Peran Kepala Sekolah Dalam Membangun Budaya Literasi di SMP Negeri 1 Sibulue

No image available for this title
Skripsi ini membahas mengenai “Peran Kepala Sekolah Dalam Membangun
Budaya Literasi di SMP NEGERI 1 SIBULUE”. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui Peran Kepala Sekolah Dalam Membangun Budaya Literasi di SMP
NEGERI 1 SIBULUE Kab.Bone.
Metode digunakan peneliti field research (penelitian lapangan) dengan
melakukan observasi, wawancara, dokumentasi. Data yang di peroleh diolah dengan
menggunakan metode kualitatif untuk mendeskripsikan penelitian tentang Peran
Kepala Sekolah Dalam Membangun Budaya Literasi di SMP NEGERI 1 SIBULUE.
dalam menganalisis data, penulis menggunakan reduksi data, display data, conclusion
drawing/verification (penarikan kesimpulan).
Hasil penelitian menunjukkan Pertama, Peran Kepala Sekolah Sebagai
Manager di SMP NEGERI 1 SIBULUE dapat dipahami bahwa untuk mencapai
tujuan dan sasaran yang kita tempuh di sekolah adalah melaksanakan rapat,
melakukan evaluasi di dalam rapat akhir semester untuk mengetahui hal-hal apa saja
yang sudah di capai selama pelaksanaan program sekolah untuk mengembangkan
bakat dan minat peserta didik. Dan Kepala Sekolah Sebagai Administrator bahwa
dalam menyelesaikan program-program yang meliputi administrasi yaitu memberikan
dorongan, memotivasi dan memberikan pengertian kepada warga sekolah untuk
mencapai tujuan tersebut. kemudian Kepala Sekolah Sebagai Leader ada perbedaan
atau pembatasan antara atasan dan bawahan serta menumbuhkan sifat keterbukaan
terhadap guru dengan bersikap ramah tamah, salam, dan sapah tampa pandang
pangkat.Kedua,Peran Kepala Sekolah Dalam Membangun Budaya Literasi yaitu
Meningkatkan Minat Baca yaitu memotivasi rasa ingin tahu siswa dan memicu siswa
untuk berpikir kritis, dan meningkatkan minat menulis siswa dengan cara memulai
dengan menumbuhkan kebiasaan membaca pada siswa.Ketiga kendala budaya
literasi,budaya nonton TV terlihat sekarang anak lebih malas membaca dikarnakan
anak telah kecanduan menonton televisi yang didalamnya hanyalah hiburan yang
terkadang jauh dari unsur pendidikan, kemudian akibat kecanduan game online
berpengaruh terhadap pola perilaku akademis siswa dan hasil belajar siswa,untuk
mengurangi kecanduan game online pada siswa di butuhkan bimbingan dari guru dan
guru BK, dan dari segi dari pendanaan tentang sarana dan prasarana yang di miliki
sekolah tentunya untuk memberikan kemudahan di dalam proses belajar mengajar,
dan juga sarana dan prasarana mempunyai peranan penting dalam kegiatan budaya
literasi.
A. Simpulan
Berdasarkan penelitian dan analisis yang telah di uraikan pada bab
sebelumnya yang di lakukan oleh peneliti di SMP NEGERI 1 SIBULUE, maka
peneliti dapat menyimpulkan sebagai berikut :
1. Peran kepala sekolah di Smp Negeri 1 Sibulue, dapat dipahami bahwa untuk
mencapai tujuan dan sasaran yang kita tempuh di sekolah ini adalah
melaksanakan rapat pada akhir semester, kami melakukan evaluasi di dalam
rapat akhir semester untuk mengetahui hal-hal apa saja yang sudah di capai
selama pelaksanaan program sekolah untuk mengembangkan bakat dan minat
peserta didik tersebut. Dan juga kepala sekolah sebagai administrator dapat
menyelesaikan program-program yang meliputi administrasi yaitu
memberikan dorongan untuk mencapai tujuan yang hendak dicapai bahwa
kepala sekolah memotivasi dan memberikan pengertian kepada warga sekolah
untuk mencapai tujuan tersebut. Dan kepala sekolah mengatakan tidak ada
perbedaan atau pembatasan antara atasan dan bawahan serta menumbuhkan
sifat keterbukaan terhadap guru dengan bersikap ramah tamah, salam, dan
sapah tampa pandang pangkat.
2. Peran kepala sekolah dan para guru guru sudah memberikan contoh yang
baik, tentang kedisiplinan waktu guru dalam hal melaksanakan setiap kegiatan
budaya literasi. Hal ini dilakukan kepalah sekolah dan para guru – guru yang
merupakan bagian dari tugas dan tanggung jawabnya dalam menjalanankan
peranan sebagai kepalah sekolah untuk kelancaran kegiatan dalam budaya
literasi tersebut.
3. Kendala dalam membangun budaya literasi yaitu budaya Nonto TV secara
factual teknologi yang identic dengan media electronic telah menjadi candu
bagi peserta didik, kemudian kecanduan game online bahwa terdampak positif
dan negative akibat kecanduan game online pola perilaku akademis siswa dan
hasil belajar siswa dan d butuhkan bimbingan dari guru dan guru BK, dan
Sarana dan prasarana yang dimiliki sekolah tentunya untuk memberikan
kemudahan didalam proses belajar mengajar, namun juga sarana dan
prasarana mempunyai peranan penting dalam kegiatan budaya literasi. Seperti
halnya membaca di perpustakaan biasanya menggunakaan fasilitas seperti
buku buku untuk kegiataan membaca dan menulis.
B. Saran
Setelah penulis menguraikan kesimpulan di atas, maka peneliti akan di
uraikan saran-saran yang penulis maksud yaitu sebagai berikut :
1. Di harapkan kepada kepala sekolah, tenaga pendidik, dan kependidikan
mampu bekerja sama dalam membangun budaya literasi di sekolah.
2. Di harapkan kepada kepala sekolah, tenaga pendidik dan kependidikan
bisa menerapkan sikap disiplin terhadap peserta didik serta memberikan
contoh yang positif.
3. Kepala madrasah dan tenaga pendidik dan kependidikan saling bekerja
sama dengan baik untuk meningkatkan budaya literasi di sekolah.
Ketersediaan
STAR2021001616/2021Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

16/2021

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyahh

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top