Penerapan Card Sort dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran SKI di MA Nurul Akbar Pongka Kec. Tellu Siattinge
Hajar Humaerah Cane/02.17.1069 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai “Penerapan Card Sort dalam Meningkatkan
Minat Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran SKI di MA Nurul Akbar Pongka
Kec. Tellu Siattinge”. Permasalahan-permasalahan yang terjadi pada peserta didik
ketika pembelajaran SKI sedang berlangsung seperti siswa kurang memperhatikan
materi yang disampaikan karena muncul rasa bosan dengan metode yang monoton
serta aktivitas belajar peserta didik masih rendah karena sebagian besar tidak
mengikuti pembelajaran dengan dengan baik. Hal yang penting dikaji dalam skripsi
ini yakni untuk mengetahui tentang penerapan card sort dan minat belajar peserta
didik pada mata pelajaran SKI di MA Nurul Akbar Pongka.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, jenis penelitian yang
digunakan adalah penelitian kualitatif (qualitatif research). Data dianalisis dengan
metode reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi, selanjutnya
dianalisis data deduktif yaitu mengambil beberapa fakta yang bersifat umum yang
selanjutnya dianalisis untuk diterapkan ke hal yang bersifat khusus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, urgensi penerapan card sort
pada mata pelajaran SKI di MA Nurul Akbar Pongka Kec. Tellu Siattinge, selama
proses pembelajaran guru juga mengajak peserta didik untuk berperan aktif dalam
pembelajaran. Guru langsung memberikan kartu-karu yang berisi informasi tentang
materi. Guru membagikan kartu-kartu tersebut kepada setiap peserta didik. Setiap
peserta didik minimal mendapatkan satu kartu, namun ada beberapa peserta didik
yang mendapatkan dua kartu. Guru meminta peserta didik untuk mencari kartu
dengan kategori yang sama. Setelah itu guru juga mempersilahkan peserta didik
untuk mempresentasikan materi yang didapatkan dan guru juga memberikan
penjelasan atau poin-poin penting kepada peserta didik selama presentasi sedang
berlangsung. Kedua, Minat belajar peserta didik pada mata pelajaran SKI setelah
penerapan card sort di MA Nurul Akbar Pongka Kec. Tellu Siattinge, pembelajaran
card sort membuat peserta didik merasa senang dalam proses pembelajaran dan
peserta didik lebih mudah memperhatikan pelajaran karena metode yang digunakan
tidak hanya guru yang menjelaskan tapi peserta didik yang lebih berperan aktif di
dalam kelas serta sikap guru yang menarik atau tidak membosankan sehingga peserta
didik lebih bersemangat pada saat pembelajaran sedang berlangsung.
A. Simpulan
1. Urgensi penerapan card sort pada mata pelajaran SKI di MA Nurul Akbar
Pongka Kec. Tellu Siattinge, selama proses pembelajaran guru juga mengajak
peserta didik untuk berperan aktif dalam pembelajaran. Guru langsung
memberikan kartu-karu yang berisi informasi tentang materi. Guru
membagikan kartu-kartu tersebut kepada setiap peserta didik. Setiap peserta
didik minimal mendapatkan satu kartu, namun ada beberapa peserta didik
yang mendapatkan dua kartu. Guru meminta peserta didik untuk mencari
kartu dengan kategori yang sama. Setelah itu guru juga mempersilahkan
peserta didik untuk mempresentasikan materi yang didapatkan dan guru juga
memberikan penjelasan atau poin-poin penting kepada peserta didik selama
presentasi sedang berlangsung.
2. Minat belajar peserta didik pada mata pelajaran SKI setelah penerapan card
sort di MA Nurul Akbar Pongka Kec. Tellu Siattinge, pembelajaran card
sort membuat peserta didik merasa senang dalam proses pembelajaran dan
peserta didik lebih mudah memperhatikan pelajaran karena metode yang
digunakan tidak hanya guru yang menjelaskan tapi peserta didik yang lebih
berperan aktif di dalam kelas serta sikap guru yang menarik atau tidak
membosankan sehingga peserta didik lebih bersemangat
pada saat
pembelajaran sedang berlangsung.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka dibawah ini
dikemukakan implikasi penelitian yang berisikan saran-saran. Adapun saran-saran
penulisa kepada:
1. Guru mata pelajaran SKI diharapkan mampu menerapkan model card sort
pada kelas-kelas lain
2. Dalam proses pembelajaran diharapkan guru mampu menciptakan
pembelajaran yang menyenangkan dan menarik minat bagi siswa sehingga
mampu meningkatkan kualitas pembelajaran.
3. Langkah-langkah pelaksanaan model pembelajaran card sort hendaknya
dijelaskan kepada siswa terlebih dahulu dengan sejelas-jelasnya agar siswa
tidak merasa kebingungan saat proses pembelajaran berlangsung.
Minat Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran SKI di MA Nurul Akbar Pongka
Kec. Tellu Siattinge”. Permasalahan-permasalahan yang terjadi pada peserta didik
ketika pembelajaran SKI sedang berlangsung seperti siswa kurang memperhatikan
materi yang disampaikan karena muncul rasa bosan dengan metode yang monoton
serta aktivitas belajar peserta didik masih rendah karena sebagian besar tidak
mengikuti pembelajaran dengan dengan baik. Hal yang penting dikaji dalam skripsi
ini yakni untuk mengetahui tentang penerapan card sort dan minat belajar peserta
didik pada mata pelajaran SKI di MA Nurul Akbar Pongka.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, jenis penelitian yang
digunakan adalah penelitian kualitatif (qualitatif research). Data dianalisis dengan
metode reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi, selanjutnya
dianalisis data deduktif yaitu mengambil beberapa fakta yang bersifat umum yang
selanjutnya dianalisis untuk diterapkan ke hal yang bersifat khusus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, urgensi penerapan card sort
pada mata pelajaran SKI di MA Nurul Akbar Pongka Kec. Tellu Siattinge, selama
proses pembelajaran guru juga mengajak peserta didik untuk berperan aktif dalam
pembelajaran. Guru langsung memberikan kartu-karu yang berisi informasi tentang
materi. Guru membagikan kartu-kartu tersebut kepada setiap peserta didik. Setiap
peserta didik minimal mendapatkan satu kartu, namun ada beberapa peserta didik
yang mendapatkan dua kartu. Guru meminta peserta didik untuk mencari kartu
dengan kategori yang sama. Setelah itu guru juga mempersilahkan peserta didik
untuk mempresentasikan materi yang didapatkan dan guru juga memberikan
penjelasan atau poin-poin penting kepada peserta didik selama presentasi sedang
berlangsung. Kedua, Minat belajar peserta didik pada mata pelajaran SKI setelah
penerapan card sort di MA Nurul Akbar Pongka Kec. Tellu Siattinge, pembelajaran
card sort membuat peserta didik merasa senang dalam proses pembelajaran dan
peserta didik lebih mudah memperhatikan pelajaran karena metode yang digunakan
tidak hanya guru yang menjelaskan tapi peserta didik yang lebih berperan aktif di
dalam kelas serta sikap guru yang menarik atau tidak membosankan sehingga peserta
didik lebih bersemangat pada saat pembelajaran sedang berlangsung.
A. Simpulan
1. Urgensi penerapan card sort pada mata pelajaran SKI di MA Nurul Akbar
Pongka Kec. Tellu Siattinge, selama proses pembelajaran guru juga mengajak
peserta didik untuk berperan aktif dalam pembelajaran. Guru langsung
memberikan kartu-karu yang berisi informasi tentang materi. Guru
membagikan kartu-kartu tersebut kepada setiap peserta didik. Setiap peserta
didik minimal mendapatkan satu kartu, namun ada beberapa peserta didik
yang mendapatkan dua kartu. Guru meminta peserta didik untuk mencari
kartu dengan kategori yang sama. Setelah itu guru juga mempersilahkan
peserta didik untuk mempresentasikan materi yang didapatkan dan guru juga
memberikan penjelasan atau poin-poin penting kepada peserta didik selama
presentasi sedang berlangsung.
2. Minat belajar peserta didik pada mata pelajaran SKI setelah penerapan card
sort di MA Nurul Akbar Pongka Kec. Tellu Siattinge, pembelajaran card
sort membuat peserta didik merasa senang dalam proses pembelajaran dan
peserta didik lebih mudah memperhatikan pelajaran karena metode yang
digunakan tidak hanya guru yang menjelaskan tapi peserta didik yang lebih
berperan aktif di dalam kelas serta sikap guru yang menarik atau tidak
membosankan sehingga peserta didik lebih bersemangat
pada saat
pembelajaran sedang berlangsung.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka dibawah ini
dikemukakan implikasi penelitian yang berisikan saran-saran. Adapun saran-saran
penulisa kepada:
1. Guru mata pelajaran SKI diharapkan mampu menerapkan model card sort
pada kelas-kelas lain
2. Dalam proses pembelajaran diharapkan guru mampu menciptakan
pembelajaran yang menyenangkan dan menarik minat bagi siswa sehingga
mampu meningkatkan kualitas pembelajaran.
3. Langkah-langkah pelaksanaan model pembelajaran card sort hendaknya
dijelaskan kepada siswa terlebih dahulu dengan sejelas-jelasnya agar siswa
tidak merasa kebingungan saat proses pembelajaran berlangsung.
Ketersediaan
| STAR20210038 | 38/2021 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
38/2021
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
