Peran Tata Usaha Dalam Meningkatkan Mutu Pengelolaan Administrasi Dalam Satuan Pendidikan (Studi SMP Negeri 2 Cenrana Kab. Bone)
Herawati/02.15.3160 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai”Peran Tata Usaha Dalam Meningkatkan
Mutu Pengelolaan Administrasi Dalam Satuan Pendidikan (Studi SMP Negeri 2
Cenrana Kab. Bone)”. Hal yang penting dikaji dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana
Profil SMP Negeri 2 Cenrana. 2) Apa Fungsi Utama Tata Usaha Dalam Satuan
Pendidikan, dan 3) Bagaimana Mutu Pengelolaan Administrasi di SMP Negeri 2
Cenrana.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, penulis menggunakan Jenis
penelitian asosiatif kausal. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan
dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan metode induktif, dan
metode deduktif.
SMP Negeri 2 Cenrana terletak di dusun Batu Tanre Desa Cakkeware
Kecematan Cenrana merupakan Instansi Pemerintahan Dinas Pendidikan kota Bone.
SMP Negeri 2 Cenrana berdiri sejak tahun 2000, kepala sekolah SMP Negeri 2
Cenrana pada waktu itu adalah bapak Sudirman, S. Pd. Tujuan utama sekolah ini
didirikan adalah menjadikan anggota didiknya sebagai manusia yang berkualitas
dalam ilmu dan pengetahuan berdasarkan iman dan taqwa, serta menjadikan tenaga
kependidikan yang dapat dijadikan contoh teladan yang baik dan berakhlak.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa peran staf tata usaha dalam
meningkatkan mutu pengelolaan administrasi di SMP Negeri 2 Cenrana di
laksanakan dengan baik. Hal tersebut dapat di tinjau dari fungsi utama tata usaha
yaitu menghimpun, mencatat, mengelola, menggandakan, mengirim, menyimpan, dan
dapat pula di tinjau dari pengelolaan administrasi dalam pelaksanaan tata usaha
meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasisn, pengkomunikasisn,
supervisi, kepegawaian, pembiayaan, dilaksanakan sesuai dengan aturan yang
berlaku.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis terdapat beberapa
kesimpulan terkait peran tata usaha dalam meningkatkan mutu pengelolaan
administrasi dalam satuan pendidikan studi di SMP Negeri 2 Cenrana yaitu:
1. Profil SMP Negeri 2 Cenrana terletak di dusun Batu Tanre Desa Cakkeware
Kecamatan Cenrana merupakan Instansi Pemerintahan Dinas Pendidikan kota
Bone. SMP Negeri 2 Cenrana berdiri sejak tahun 2000, kepala sekolah SMP
Negeri 2 Cenrana pada waktu itu adalah bapak Sudirman, S. Pd. Tujuan utama
sekolah ini didirikan adalah menjadikan anggota didiknya sebagai manusia
yang berkualitas dalam ilmu dan pengetahuan berdasarkan iman dan taqwa,
serta menjadikan tenaga kependidikan yang dapat dijadikan contoh teladan
yang baik dan berakhlak.
2. Fungsi tata usaha di SMP Negeri 2 Cenrana berdasarkan dengan teori yaitu
menghimpun, mencatat, mengelola, menggandakan, mengirim, menyimpan,
sudah berjalan dengan baik namun masih perlu ditingkatkan.
3. Peningkatan mutu pengelolaan administrasi di SMP Negeri 2 Cenrana
berdasarkan dengan teori-tiori yaitu perencanaan, pengorganisasian,
pengkoordinasian, pengkomunikasian, supervisi, kepegawaian, pembiayaan,
penilaian, sudah sesuai namun masih perlu ditingkatkan.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan kesimpulan tersebut, maka akan diuraikan
saran-saran dalam pembahasan skripsi ini yaitu sebagai berikut:
1. Dengan adanya fungsi tata usaha sangat mendukung terhadap kegiatan
pengelolaan administrasi di sekolah. Oleh karena itu diharapkan pihak sekolah
lebih mengoptimalkan lagi kinerja staf tata menjadi lebih baik sehingga dapat
meningkatkan mutu pengelolaan administrasi.
2. Diharapkan kepada semua pihak sekolah terutama guru-guru dan staf tata usaha
lebih mempererat lagi hubungan kerjasamanya. Karena melalui kerjasama yang
erat akan lebih mudah mencapai tujuan yang diinginkan. Terutama dalam
peningkatan mutu pengelolaan administrasi di SMP Negeri 2 Cenrana.
3. Diharapkan kepada pihak sekolah agar dapat membenahi kendala-kendala yang
ada, yaitu kurangnya staf tata usaha, minimnya pelatihan-pelatihan untuk
pengembangan ketenagaan dalam tata usaha, sehingga kegiatan pengelolaan
administrasi dapat terlaksana dengan efektif dan efisien.
Mutu Pengelolaan Administrasi Dalam Satuan Pendidikan (Studi SMP Negeri 2
Cenrana Kab. Bone)”. Hal yang penting dikaji dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana
Profil SMP Negeri 2 Cenrana. 2) Apa Fungsi Utama Tata Usaha Dalam Satuan
Pendidikan, dan 3) Bagaimana Mutu Pengelolaan Administrasi di SMP Negeri 2
Cenrana.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, penulis menggunakan Jenis
penelitian asosiatif kausal. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan
dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan metode induktif, dan
metode deduktif.
SMP Negeri 2 Cenrana terletak di dusun Batu Tanre Desa Cakkeware
Kecematan Cenrana merupakan Instansi Pemerintahan Dinas Pendidikan kota Bone.
SMP Negeri 2 Cenrana berdiri sejak tahun 2000, kepala sekolah SMP Negeri 2
Cenrana pada waktu itu adalah bapak Sudirman, S. Pd. Tujuan utama sekolah ini
didirikan adalah menjadikan anggota didiknya sebagai manusia yang berkualitas
dalam ilmu dan pengetahuan berdasarkan iman dan taqwa, serta menjadikan tenaga
kependidikan yang dapat dijadikan contoh teladan yang baik dan berakhlak.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa peran staf tata usaha dalam
meningkatkan mutu pengelolaan administrasi di SMP Negeri 2 Cenrana di
laksanakan dengan baik. Hal tersebut dapat di tinjau dari fungsi utama tata usaha
yaitu menghimpun, mencatat, mengelola, menggandakan, mengirim, menyimpan, dan
dapat pula di tinjau dari pengelolaan administrasi dalam pelaksanaan tata usaha
meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasisn, pengkomunikasisn,
supervisi, kepegawaian, pembiayaan, dilaksanakan sesuai dengan aturan yang
berlaku.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis terdapat beberapa
kesimpulan terkait peran tata usaha dalam meningkatkan mutu pengelolaan
administrasi dalam satuan pendidikan studi di SMP Negeri 2 Cenrana yaitu:
1. Profil SMP Negeri 2 Cenrana terletak di dusun Batu Tanre Desa Cakkeware
Kecamatan Cenrana merupakan Instansi Pemerintahan Dinas Pendidikan kota
Bone. SMP Negeri 2 Cenrana berdiri sejak tahun 2000, kepala sekolah SMP
Negeri 2 Cenrana pada waktu itu adalah bapak Sudirman, S. Pd. Tujuan utama
sekolah ini didirikan adalah menjadikan anggota didiknya sebagai manusia
yang berkualitas dalam ilmu dan pengetahuan berdasarkan iman dan taqwa,
serta menjadikan tenaga kependidikan yang dapat dijadikan contoh teladan
yang baik dan berakhlak.
2. Fungsi tata usaha di SMP Negeri 2 Cenrana berdasarkan dengan teori yaitu
menghimpun, mencatat, mengelola, menggandakan, mengirim, menyimpan,
sudah berjalan dengan baik namun masih perlu ditingkatkan.
3. Peningkatan mutu pengelolaan administrasi di SMP Negeri 2 Cenrana
berdasarkan dengan teori-tiori yaitu perencanaan, pengorganisasian,
pengkoordinasian, pengkomunikasian, supervisi, kepegawaian, pembiayaan,
penilaian, sudah sesuai namun masih perlu ditingkatkan.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan kesimpulan tersebut, maka akan diuraikan
saran-saran dalam pembahasan skripsi ini yaitu sebagai berikut:
1. Dengan adanya fungsi tata usaha sangat mendukung terhadap kegiatan
pengelolaan administrasi di sekolah. Oleh karena itu diharapkan pihak sekolah
lebih mengoptimalkan lagi kinerja staf tata menjadi lebih baik sehingga dapat
meningkatkan mutu pengelolaan administrasi.
2. Diharapkan kepada semua pihak sekolah terutama guru-guru dan staf tata usaha
lebih mempererat lagi hubungan kerjasamanya. Karena melalui kerjasama yang
erat akan lebih mudah mencapai tujuan yang diinginkan. Terutama dalam
peningkatan mutu pengelolaan administrasi di SMP Negeri 2 Cenrana.
3. Diharapkan kepada pihak sekolah agar dapat membenahi kendala-kendala yang
ada, yaitu kurangnya staf tata usaha, minimnya pelatihan-pelatihan untuk
pengembangan ketenagaan dalam tata usaha, sehingga kegiatan pengelolaan
administrasi dapat terlaksana dengan efektif dan efisien.
Ketersediaan
| STAR20190155 | 155/2019 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
155/2019
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
