Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Kepercayaan terhadap Minat Nasabah dalam Menggunakan Internet Banking (Studi pada PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Bone)
Ulfa Eisya Putri/01.16.5164 - Personal Name
Penelitian ini dilatar belakangi dengan berkembangnya secara pesat industri
perbankan yang menuntut untuk memiliki keunggulan yang kompetitif. Layanan yang
baik dilakukan dengan tujuan agar semakin banyaknya minat nasabah yang tertarik
untuk terus menggunakan layanan internet banking dan meningkatkan dalam
melakukan transaksi perbankan . Internet banking merupakan salah satu layanan yang
diberikan oleh pihak PT. Bank Mandiri Syariah yang menggunakan teknologi
modern. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah tentang faktor pengaruh
minat nasabah dalam menggunakan internet banking.
Skripsi ini dikembangkan dalam beberapa sub masalah atau pertanyaan
penelitian, yaitu: 1) Apakah faktor persepsi kemudahan berpengaruh terhadap minat
nasabah dalam menggunakan
internet banking?
2)
Apakah faktor persepsi
kepercayaan berpengaruh terhadap minat nasabah dalam menggunakan internet
banking? 3) Apakah faktor persepsi kemudahan dan kepercayaan berpengaruh secara
bersama-sama terhadap minat nasabah dalam menggunakan internet banking?.
Jenis dan pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan
dengan menggunakan pendekatan penelitian
kuantitatif. Jumlah sampel
yang
digunakan adalah sebanyak 95 responden. Tekhnik pengumpulan data dengan
penyebaran kuesioner, sedangkan untuk pengujian instrumen menggunakan uji
validitas, realibilitas, uji asumsi klasik, uji koefisien korelasi dan determinasi serta
analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian yang diperoleh menujukkan bahwa
pengaruh persepsi kemudahan dan kepecayaan terhadap minat nasabah menggunakan
internet banking berpengaruh secara positif dan signifikan dan menunjukkan nilai
koefisien determinasi (R2) sebesar 0,713 atau 71,3% yang berarti bahwa minat
nasabah menggunakan internet banking pada Bank Syariah Mandri Cabang Bone
adalah sebesar 71,3%.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan tentang pengaruh
persepsi kemudahan dan kepercayaan terhadap minat nasabah dalam
menggunakan internet banking (Studi pada PT Bank Sariah Mandiri Cabang
Bone) maka hasil dari penelitian ini siaimpulkan sebagai berikut:
1. Persepsi Kemudahan dapat dijadikan sebagai rujukan yang memotivasi
minat nasabah untuk mengambil keputusan menggunakan internet banking
atau dapat dikatakan bahwa semakin mudah penggunaan internet banking,
maka semakin tinggi minat nasabah untuk menggunakan internet banking.
2. Persepsi Kepercayaan dapat dijadikan sebagai tumpuan yang memotivasi
minat nasabah untuk mengambil keputusan menggunakan internet banking
atau dapat dikatakan bahwa semakin
baik persepsi kepercayaan
penggunaan internet banking, maka semakin tinggi minat nasabah untuk
menggunakan internet banking.
3. Persepsi kemudahan dan persepsi kepercayaan adalah dua faktor motivasi
yang efektif yang dapat meningkatkan minat nasabah adalah menggunakan
internet banking.
B. Saran
Berdasarkan kesimpulan yang telah diurai di atas maka peneliti dapat
memberikan saran-saran yaitu:
1. Bagi Bank Syariah Mandiri
Dari penelitian ini disarankan kepada pihak bank syariah mandiri
untuk terus meningkatkan kualitas layanan internet banking agar nasabah
semakin mudah dalam menggunakan layanan internet banking dan juga
agar dapat meningkatkan minat nasabah.
2. Bagi peneliti selanjutnya
Bagi peneliti selanjutnya, hendaknya memperluas penelitian
sehingga diperloeh informasi yang lengkap tenteng internet banking dan
strategi pemasaran yang tepat.
C. Implikasi
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat dikemukakan implikasi
secara teoritis dan praktis sebagai berikut;
1. Implikasi Teoritis
Penelitian ini dilakukan di PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Bone
yang fokus pada persepsi kemudahan dan kepercayaan terhadap minat
nasabah yang menggunakan internet banking. Tujuannya untuk memberi
sumbangsi, konstribusi dan tambahan wawasan mengenai faktor pengaruh
terhadap minat nasabah dalam menggunakan internet banking. Dan juga
penelitian ini dapat menjadi bahan pembelajaran dan referensi bagi
mahasiswa dalam penelitian selanjutnya.
2. Implikasi Praktis
Hasil Penelitian ini digunakan untuk memberi sumbangsi,pemikiran, masukan, dan rujukan, terhadap pihak PT. Bank Syariah Mandiri Kabupaten Bone dalam pengambilan keputusan atau kebijakan
dalam hal penambahan jumlah nasabah.
perbankan yang menuntut untuk memiliki keunggulan yang kompetitif. Layanan yang
baik dilakukan dengan tujuan agar semakin banyaknya minat nasabah yang tertarik
untuk terus menggunakan layanan internet banking dan meningkatkan dalam
melakukan transaksi perbankan . Internet banking merupakan salah satu layanan yang
diberikan oleh pihak PT. Bank Mandiri Syariah yang menggunakan teknologi
modern. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah tentang faktor pengaruh
minat nasabah dalam menggunakan internet banking.
Skripsi ini dikembangkan dalam beberapa sub masalah atau pertanyaan
penelitian, yaitu: 1) Apakah faktor persepsi kemudahan berpengaruh terhadap minat
nasabah dalam menggunakan
internet banking?
2)
Apakah faktor persepsi
kepercayaan berpengaruh terhadap minat nasabah dalam menggunakan internet
banking? 3) Apakah faktor persepsi kemudahan dan kepercayaan berpengaruh secara
bersama-sama terhadap minat nasabah dalam menggunakan internet banking?.
Jenis dan pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan
dengan menggunakan pendekatan penelitian
kuantitatif. Jumlah sampel
yang
digunakan adalah sebanyak 95 responden. Tekhnik pengumpulan data dengan
penyebaran kuesioner, sedangkan untuk pengujian instrumen menggunakan uji
validitas, realibilitas, uji asumsi klasik, uji koefisien korelasi dan determinasi serta
analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian yang diperoleh menujukkan bahwa
pengaruh persepsi kemudahan dan kepecayaan terhadap minat nasabah menggunakan
internet banking berpengaruh secara positif dan signifikan dan menunjukkan nilai
koefisien determinasi (R2) sebesar 0,713 atau 71,3% yang berarti bahwa minat
nasabah menggunakan internet banking pada Bank Syariah Mandri Cabang Bone
adalah sebesar 71,3%.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan tentang pengaruh
persepsi kemudahan dan kepercayaan terhadap minat nasabah dalam
menggunakan internet banking (Studi pada PT Bank Sariah Mandiri Cabang
Bone) maka hasil dari penelitian ini siaimpulkan sebagai berikut:
1. Persepsi Kemudahan dapat dijadikan sebagai rujukan yang memotivasi
minat nasabah untuk mengambil keputusan menggunakan internet banking
atau dapat dikatakan bahwa semakin mudah penggunaan internet banking,
maka semakin tinggi minat nasabah untuk menggunakan internet banking.
2. Persepsi Kepercayaan dapat dijadikan sebagai tumpuan yang memotivasi
minat nasabah untuk mengambil keputusan menggunakan internet banking
atau dapat dikatakan bahwa semakin
baik persepsi kepercayaan
penggunaan internet banking, maka semakin tinggi minat nasabah untuk
menggunakan internet banking.
3. Persepsi kemudahan dan persepsi kepercayaan adalah dua faktor motivasi
yang efektif yang dapat meningkatkan minat nasabah adalah menggunakan
internet banking.
B. Saran
Berdasarkan kesimpulan yang telah diurai di atas maka peneliti dapat
memberikan saran-saran yaitu:
1. Bagi Bank Syariah Mandiri
Dari penelitian ini disarankan kepada pihak bank syariah mandiri
untuk terus meningkatkan kualitas layanan internet banking agar nasabah
semakin mudah dalam menggunakan layanan internet banking dan juga
agar dapat meningkatkan minat nasabah.
2. Bagi peneliti selanjutnya
Bagi peneliti selanjutnya, hendaknya memperluas penelitian
sehingga diperloeh informasi yang lengkap tenteng internet banking dan
strategi pemasaran yang tepat.
C. Implikasi
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat dikemukakan implikasi
secara teoritis dan praktis sebagai berikut;
1. Implikasi Teoritis
Penelitian ini dilakukan di PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Bone
yang fokus pada persepsi kemudahan dan kepercayaan terhadap minat
nasabah yang menggunakan internet banking. Tujuannya untuk memberi
sumbangsi, konstribusi dan tambahan wawasan mengenai faktor pengaruh
terhadap minat nasabah dalam menggunakan internet banking. Dan juga
penelitian ini dapat menjadi bahan pembelajaran dan referensi bagi
mahasiswa dalam penelitian selanjutnya.
2. Implikasi Praktis
Hasil Penelitian ini digunakan untuk memberi sumbangsi,pemikiran, masukan, dan rujukan, terhadap pihak PT. Bank Syariah Mandiri Kabupaten Bone dalam pengambilan keputusan atau kebijakan
dalam hal penambahan jumlah nasabah.
Ketersediaan
| SFEBI20200012 | 12/2020 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
12/2020
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
