Analisis Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Daring di Madrasah Ibtidaiyah (Mi) Negeri 8 Bone Kabupaten Bone diMasa Pandemi
Fitra Fani/02.17.5071 - Personal Name
Pokok permasalahan dalam penelitian ini 1) Bagaimana proses pembelajaran
yang dilakukan pada masa pandemi covid-19 di MIN 8 Bone. 2) Bagaimanakah
motivasi siswa dalam proses pembelajaran yang dilakukan pada masa pandemi covid-
19 di MIN 8 Bone
Adapun metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif
deskriptif dan populasi dalam penelitian ini adalah siswa di MIN 8 Bone dengan
jumlah siswa 260 orang dengan sampel purposive sampling 35 siswa. Instrumen
penelitian menggunakan wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data
yang digunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Proses pembelajaran yang dilakukan
pada masa pandemi, guru di MIN 8 Bone menerapkan pembelajaran dengan dua cara.
Cara pertama, secara luring dan cara kedua, secara daring. Pembelajaran secara luring
diberikan kepada peserta didik yang tidak memiliki smarphone, sehingga
pembelajaran dilakukan secara tatap muka atau luring. Secara daring, dilakukan oleh
peserta didik yang memiliki smarphone. Dimana, materi di kirim melalui media
group whatsapp. 2). Motivasi belajar siswa pada pembelajaran daring di MIN 8 Bone
dengan rata-rata sebesar 55,85, angka 55,85 berada pada kategori sedang yaitu
terletak pada interval 54
yang dilakukan pada masa pandemi covid-19 di MIN 8 Bone. 2) Bagaimanakah
motivasi siswa dalam proses pembelajaran yang dilakukan pada masa pandemi covid-
19 di MIN 8 Bone
Adapun metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif
deskriptif dan populasi dalam penelitian ini adalah siswa di MIN 8 Bone dengan
jumlah siswa 260 orang dengan sampel purposive sampling 35 siswa. Instrumen
penelitian menggunakan wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data
yang digunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Proses pembelajaran yang dilakukan
pada masa pandemi, guru di MIN 8 Bone menerapkan pembelajaran dengan dua cara.
Cara pertama, secara luring dan cara kedua, secara daring. Pembelajaran secara luring
diberikan kepada peserta didik yang tidak memiliki smarphone, sehingga
pembelajaran dilakukan secara tatap muka atau luring. Secara daring, dilakukan oleh
peserta didik yang memiliki smarphone. Dimana, materi di kirim melalui media
group whatsapp. 2). Motivasi belajar siswa pada pembelajaran daring di MIN 8 Bone
dengan rata-rata sebesar 55,85, angka 55,85 berada pada kategori sedang yaitu
terletak pada interval 54
Ketersediaan
| STAR20210132 | 132/2021 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
132/2021
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
