Penerapan Metode Drill Dalam Pembelajaran Al-Quran Hadits Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran Siswa Kelas V MI Al-Hidayah Mico Kec. Salomekko Kab. Bone
Sinar/02.17.1041 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai “Penerapan Metode Drill dalam
Pembelajaran Al-Quran Hadits Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-
Quran Siswa Kelas V MI Al-Hidayah Mico Kec. Salomekko Kab. Bone”. Hal yang
penting dikaji dalam skripsi ini yakni untuk mengetahui tentang Penerapan Metode
Drill dalam Pembelajaran Al-Quran Hadits Untuk Meningkatkan Kemampuan
Membaca Al-Quran Siswa.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, penulis menggunakan
metode penelitian field research (penelitian lapangan) melakukan pendekatan
paedagogik, sosiologis dan normatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data,
yaitu observasi dan wawancara. Data diperoleh diolah dengan menggunakan metode
kualitatif untuk mendeksripsikan penelitian tentang Penerapan Metode Drill dalam
Pembelajaran Al-Quran Hadits Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-
Quran Siswa Kelas V MI Al-Hidayah Mico Kec. Salomekko Kab. Bone.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Metode drill dalam pembelajaran
Al-Quran Hadits siswa kelas V MI Al-Hidayah Mico Kec. Salomekko Kab. Bone,
guru memberikan latihan kepada siswa dengan cara memberikan contoh kepada siswa
kemudian siswa mengulanginya beberapa kali sampai siswa mampu membacanya
sesuai dengan hukum bacaannya sehingga siswa yang pada awalnya belum tahu
membaca menjadi tahu. 2) Faktor-faktor yang dapat meningkatkan kemampuan
membaca Al-Quran yaitu: a. Kemampuan makharijul ḥuruf, yaitu kemampuan siswa
dalam mengetahui tempat-tempat keluarnya huruf pada waktu huruf-huruf dilafalkan
sehingga tidak ada lagi kesalahan dalam melafalkan huruf.
b. Kemampuan
melafalkan hukum nun mati dan tanwin dengan baik, yaitu siswa mampu
menerapkan hukum bacaan dengan memperhatikan nun mati dan tanwin ketika
bertemu dengan huruf (iẓhar, ikhfa’, idgām bilagunnah, idgām bigunnah dan iqlāb).
c. Kelancaran membaca Al-Quran, yaitu siswa mampu melafalkan huruf hijaiyah dan
mampu merangkai kata huruf hijaiyah tersebut sehingga bisa membacanya dari satu
ayat ke ayat selanjutnya. 3. Penerapan metode drill dalam pembelajaran Al-Quran
Hadits untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran siswa kelas V MI Al-
Hidayah Mico Kec. Salomekko Kab. Bone menunjukkan bahwa guru dalam
menerapkan metode drill dengan cara memberikan bentuk-bentuk latihan kepada
siswa kemudian siswa yang menirukan surah yang telah diberikan oleh guru. Selain
itu guru juga memberikan kesempatan siswa untuk berlatih serta memberikan
motivasi-motivasi kepada siswa untuk selalu latihan mengulang-ulang agar siswa bisa
mampu membaca Al-Quran dengan lancar dan benar. Guru juga memberikan latihan
perbaikan jika masih ada siswa yang belum sesuai makharijul ḥuruf, hukum bacaan
serta kelancarannya dalam membaca Al-Quran.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab hasil penelitian dan pembahasan maka penulis
dapat mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan, yaitu:
1. Metode drill dalam pembelajaran Al-Quran Hadits siswa kelas V MI Al-
Hidayah Mico Kec. Salomekko Kab. Bone, guru memberikan latihan kepada
siswa dengan cara memberikan contoh kepada siswa kemudian siswa
mengulanginya beberapa kali sampai siswa mampu membacanya sesuai dengan
hukum bacaannya sehingga siswa yang pada awalnya belum tahu membaca
menjadi tahu. Metode drill memiliki andil besar dalam mencapai keberhasilan
guru dalam pembelajaran Al-Quran Hadits untuk meningkatkan kemampuan
siswa membaca Al-Quran.
2. Faktor-faktor yang dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran yaitu:
a. Kemampuan makharijul ḥuruf, yaitu kemampuan siswa dalam mengetahui
tempat-tempat keluarnya huruf pada waktu huruf-huruf dilafalkan sehingga
tidak ada lagi kesalahan dalam melafalkan huruf.
b. Kemampuan melafalkan dengan baik hukum nun mati dan tanwin dengan
baik, yaitu siswa mampu menerapkan hukum bacaan dengan
memperhatikan nun mati dan tanwin ketika bertemu dengan huruf (iẓhar,
ikhfa’, idgām bilagunnah, idgām bigunnah dan iqlāb).
c. Kelancaran membaca Al-Quran, yaitu siswa mampu melafalkan huruf
hijaiyah dan mampu merangkai kata huruf hijaiyah tersebut sehingga bisa
membacanya dari satu ayat ke ayat selanjutnya.
3. Penerapan metode drill dalam pembelajaran Al-Quran Hadits untuk
meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran siswa kelas V MI Al-Hidayah
Mico Kec. Salomekko Kab. Bone menunjukkan bahwa guru dalam menerapkan
metode drill dengan cara memberikan bentuk-bentuk latihan kepada siswa
kemudian siswa yang menirukan surah yang telah diberikan oleh guru. Selain
itu guru juga memberikan kesempatan siswa untuk berlatih serta memberikan
motivasi-motivasi kepada siswa untuk selalu latihan mengulang-ulang agar
siswa bisa mampu membaca Al-Quran dengan lancar dan benar. Guru juga
memberikan latihan perbaikan jika masih ada siswa yang belum sesuai
makharijul ḥuruf, hukum bacaan serta kelancarannya dalam membaca Al-
Quran.
B. Implikasi
Setelah mengadakan penelitian tentang penerapan metode drill dalam
pembelajaran Al-Quran Hadits untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran
siswa kelas V MI Al-Hidayah Mico Kec. Salomekko Kab. Bone, maka saran yang
akan peneliti sampaikan yaitu:
1. Bagi kepala Madrasah Ibtidaiyah Al-Hidayah Mico agar senantiasa untuk
memperhatikan media dan metode atau strategi pembelajaran yang digunakan
oleh guru mata pelajaran, apakah sesuai dengan materi pelajaran atau belum
agar tujuan pembelajaran yang sudah ditetapkan bisa tercapai.
2. Bagi guru Al-Quran Hadits agar tetap mengembangkan metode drill yang
kreatif lagi dan menciptakan suasana pembelajaran yang lebih menyenangkan
untuk meningkatkan kemampuan siswa membaca Al-Quran serta meningkatkan
penggunaan metode yang bervariasi sesuai dengan materi pembelajaran agar
siswa mendapatkan pengalaman yang lain.
3. Bagi siswa, hendaknya lebih aktif dan bersemangat dalam mengikuti
pembelajaran serta rajin membaca Al-Quran agar nantinya bisa membacanya
dengan baik dan benar.
Pembelajaran Al-Quran Hadits Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-
Quran Siswa Kelas V MI Al-Hidayah Mico Kec. Salomekko Kab. Bone”. Hal yang
penting dikaji dalam skripsi ini yakni untuk mengetahui tentang Penerapan Metode
Drill dalam Pembelajaran Al-Quran Hadits Untuk Meningkatkan Kemampuan
Membaca Al-Quran Siswa.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, penulis menggunakan
metode penelitian field research (penelitian lapangan) melakukan pendekatan
paedagogik, sosiologis dan normatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data,
yaitu observasi dan wawancara. Data diperoleh diolah dengan menggunakan metode
kualitatif untuk mendeksripsikan penelitian tentang Penerapan Metode Drill dalam
Pembelajaran Al-Quran Hadits Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-
Quran Siswa Kelas V MI Al-Hidayah Mico Kec. Salomekko Kab. Bone.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Metode drill dalam pembelajaran
Al-Quran Hadits siswa kelas V MI Al-Hidayah Mico Kec. Salomekko Kab. Bone,
guru memberikan latihan kepada siswa dengan cara memberikan contoh kepada siswa
kemudian siswa mengulanginya beberapa kali sampai siswa mampu membacanya
sesuai dengan hukum bacaannya sehingga siswa yang pada awalnya belum tahu
membaca menjadi tahu. 2) Faktor-faktor yang dapat meningkatkan kemampuan
membaca Al-Quran yaitu: a. Kemampuan makharijul ḥuruf, yaitu kemampuan siswa
dalam mengetahui tempat-tempat keluarnya huruf pada waktu huruf-huruf dilafalkan
sehingga tidak ada lagi kesalahan dalam melafalkan huruf.
b. Kemampuan
melafalkan hukum nun mati dan tanwin dengan baik, yaitu siswa mampu
menerapkan hukum bacaan dengan memperhatikan nun mati dan tanwin ketika
bertemu dengan huruf (iẓhar, ikhfa’, idgām bilagunnah, idgām bigunnah dan iqlāb).
c. Kelancaran membaca Al-Quran, yaitu siswa mampu melafalkan huruf hijaiyah dan
mampu merangkai kata huruf hijaiyah tersebut sehingga bisa membacanya dari satu
ayat ke ayat selanjutnya. 3. Penerapan metode drill dalam pembelajaran Al-Quran
Hadits untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran siswa kelas V MI Al-
Hidayah Mico Kec. Salomekko Kab. Bone menunjukkan bahwa guru dalam
menerapkan metode drill dengan cara memberikan bentuk-bentuk latihan kepada
siswa kemudian siswa yang menirukan surah yang telah diberikan oleh guru. Selain
itu guru juga memberikan kesempatan siswa untuk berlatih serta memberikan
motivasi-motivasi kepada siswa untuk selalu latihan mengulang-ulang agar siswa bisa
mampu membaca Al-Quran dengan lancar dan benar. Guru juga memberikan latihan
perbaikan jika masih ada siswa yang belum sesuai makharijul ḥuruf, hukum bacaan
serta kelancarannya dalam membaca Al-Quran.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab hasil penelitian dan pembahasan maka penulis
dapat mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan, yaitu:
1. Metode drill dalam pembelajaran Al-Quran Hadits siswa kelas V MI Al-
Hidayah Mico Kec. Salomekko Kab. Bone, guru memberikan latihan kepada
siswa dengan cara memberikan contoh kepada siswa kemudian siswa
mengulanginya beberapa kali sampai siswa mampu membacanya sesuai dengan
hukum bacaannya sehingga siswa yang pada awalnya belum tahu membaca
menjadi tahu. Metode drill memiliki andil besar dalam mencapai keberhasilan
guru dalam pembelajaran Al-Quran Hadits untuk meningkatkan kemampuan
siswa membaca Al-Quran.
2. Faktor-faktor yang dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran yaitu:
a. Kemampuan makharijul ḥuruf, yaitu kemampuan siswa dalam mengetahui
tempat-tempat keluarnya huruf pada waktu huruf-huruf dilafalkan sehingga
tidak ada lagi kesalahan dalam melafalkan huruf.
b. Kemampuan melafalkan dengan baik hukum nun mati dan tanwin dengan
baik, yaitu siswa mampu menerapkan hukum bacaan dengan
memperhatikan nun mati dan tanwin ketika bertemu dengan huruf (iẓhar,
ikhfa’, idgām bilagunnah, idgām bigunnah dan iqlāb).
c. Kelancaran membaca Al-Quran, yaitu siswa mampu melafalkan huruf
hijaiyah dan mampu merangkai kata huruf hijaiyah tersebut sehingga bisa
membacanya dari satu ayat ke ayat selanjutnya.
3. Penerapan metode drill dalam pembelajaran Al-Quran Hadits untuk
meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran siswa kelas V MI Al-Hidayah
Mico Kec. Salomekko Kab. Bone menunjukkan bahwa guru dalam menerapkan
metode drill dengan cara memberikan bentuk-bentuk latihan kepada siswa
kemudian siswa yang menirukan surah yang telah diberikan oleh guru. Selain
itu guru juga memberikan kesempatan siswa untuk berlatih serta memberikan
motivasi-motivasi kepada siswa untuk selalu latihan mengulang-ulang agar
siswa bisa mampu membaca Al-Quran dengan lancar dan benar. Guru juga
memberikan latihan perbaikan jika masih ada siswa yang belum sesuai
makharijul ḥuruf, hukum bacaan serta kelancarannya dalam membaca Al-
Quran.
B. Implikasi
Setelah mengadakan penelitian tentang penerapan metode drill dalam
pembelajaran Al-Quran Hadits untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran
siswa kelas V MI Al-Hidayah Mico Kec. Salomekko Kab. Bone, maka saran yang
akan peneliti sampaikan yaitu:
1. Bagi kepala Madrasah Ibtidaiyah Al-Hidayah Mico agar senantiasa untuk
memperhatikan media dan metode atau strategi pembelajaran yang digunakan
oleh guru mata pelajaran, apakah sesuai dengan materi pelajaran atau belum
agar tujuan pembelajaran yang sudah ditetapkan bisa tercapai.
2. Bagi guru Al-Quran Hadits agar tetap mengembangkan metode drill yang
kreatif lagi dan menciptakan suasana pembelajaran yang lebih menyenangkan
untuk meningkatkan kemampuan siswa membaca Al-Quran serta meningkatkan
penggunaan metode yang bervariasi sesuai dengan materi pembelajaran agar
siswa mendapatkan pengalaman yang lain.
3. Bagi siswa, hendaknya lebih aktif dan bersemangat dalam mengikuti
pembelajaran serta rajin membaca Al-Quran agar nantinya bisa membacanya
dengan baik dan benar.
Ketersediaan
| STAR20210031 | 31/2021 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
31/2021
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
