Pengaruh Budaya Sekolah terhadap Kualitas Kerja Tenaga Pendidik dan Kependidikan di MA As’adiyah Matiirowalie Kab. Bone
Nur Alvi Syahra/02.15.3072 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Budaya Sekolah terhadap Kualitas
Kerja Tenaga Pendidik dan Kependidikan di MA As’adiyah Matiirowalie Kab.
Bone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran budaya sekolah dan
kualitas kerja tenaga pendidik dan kependidikan di Madrasah Aliyah As’adiyah
Mattirowalie Kab. Bone dan dan untuk mengetahui pengaruh budaya sekolah
terhadap kualitas kerja tenaga pendidik dan kependidikan di Madrasah Aliyah
As’adiyah Mattirowalie Kab. Bone.
Untuk memperoleh data dari masalah tersebut penulis menggunakan metode
field research (penelitian lapangan) dengan melakukan observasi, dikumentasi dan
penyebaran angket. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan metode
kualitatif untuk mendesripsikan penelitian tentang gambaran budaya sekolah dan
pengarunya terhadap kualitas kerja tenaga pendidik dan kependidikan di MA
As’adiyah Matiirowalie Kab. Bone. Selanjutnya dalam menganalisis data, penulis
melakukan pengujian data independensi antara dua faktor dengan menggunakan
statistik uji regresi liner sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Gambaran budaya sekolah di MA
As’adiyah Mattirowalie Kab. Bone cukup baik yaitu 1) Adanya manajemen
organisasi kepempinan, transformasional dalam mencapai tujuan sekolah, 2)
Berupaya menyusun rencana sekolah dan merumuskan kebijakan untuk sekolahnya
sendiri, 3) Adanya mengelolah kegiatan operasional sekolah, 4) Berupaya menjalin
hubungan komunikasi antara sekolah dan masyarakat sekitar, 5) Menjamin akan
terpeliharanya sekolah yang bertanggung jawab dan 6) Meningkatkan kualitas
belajar siswa.
Berdasarkan analisis regresi yang didapatkan persamaan regresi y =
32,645+0,325x+e, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara
budaya sekolah di MA As’adiyah Mattirowalie Kab. Bone terhadap dengan
peningkatan kualitas kerja tenaga pendidik dan kependidikan di MA As’adiyah
Mattirowalie Kab. Bone. Dan pada tabel anova diperoleh nilai Siq = 0,05 < x =
0,05 atau F hitung = 4,352 > dari F tabel = 4,1960
A. Simpulan
Berdasarkan uraian yang telah dipaparkan sebelumnya, maka yang
menjadi simpulan dalam pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Gambaran budaya sekolah di MA As’adiyah Mattirowalie Kab. Bone yaitu 1)
Adanya manajemen organisasi kepempinan, transformasional dalam
mencapai tujuan sekolah, 2) Berupaya menyusun rencana sekolah dan
merumuskan kebijakan untuk sekolahnya sendiri, 3) Adanya mengelolah
kegiatan operasional sekolah, 4) Berupaya menjalin hubungan komunikasi
antara sekolah dan masyarakat sekitar, 5) Menjamin akan terpeliharanya
sekolah yang bertanggung jawab dan 6) Meningkatkan kualitas belajar siswa.
2. Berdasarkan analisis regresi yang didapatkan persamaan regresi y =
32,645+0,325x+e, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh
antara budaya sekolah di MA As’adiyah Mattirowalie Kab. Bone
terhadapdengan peningkatan kualitas kerja tenaga pendidik dan kependidikan
di MA As’adiyah Mattirowalie Kab. Bone. Dan pada tabel anova diperoleh
nilai Siq = 0,05 < x = 0,05 atau F hitung = 4,352 > lebih besar dari F tabel =
4,1960.
B. Implikasi
Beranjak dari ungkapan yang telah dikemukakan di atas, maka penulis
dapat memberikan saran-saran sebagai berikut:
1. Untuk guru hendaknya dalam melaksanakan pendidikan semaksimal
mungkin serta senantiasa memperhatikan dan mempelajari karakter atau
potensi yang dimiliki oleh masing-masing siswa .
2. Para guru diharapkan dapat berusaha untuk meningkatkan
keprofesionalan dalam melaksanakan tugas mengajarnya, dalam
membangkitkan gairah belajar siswa dan tetap memperhatikan
perbedaan individu siswa.
3. Diharapkan kepada para peneliti berikutnya agar hasil penelitian ini dapat
dijadikan sebagai bahan referensi dalam mengkaji objek yang sama.
Kerja Tenaga Pendidik dan Kependidikan di MA As’adiyah Matiirowalie Kab.
Bone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran budaya sekolah dan
kualitas kerja tenaga pendidik dan kependidikan di Madrasah Aliyah As’adiyah
Mattirowalie Kab. Bone dan dan untuk mengetahui pengaruh budaya sekolah
terhadap kualitas kerja tenaga pendidik dan kependidikan di Madrasah Aliyah
As’adiyah Mattirowalie Kab. Bone.
Untuk memperoleh data dari masalah tersebut penulis menggunakan metode
field research (penelitian lapangan) dengan melakukan observasi, dikumentasi dan
penyebaran angket. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan metode
kualitatif untuk mendesripsikan penelitian tentang gambaran budaya sekolah dan
pengarunya terhadap kualitas kerja tenaga pendidik dan kependidikan di MA
As’adiyah Matiirowalie Kab. Bone. Selanjutnya dalam menganalisis data, penulis
melakukan pengujian data independensi antara dua faktor dengan menggunakan
statistik uji regresi liner sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Gambaran budaya sekolah di MA
As’adiyah Mattirowalie Kab. Bone cukup baik yaitu 1) Adanya manajemen
organisasi kepempinan, transformasional dalam mencapai tujuan sekolah, 2)
Berupaya menyusun rencana sekolah dan merumuskan kebijakan untuk sekolahnya
sendiri, 3) Adanya mengelolah kegiatan operasional sekolah, 4) Berupaya menjalin
hubungan komunikasi antara sekolah dan masyarakat sekitar, 5) Menjamin akan
terpeliharanya sekolah yang bertanggung jawab dan 6) Meningkatkan kualitas
belajar siswa.
Berdasarkan analisis regresi yang didapatkan persamaan regresi y =
32,645+0,325x+e, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara
budaya sekolah di MA As’adiyah Mattirowalie Kab. Bone terhadap dengan
peningkatan kualitas kerja tenaga pendidik dan kependidikan di MA As’adiyah
Mattirowalie Kab. Bone. Dan pada tabel anova diperoleh nilai Siq = 0,05 < x =
0,05 atau F hitung = 4,352 > dari F tabel = 4,1960
A. Simpulan
Berdasarkan uraian yang telah dipaparkan sebelumnya, maka yang
menjadi simpulan dalam pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Gambaran budaya sekolah di MA As’adiyah Mattirowalie Kab. Bone yaitu 1)
Adanya manajemen organisasi kepempinan, transformasional dalam
mencapai tujuan sekolah, 2) Berupaya menyusun rencana sekolah dan
merumuskan kebijakan untuk sekolahnya sendiri, 3) Adanya mengelolah
kegiatan operasional sekolah, 4) Berupaya menjalin hubungan komunikasi
antara sekolah dan masyarakat sekitar, 5) Menjamin akan terpeliharanya
sekolah yang bertanggung jawab dan 6) Meningkatkan kualitas belajar siswa.
2. Berdasarkan analisis regresi yang didapatkan persamaan regresi y =
32,645+0,325x+e, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh
antara budaya sekolah di MA As’adiyah Mattirowalie Kab. Bone
terhadapdengan peningkatan kualitas kerja tenaga pendidik dan kependidikan
di MA As’adiyah Mattirowalie Kab. Bone. Dan pada tabel anova diperoleh
nilai Siq = 0,05 < x = 0,05 atau F hitung = 4,352 > lebih besar dari F tabel =
4,1960.
B. Implikasi
Beranjak dari ungkapan yang telah dikemukakan di atas, maka penulis
dapat memberikan saran-saran sebagai berikut:
1. Untuk guru hendaknya dalam melaksanakan pendidikan semaksimal
mungkin serta senantiasa memperhatikan dan mempelajari karakter atau
potensi yang dimiliki oleh masing-masing siswa .
2. Para guru diharapkan dapat berusaha untuk meningkatkan
keprofesionalan dalam melaksanakan tugas mengajarnya, dalam
membangkitkan gairah belajar siswa dan tetap memperhatikan
perbedaan individu siswa.
3. Diharapkan kepada para peneliti berikutnya agar hasil penelitian ini dapat
dijadikan sebagai bahan referensi dalam mengkaji objek yang sama.
Ketersediaan
| STAR20190159 | 159/2019 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
159/2019
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
