Urgensi Pemanfaatan Lingkungan Sekolah sebagai Sumber Belajar dalam Meningkatkan Motivasi Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Kelas V MI Al-Muhsinin Bulu Laju Kec. Amali Kabupaten Bone
Nur Hidayah/02.15.5008 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai “Urgensi Pemanfaatan Lingkungan
Sekolah sebagai Sumber Belajar dalam Meningkatkan Motivasi Peserta Didik
pada Pembelajaran Tematik Kelas V MI Al-Muhsinin Bulu Laju Kec. Amali
Kabupaten Bone” hal yang dikaji pada penelitian ini adalah bagaimana Urgensi
Pemanfaatan Lingkungan Sekolah sebagai Sumber Belajar dalam Meningkatkan
Motivasi Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Kelas V MI Al-Muhsinin
Bulu Laju.
Untuk mempermudah penelitian ini penulis menggunakan metode
Pendekatan kualitatif (qualitative research). Data dikumpulkan melalui observasi,
wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian
ini adalah penyajian data, pengumpulan, reduksi data dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, sudah cukup baik dan juga
tidak terlepas dari dukungan guru yang kreatif, dukungan siswa dan ketersediaan
sumber belajar di lingkungan sekolah tersebut. Pemanfaatan lingkungan sebagai
sumber belajar sangat menyenangkan dan tidak membosankan baik untuk peserta
didik maupun gurunya, dan membuat peserta didik termotivasi dalam belajar
sehingga tidak merasa bosan.
Motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran tematik kelas V MI Al-
Muhsinin Bulu Laju, dalam rangka meningkatkan motivasi belajar peserta didik
pada pembelajaran tematik bertujuan untuk mendorong peserta didik semangat
belajar secara optimal. Oleh karena itu, guru sebagai motivator yaitu untuk
meningkatkan kegairahan dan pengembangan kegiatan belajar peserta didik.
Pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dalam
meningkatkan motivasi peserta didik pada pembelajaran tematik kelas V MI Al-
Muhsinin Bulu Laju, hal ini sangat penting karena dengan adanya pemanfaatan
lingkungan sekolah sebagai sumber belajar peserta didik dalam proses
pembelajaran lebih tertarik dan mudah memahami materi pembelajaran yang
diberikan oleh guru.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian yang dikemukakan pada bab pembahasan, maka dapat
dikemukakan beberapa simpulan sebagai berikut:
1. Pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar pada pembelajaran
tematik kelas V MI Al-Muhsinin Bulu Laju sudah cukup baik dan juga tidak
terlepas dari dukungan guru yang kreatif, dukungan siswa dan ketersediaan
sumber belajar di lingkungan sekolah tersebut. Pemanfaatan lingkungan
sekolah sangat menyenangkan dan tidak membosankan baik untuk peserta
didik maupun gurunya dan membuat peserta didik termotivasi dalam belajar
sehingga tidak merasa bosan.
2. Motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran tematik kelas V MI Al-
Muhsinin Bulu Laju, dalam pembelajaran tematik guru sudah berhasil dalam
meningkatkan motivasi peserta didik, peserta didik belajar dengan semangat
serius dan sungguh-sungguh. Motivasi belajar memegang peranan penting
dalam proses belajar, apabila guru dapat memberikan motivasi yang baik
pada peserta didik, maka dalam diri peserta didik timbul dorongan untuk
belajar lebih baik pada pembelajaran tematik.
3. Pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dalam meningkatkan
motivasi peserta didik pada pembelajaran tematik kelas V MI Al-Muhsinin
Bulu Laju, hal ini sangat penting karena dengan adanya pemanfaatan
lingkungan sekolah sebagai sumber belajar peserta didik dalam proses
pembelajaran lebih tertarik dan mudah memahami materi pembelajaran yang
diberikan oleh guru.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini akan
diuraikan saran-saran. Adapun saran-saran penulis dalam pembahasan skripsi ini
adalah sebagai berikut:
1. Bagi guru dan calon guru, dalam meningkatkan pemanfaatan guru harus
meningkatkan kreativitas dalam mengaplikasikan lingkungan sekolah
sehingga peserta didik termotivasi dalam belajar pada pembelajaran tematik.
2. Bagi siswa, dalam pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar
dalam meningkatkan motivasi peserta didik pada pembelajaran tematik
sebaiknya ikut berperan penting dalam kelancaran proses pembelajaran,
sehingga tujuan pembelajaran tematik yang telah direncanakan oleh guru
dapat tercapai.
3. Bagi peneliti, untuk diwaktu yang akan datang, penelitian ini akan sangat
berguna diwaktu yang akan datang. Karena peneliti dapat mencontoh cara
pentingnya pemanfaatan lingkungan sekolah dalam meningkatkan motivasi
peserta didik pada pembelajaran tematik.
Sekolah sebagai Sumber Belajar dalam Meningkatkan Motivasi Peserta Didik
pada Pembelajaran Tematik Kelas V MI Al-Muhsinin Bulu Laju Kec. Amali
Kabupaten Bone” hal yang dikaji pada penelitian ini adalah bagaimana Urgensi
Pemanfaatan Lingkungan Sekolah sebagai Sumber Belajar dalam Meningkatkan
Motivasi Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Kelas V MI Al-Muhsinin
Bulu Laju.
Untuk mempermudah penelitian ini penulis menggunakan metode
Pendekatan kualitatif (qualitative research). Data dikumpulkan melalui observasi,
wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian
ini adalah penyajian data, pengumpulan, reduksi data dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, sudah cukup baik dan juga
tidak terlepas dari dukungan guru yang kreatif, dukungan siswa dan ketersediaan
sumber belajar di lingkungan sekolah tersebut. Pemanfaatan lingkungan sebagai
sumber belajar sangat menyenangkan dan tidak membosankan baik untuk peserta
didik maupun gurunya, dan membuat peserta didik termotivasi dalam belajar
sehingga tidak merasa bosan.
Motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran tematik kelas V MI Al-
Muhsinin Bulu Laju, dalam rangka meningkatkan motivasi belajar peserta didik
pada pembelajaran tematik bertujuan untuk mendorong peserta didik semangat
belajar secara optimal. Oleh karena itu, guru sebagai motivator yaitu untuk
meningkatkan kegairahan dan pengembangan kegiatan belajar peserta didik.
Pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dalam
meningkatkan motivasi peserta didik pada pembelajaran tematik kelas V MI Al-
Muhsinin Bulu Laju, hal ini sangat penting karena dengan adanya pemanfaatan
lingkungan sekolah sebagai sumber belajar peserta didik dalam proses
pembelajaran lebih tertarik dan mudah memahami materi pembelajaran yang
diberikan oleh guru.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian yang dikemukakan pada bab pembahasan, maka dapat
dikemukakan beberapa simpulan sebagai berikut:
1. Pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar pada pembelajaran
tematik kelas V MI Al-Muhsinin Bulu Laju sudah cukup baik dan juga tidak
terlepas dari dukungan guru yang kreatif, dukungan siswa dan ketersediaan
sumber belajar di lingkungan sekolah tersebut. Pemanfaatan lingkungan
sekolah sangat menyenangkan dan tidak membosankan baik untuk peserta
didik maupun gurunya dan membuat peserta didik termotivasi dalam belajar
sehingga tidak merasa bosan.
2. Motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran tematik kelas V MI Al-
Muhsinin Bulu Laju, dalam pembelajaran tematik guru sudah berhasil dalam
meningkatkan motivasi peserta didik, peserta didik belajar dengan semangat
serius dan sungguh-sungguh. Motivasi belajar memegang peranan penting
dalam proses belajar, apabila guru dapat memberikan motivasi yang baik
pada peserta didik, maka dalam diri peserta didik timbul dorongan untuk
belajar lebih baik pada pembelajaran tematik.
3. Pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dalam meningkatkan
motivasi peserta didik pada pembelajaran tematik kelas V MI Al-Muhsinin
Bulu Laju, hal ini sangat penting karena dengan adanya pemanfaatan
lingkungan sekolah sebagai sumber belajar peserta didik dalam proses
pembelajaran lebih tertarik dan mudah memahami materi pembelajaran yang
diberikan oleh guru.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini akan
diuraikan saran-saran. Adapun saran-saran penulis dalam pembahasan skripsi ini
adalah sebagai berikut:
1. Bagi guru dan calon guru, dalam meningkatkan pemanfaatan guru harus
meningkatkan kreativitas dalam mengaplikasikan lingkungan sekolah
sehingga peserta didik termotivasi dalam belajar pada pembelajaran tematik.
2. Bagi siswa, dalam pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar
dalam meningkatkan motivasi peserta didik pada pembelajaran tematik
sebaiknya ikut berperan penting dalam kelancaran proses pembelajaran,
sehingga tujuan pembelajaran tematik yang telah direncanakan oleh guru
dapat tercapai.
3. Bagi peneliti, untuk diwaktu yang akan datang, penelitian ini akan sangat
berguna diwaktu yang akan datang. Karena peneliti dapat mencontoh cara
pentingnya pemanfaatan lingkungan sekolah dalam meningkatkan motivasi
peserta didik pada pembelajaran tematik.
Ketersediaan
| STAR20190150 | 150/2019 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
150/2019
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
