Penerapan Permainan Papan Titian Dalam Mengembangkan Motorik Kasar Anak Usia Dini Pada Kelompok B Di Taman Kanak-kanak Nurul Yaqin Desa Uloe Kecamatan Dua Boccoe Kabupaten Bone
Nurul Mukhlisa/02.16.6006 - Personal Name
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan
permainan papan titian dalam mengembangkan motorik kasar anak usia dini pada
kelompok B di Taman Kanak-kanak Nurul Yaqin Desa Uloe Kecamatan Dua Boccoe
Kabupaten Bone.
Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif
dengan pendekatan paedagogik dan pendekatan sosiologis. Untuk memperoleh data
yang diinginkan menggunakan data primer dan data sekunder, selanjutnya dianalisis
dengan cara mereduksi data, mendeskripsikan data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan permainan papan titian
dalam mengembangkan motorik kasar anak usia dini sangatlah efektif. Guru
mengarahkan anak berjalan di atas papan titian dengan tetap menjaga keseimbangan
tubuhnya agar tidak terjatuh. Adapun gerakan yang dilakukan anak pada saat berjalan
di atas papan titian yaitu dengan merentangkan kedua tangan, berjalan lurus, berjalan
cepat dan lain sebagainya.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dalam
mengembangkan motorik kasar anak di Taman Kanak-kanak Nurul Yaqin melalui
permainan papan titian sangatlah efektif. Hal ini dilihat dari sebelum guru
menerapkan permainan papan titian kemampuan motorik kasar anak belum
berkembang dengan baik, namun setelah menerapkan permainan papan titian
kemampuan motorik kasar anak berkembang dengan baik.
A. Kesimpulan
Penerapan permainan papan titian dalam mengembangkan motorik
kasar anak usia dini pada kelompok B di Taman Kanak-kanak Nurul Yaqin
Desa Uloe Kecamatan Dua Boccoe Kabupaten Bone. Adapun kegiatan-kegiatan
yang dilakukan dalam mengembangkan motorik kasar anak usia dini yaitu
berjalan lurus melewati papan titian dengan tanpa terjatuh, berjalan cepat
melewati papan titian dengan tanpa terjatuh, berjalan maju melewati papan titian
dengan kedua tangan direntangkan, berjalan maju melewati papan titian dengan
kedua tangan di pinggang, anak berjalan menyamping melewati papan titian,
anak berjalan jinjit melewati papan titian, anak berjalan maju melewati papan
titian dengan kedua tangan sedekap, anak berjalan melewati papan titian dengan
membawa beban di atas kepala, anak berjalan melewati papan titian tanpa
bantuan dari guru/orang tua dan anak berjalan melewati papan titian dengan
penuh rasa percaya diri. Adapun kegiatan penerapan permainan papan titian
dalam mengembangkan motorik kasar anak yang diberikan guru kepada peserta
didik berkembang sesuai dengan harapan.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan yang telah dipaparkan,
maka saran yang dapat peneliti sampaikan kepada kepala sekolah dan guru
Taman Kanak-kanak Nurul Yaqin Desa Uloe Kecamatan Dua Boccoe
Kabupaten Bone untuk lebih memperhatikan motorik kasar peserta didik dan
lebih sering menerapkan permainan papan titian dan permainan lainnya
dalam mengembangkan motorik kasar peserta didik.
permainan papan titian dalam mengembangkan motorik kasar anak usia dini pada
kelompok B di Taman Kanak-kanak Nurul Yaqin Desa Uloe Kecamatan Dua Boccoe
Kabupaten Bone.
Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif
dengan pendekatan paedagogik dan pendekatan sosiologis. Untuk memperoleh data
yang diinginkan menggunakan data primer dan data sekunder, selanjutnya dianalisis
dengan cara mereduksi data, mendeskripsikan data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan permainan papan titian
dalam mengembangkan motorik kasar anak usia dini sangatlah efektif. Guru
mengarahkan anak berjalan di atas papan titian dengan tetap menjaga keseimbangan
tubuhnya agar tidak terjatuh. Adapun gerakan yang dilakukan anak pada saat berjalan
di atas papan titian yaitu dengan merentangkan kedua tangan, berjalan lurus, berjalan
cepat dan lain sebagainya.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dalam
mengembangkan motorik kasar anak di Taman Kanak-kanak Nurul Yaqin melalui
permainan papan titian sangatlah efektif. Hal ini dilihat dari sebelum guru
menerapkan permainan papan titian kemampuan motorik kasar anak belum
berkembang dengan baik, namun setelah menerapkan permainan papan titian
kemampuan motorik kasar anak berkembang dengan baik.
A. Kesimpulan
Penerapan permainan papan titian dalam mengembangkan motorik
kasar anak usia dini pada kelompok B di Taman Kanak-kanak Nurul Yaqin
Desa Uloe Kecamatan Dua Boccoe Kabupaten Bone. Adapun kegiatan-kegiatan
yang dilakukan dalam mengembangkan motorik kasar anak usia dini yaitu
berjalan lurus melewati papan titian dengan tanpa terjatuh, berjalan cepat
melewati papan titian dengan tanpa terjatuh, berjalan maju melewati papan titian
dengan kedua tangan direntangkan, berjalan maju melewati papan titian dengan
kedua tangan di pinggang, anak berjalan menyamping melewati papan titian,
anak berjalan jinjit melewati papan titian, anak berjalan maju melewati papan
titian dengan kedua tangan sedekap, anak berjalan melewati papan titian dengan
membawa beban di atas kepala, anak berjalan melewati papan titian tanpa
bantuan dari guru/orang tua dan anak berjalan melewati papan titian dengan
penuh rasa percaya diri. Adapun kegiatan penerapan permainan papan titian
dalam mengembangkan motorik kasar anak yang diberikan guru kepada peserta
didik berkembang sesuai dengan harapan.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan yang telah dipaparkan,
maka saran yang dapat peneliti sampaikan kepada kepala sekolah dan guru
Taman Kanak-kanak Nurul Yaqin Desa Uloe Kecamatan Dua Boccoe
Kabupaten Bone untuk lebih memperhatikan motorik kasar peserta didik dan
lebih sering menerapkan permainan papan titian dan permainan lainnya
dalam mengembangkan motorik kasar peserta didik.
Ketersediaan
| STAR20210403 | 403/2021 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
403/2021
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
