Peran Kepala Sekolah Dan Guru Dalam Mewujudkan Sekolah Efektif Di SMP negeri 1 Salomekko Kab.Bone

No image available for this title
Penelitian ini membahas tentang peran kepala sekolah dan guru dalam mewujudkan
sekolah efektif di SMP Negeri 1 Salomekko Kabupaten Bone.Tujuan penelitian ini
adalahUntuk mengetahui peran kepala sekolah dalam mewujudkan sekolah efektif,
peranguru dalam mewujudkan sekolah efektif, sertakonstribusi kepala sekolah dan
guru dalam mewujudkan sekolah efektif di SMP Negeri 1 Salomekko Kabupaten
Bone.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian kualitatif deskriftif (qualitative
research). Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan manajemen
pendidikan Islam serta pendekatan paedagogik. Pengumpulan data penelitian
menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Peran kepala sekolah dalam mewujudkan
sekolah efektif di SMP Negeri 1 Salomekko Kabupaten Bone diantaranya
membentuk kultur sekolah,menjalin hubungan dengan kelompok internal dan ekternal
sekolah, memberikan motivasi dan membangun moral seluruh warga sekolah,
menekankan pengetahuan dan teknis terkait organisasi sekolah, menjamin kualitas
pengajaran, melakukan pengawasan dan mengevaluasi pengajaran,mengalokasikan
dan melindungi waktu pengajaran, mengoordinasikan kurikulum dan melakukan
monitoring kemajuan siswa; 2) Peranguru dalam mewujudkan sekolah efektif di SMP
Negeri 1 Salomekko Kabupaten Bone diantaranya a) Peran guru sebagai pendidik dan
pengajar yang meliputiguru menjaga kestabilan emosi dalam memajukan peserta
didik, bersikap realitas, jujur dan terbuka, peka terhadap perkembangan pendidikan,
b) Peran guru sebagai anggota masyarakat meliputi melakukan pergaulan dengan
masyarakat dan memiliki pengetahuan tentang hubungan antar manusia, c) Peran
guru sebagai pemimipin yang meliputi menjaga kepribadian yang dimiliki untuk
mengembangkan pendidikan dan menguasai ilmu kepemimpinan, d) Peran guru
sebagai administrator meliputi melengkapi administrasi pembelajaran dan memahami
strategi dan manajemen pendidikan, e) Peran guru sebagai pengelola pembelajaran
yang meliputi memilih metode pembelajaran dan memahami situasi belajar-mengajar
didalam maupun diluar kelas; 3) Konstribusi kepala sekolah dan guru dalam
mewujudkan sekolah efektif di SMP Negeri 1 Salomekko Kabupaten Bone
diantaranya adanya perencanaan sekolah yang efektif, tersedianya manajemen dan
pengembangan kurikulum efektif, tersedianya manajemen peserta didik efektif,
terciptanya manajemen sarana prasarana efektif serta tersedianya penilaian efektif.
A. Simpulan
Dari hasil penelitian dan pembahasan maka dapat ditarik beberapa kesimpulan
dan penelitian ini diantaranya:
1. Peran kepala sekolah dalam mewujudkan sekolah efektif di SMP Negeri 1
Salomekko Kabupaten Bone diantaranya membentuk kultur sekolah, menjalin
hubungan dengan kelompok internal dan ekternal sekolah, memberikan motivasi
dan membangun moral seluruh warga sekolah, menekankan pengetahuan dan
teknis terkait organisasi sekolah, menjamin kualitas pengajaran, melakukan
pengawasan dan mengevaluasi pengajaran, mengalokasikan dan melindungi
waktu pengajaran, mengoordinasikan kurikulum dan melakukan monitoring
kemajuan siswa.
2. Peran guru dalam mewujudkan sekolah efektif di SMP Negeri 1 Salomekko
Kabupaten Bone diantaranya a) Peran guru sebagai pendidik dan pengajar yang
meliputi guru menjaga kestabilan emosi dalam memajukan peserta didik, bersikap
realitas, jujur dan terbuka, peka terhadap perkembangan pendidikan, b) Peran
guru sebagai anggota masyarakat meliputi melakukan pergaulan dengan
masyarakat dan memiliki pengetahuan tentang hubungan antar manusia, c) Peran
guru sebagai pemimipin yang meliputi menjaga kepribadian yang dimiliki untuk
mengembangkan pendidikan dan menguasai ilmu kepemimpinan, d) Peran guru
sebagai administrator meliputi melengkapi administrasi pembelajaran dan
memahami strategi dan manajemen pendidikan, e) Peran guru sebagai pengelola
pembelajaran yang meliputi memilih metode pembelajaran dan memahami situasi
belajar-mengajar didalam maupun diluar kelas.
3. Konstribusi kepala sekolah dan guru dalam mewujudkan sekolah efektif di SMP
Negeri 1 Salomekko Kabupaten Bone diantaranya adanya perencanaan sekolah
yang efektif, tersedianya manajemen dan pengembangan kurikulum efektif,
tersedianya manajemen peserta didik efektif, terciptanya manajemen sarana
prasarana efektif serta tersedianya penilaian efektif.
B. Implikasi
1. Bagi Guru
Diharapkan bagi guru untuk senantiasa melakanakan kewajibannya sebagai
pendidik guna mewujudkan sekolah efektif. Serta senantiasa untuk selalu berusaha
meningkatkan kompetensi yang dimiliki, baik kompetensi profesional, sosial,
pedagogik, dan kepribadian agar dapat mencapai tujuan pendidikan.
2. Bagi Kepala Sekolah
Diharapkan bagi kepala sekolah supaya memberikan dedikasi yang tinggi
untuk membentuk lingkungan pendidikan yang diidam-idamkan semua pihak. Kepala
sekolah diharapkan untuk selalu memantau dan mengevaluasi setiap proses
pembelajaran dan memberikan arahan kepada semua warga sekolah agar tercapainya
lingkungan sekolah yang kondusif. Sarana dan prasarana juga perlu untuk selalu
ditingkatkan agar tujuan pembelajaran dapat tersampaikan secara optimal.
Ketersediaan
STAR20220363363/2022Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

363//2021

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top