalisme guru tidak
hanya melakukan pendidikan dan pelatihan dan lain sebagainya tetapi juga
harus melakukan studi lanjut untuk lebih menambah wawasan.
Ketersediaan
| STAR20190163 | 163/2019 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
163/2019
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
