Urgensi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Disiplin Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 4 Watampone
A. Anit Kuwati/02.15.1113 - Personal Name
Penelitian ini membahas tentang Urgensi Pembelajaran Pendidikan Agama
Islam dalam Meningkatkan Disiplin Peserta Didik di SMP Negeri 4 Watampone.
Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui urgensi pembelajaran PAI dalam
meningkatkan disiplin peserta didik di kelas VIII SMP Negeri 4 Watampone dan
Untuk mengetahui faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat dalam
meningkatkan disiplin peserta didik dalam pembelajaran PAI di kelas VIII SMP
Negeri 4 Watampone.
Metode yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan
pendekatan teologis normatif, pendekatan paedagogis dan pendekatan sosiologis
dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang
diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan tiga
tahap yaitu tahap reduksi data, penyajian data (display data) dan tahap verifikasi atau
kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan disiplin terhadap peserta didik
di SMP Negeri 4 Watampone sangat baik, hal tersebut dapat dilihat dari guru PAI
dalam menerapkan kedisiplinan kepada peserta didik. Untuk mencapai tujuan
pembelajaran PAI yaitu dengan menerapkan tata tertib untuk melatih peserta didik
menjadi disiplin dan memberikan pengetahuan tentang kedisplinan dan mengajak
peserta didik untuk menaati tata tertib yang ada, kemudian melalui tugas-tugas yang
diberikan dalam setiap pembelajaran PAI sehingga mereka merasa memiliki tanggung
jawab yang mesti diselesaikan dengan begitu, sikap disiplin akan tumbuh secara tidak
disengaja pada diri masing-masing peserta didik. Faktor pendukung dalam
meningkatkan disiplin peserta didik dalam pembelajaran PAI, yakni adanya
kerjasama yang baik antara Kepala sekolah seluruh warga sekolah dan orang tua
dalam menangani setiap permasalahan peserta didik terutama masalah kedisiplinan
dan adapun kendalanya yaitu masih ada sebagian kecil peserta didik yang belum
disiplin dalam proses pembelajaran PAI.
A. Simpulan
1. Pentingnya pembelajaran PAI dalam meningkatkan disiplin peserta didik di
kelas VIII SMP Negeri 4 Watampone sangat penting itu betul-betul
diterapkan sehingga peserta didik di SMP Negeri 4 Watampone bisa lebih
disiplin dalam mengikuti setiap pembelajaran khususnya pembelajaran PAI
karena dengan kedisiplinan dapat membentuk pribadi yang baik buat peserta
didik. Jika anak dari kecil sudah di didik dengan kedisiplinan pasti ketika
peserta didik itu tumbuh besar dia akan terbiasa disiplin dalam keadaan
apapun.
2. Peningkatan kedisiplinan peserta didik di kelas VIII SMP Negeri 4
Watampone melalui pembelajaran pendidikan agama Islam yaitu dengan
menerapkan tata tertib untuk melatih peserta didik untuk menjadi disiplin dan
memberikan pengetahuan tentang kedisplinan dan mengajak peserta didik
untuk menaati tata tertib yang ada, kemudian tugas-tugas yang diberikan
dalam setiap pembelajaran PAI sehingga mereka merasa memiliki tanggung
jawab yang mesti diselesaikan dengan begitu, sikap disiplin akan tumbuh
secara tidak disengaja pada diri masing-masing peserta didik.
3. Faktor yang menjadi pendukug dalam meningkatkan disiplin peserta didik
melalui pembelajaran PAI di kelas VIII SMP Negeri 4 Watampone, yakni
adanya kerjasama yang baik antar kepala sekolah dan seluruh warga sekolah
dan orang tua peserta didik, dalam menangani setiap permasalahan terutama
masalah kedisiplinan peserta didik. Faktor yang menjadi penghambat yaitu
masih ada sebagian kecil peserta didik yang belum disiplin dalam
pemeblajaran PAI.
B. Implikasi
Diharapkan kepada pendidik agar lebih perannya dalam membentuk sikap
disiplin terhadap peserta didiknya dalam menaati peraturan yang telah di
tetapkan agar sikap disiplin pada peserta didik dapat terbentuk dengan baik
dan juga pendidik dapat lebih meningkatkan kerjasama dalam membentuk
karakter peserta didiknya.
Islam dalam Meningkatkan Disiplin Peserta Didik di SMP Negeri 4 Watampone.
Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui urgensi pembelajaran PAI dalam
meningkatkan disiplin peserta didik di kelas VIII SMP Negeri 4 Watampone dan
Untuk mengetahui faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat dalam
meningkatkan disiplin peserta didik dalam pembelajaran PAI di kelas VIII SMP
Negeri 4 Watampone.
Metode yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan
pendekatan teologis normatif, pendekatan paedagogis dan pendekatan sosiologis
dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang
diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan tiga
tahap yaitu tahap reduksi data, penyajian data (display data) dan tahap verifikasi atau
kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan disiplin terhadap peserta didik
di SMP Negeri 4 Watampone sangat baik, hal tersebut dapat dilihat dari guru PAI
dalam menerapkan kedisiplinan kepada peserta didik. Untuk mencapai tujuan
pembelajaran PAI yaitu dengan menerapkan tata tertib untuk melatih peserta didik
menjadi disiplin dan memberikan pengetahuan tentang kedisplinan dan mengajak
peserta didik untuk menaati tata tertib yang ada, kemudian melalui tugas-tugas yang
diberikan dalam setiap pembelajaran PAI sehingga mereka merasa memiliki tanggung
jawab yang mesti diselesaikan dengan begitu, sikap disiplin akan tumbuh secara tidak
disengaja pada diri masing-masing peserta didik. Faktor pendukung dalam
meningkatkan disiplin peserta didik dalam pembelajaran PAI, yakni adanya
kerjasama yang baik antara Kepala sekolah seluruh warga sekolah dan orang tua
dalam menangani setiap permasalahan peserta didik terutama masalah kedisiplinan
dan adapun kendalanya yaitu masih ada sebagian kecil peserta didik yang belum
disiplin dalam proses pembelajaran PAI.
A. Simpulan
1. Pentingnya pembelajaran PAI dalam meningkatkan disiplin peserta didik di
kelas VIII SMP Negeri 4 Watampone sangat penting itu betul-betul
diterapkan sehingga peserta didik di SMP Negeri 4 Watampone bisa lebih
disiplin dalam mengikuti setiap pembelajaran khususnya pembelajaran PAI
karena dengan kedisiplinan dapat membentuk pribadi yang baik buat peserta
didik. Jika anak dari kecil sudah di didik dengan kedisiplinan pasti ketika
peserta didik itu tumbuh besar dia akan terbiasa disiplin dalam keadaan
apapun.
2. Peningkatan kedisiplinan peserta didik di kelas VIII SMP Negeri 4
Watampone melalui pembelajaran pendidikan agama Islam yaitu dengan
menerapkan tata tertib untuk melatih peserta didik untuk menjadi disiplin dan
memberikan pengetahuan tentang kedisplinan dan mengajak peserta didik
untuk menaati tata tertib yang ada, kemudian tugas-tugas yang diberikan
dalam setiap pembelajaran PAI sehingga mereka merasa memiliki tanggung
jawab yang mesti diselesaikan dengan begitu, sikap disiplin akan tumbuh
secara tidak disengaja pada diri masing-masing peserta didik.
3. Faktor yang menjadi pendukug dalam meningkatkan disiplin peserta didik
melalui pembelajaran PAI di kelas VIII SMP Negeri 4 Watampone, yakni
adanya kerjasama yang baik antar kepala sekolah dan seluruh warga sekolah
dan orang tua peserta didik, dalam menangani setiap permasalahan terutama
masalah kedisiplinan peserta didik. Faktor yang menjadi penghambat yaitu
masih ada sebagian kecil peserta didik yang belum disiplin dalam
pemeblajaran PAI.
B. Implikasi
Diharapkan kepada pendidik agar lebih perannya dalam membentuk sikap
disiplin terhadap peserta didiknya dalam menaati peraturan yang telah di
tetapkan agar sikap disiplin pada peserta didik dapat terbentuk dengan baik
dan juga pendidik dapat lebih meningkatkan kerjasama dalam membentuk
karakter peserta didiknya.
Ketersediaan
| STAR20190154 | 154/2019 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
154/2019
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
