Urgensi Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Sifat Qanaah Pada Siswa SMP Negeri 4 Watampone Kabupaten Bone
Yuliani/ 02.15. 1121 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang urgensi pendidikan agama Islam dalam
pembinaan sifat qanaah pada siswa SMP Negeri 4 Watampone Kabupaten Bone.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep qanaah dalam Islam pada siswa
SMP Negeri 4 Watampone. Untuk mengetahui konsep dasar pendidikan agama Islam
pada siswa SMP Negeri 4 Watampone/
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, digunakan metode
penelitian lapangan (Field Research) melakukan pendekatan paedagogis, dan
sosiologis dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif
dengan tiga tahap yaitu tahap reduksi data, penyajian data (display data) dan tahap
verifikasi atau kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa urgensi pendidikan agama
Islam dalam pembinaan sifat qanaah pada siswa SMP Negeri 4 Watampone yaitu
pada konsep qanaah dalam Islam pada siswa SMP Negeri 4 Watampone yaitu di
lakukan berdasarkan beberapa bentuk dalam kehidupan yang pertama stabilisator
yang di dalamnya akan selalu berlapang dada, berhati tentram, merasa kaya dan
berkecukupan, dan bebas dari keserakahan. Kedua dinamisator yang di dalamanya
terdapat kekuatan batin yang mendorong seseorang untuk mencapai segala sesuatu
berdasarkan kemandirian dengan tetap bergantung kepada Allah swt.
Konsep dasar pendidikan agama Islam memiliki materi pendidikan agama
Islam yang meliputi aspek al-Qur’an dan hadist yaitu dimana siswa dengan mudah
membaca al-Qur’an dan mengerti arti kandungan yang terdapat di setiap ayat-ayat al-
Qur’an. Aspek keimanan dan aqidah Islam yaitu proses belajar mengajar tentang
aspek kepercayaan, dalam hal ini tentunya kepercayaan menurut ajaran Islam. Aspek
akhlak yaitu pengajaran yang mengarah pada pembentukan jiwa cara bersikap
individu pada kehidupannya. Aspek hukum Islam atau syari’ah Islam yaitu
mengetahui dan mengerti tentang hukum-hukum Islam dan melaksanakannya dalam
kehidupan sehari-hari. Aspek tarikh Islam yaitu dapat mengetahui tentang
pertumbuhan dan perkembangan agama Islam dari awal sampai zaman sekarang
sehingga siswa dapat mengenal dan mencintai agama Islam.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab hasil penelitian dan pembahahasan maka penulis
mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah di lakukan.
1. Konsep qanaah dalam Islam pada siswa SMP Negeri 4 Watampone yaitu di
lakukan berdasarkan beberapa bentuk dalam kehidupan yang pertama
stabilisator yang di dalamnya akan selalu berlapang dada, berhati tentram,
merasa kaya dan berkecukupan, dan bebas dari keserakahan. Kedua
dinamisator yang di dalamanya terdapat kekuatan batin yang mendorong
seseorang untuk mencapai segala sesuatu berdasarkan kemandirian dengan
tetap bergantung kepada Allah swt.
2. Konsep dasar pendidikan agama Islam pada siswa SMP Negeri 4 Watampone
yaitu pendidikan agama Islam dalam konsep pembelajaran memiliki materi
pendidikan agama Islam yang meliputi aspek al-Qur’an dan hadist, aspek
keimanan dan aqidah Islam, aspek akhlak, aspek hukum Islam atau syari’ah
Islam maupun aspek tarikh Islam. Dalam hal ini materi pendidikan agama
Islam merupakan integral dari program pengajaran setiap jenjang pendidikan
yang sesuai dengan tujuan pendidikan Nasional. Pendidikan agama Islam
diarahkan untuk membentuk manusia Indonesia seutuhnya.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka dibawah ini akan
diuraikan saran.
Adapun saran yang penulis maksudkan dalam pembahasan skripsi ini adalah
sebagai berikut:
1. Diharapkan kepada kepala sekolah, guru, staf dan komite sekolah dapat
berpartisipasi secara aktif dan bekerja secara bersama-sama dalam
meningkatkan Kualitas proses pembelajaran belajar siswa khususnya PAI.
2. Diharapkan kepada guru PAI hendaknya tetap melaksanakan tugas dan
tanggungjawab seoptimal mungkin dan memperhatikan keadaan siswa dalam
pembelajaran PAI agar pembinaan sifat qanaah dapat berjalan secara
maksimal.
3. Setelah penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan kontribusi di
dalam dunia pendidikan formal, non formal,maupun pendidikan informal
pembinaan sifat qanaah pada siswa SMP Negeri 4 Watampone Kabupaten Bone.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep qanaah dalam Islam pada siswa
SMP Negeri 4 Watampone. Untuk mengetahui konsep dasar pendidikan agama Islam
pada siswa SMP Negeri 4 Watampone/
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, digunakan metode
penelitian lapangan (Field Research) melakukan pendekatan paedagogis, dan
sosiologis dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif
dengan tiga tahap yaitu tahap reduksi data, penyajian data (display data) dan tahap
verifikasi atau kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa urgensi pendidikan agama
Islam dalam pembinaan sifat qanaah pada siswa SMP Negeri 4 Watampone yaitu
pada konsep qanaah dalam Islam pada siswa SMP Negeri 4 Watampone yaitu di
lakukan berdasarkan beberapa bentuk dalam kehidupan yang pertama stabilisator
yang di dalamnya akan selalu berlapang dada, berhati tentram, merasa kaya dan
berkecukupan, dan bebas dari keserakahan. Kedua dinamisator yang di dalamanya
terdapat kekuatan batin yang mendorong seseorang untuk mencapai segala sesuatu
berdasarkan kemandirian dengan tetap bergantung kepada Allah swt.
Konsep dasar pendidikan agama Islam memiliki materi pendidikan agama
Islam yang meliputi aspek al-Qur’an dan hadist yaitu dimana siswa dengan mudah
membaca al-Qur’an dan mengerti arti kandungan yang terdapat di setiap ayat-ayat al-
Qur’an. Aspek keimanan dan aqidah Islam yaitu proses belajar mengajar tentang
aspek kepercayaan, dalam hal ini tentunya kepercayaan menurut ajaran Islam. Aspek
akhlak yaitu pengajaran yang mengarah pada pembentukan jiwa cara bersikap
individu pada kehidupannya. Aspek hukum Islam atau syari’ah Islam yaitu
mengetahui dan mengerti tentang hukum-hukum Islam dan melaksanakannya dalam
kehidupan sehari-hari. Aspek tarikh Islam yaitu dapat mengetahui tentang
pertumbuhan dan perkembangan agama Islam dari awal sampai zaman sekarang
sehingga siswa dapat mengenal dan mencintai agama Islam.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab hasil penelitian dan pembahahasan maka penulis
mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah di lakukan.
1. Konsep qanaah dalam Islam pada siswa SMP Negeri 4 Watampone yaitu di
lakukan berdasarkan beberapa bentuk dalam kehidupan yang pertama
stabilisator yang di dalamnya akan selalu berlapang dada, berhati tentram,
merasa kaya dan berkecukupan, dan bebas dari keserakahan. Kedua
dinamisator yang di dalamanya terdapat kekuatan batin yang mendorong
seseorang untuk mencapai segala sesuatu berdasarkan kemandirian dengan
tetap bergantung kepada Allah swt.
2. Konsep dasar pendidikan agama Islam pada siswa SMP Negeri 4 Watampone
yaitu pendidikan agama Islam dalam konsep pembelajaran memiliki materi
pendidikan agama Islam yang meliputi aspek al-Qur’an dan hadist, aspek
keimanan dan aqidah Islam, aspek akhlak, aspek hukum Islam atau syari’ah
Islam maupun aspek tarikh Islam. Dalam hal ini materi pendidikan agama
Islam merupakan integral dari program pengajaran setiap jenjang pendidikan
yang sesuai dengan tujuan pendidikan Nasional. Pendidikan agama Islam
diarahkan untuk membentuk manusia Indonesia seutuhnya.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka dibawah ini akan
diuraikan saran.
Adapun saran yang penulis maksudkan dalam pembahasan skripsi ini adalah
sebagai berikut:
1. Diharapkan kepada kepala sekolah, guru, staf dan komite sekolah dapat
berpartisipasi secara aktif dan bekerja secara bersama-sama dalam
meningkatkan Kualitas proses pembelajaran belajar siswa khususnya PAI.
2. Diharapkan kepada guru PAI hendaknya tetap melaksanakan tugas dan
tanggungjawab seoptimal mungkin dan memperhatikan keadaan siswa dalam
pembelajaran PAI agar pembinaan sifat qanaah dapat berjalan secara
maksimal.
3. Setelah penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan kontribusi di
dalam dunia pendidikan formal, non formal,maupun pendidikan informal
Ketersediaan
| STAR20190153 | 153/2019 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
153/2019
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
