Perbandingan Pengaruh Teknologi Informasi Terhadap Preferensi Masyarakat Berbelanja di Alfamart dan Indomaret di Watampone
Sarlindah/01.14.3237 - Personal Name
Penelitian ini membahas tentang perbandingan pengaruh teknologi informasi
terhadap preferensi masyarakat dalam berbelanja di minimarket Alfamart dan
Indomaret di Watampone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Seberapa
besar pengaruh teknologi informasi pada Alfamart dan Indomaret terhadap preferensi
masyarakat di Kabupaten Bone (2) apakah ada perbedaaan pengaruh teknologi
informasi terhadap preferensi masyarakat dalam berbelanja di minimarket Alfamart
dan Indomaret di Watampone.
Berdasarkan tujuan penelitian diatas, maka jenis penelitian yang digunakan
adalah jenis penelitian lapangan (field research) yang didukung dengan teknik
pengumpulan data yaitu observasi, , angket, dokumentasi, dan metode studi pustaka
dalam mengumpulkan data yang diperlukan. Data yang terkumpul kemudian diolah
dengan menggunakan Indeks Preferensi Belanja Masyarakt. Untuk mengetahui
pengaruh teknologi informasi terhadap preferensi masyarakat berbelanja di Alfamart
dan Indomaret Watampone yang dijadikan sampel.
Hasil yang di tunjukkan dari Indeks Preferensi Masyarakat (I-PM) yaitu
secara simultan menunjukkan adanya perbedaan pengaruh diantara teknologi
informasi yang dimiliki oleh Alfamart dengan teknologi informasi yang dimiliki oleh
Indomaret. Secara simultan Alfamart berada pada kategori ke lima (80-100), nilai I-
PM secara simultan, I-PM = (2025/2400) x 100 = 84. Sedangakan penilaian
masyarakat di minimarket indomaret Bone secara simultan berada pada kategori ke
empat (61-80), nilai I-PM secara simultan, I-PM = (1670/2400) x 100 = 70.
Artinya, teknologi informasi yang di miliki indomaret dapat mempengaruhi
preferensi masyarakat dalam menentukan pilihan berbelanja di minimarket
Indomaret Bone tetapi teknologi informasi yang dimiliki oleh minimarket Alfamart
lebih besar pengaruhnya terhadap preferensi masyarakat dalam berbelanja daripada
teknologi informasi yang dimiliki oleh Indomaret.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan diatas, maka ditarik
kesimpulan sebagai berikut :
1. Hasil dari I-PM (Indeks Preferensi Masyarakat) menunjukkan bahwa secara
parsial I-PM Alfamart di semua komponen berada di kategori ke empat (76-
100) yaitu sangat berpengaruh dan secara simultan I-PM Alfamart =
(1999/2400) x 100 = 83 , sedangkan I-PM Indomaret di semua komponen
berada di kategori ke tiga ( 51-75) yaitu berpengaruh dan secara simultan I-
PM Indomaret = (1670/2400) x 100 = 70. Teknologi informasi yang dimiliki
oleh Alfamart dan Indomaret secara signifikan berpengaruh terhadap
preferensi masyarakat dalam berbelanja di minimarket Alfamart dan
Indomaret Bone.
2. Hasil yang di tunjukkan dari Indeks Preferensi Masyarakat (I-PM) yaitu
secara simultan menunjukkan adanya perbedaan pengaruh diantara teknologi
informasi yang dimiliki oleh Alfamart dengan teknologi informasi yang
dimiliki oleh Indomaret. Secara simultan Alfamart berada pada kategori ke
lima (80-100), nilai I-PM secara simultan, I-PM = (2025/2400) x 100 = 84.
Sedangakan penilaian masyarakat di minimarket indomaret Bone secara
simultan berada pada kategori ke empat (61-80), nilai I-PM secara simultan,
I-PM = (1670/2400) x 100 = 70. Artinya, teknologi informasi yang di miliki
indomaret dapat mempengaruhi preferensi masyarakat dalam menentukan
pilihan berbelanja di minimarket Indomaret Bone tetapi teknologi informasi
yang dimiliki oleh minimarket Alfamart lebih besar pengaruhnya terhadap
preferensi masyarakat dalam berbelanja daripada teknologi informasi yang
dimiliki oleh Indomaret.
B. Saran
Berdasarkan kesimpulan di atas, maka penulis memberikan saran kepada
kedua perusahaan minimarket untuk mengelolah sistem teknologi informasi yang
dimiliki dengan baik dan mutakhir agar masyarakat Bone lebih mudah dan cepat
dalam menentukan preferensi mereka dalam berbelanja. Perusahaan minimarket
Indomaret Bone sebaiknya melakukan peningkatan sistem teknologi informasi
agar masyarakat Bone lebih tertarik dan mudah menentukan preferensi mereka
dalam berbelanja karena teknologi informasi dapat mempengaruhi preferensi
masyarakat Bone dalam berbelanja. Untuk perusahaan minimarket Alfamart
disarankan untuk mempertahankan dan memantau sistem teknologi informasi yang
dimiliki karena hal ini sangat berpengaruh terhadap preferensi masyarakat Bone
dalam berbelanja.
terhadap preferensi masyarakat dalam berbelanja di minimarket Alfamart dan
Indomaret di Watampone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Seberapa
besar pengaruh teknologi informasi pada Alfamart dan Indomaret terhadap preferensi
masyarakat di Kabupaten Bone (2) apakah ada perbedaaan pengaruh teknologi
informasi terhadap preferensi masyarakat dalam berbelanja di minimarket Alfamart
dan Indomaret di Watampone.
Berdasarkan tujuan penelitian diatas, maka jenis penelitian yang digunakan
adalah jenis penelitian lapangan (field research) yang didukung dengan teknik
pengumpulan data yaitu observasi, , angket, dokumentasi, dan metode studi pustaka
dalam mengumpulkan data yang diperlukan. Data yang terkumpul kemudian diolah
dengan menggunakan Indeks Preferensi Belanja Masyarakt. Untuk mengetahui
pengaruh teknologi informasi terhadap preferensi masyarakat berbelanja di Alfamart
dan Indomaret Watampone yang dijadikan sampel.
Hasil yang di tunjukkan dari Indeks Preferensi Masyarakat (I-PM) yaitu
secara simultan menunjukkan adanya perbedaan pengaruh diantara teknologi
informasi yang dimiliki oleh Alfamart dengan teknologi informasi yang dimiliki oleh
Indomaret. Secara simultan Alfamart berada pada kategori ke lima (80-100), nilai I-
PM secara simultan, I-PM = (2025/2400) x 100 = 84. Sedangakan penilaian
masyarakat di minimarket indomaret Bone secara simultan berada pada kategori ke
empat (61-80), nilai I-PM secara simultan, I-PM = (1670/2400) x 100 = 70.
Artinya, teknologi informasi yang di miliki indomaret dapat mempengaruhi
preferensi masyarakat dalam menentukan pilihan berbelanja di minimarket
Indomaret Bone tetapi teknologi informasi yang dimiliki oleh minimarket Alfamart
lebih besar pengaruhnya terhadap preferensi masyarakat dalam berbelanja daripada
teknologi informasi yang dimiliki oleh Indomaret.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan diatas, maka ditarik
kesimpulan sebagai berikut :
1. Hasil dari I-PM (Indeks Preferensi Masyarakat) menunjukkan bahwa secara
parsial I-PM Alfamart di semua komponen berada di kategori ke empat (76-
100) yaitu sangat berpengaruh dan secara simultan I-PM Alfamart =
(1999/2400) x 100 = 83 , sedangkan I-PM Indomaret di semua komponen
berada di kategori ke tiga ( 51-75) yaitu berpengaruh dan secara simultan I-
PM Indomaret = (1670/2400) x 100 = 70. Teknologi informasi yang dimiliki
oleh Alfamart dan Indomaret secara signifikan berpengaruh terhadap
preferensi masyarakat dalam berbelanja di minimarket Alfamart dan
Indomaret Bone.
2. Hasil yang di tunjukkan dari Indeks Preferensi Masyarakat (I-PM) yaitu
secara simultan menunjukkan adanya perbedaan pengaruh diantara teknologi
informasi yang dimiliki oleh Alfamart dengan teknologi informasi yang
dimiliki oleh Indomaret. Secara simultan Alfamart berada pada kategori ke
lima (80-100), nilai I-PM secara simultan, I-PM = (2025/2400) x 100 = 84.
Sedangakan penilaian masyarakat di minimarket indomaret Bone secara
simultan berada pada kategori ke empat (61-80), nilai I-PM secara simultan,
I-PM = (1670/2400) x 100 = 70. Artinya, teknologi informasi yang di miliki
indomaret dapat mempengaruhi preferensi masyarakat dalam menentukan
pilihan berbelanja di minimarket Indomaret Bone tetapi teknologi informasi
yang dimiliki oleh minimarket Alfamart lebih besar pengaruhnya terhadap
preferensi masyarakat dalam berbelanja daripada teknologi informasi yang
dimiliki oleh Indomaret.
B. Saran
Berdasarkan kesimpulan di atas, maka penulis memberikan saran kepada
kedua perusahaan minimarket untuk mengelolah sistem teknologi informasi yang
dimiliki dengan baik dan mutakhir agar masyarakat Bone lebih mudah dan cepat
dalam menentukan preferensi mereka dalam berbelanja. Perusahaan minimarket
Indomaret Bone sebaiknya melakukan peningkatan sistem teknologi informasi
agar masyarakat Bone lebih tertarik dan mudah menentukan preferensi mereka
dalam berbelanja karena teknologi informasi dapat mempengaruhi preferensi
masyarakat Bone dalam berbelanja. Untuk perusahaan minimarket Alfamart
disarankan untuk mempertahankan dan memantau sistem teknologi informasi yang
dimiliki karena hal ini sangat berpengaruh terhadap preferensi masyarakat Bone
dalam berbelanja.
Ketersediaan
| SFEBI20190265 | 265/2019 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
265/2019
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
