Kepemimpinan Kharismatik Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Guru di MA As’adiyah Mattirowalie Kecamatan Tellu Siattinge Kabupaten Bone

No image available for this title
Skripsi ini membahas tentang Kepemimpinan Kharismatik Kepala Madrasah
Dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Guru di MA As’adiyah Mattirowalie
Kecamatan Tellu Siattinge Kabupaten Bone.
Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan mengenai kepemimpinan kharismatik kepala madrasah dalam
meningkatkan motivasi kerja guru di MA As’adiyah Mattirowalie
Untuk memperoleh data dari masalah tersebut, penulis menggunakan
pendekatan manajemen kependidikan islam, dan melakukan penelitian lapangan (field
research) dengan menggunakan teknik wawancara, dokumentasi dan observasi. Data
yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan
tiga tahap yaitu tahap reduksi, penyajian data (display data) dan tahap kesimpulan
atau verifikasi.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa kepemimpinan kharismatik
kepala madrasah di MA As Adiyah Mattirowalie Kecamatan tellu Siattinge
Kabupaten Bone yaitu: a) Visi dan Artikulasi yaitu kepala madrasah membuat visi
bersama dengan warga madrasah yang dijadikan sebagai cita-cita yang ingin dicapai
demi kemajuan madrasah kedepannya, b) Personal Risk yaitu kepala madrasah berani
dan selalu siap mengambil resiko selama tidak menyalahi norma dan aturan agar
tujuan madrasah bisa tercapai, c) Kepekaan Terhadap Kebutuhan Pengikut yaitu
menyediakan sarana dan prasarana yang dibutuhkan oleh tenaga pendidik dan tenaga
kependidikan serta memberikan pekerjaan kepada tenaga kependidikan sesuai dengan
kemampuannya, d) Perilaku Tidak Konvensional yaitu tidak pernah menyalahi aturan
untuk melakukan sebuah perubahan. Motivasi kerja guru di MA As Adiyah
Mattirowalie Kecamatan Tellu Siattinge Kabupaten Bone antara lain: a) Motivasi
Instrinsik yaitu guru bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas dengan baik,
kemampuan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran dengan baik,
memberikan bimbingan dan pembinaan kepribadian peserta didik, b) Motivasi
ekstrinsik yaitu bekerja dengan dorongan ingin memperoleh gaji untuk memenuhi
kebutuhan hidup, bekerja dengan harapan memperoleh perhatian dan pujian untuk
memberikan semangat untuk bekerja
A. Kesimpulan
Setelah
melakukan
penelitian
terhadap
urgensi
kepemimpinan
kharismatik kepala madrasah dalam meningkatkan motivasi kerja guru di MA As
Adiyah Mattirowalie kecamatan Tellu Siattinge Kabupate Bone yang telah
diuraikan pada bab sebelumnya, peneliti dapat menyimpulkan sebagai berikut:
1. Kepemimpinan kharismatik kepala madrasah di MA As Adiyah Mattirowalie
Kecamatan Tellu Siattinge Kabupaten Bone antara lain: a) Visi dan Artikulasi
yaitu kepala madrasah membuat visi bersama dengan warga madrasah yang
dijadikan sebagai cita-cita yang ingin dicapai demi kemajuan madrasah
kedepannya, b) Personal Risk yaitu kepala madrasah berani dan selalu siap
mengambil resiko selama tidak menyalahi norma dan aturan agar tujuan
madrasah bisa tercapai, c) Kepekaan Terhadap Kebutuhan Pengikut yaitu
menyediakan sarana dan prasarana yang dibutuhkan oleh tenaga pendidik dan
tenaga kependidikan serta tidak memberikan pekerjaan kepada tenaga
kependidikan sesuai dengan kemampuannya, d) Perilaku Tidak Konvensional
yaitu tidak pernah menyalahi aturan untuk melakukan sebuah perubahan.
2. Motivasi kerja guru di MA As Adiyah Mattirowalie Kecamatan Tellu
Siattinge Kabupaten Bone antara lain: a) Motivasi Instrinsik yaitu guru
bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas dengan baik, kemampuan guru
dalam menyampaikan materi pembelajaran dengan baik, memberikan
bimbingan dan pembinaan kepribadian peserta didik, b) Motivasi ekstrinsik
yaitu bekerja dengan dorongan ingin memperoleh gaji untuk memenuhi
kebutuhan hidup, bekerja dengan harapan memperoleh perhatian dan pujian
untuk memberikan semangat untuk bekerja.
B. Saran
Setelah peneliti menguraikan simpulan diatas, maka peneliti akan
memberikan saran-saran. Adapun saran-saran yang dimaksud adalah sebagai
berikut:
1. Diharapkan kepada kepala madrasah untuk terus memberikan motivasi kepada
tenaga pendidik dan tenaga kependidikan agar mampu meningkatkan
produktivitas kerjanya.
2. Diharapkan kepada guru agar lebih meningkatkan motivasi kerja demi
mencapai tujuan dan visi misi madrasah.
Ketersediaan
STAR2021005858/2021Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

58/2021

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyahh

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top