Urgensi Penggunaan Media Pembelajaran Power Point Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Kelas V SDN 104 Laccori Kec. Dua Boccoe Kab. Bone
Jusmiati/02.17.1076 - Personal Name
Skripsi ini berjudul Urgensi Penggunaan Media Pembelajaran Power Point
Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan
Agama Islam di kelas V SDN 104 Laccori kab. Bone. Adapun masalah pokok
yang diajukan dalam skripsi ini yakni mengenai penggunaan media pembelajaran
power point dalam meningkatkan minat belajar siswa selama proses pembelajaran
di SDN 104 Laccori.
Media pembelajaran dalam dunia pendidikan adalah salah satu unsur
pendukung dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran merupakan salah
satu perantara bagi guru untuk menyajikan materi pelajaran secara efektif dan
membantu siswa lebih mudah dalam memahami pembahasan dalam proses
pembelajaran salah satunya adalah dengan menggunakan media pembelajaran
visual yang sesuai dengan materi pembelajaran didalam kelas. Oleh karena itu
media pembelajaran berguna sebagai perantara untuk tersampainya materi yang
diberikan oleh guru kepada murid di sekolah.
Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan yang dilakukan di
SDN 104 Laccori. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran
penggunaan media pembelajaran power point dalam meningkatkn minat belajar
siswa, penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data, wawancara,
observasi, dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan mewawancarai bapak H.
Muhammad Yunus, s.pd selaku kepala sekolah di SDN 104 Laccori dan
mewawancarai bapak Andi Panongi selaku guru pendidikan Agama Islam (PAI)
dan mewawancarai siswa kelas V SDN 104 Laccori.
Dari hasil penelitian yang peneliti telah lakukan di SDN 104 Laccori.
Penggunaan media power point mempunyai peran bagi siswa yang belum
memahami pembelajaran yang telah diberikan oleh guru pada saat pembelajaran
di kelas adapun media pembelajaran yang digunakan adalah media pembelajaran
power point yang sebagai perantara bagi siswa untuk lebih mudah memahami
materi yang diberikan oleh guru. Karena itu, media pembelajaran ini dapat
menjadi alternatif bagi guru sebagai bahan mengajar yang lebih efektif. Di
samping manfaat media pembelajaran tersebut, terdapat beberapa faktor
pendukung dan penghambat dari media pembelajaran power point. Adapun faktor
pendukung pada saat proses pembelajaran dapat menarik perhatian siswa sehingga
siswa lebih antusias, bersemangat dalam belajar dan siswa dapat memahami
materi pembelajaran dengan baik, dengan adanya penggunaan LCD atau
proyektor. terdapat sebuah animasi, gambar, suara dan lain sebagainya.
Sedangkan, faktor penghambatnya pada saat proses pembelajaran berlangsung
dan mati lampu maka pembelajaran akan terhambat.
A. Kesimpulan
Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan Penulis dengan judul
Urgensi Penggunaan Media Pembelajaran Power Point Dalam Meningkatkan
Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas V
SDN 104 Laccori Kab. Bone. Dari hasil yang telah diperoleh Punulis melalui
wawancara, observasi, dan dokumentasi, maka dapat diambil kesimpulan
sebagai berikut:
1. Bagaimana pembelajaran PAI dalam penggunaan media pembelajaran
power point dapat berperan dalam meningkatkan minat belajar siswa pada
mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) kelas V SDN 104 Laccori
karena dinilai lebih efektif yaitu dapat membantu dan menpermudah siswa
dalam memahami materi pembelajaran di dalam kelas, sehingga siswa lebih
semangat dan antusias untuk menggikuti proses pembelajaran yang sedang
berlangsung.
2. Faktor-faktor yang dapat meningkatkan minat belajar siswa di kelas V SD
Negeri 104 Laccori Kecamatan Dua Boccoe Kabupaten Bone. yaitu dengan
cara menciptakan perasaan senang dan ketertarikan terhadap suatu
pembelajaran yang akan mendorong individu untuk tetap belajar dan
menekuni pembelajaran.
3. Penggunaan power point dapat meningkatkan minat belajar siswa dengan
menyampaikan materi yang mudah dipahami sehingga dapat meningkatkan
minat belajar siswa di kelas V SD Negeri 104 Laccori Kecamatan Dua
Boccoe Kabupaten Bone
B. Implikasi
Berdasarkan hasil penelitian dan kenyataan dilapangan, maka penulis
dapat memberikan saran atau masukan yang mungkin berguna bagi lembaga
sekolah yang menjadi objek penelitian di SDN 204 Laccori. Sehingga, dapat
dijadikan bahan masukan dalam penggunaan media power point dalam
meningkatkan minat belajar siswa. Terkait dengan hal tersebut beberapa saran
yang direkomendasikan penuli adalah:
1. Kepada pendidik yaitu sebaiknya guru Pendidikan Agama Islam lebih
mempunyai kreatifitas dalam mengaja, sehingga akan memberikan
pembelajaran yang menarik kepada siswa.
2. Kepada siswa, diharapkan agar lebih memperhatikan pada saat guru sedang
menjelaskan materi pembelajaran,lebih banyak lagi mencari referensi baik
dari buku ataupun internet, bertanya kepada guru jika ada materi yang
belum dipahami terkait penjelasan materi yang diberikan oleh guru.
3. Kepada kepala sekolah, diharapkan dapat lebih memberikan masukan dan
support kepada guru-guru dalam mengajar dikelas. Sehingga dapat
membawa wawasan dan pengetahuan guru terhadap perkembangan hasil
belajar siswa.
4. Kepada para pembaca, tidak ada sesuatu yang sempurna dibumi ini. Begitu
juga dengan penelitian ini yang masih banyak kekurangan dan hendaknya
dapat memperhatikan alternatif sebagai suatu solusi dalam rangka
membimbing dan memberikan pengetahuan kepada siswa.
Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan
Agama Islam di kelas V SDN 104 Laccori kab. Bone. Adapun masalah pokok
yang diajukan dalam skripsi ini yakni mengenai penggunaan media pembelajaran
power point dalam meningkatkan minat belajar siswa selama proses pembelajaran
di SDN 104 Laccori.
Media pembelajaran dalam dunia pendidikan adalah salah satu unsur
pendukung dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran merupakan salah
satu perantara bagi guru untuk menyajikan materi pelajaran secara efektif dan
membantu siswa lebih mudah dalam memahami pembahasan dalam proses
pembelajaran salah satunya adalah dengan menggunakan media pembelajaran
visual yang sesuai dengan materi pembelajaran didalam kelas. Oleh karena itu
media pembelajaran berguna sebagai perantara untuk tersampainya materi yang
diberikan oleh guru kepada murid di sekolah.
Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan yang dilakukan di
SDN 104 Laccori. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran
penggunaan media pembelajaran power point dalam meningkatkn minat belajar
siswa, penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data, wawancara,
observasi, dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan mewawancarai bapak H.
Muhammad Yunus, s.pd selaku kepala sekolah di SDN 104 Laccori dan
mewawancarai bapak Andi Panongi selaku guru pendidikan Agama Islam (PAI)
dan mewawancarai siswa kelas V SDN 104 Laccori.
Dari hasil penelitian yang peneliti telah lakukan di SDN 104 Laccori.
Penggunaan media power point mempunyai peran bagi siswa yang belum
memahami pembelajaran yang telah diberikan oleh guru pada saat pembelajaran
di kelas adapun media pembelajaran yang digunakan adalah media pembelajaran
power point yang sebagai perantara bagi siswa untuk lebih mudah memahami
materi yang diberikan oleh guru. Karena itu, media pembelajaran ini dapat
menjadi alternatif bagi guru sebagai bahan mengajar yang lebih efektif. Di
samping manfaat media pembelajaran tersebut, terdapat beberapa faktor
pendukung dan penghambat dari media pembelajaran power point. Adapun faktor
pendukung pada saat proses pembelajaran dapat menarik perhatian siswa sehingga
siswa lebih antusias, bersemangat dalam belajar dan siswa dapat memahami
materi pembelajaran dengan baik, dengan adanya penggunaan LCD atau
proyektor. terdapat sebuah animasi, gambar, suara dan lain sebagainya.
Sedangkan, faktor penghambatnya pada saat proses pembelajaran berlangsung
dan mati lampu maka pembelajaran akan terhambat.
A. Kesimpulan
Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan Penulis dengan judul
Urgensi Penggunaan Media Pembelajaran Power Point Dalam Meningkatkan
Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas V
SDN 104 Laccori Kab. Bone. Dari hasil yang telah diperoleh Punulis melalui
wawancara, observasi, dan dokumentasi, maka dapat diambil kesimpulan
sebagai berikut:
1. Bagaimana pembelajaran PAI dalam penggunaan media pembelajaran
power point dapat berperan dalam meningkatkan minat belajar siswa pada
mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) kelas V SDN 104 Laccori
karena dinilai lebih efektif yaitu dapat membantu dan menpermudah siswa
dalam memahami materi pembelajaran di dalam kelas, sehingga siswa lebih
semangat dan antusias untuk menggikuti proses pembelajaran yang sedang
berlangsung.
2. Faktor-faktor yang dapat meningkatkan minat belajar siswa di kelas V SD
Negeri 104 Laccori Kecamatan Dua Boccoe Kabupaten Bone. yaitu dengan
cara menciptakan perasaan senang dan ketertarikan terhadap suatu
pembelajaran yang akan mendorong individu untuk tetap belajar dan
menekuni pembelajaran.
3. Penggunaan power point dapat meningkatkan minat belajar siswa dengan
menyampaikan materi yang mudah dipahami sehingga dapat meningkatkan
minat belajar siswa di kelas V SD Negeri 104 Laccori Kecamatan Dua
Boccoe Kabupaten Bone
B. Implikasi
Berdasarkan hasil penelitian dan kenyataan dilapangan, maka penulis
dapat memberikan saran atau masukan yang mungkin berguna bagi lembaga
sekolah yang menjadi objek penelitian di SDN 204 Laccori. Sehingga, dapat
dijadikan bahan masukan dalam penggunaan media power point dalam
meningkatkan minat belajar siswa. Terkait dengan hal tersebut beberapa saran
yang direkomendasikan penuli adalah:
1. Kepada pendidik yaitu sebaiknya guru Pendidikan Agama Islam lebih
mempunyai kreatifitas dalam mengaja, sehingga akan memberikan
pembelajaran yang menarik kepada siswa.
2. Kepada siswa, diharapkan agar lebih memperhatikan pada saat guru sedang
menjelaskan materi pembelajaran,lebih banyak lagi mencari referensi baik
dari buku ataupun internet, bertanya kepada guru jika ada materi yang
belum dipahami terkait penjelasan materi yang diberikan oleh guru.
3. Kepada kepala sekolah, diharapkan dapat lebih memberikan masukan dan
support kepada guru-guru dalam mengajar dikelas. Sehingga dapat
membawa wawasan dan pengetahuan guru terhadap perkembangan hasil
belajar siswa.
4. Kepada para pembaca, tidak ada sesuatu yang sempurna dibumi ini. Begitu
juga dengan penelitian ini yang masih banyak kekurangan dan hendaknya
dapat memperhatikan alternatif sebagai suatu solusi dalam rangka
membimbing dan memberikan pengetahuan kepada siswa.
Ketersediaan
| STAR20220434 | 434/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
434/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
