Peran Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Fikih di MTs DDI Watang Cenrana Kec. Cenrana Kab. Bone
Asrul/02.17.1085 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai “Peran Media Pembelajaran dalam
Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas VIII pada Mata Pelajaran Fikih di MTs DDI
Watang Cenrana Kec. Cenrana Kab. Bone”. Hal yang penting dikaji dalam skripsi
ini yakni untuk mengetahui tentang Peran media pembelajaran dan konstribusi media
pembelajaran dalam meningkatkan pemahaman siswa kelas VIII pada mata pelajaran
fikih di MTs DDI Watang Cenrana Kec. Cenrana Kab. Bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, jenis penelitian yang
digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan teologis normatif,
paedagogis, psikologis dengan teknik pengumpulan data melalui observasi,
wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan tiga tahap yaitu
reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama; Bentuk media yang digunakan
di MTs DDI Watang Cenrana Kec. Cenrana Kab. Bone khususnya kelas VIII pada
mata pelajaran fikih ada tiga yaitu yang pertama media visual yang dapat dinikmati
melalui indra penglihatan, kedua media audio yang dapat dinikmati melalui indra
pendengaran, dan ketiga media audio visual yaitu media kombinasi yang
menggabungkan media visual dan media audio jadi dapat dinikmati melalui indra
penglihatan dan indra pendengaran. Media ini sangat membantu dan memudahkan
guru dalam proses pembelajaran tidak hanya itu tapi media ini juga sangat membantu
siswa dalam menerima materi pada suasana pandemi ini. Kedua; Pemahaman siswa
yang ada di MTs DDI Watang Cenrana Kec. Cenrana Kab. Bone dalam mata
pelajaran fikih cukup baik. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan adanya kemampuan
siswa dalam menerjemahkan materi dengan bahasa sendiri, menafsirkan atau mampu
mengaitkan materi yang lalu dengan materi yang akan dipelajari serta mampu
menyimpulkan materi yang telah diajarkan oleh pendidik. Ketiga; Kontribusi media
pembelajaran dalam meningkatkan pemahaman siswa di MTs DDI Watang Cenrana
Kec. Cenrana Kab. Bone, dapat dilihat dari aspek pengetahuan dan motivasi yang
membuat siswa lebih bersemangat dalam proses pembelajaran dan lebih mudah
memahami pelajaran meskipun dalam suasana pandemi dengan adanya media yang
digunakan dalam pembelajaran fikih, sebagai bekal yang akan berguna bagi siswa di
masa yang akan datang.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian tentang “Peran Media Pembelajaran dalam
Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas VIII pada Mata Pelajaran Fikih di MTs DDI
Watang Cenrana Kec. Cenrana Kab. Bone” sebagai berikut:
1. Bentuk media yang digunakan di MTs DDI Watang Cenrana Kec. Cenrana
Kab. Bone khususnya kelas VIII pada mata pelajaran fikih. Menggunakan tiga
bentuk media yaitu yang pertama media visual yang dapat dinikmati melalui
indra penglihatan, kedua media audio yang dapat dinikmati melalui indra
pendengaran, dan ketiga media audio visual yaitu media kombinasi yang
menggabungkan media visual dan media audio jadi dapat dinikmati melalui
indra penglihatan dan indra pendengaran. Media ini sangat membantu dan
memudahkan guru dalam proses pembelajaran baik itu luring maupun daring
tidak hanya itu tapi media ini juga sangat membantu dan memudahkan siswa
dalam menerima materi pada saat pembelajaran daring.
2. Pemahaman siswa yang ada di MTs DDI Watang Cenrana Kec. Cenrana Kab.
Bone dalam mata pelajaran fikih cukup baik. Hal tersebut dapat dibuktikan
dengan adanya kemampuan siswa dalam menerjemahkan materi dengan bahasa
sendiri, menafsirkan atau mampu mengaitkan materi yang lalu dengan materi
yang akan dipelajari serta mampu menyimpulkan materi yang telah diajarkan
oleh guru.
3. Kontribusi media pembelajaran dalam meningkatkan pemahaman siswa di MTs
DDI Watang Cenrana Kec. Cenrana Kab. Bone, dapat dilihat dari aspek
pengetahuan dan motivasi yang meningkat yang membuat siswa lebih
bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran dan lebih mudah
memahami pelajaran meskipun dalam suasana pandemi dengan adanya media
yang digunakan dalam pembelajaran fikih sebagai bekal yang akan berguna
bagi siswa di masa yang akan datang.
B. Implikasi
Berdasarkan penelitian yang dilakukan dan setelah memperhatikan hasilnya,
menyarankan bahwa:
1. Guru mata pelajaran fikih diharapkan mampu menggunakan media
pembelajaran di kelas-kelas lain.
2. Adanya skripsi ini, diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran bagi
guru dan kepada pihak yang terkait menindaklanjuti dengan memberikan
penyuluhan kepada guru-guru tentang penerapan media pembelajaran yang baik
dan benar dalam meningkatkan pemahaman siswa.
Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas VIII pada Mata Pelajaran Fikih di MTs DDI
Watang Cenrana Kec. Cenrana Kab. Bone”. Hal yang penting dikaji dalam skripsi
ini yakni untuk mengetahui tentang Peran media pembelajaran dan konstribusi media
pembelajaran dalam meningkatkan pemahaman siswa kelas VIII pada mata pelajaran
fikih di MTs DDI Watang Cenrana Kec. Cenrana Kab. Bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, jenis penelitian yang
digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan teologis normatif,
paedagogis, psikologis dengan teknik pengumpulan data melalui observasi,
wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan tiga tahap yaitu
reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama; Bentuk media yang digunakan
di MTs DDI Watang Cenrana Kec. Cenrana Kab. Bone khususnya kelas VIII pada
mata pelajaran fikih ada tiga yaitu yang pertama media visual yang dapat dinikmati
melalui indra penglihatan, kedua media audio yang dapat dinikmati melalui indra
pendengaran, dan ketiga media audio visual yaitu media kombinasi yang
menggabungkan media visual dan media audio jadi dapat dinikmati melalui indra
penglihatan dan indra pendengaran. Media ini sangat membantu dan memudahkan
guru dalam proses pembelajaran tidak hanya itu tapi media ini juga sangat membantu
siswa dalam menerima materi pada suasana pandemi ini. Kedua; Pemahaman siswa
yang ada di MTs DDI Watang Cenrana Kec. Cenrana Kab. Bone dalam mata
pelajaran fikih cukup baik. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan adanya kemampuan
siswa dalam menerjemahkan materi dengan bahasa sendiri, menafsirkan atau mampu
mengaitkan materi yang lalu dengan materi yang akan dipelajari serta mampu
menyimpulkan materi yang telah diajarkan oleh pendidik. Ketiga; Kontribusi media
pembelajaran dalam meningkatkan pemahaman siswa di MTs DDI Watang Cenrana
Kec. Cenrana Kab. Bone, dapat dilihat dari aspek pengetahuan dan motivasi yang
membuat siswa lebih bersemangat dalam proses pembelajaran dan lebih mudah
memahami pelajaran meskipun dalam suasana pandemi dengan adanya media yang
digunakan dalam pembelajaran fikih, sebagai bekal yang akan berguna bagi siswa di
masa yang akan datang.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian tentang “Peran Media Pembelajaran dalam
Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas VIII pada Mata Pelajaran Fikih di MTs DDI
Watang Cenrana Kec. Cenrana Kab. Bone” sebagai berikut:
1. Bentuk media yang digunakan di MTs DDI Watang Cenrana Kec. Cenrana
Kab. Bone khususnya kelas VIII pada mata pelajaran fikih. Menggunakan tiga
bentuk media yaitu yang pertama media visual yang dapat dinikmati melalui
indra penglihatan, kedua media audio yang dapat dinikmati melalui indra
pendengaran, dan ketiga media audio visual yaitu media kombinasi yang
menggabungkan media visual dan media audio jadi dapat dinikmati melalui
indra penglihatan dan indra pendengaran. Media ini sangat membantu dan
memudahkan guru dalam proses pembelajaran baik itu luring maupun daring
tidak hanya itu tapi media ini juga sangat membantu dan memudahkan siswa
dalam menerima materi pada saat pembelajaran daring.
2. Pemahaman siswa yang ada di MTs DDI Watang Cenrana Kec. Cenrana Kab.
Bone dalam mata pelajaran fikih cukup baik. Hal tersebut dapat dibuktikan
dengan adanya kemampuan siswa dalam menerjemahkan materi dengan bahasa
sendiri, menafsirkan atau mampu mengaitkan materi yang lalu dengan materi
yang akan dipelajari serta mampu menyimpulkan materi yang telah diajarkan
oleh guru.
3. Kontribusi media pembelajaran dalam meningkatkan pemahaman siswa di MTs
DDI Watang Cenrana Kec. Cenrana Kab. Bone, dapat dilihat dari aspek
pengetahuan dan motivasi yang meningkat yang membuat siswa lebih
bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran dan lebih mudah
memahami pelajaran meskipun dalam suasana pandemi dengan adanya media
yang digunakan dalam pembelajaran fikih sebagai bekal yang akan berguna
bagi siswa di masa yang akan datang.
B. Implikasi
Berdasarkan penelitian yang dilakukan dan setelah memperhatikan hasilnya,
menyarankan bahwa:
1. Guru mata pelajaran fikih diharapkan mampu menggunakan media
pembelajaran di kelas-kelas lain.
2. Adanya skripsi ini, diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran bagi
guru dan kepada pihak yang terkait menindaklanjuti dengan memberikan
penyuluhan kepada guru-guru tentang penerapan media pembelajaran yang baik
dan benar dalam meningkatkan pemahaman siswa.
Ketersediaan
| STAR20210039 | 39/2021 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
39/2021
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
