Urgensi Pengorganisasian Yang Efektif Dalam Menunjang Daya Saing Madrasah”.(Studi di MTs Nurul Aeyn As’adiyah Kampung Baru Kec. Tellusiattinge Kab. Bone)
Suci Hati/02.13. 3008 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang urgensi pengorganisasian yang efektif dalam
mewujudkan daya saing madrasah. Pokok permasalahan adalah bagaimana penerapan
pengorganisasian yang ada di MTs Nurul Aeyn As‟adiyah Kampung Baru
Kec.Tellusiatinge Kab. Bone, dan bagaimana konstribusi pengorganisasian yang
efektif dalam menunjang daya saing madrasah di MTs Nurul Aeyn As‟adiyah
Kampung Baru Kec.Tellusiatinge Kab. Bone.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan sosiologis dengan
desain deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi serta di analisis dengan
menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif.
Hasil analisis penelitian ini menunjukkan bahwa (1) penerapan
pengorganisasian di MTs Nurul Aeyn As‟adiyah Kampung Baru Kec. Tellusiattinge
Kab. Bone dilakukan dengan empat tahapan yaitu, (a) tahap pengamatan atau tahap
pengumpulan data, (b) tahap diagnosis, (c) tahap pembaharuan dalam organisasi, dan
(d) tahap implementasi. Kemudian dari tahapan-tahapan ini barulah kepala madrasah
menjabarkannya kedalam pilar-pilar organisasi (pembagian kerja, pengelompokkan
kerja, melakukan relasi antar bagian dan melakukan koordinasi). (2) Konstribusi
pengorganisasian yang efektif dalam menunjang daya saing madrasah di MTs Nurul
Aeyn As‟adiyah Kampung Baru berkonstribusi secara signifikan dan memberikan
hasil yang baik dan positif dalam membantu mewujudkan daya saing di madrasah. Ini
dibuktikan dengan diterapkannya dua indikator kemampuan yaitu kemampuan
kompetitif dan kemampuan kooperatif
A. Kesimpulan
Dari pembahasan penelitian ini sesuai dengan apa yang dirumuskan dalam
permasalahan-permasalahan yang ada, maka dapat diambil suatu kesimpulan
sebagai berikut:
1. Penerapan Pengorganisasian di MTs Nurul Aeyn As‟adiyah Kampung Baru.
Penerapan Pengorganisasian di MTs Nurul Aeyn As‟adiyah Kampung
Baru sudah berjalan dengan baik karena dalam proses penerapan organisasi di
madrasah kepala madrasah melakukan 4 (empat) tahap dalam penerapannya
yaitu,
1) Tahap pengamatan atau tahap pengumpulan data.
2) Tahap diagnosis.
3) Tahap pembaharuan dalam organisasi.
4) Tahap implementasi.
Kemudian dari tahapan–tahapan ini barulah kepala madrasah
menjabarkannya kedalam pilar–pilar organisasi untuk proses pengembangan
selanjutnya mulai dari:
a. Pembagian kerja.
b. Pengelompokan kerja.
c. Penentuan relasi antar bagian.
d. Koordinasi dengan baik.
72
Sehingga dari keseluruhan proses ini tujuan yang dinginkan bisa
tercapai sesuai dengan visi dan misi madrasah.
2. Konstribusi pengorganisasian yang efektif dalam menunjang daya saing
sekolah di MTs Nurul Aeyn As‟adiyah Kampung Baru
Berdasarkan hasil temuan peneliti tentang masalah diatas, maka dapat
disimpulkan bahwa konstribusi pengorganisasian yang efektif dalam
menunjang daya saing di MTs Nurul Aeyn As‟adiyah Kampung Baru
konstribusinya berpengaruh secara signifikan dalam membantu mewujudkan
daya saing di madrasah. Adapun daya saing yang dimiliki madrasah ini
diantaranya:
a. Kemampuan Kompetitif diantaranya:
1) Mengutamakan prestasi siswa.
2) Meningkatkan kualitas guru.
3) Meningkatkan kualitas sarana dan prasarana.
4) Mengembangkan metode dan inovasi pembelajaran.
b. Kemampuan Kooperatif diantaranya:
1) Menciptakan hubungan baik dengan komite madrasah,
2) Selalu aktif melakukan kegiatan dan kerjasama dengan masyarakat
maupun instansi lain.
3) Menjaga hubungan emosional dengan calon orang tua siswa.
B. Implikasi
Dari hasil penelitian tentang urgensi pengorganisasian yang efektif dalam
menunjang daya saing di MTs Nurul Aeyn As‟adiyah Kampung Baru, maka
peneliti memberikan sara-saran sebagai berikut:
a. Memberikan sumbangan terhadap pengembangan madrasah melalui
penerapan pengorganisasian yang baik dan efektif yang dilakukan oleh kepala
madrasah pada lembaga pendidikan Islam dalam meningkatkan daya saing
madrasah.
b. Diharapkan para kepala madrasah selaku pemimpin dapat mengambil hasil
penelitian ini sebagai bahan pertimbangan untuk mengambil kebijakan dalam
rangka meningkatkan daya saing madrasah.
c. Memberikan gambaran yang menyeluruh bagi para praktisi pendidikan
tentang bagaimana menerapkan pengorganisasian yang baik dan efektif dalam
menunjang daya saing madrasah.
d. Kepada peneliti berikutnya, hendaknya peneliti yang dipaparkan oleh penulis
dapat dikritisi demi untuk peningkatan ilmu pengetahuan terutama kaitannya
dengan manajemen pendidikan.
mewujudkan daya saing madrasah. Pokok permasalahan adalah bagaimana penerapan
pengorganisasian yang ada di MTs Nurul Aeyn As‟adiyah Kampung Baru
Kec.Tellusiatinge Kab. Bone, dan bagaimana konstribusi pengorganisasian yang
efektif dalam menunjang daya saing madrasah di MTs Nurul Aeyn As‟adiyah
Kampung Baru Kec.Tellusiatinge Kab. Bone.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan sosiologis dengan
desain deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi serta di analisis dengan
menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif.
Hasil analisis penelitian ini menunjukkan bahwa (1) penerapan
pengorganisasian di MTs Nurul Aeyn As‟adiyah Kampung Baru Kec. Tellusiattinge
Kab. Bone dilakukan dengan empat tahapan yaitu, (a) tahap pengamatan atau tahap
pengumpulan data, (b) tahap diagnosis, (c) tahap pembaharuan dalam organisasi, dan
(d) tahap implementasi. Kemudian dari tahapan-tahapan ini barulah kepala madrasah
menjabarkannya kedalam pilar-pilar organisasi (pembagian kerja, pengelompokkan
kerja, melakukan relasi antar bagian dan melakukan koordinasi). (2) Konstribusi
pengorganisasian yang efektif dalam menunjang daya saing madrasah di MTs Nurul
Aeyn As‟adiyah Kampung Baru berkonstribusi secara signifikan dan memberikan
hasil yang baik dan positif dalam membantu mewujudkan daya saing di madrasah. Ini
dibuktikan dengan diterapkannya dua indikator kemampuan yaitu kemampuan
kompetitif dan kemampuan kooperatif
A. Kesimpulan
Dari pembahasan penelitian ini sesuai dengan apa yang dirumuskan dalam
permasalahan-permasalahan yang ada, maka dapat diambil suatu kesimpulan
sebagai berikut:
1. Penerapan Pengorganisasian di MTs Nurul Aeyn As‟adiyah Kampung Baru.
Penerapan Pengorganisasian di MTs Nurul Aeyn As‟adiyah Kampung
Baru sudah berjalan dengan baik karena dalam proses penerapan organisasi di
madrasah kepala madrasah melakukan 4 (empat) tahap dalam penerapannya
yaitu,
1) Tahap pengamatan atau tahap pengumpulan data.
2) Tahap diagnosis.
3) Tahap pembaharuan dalam organisasi.
4) Tahap implementasi.
Kemudian dari tahapan–tahapan ini barulah kepala madrasah
menjabarkannya kedalam pilar–pilar organisasi untuk proses pengembangan
selanjutnya mulai dari:
a. Pembagian kerja.
b. Pengelompokan kerja.
c. Penentuan relasi antar bagian.
d. Koordinasi dengan baik.
72
Sehingga dari keseluruhan proses ini tujuan yang dinginkan bisa
tercapai sesuai dengan visi dan misi madrasah.
2. Konstribusi pengorganisasian yang efektif dalam menunjang daya saing
sekolah di MTs Nurul Aeyn As‟adiyah Kampung Baru
Berdasarkan hasil temuan peneliti tentang masalah diatas, maka dapat
disimpulkan bahwa konstribusi pengorganisasian yang efektif dalam
menunjang daya saing di MTs Nurul Aeyn As‟adiyah Kampung Baru
konstribusinya berpengaruh secara signifikan dalam membantu mewujudkan
daya saing di madrasah. Adapun daya saing yang dimiliki madrasah ini
diantaranya:
a. Kemampuan Kompetitif diantaranya:
1) Mengutamakan prestasi siswa.
2) Meningkatkan kualitas guru.
3) Meningkatkan kualitas sarana dan prasarana.
4) Mengembangkan metode dan inovasi pembelajaran.
b. Kemampuan Kooperatif diantaranya:
1) Menciptakan hubungan baik dengan komite madrasah,
2) Selalu aktif melakukan kegiatan dan kerjasama dengan masyarakat
maupun instansi lain.
3) Menjaga hubungan emosional dengan calon orang tua siswa.
B. Implikasi
Dari hasil penelitian tentang urgensi pengorganisasian yang efektif dalam
menunjang daya saing di MTs Nurul Aeyn As‟adiyah Kampung Baru, maka
peneliti memberikan sara-saran sebagai berikut:
a. Memberikan sumbangan terhadap pengembangan madrasah melalui
penerapan pengorganisasian yang baik dan efektif yang dilakukan oleh kepala
madrasah pada lembaga pendidikan Islam dalam meningkatkan daya saing
madrasah.
b. Diharapkan para kepala madrasah selaku pemimpin dapat mengambil hasil
penelitian ini sebagai bahan pertimbangan untuk mengambil kebijakan dalam
rangka meningkatkan daya saing madrasah.
c. Memberikan gambaran yang menyeluruh bagi para praktisi pendidikan
tentang bagaimana menerapkan pengorganisasian yang baik dan efektif dalam
menunjang daya saing madrasah.
d. Kepada peneliti berikutnya, hendaknya peneliti yang dipaparkan oleh penulis
dapat dikritisi demi untuk peningkatan ilmu pengetahuan terutama kaitannya
dengan manajemen pendidikan.
Ketersediaan
| STAR20180297 | 297/2018 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
297/2018
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2018
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
