Implementasi Manajemen Kesiswaan dalam Pembentukan Karakter Siswa di MTs. Ma had Hadits Al-Junaidiyah Biru Bone
Nur santi/ 02. 15. 3130 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai“Implementasi Manajemene Kesiswaan
dalam Pembentukan Karakter Siswa di MTs. Ma had Hadits Al-Junaidiyah Biru
Bone”. Hal penting yang dikaji di skripsi ini yakni untuk mengetahui
implementasi manajemen kesiswaan dan implikasi manajemen kesiswaan dalam
pembentukan karakter siswa.
Untuk memperoleh data dari masalah tersebut, penulis menggunakan
metode field research (penelitian lapangan) dengan melakukan teknik
pengumpulan data yaitu observasi, intervie/wawancara, dan dokumentasi. Data
yang diperoleh diolah dengan menggunakan metode kualitatif untuk
mendeskripsikan penelitian tentang Implementasi Manajemen Kesiswaan dalam
Pembentukan Karakter Siswa di MTs. Ma had Hadits Al-Junaidiyah Biru Bone.
Dalam menganalisis data, penulis menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Data
yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif qualitatif
dengan tiga tahap yaitu tahap reduksi, penyajian data (display data) dan tahap
kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) manajemen kesiswaan di MTs.
Ma had Hadits Al-Junaidiyah Biru Bone dilakukan dengan merencanakan,
melaksanakan dan mengevaluasi terhadap program kesiswaa. Perencanaan
disusun oleh kepala madrasah, wakil kepala madrasah bidang kesiswaan, guru dan
staf lainnya, meliputi penerimaan siswa baru dan penempatan siswa baru
(pembagian kelas). Kemudian pelaksanaan kesiswaan dilaksanakan dalam bentuk
pembinaan siswa yang dilakukan seperti menanamkan sikap bertanggung jawab
seperti pembinaan disiplin dan layanan bimbingan dan konseling dan layanan
perpustakaan. pembinaan kegiatan organisasi siswa dan pembinaan kegiatan non
akademik (ekstrakurikuler) untuk mengembangkan minat dan bakat siswa.setelah
itu dilakukan evaluasi untuk melihat keberhasilan dan memperbaiki kegiatan yang
telah dilaksanakan. 2) implikasi manajemen kesiswaan dalam membentuk
karakter siswa di MTs. Ma had Hadits Al-Junaidiyah Biru Bone terletak pada
proses membangun karakter siswa melalui metode keteladanan, kegiatan rutin,
kegiatan spontan dan internalisasi.
A. Simpulan
1. Implementasi manajemen kesiswaan di MTs. Ma’had Hadits Al-Junaidiyah biru
dilakukan dengan merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi terhadap
program kesiswaan. Perencanaan dilakukan mulai dari penerimaan siswa baru
dan penempatan siswa (pembagian kelas). Kemudian pelaksaan manajemen
kesiswaan dilaksanakan melalui pembinaan siswa , pembinaan kegiatan
organisasi siswa dan kegiatan non akademik atau ekstrakurikuler yang dimna
kegiatan ini dapat mengembangkan minat dan bakat siswa. Setelah itu
dilakukannya evaluasi untuk mengetahui sejauh mana hasil yang diperoleh oleh
siswa.
2. Implikasi manajemen kesiswaan dalam pembentukan karakter di MTs. Ma’had
Hadits Al-Junaidiyah biru terletak pada proses membangun karakter siswa
melalui kegiatan keteladanaan, kegiatan rutin, kegiatan spontan, dan
internalisasi. Hal ini dilakukan agar siswa karakter siswa dapat terbentuk sesuai
dengan nilai-nilai karakter
B. Implikasi
1. Diharapkan kepada kepala madrasah MTs Mahad Hadits Al-Junaidiyah Biru
untuk melakukan pengelolaan pendidikan dengan baik agar berjalan sesuai
dengan apa yang diharapkan serta dapat mencapai tujuan secara efektif dan
efisien.
2. Diharapkan kepada setiap personalia madrasah untuk selalu berpatisipasi dan
menjalin kerja sama yang baik dengan setiap rekan kerja dalam penlaksanaan
program kegiatan madrasah untuk mencapai ekspektasi. Serta, membantu
peserta didik dalam mengembangkan potensinya agar menjadi lulusan yang
berkualitas.
dalam Pembentukan Karakter Siswa di MTs. Ma had Hadits Al-Junaidiyah Biru
Bone”. Hal penting yang dikaji di skripsi ini yakni untuk mengetahui
implementasi manajemen kesiswaan dan implikasi manajemen kesiswaan dalam
pembentukan karakter siswa.
Untuk memperoleh data dari masalah tersebut, penulis menggunakan
metode field research (penelitian lapangan) dengan melakukan teknik
pengumpulan data yaitu observasi, intervie/wawancara, dan dokumentasi. Data
yang diperoleh diolah dengan menggunakan metode kualitatif untuk
mendeskripsikan penelitian tentang Implementasi Manajemen Kesiswaan dalam
Pembentukan Karakter Siswa di MTs. Ma had Hadits Al-Junaidiyah Biru Bone.
Dalam menganalisis data, penulis menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Data
yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif qualitatif
dengan tiga tahap yaitu tahap reduksi, penyajian data (display data) dan tahap
kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) manajemen kesiswaan di MTs.
Ma had Hadits Al-Junaidiyah Biru Bone dilakukan dengan merencanakan,
melaksanakan dan mengevaluasi terhadap program kesiswaa. Perencanaan
disusun oleh kepala madrasah, wakil kepala madrasah bidang kesiswaan, guru dan
staf lainnya, meliputi penerimaan siswa baru dan penempatan siswa baru
(pembagian kelas). Kemudian pelaksanaan kesiswaan dilaksanakan dalam bentuk
pembinaan siswa yang dilakukan seperti menanamkan sikap bertanggung jawab
seperti pembinaan disiplin dan layanan bimbingan dan konseling dan layanan
perpustakaan. pembinaan kegiatan organisasi siswa dan pembinaan kegiatan non
akademik (ekstrakurikuler) untuk mengembangkan minat dan bakat siswa.setelah
itu dilakukan evaluasi untuk melihat keberhasilan dan memperbaiki kegiatan yang
telah dilaksanakan. 2) implikasi manajemen kesiswaan dalam membentuk
karakter siswa di MTs. Ma had Hadits Al-Junaidiyah Biru Bone terletak pada
proses membangun karakter siswa melalui metode keteladanan, kegiatan rutin,
kegiatan spontan dan internalisasi.
A. Simpulan
1. Implementasi manajemen kesiswaan di MTs. Ma’had Hadits Al-Junaidiyah biru
dilakukan dengan merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi terhadap
program kesiswaan. Perencanaan dilakukan mulai dari penerimaan siswa baru
dan penempatan siswa (pembagian kelas). Kemudian pelaksaan manajemen
kesiswaan dilaksanakan melalui pembinaan siswa , pembinaan kegiatan
organisasi siswa dan kegiatan non akademik atau ekstrakurikuler yang dimna
kegiatan ini dapat mengembangkan minat dan bakat siswa. Setelah itu
dilakukannya evaluasi untuk mengetahui sejauh mana hasil yang diperoleh oleh
siswa.
2. Implikasi manajemen kesiswaan dalam pembentukan karakter di MTs. Ma’had
Hadits Al-Junaidiyah biru terletak pada proses membangun karakter siswa
melalui kegiatan keteladanaan, kegiatan rutin, kegiatan spontan, dan
internalisasi. Hal ini dilakukan agar siswa karakter siswa dapat terbentuk sesuai
dengan nilai-nilai karakter
B. Implikasi
1. Diharapkan kepada kepala madrasah MTs Mahad Hadits Al-Junaidiyah Biru
untuk melakukan pengelolaan pendidikan dengan baik agar berjalan sesuai
dengan apa yang diharapkan serta dapat mencapai tujuan secara efektif dan
efisien.
2. Diharapkan kepada setiap personalia madrasah untuk selalu berpatisipasi dan
menjalin kerja sama yang baik dengan setiap rekan kerja dalam penlaksanaan
program kegiatan madrasah untuk mencapai ekspektasi. Serta, membantu
peserta didik dalam mengembangkan potensinya agar menjadi lulusan yang
berkualitas.
Ketersediaan
| STAR20190156 | 156/2019 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
156/2019
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
