Strategi Pengembangan Kecerdasan Naturalis Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA pada Masa Pandemi di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ulum Bajoe Kabupaten Bone
Yusri Wahyuni/02.17.5068 - Personal Name
Skripsi ini berjudul Strategi Pengembangan Kecerdasan Naturalis Peserta
Didik dalam Pembelajaran IPA pada Masa Pandemi di Madrasah Ibtidaiyah Nurul
Ulum Bajoe Kabupaten Bone. Tujuan penulisan skripsi ini untuk mengetahui bentuk
pengembangan kecerdasan naturalis peserta didik yang dilakukan oleh guru dalam
pembelajaran IPA pada masa pandemi dan faktor penghambat dan pendukung
pengembangan kecerdasan naturalis peserta didik dalam pembelajaran IPA pada masa
pandemi di MI Nurul Ulum Bajoe. Untuk permasalahan ini penulis menggunakan
jenis penelitian kualitatif yaitu penelitian yang digunakan untuk mengkaji atau
meneliti suatu objek pada latar alamiah tanpa ada manipulasi dan pengujian hipotesis
di dalamnya. Adapun teknik yang digunakan antara lain; wawancara dan
dokumentasi, sedangkan pengelolaan data yang digunakan adalah secara kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Bentuk pengembangan kecerdasan
naturalis peserta didik yang dilakukan oleh guru pada masa pandemi yaitu strategi
visual melalui vidoe dengan cara memberikan sebuah rekaman vidoe dari youtube
yang berkaitan dengan flora dan fauna. 2) Faktor penghambat dalam usaha
mengembangkan kecerdasan naturalis peserta didik diantaranya media pendukung
yang masih kurang variatif, keterbatasan interaksi atau komunikasi antara guru
dengan peserta didik dan kurangnya kegiatan yang berkaitan dengan lingkungan
karena proses pembelajarannya dilakukan secara daring/online, kurangnya perhatian
siswa terhadap lingkungan dan masih ada beberapa siswa yang belum memiliki
Handphone. Sedangkan faktor pendukungnya ialah pemerintah memberikan bantuan
berupa ketersediaan kuota yang digunakan selama proses belajar pada masa pandemi.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa:
1. Bentuk pengembangan kecerdasan naturalis peserta didik yang dilakukan oleh
guru pada masa pandemi yaitu strategi visual melalui vidoe dengan cara
memberikan sebuah rekaman vidoe dari youtube yang berkaitan dengan flora
dan fauna.
2. Faktor penghambat dalam usaha mengembangkan kecerdasan naturalis peserta
didik diantaranya media pendukung yang masih kurang variatif, keterbatasan
interaksi atau komunikasi antara guru dengan peserta didik dan kurangnya
kegiatan yang berkaitan dengan lingkungan karena proses pembelajarannya
dilakukan secara daring/online, kurangnya perhatian siswa terhadap lingkungan
dan masih ada beberapa siswa yang belum memiliki Handphone. Sedangkan
faktor pendukungnya ialah pemerintah memberikan bantuan berupa
ketersediaan kuota yang digunakan selama proses belajar pada masa pandemi.
B. Saran
Berdasarkan penelitian yang dilakukan dengan memperhatikan hasil-hasilnya,
maka penulis merekomendasikan hal-hal sebagai berikut:
1. Pihak guru atau sekolah sebaiknya lebih menenkankan kepada peserta didik
agar lebih memperhatikan lingkungan baik itu dalam hal menjaga lingkungan
maupun yang lainnya.
2. Pihak guru atau sekolah sebaiknya mendorong motivasi peserta didik dalam
hal belajar sehinggah perkembangan kecerdasan naturalis peserta didik dapat
berjalan dengan baik.
3. Pihak sekolah sebaiknya sesegera mungkin mengatasi faktor-faktor
penghambat yang guru alami selama kegiatan proses belajar mengajar.
Didik dalam Pembelajaran IPA pada Masa Pandemi di Madrasah Ibtidaiyah Nurul
Ulum Bajoe Kabupaten Bone. Tujuan penulisan skripsi ini untuk mengetahui bentuk
pengembangan kecerdasan naturalis peserta didik yang dilakukan oleh guru dalam
pembelajaran IPA pada masa pandemi dan faktor penghambat dan pendukung
pengembangan kecerdasan naturalis peserta didik dalam pembelajaran IPA pada masa
pandemi di MI Nurul Ulum Bajoe. Untuk permasalahan ini penulis menggunakan
jenis penelitian kualitatif yaitu penelitian yang digunakan untuk mengkaji atau
meneliti suatu objek pada latar alamiah tanpa ada manipulasi dan pengujian hipotesis
di dalamnya. Adapun teknik yang digunakan antara lain; wawancara dan
dokumentasi, sedangkan pengelolaan data yang digunakan adalah secara kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Bentuk pengembangan kecerdasan
naturalis peserta didik yang dilakukan oleh guru pada masa pandemi yaitu strategi
visual melalui vidoe dengan cara memberikan sebuah rekaman vidoe dari youtube
yang berkaitan dengan flora dan fauna. 2) Faktor penghambat dalam usaha
mengembangkan kecerdasan naturalis peserta didik diantaranya media pendukung
yang masih kurang variatif, keterbatasan interaksi atau komunikasi antara guru
dengan peserta didik dan kurangnya kegiatan yang berkaitan dengan lingkungan
karena proses pembelajarannya dilakukan secara daring/online, kurangnya perhatian
siswa terhadap lingkungan dan masih ada beberapa siswa yang belum memiliki
Handphone. Sedangkan faktor pendukungnya ialah pemerintah memberikan bantuan
berupa ketersediaan kuota yang digunakan selama proses belajar pada masa pandemi.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa:
1. Bentuk pengembangan kecerdasan naturalis peserta didik yang dilakukan oleh
guru pada masa pandemi yaitu strategi visual melalui vidoe dengan cara
memberikan sebuah rekaman vidoe dari youtube yang berkaitan dengan flora
dan fauna.
2. Faktor penghambat dalam usaha mengembangkan kecerdasan naturalis peserta
didik diantaranya media pendukung yang masih kurang variatif, keterbatasan
interaksi atau komunikasi antara guru dengan peserta didik dan kurangnya
kegiatan yang berkaitan dengan lingkungan karena proses pembelajarannya
dilakukan secara daring/online, kurangnya perhatian siswa terhadap lingkungan
dan masih ada beberapa siswa yang belum memiliki Handphone. Sedangkan
faktor pendukungnya ialah pemerintah memberikan bantuan berupa
ketersediaan kuota yang digunakan selama proses belajar pada masa pandemi.
B. Saran
Berdasarkan penelitian yang dilakukan dengan memperhatikan hasil-hasilnya,
maka penulis merekomendasikan hal-hal sebagai berikut:
1. Pihak guru atau sekolah sebaiknya lebih menenkankan kepada peserta didik
agar lebih memperhatikan lingkungan baik itu dalam hal menjaga lingkungan
maupun yang lainnya.
2. Pihak guru atau sekolah sebaiknya mendorong motivasi peserta didik dalam
hal belajar sehinggah perkembangan kecerdasan naturalis peserta didik dapat
berjalan dengan baik.
3. Pihak sekolah sebaiknya sesegera mungkin mengatasi faktor-faktor
penghambat yang guru alami selama kegiatan proses belajar mengajar.
Ketersediaan
| STAR20210180 | 180/2021 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
180/2021
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
