Kepemimpinan Kharismatik Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Guru di MA As’adiyah Mattirowalie Kecamatan Tellu Siattinge Kabupaten Bone
Mislia/02.17.3022 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang Kepemimpinan Kharismatik Kepala Madrasah
Dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Guru di MA As’adiyah Mattirowalie
Kecamatan Tellu Siattinge Kabupaten Bone.
Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan mengenai kepemimpinan kharismatik kepala madrasah dalam
meningkatkan motivasi kerja guru di MA As’adiyah Mattirowalie
Untuk memperoleh data dari masalah tersebut, penulis menggunakan
pendekatan manajemen kependidikan islam, dan melakukan penelitian lapangan (field
research) dengan menggunakan teknik wawancara, dokumentasi dan observasi. Data
yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan
tiga tahap yaitu tahap reduksi, penyajian data (display data) dan tahap kesimpulan
atau verifikasi.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa kepemimpinan kharismatik
kepala madrasah di MA As Adiyah Mattirowalie Kecamatan tellu Siattinge
Kabupaten Bone yaitu: a) Visi dan Artikulasi yaitu kepala madrasah membuat visi
bersama dengan warga madrasah yang dijadikan sebagai cita-cita yang ingin dicapai
demi kemajuan madrasah kedepannya, b) Personal Risk yaitu kepala madrasah berani
dan selalu siap mengambil resiko selama tidak menyalahi norma dan aturan agar
tujuan madrasah bisa tercapai, c) Kepekaan Terhadap Kebutuhan Pengikut yaitu
menyediakan sarana dan prasarana yang dibutuhkan oleh tenaga pendidik dan tenaga
kependidikan serta memberikan pekerjaan kepada tenaga kependidikan sesuai dengan
kemampuannya, d) Perilaku Tidak Konvensional yaitu tidak pernah menyalahi aturan
untuk melakukan sebuah perubahan. Motivasi kerja guru di MA As Adiyah
Mattirowalie Kecamatan Tellu Siattinge Kabupaten Bone antara lain: a) Motivasi
Instrinsik yaitu guru bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas dengan baik,
kemampuan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran dengan baik,
memberikan bimbingan dan pembinaan kepribadian peserta didik, b) Motivasi
ekstrinsik yaitu bekerja dengan dorongan ingin memperoleh gaji untuk memenuhi
kebutuhan hidup, bekerja dengan harapan memperoleh perhatian dan pujian untuk
memberikan semangat untuk bekerja
A. Kesimpulan
Setelah
melakukan
penelitian
terhadap
urgensi
kepemimpinan
kharismatik kepala madrasah dalam meningkatkan motivasi kerja guru di MA As
Adiyah Mattirowalie kecamatan Tellu Siattinge Kabupate Bone yang telah
diuraikan pada bab sebelumnya, peneliti dapat menyimpulkan sebagai berikut:
1. Kepemimpinan kharismatik kepala madrasah di MA As Adiyah Mattirowalie
Kecamatan Tellu Siattinge Kabupaten Bone antara lain: a) Visi dan Artikulasi
yaitu kepala madrasah membuat visi bersama dengan warga madrasah yang
dijadikan sebagai cita-cita yang ingin dicapai demi kemajuan madrasah
kedepannya, b) Personal Risk yaitu kepala madrasah berani dan selalu siap
mengambil resiko selama tidak menyalahi norma dan aturan agar tujuan
madrasah bisa tercapai, c) Kepekaan Terhadap Kebutuhan Pengikut yaitu
menyediakan sarana dan prasarana yang dibutuhkan oleh tenaga pendidik dan
tenaga kependidikan serta tidak memberikan pekerjaan kepada tenaga
kependidikan sesuai dengan kemampuannya, d) Perilaku Tidak Konvensional
yaitu tidak pernah menyalahi aturan untuk melakukan sebuah perubahan.
2. Motivasi kerja guru di MA As Adiyah Mattirowalie Kecamatan Tellu
Siattinge Kabupaten Bone antara lain: a) Motivasi Instrinsik yaitu guru
bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas dengan baik, kemampuan guru
dalam menyampaikan materi pembelajaran dengan baik, memberikan
bimbingan dan pembinaan kepribadian peserta didik, b) Motivasi ekstrinsik
yaitu bekerja dengan dorongan ingin memperoleh gaji untuk memenuhi
kebutuhan hidup, bekerja dengan harapan memperoleh perhatian dan pujian
untuk memberikan semangat untuk bekerja.
B. Saran
Setelah peneliti menguraikan simpulan diatas, maka peneliti akan
memberikan saran-saran. Adapun saran-saran yang dimaksud adalah sebagai
berikut:
1. Diharapkan kepada kepala madrasah untuk terus memberikan motivasi kepada
tenaga pendidik dan tenaga kependidikan agar mampu meningkatkan
produktivitas kerjanya.
2. Diharapkan kepada guru agar lebih meningkatkan motivasi kerja demi
mencapai tujuan dan visi misi madrasah.
Dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Guru di MA As’adiyah Mattirowalie
Kecamatan Tellu Siattinge Kabupaten Bone.
Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan mengenai kepemimpinan kharismatik kepala madrasah dalam
meningkatkan motivasi kerja guru di MA As’adiyah Mattirowalie
Untuk memperoleh data dari masalah tersebut, penulis menggunakan
pendekatan manajemen kependidikan islam, dan melakukan penelitian lapangan (field
research) dengan menggunakan teknik wawancara, dokumentasi dan observasi. Data
yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan
tiga tahap yaitu tahap reduksi, penyajian data (display data) dan tahap kesimpulan
atau verifikasi.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa kepemimpinan kharismatik
kepala madrasah di MA As Adiyah Mattirowalie Kecamatan tellu Siattinge
Kabupaten Bone yaitu: a) Visi dan Artikulasi yaitu kepala madrasah membuat visi
bersama dengan warga madrasah yang dijadikan sebagai cita-cita yang ingin dicapai
demi kemajuan madrasah kedepannya, b) Personal Risk yaitu kepala madrasah berani
dan selalu siap mengambil resiko selama tidak menyalahi norma dan aturan agar
tujuan madrasah bisa tercapai, c) Kepekaan Terhadap Kebutuhan Pengikut yaitu
menyediakan sarana dan prasarana yang dibutuhkan oleh tenaga pendidik dan tenaga
kependidikan serta memberikan pekerjaan kepada tenaga kependidikan sesuai dengan
kemampuannya, d) Perilaku Tidak Konvensional yaitu tidak pernah menyalahi aturan
untuk melakukan sebuah perubahan. Motivasi kerja guru di MA As Adiyah
Mattirowalie Kecamatan Tellu Siattinge Kabupaten Bone antara lain: a) Motivasi
Instrinsik yaitu guru bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas dengan baik,
kemampuan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran dengan baik,
memberikan bimbingan dan pembinaan kepribadian peserta didik, b) Motivasi
ekstrinsik yaitu bekerja dengan dorongan ingin memperoleh gaji untuk memenuhi
kebutuhan hidup, bekerja dengan harapan memperoleh perhatian dan pujian untuk
memberikan semangat untuk bekerja
A. Kesimpulan
Setelah
melakukan
penelitian
terhadap
urgensi
kepemimpinan
kharismatik kepala madrasah dalam meningkatkan motivasi kerja guru di MA As
Adiyah Mattirowalie kecamatan Tellu Siattinge Kabupate Bone yang telah
diuraikan pada bab sebelumnya, peneliti dapat menyimpulkan sebagai berikut:
1. Kepemimpinan kharismatik kepala madrasah di MA As Adiyah Mattirowalie
Kecamatan Tellu Siattinge Kabupaten Bone antara lain: a) Visi dan Artikulasi
yaitu kepala madrasah membuat visi bersama dengan warga madrasah yang
dijadikan sebagai cita-cita yang ingin dicapai demi kemajuan madrasah
kedepannya, b) Personal Risk yaitu kepala madrasah berani dan selalu siap
mengambil resiko selama tidak menyalahi norma dan aturan agar tujuan
madrasah bisa tercapai, c) Kepekaan Terhadap Kebutuhan Pengikut yaitu
menyediakan sarana dan prasarana yang dibutuhkan oleh tenaga pendidik dan
tenaga kependidikan serta tidak memberikan pekerjaan kepada tenaga
kependidikan sesuai dengan kemampuannya, d) Perilaku Tidak Konvensional
yaitu tidak pernah menyalahi aturan untuk melakukan sebuah perubahan.
2. Motivasi kerja guru di MA As Adiyah Mattirowalie Kecamatan Tellu
Siattinge Kabupaten Bone antara lain: a) Motivasi Instrinsik yaitu guru
bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas dengan baik, kemampuan guru
dalam menyampaikan materi pembelajaran dengan baik, memberikan
bimbingan dan pembinaan kepribadian peserta didik, b) Motivasi ekstrinsik
yaitu bekerja dengan dorongan ingin memperoleh gaji untuk memenuhi
kebutuhan hidup, bekerja dengan harapan memperoleh perhatian dan pujian
untuk memberikan semangat untuk bekerja.
B. Saran
Setelah peneliti menguraikan simpulan diatas, maka peneliti akan
memberikan saran-saran. Adapun saran-saran yang dimaksud adalah sebagai
berikut:
1. Diharapkan kepada kepala madrasah untuk terus memberikan motivasi kepada
tenaga pendidik dan tenaga kependidikan agar mampu meningkatkan
produktivitas kerjanya.
2. Diharapkan kepada guru agar lebih meningkatkan motivasi kerja demi
mencapai tujuan dan visi misi madrasah.
Ketersediaan
| STAR20210058 | 58/2021 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
58/2021
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
