Pengaruh Pengetahuan, Produk dan Promosi terhadap Minat Menabung Mahasiswa di Bank Syariah (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Bone)

No image available for this title
Skripsi ini membahas mengenai pengaruh pengetahuan, produk dan promosi
terhadap minat menabung mahasiswa di Bank Syariah. Minat menabung mahasiswa
disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya pengetahuan, produk dan promosi.
Pengetahuan merupakan semua informasi yang dimiliki oleh konsumen mengenai
berbagai macam produk dan jasa, serta pengetahuan lainnya yang terkait dengan
produk dan jasa tersebut dan informasi yang berhubungan dengan fungsinya sebagai
konsumen. Produk adalah sebagai segala sesuatu yang dapat ditawarkan ke pasar
untuk mendapatkan perhatian, dibeli, dipergunakan, atau dikonsumsi dan yang dapat
memuaskan keinginan dan kebutuhan. Serta promosi adalah sarana yang paling
ampuh untuk menarik dan mempertahankan nasabah. Sejauh ini belum ada yang
meneliti ketiga variabel tersebut dan belum ada yang menjadikan mahasiswa sebagai
sampel.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan
deskriptif. Teknik ini digunakan untuk mendeskripsikan objek atau hasil penelitian.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel Pengetahuan
berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung mahasiswa di Bank
Syariah dengan hasil 0,047 < 0,05. Variabel produk berpengaruh positif dan
signifikan terhadap minat menabung mahasiswa di Bank Syariah dengan hasil 0,038
< 0,05. Variabel Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat
menabung mahasiswa di Bank Syariah dengan hasil 0,008 < 0,05.
A. Kesimpulan
Setelah penulis mengemukakan uraian secara terperinci tentang masalah-
masalah yang sesuai dengan topik pembahasan, maka tibalah pada uraian terakhir
penulisan akan menarik beberapa simpulan, sebagai berikut:
1. Berdasarkan hasil pengujian data menunjukkan bahwa variabel pengetahuan
berpengaruh signifikan terhadap minat menabung mahasiswa di Bank Syariah
yang dapat dibuktikan dengan Uji Ttest < Thitung (0,047 ˂ 0,05) dapat
disimpulkan bahwa semakin tinggi pengetahuan mahasiswa tentang Bank
Syariah maka semakin tinggi pula minat menabung mahasiswa di Bank
Syariah.
2. Berdasarkan hasil pengujian data menunjukkan bahwa jika nilai Uji Ttest < T-
hitung (0,038 lebih kecil dari 0,05) maka variabel produk berpengaruh signifikan
terhadap minat menabung mahasiswa di Bank Syariah, hal ini menunjukkan
bahwa semakin baik produk yang ditawarkan oleh Bank Syariah maka semakin
tinggi minat mahasiswa untuk menabung di Bank Syariah.
3. Berdasarkan hasil pengujian data menunjukkan bahwa variabel promosi
berpengaruh signifikan terhadap minat menabung mahasiswa di Bank Syariah
hal ini dapat dibuktikan dengan nilai Uji Ttest lebih kecil dari pada nilai Uji T-
hitung (0,008 < 0,05), itu artinya semakin baik promosi yang dilakukan oleh
Bank Syariah maka semakin tinggi pula minat menabung mahasiswa di Bank
Syariah.
B. Saran
Berdasarkan kesimpulan penelitian terdapat saran dari peneliti yang nantinya
dapat menjadi pertimbangan perbankan syariah dan peneliti selanjutnya agar menjadi
lebih baik lagi, yaitu:
1. Bagi Perbankan Syariah
Dalam meningkatkan minat masyarakat khususnya mahasiswa untuk
menabung, agar kiranya lebih memperhatikan segi pengetahuan mahasiswa, segi
produk maupun promosi yang dilakukan karena beberapa hal tersebut merupakan
pertimbangan bagi mahasiswa.
2. Bagi Peneliti Selanjutnya
Penelitian ini hanya meliputi pengetahuan, produk dan promosi sebagai
variabel independen, dan minat mahasiswa sebagai variabel dependen. Dalam
penelitian ini semua variabel berpenagruh positif dan signifikan. Untuk itu, penelitan
selanjutnya diharapkan bisa mengembangkan dan menemukan variabel yang lain
yang dapat mempengaruhi minat mahasiswa menabung di bank syariah.
C. Implikasi
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dan setelah memperhatikan hasil
yang diperoleh dilapangan, maka penulis dapat mengimplikasikan beberapa hal:
1. Secara ilmiah, dari hasil penelitian ini diharapkan dapat berguna bagi suatu
karya ilmiah yang dapat menunjang perkembangan ilmu pengetahuan dan bisa
menjadi sebuah masukan yang dapat mendukung peneliti maupun pihak yang
lainnya yang tertarik untuk mneliti dalam penelitin yang sama.
2. Secara prkatis, hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai
masukan dan sebuah pertimbangan bagi perbankan syariah dalam upaya
meningkatkan minat menabung mahasiswa, yakni lebih mengedepankan
beberapa faktor penentu mahasiswa berminat menabung seperti faktor
pengetahuan, produk dan promosi.
Ketersediaan
SFEBI2021001111/2021Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

11/2021

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi FEBI

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top