Peran Organisasi Ekstrakurikuler Dalam Menumbuhkan Perilaku Sosial Peserta Didik Di SMP Negeri 2 Tonra Kecamatan Patimpeng Kabupaten Bone

No image available for this title
Skripsi ini membahas mengenai peran organisasi ekstrakurikuler dalam
menumbuhkan perilaku sosial peserta didik di SMP Negeri 2 Tonra Kecamatan
Patimpeng Kabupaten Bone. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran
organisasi ekstrakurikuler di SMP Negeri 2 Tonra, untuk mengetahui cara
menumbuhkan perilaku sosial peserta didik di SMP Negeri 2 Tonra, untuk
mengetahui hambatan dan dukungan siswa dalam berperilaku sosial?
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field
research) melalui pendekatan ilmu manajemen, pendekatan ilmu paedagogik, dan
pendekatan ilmu sosiologis dengan menggunakan teknik observasi, wawancara,
dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis
deskriptif kualitatif dengan 3 tahap yaitu tahap reduksi data (data reduction),
penyajian data (display data) dan tahap simpulan (verifikasi).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kegiatan ekstrakurikuler di SMP
Negeri 2 Tonra masih perlu ditingkatkan dan dimaksimalkan lagi seperti
keterlibatan dalam kelompok ekstrakurikuler dan pengerjaan tugas yang diberikan
oleh Pembina ekstrakurikuler maupun tugas yang diberikan pendidik pada saat di
ruang kelas. Dimana siswa berbeda-beda karakter ada siswa gampang diatur ada
juga siswa susah diatur sebagaimana sebagian siswa suka dikasi tugas dan
menyelesaikan tanpa diminta namun sebagian siswannya lagi tidak suka di
berikan tugas dan selalu mencari-cari alasan untuk tidak mengerjakannya. Dan
siswa yang melanggar aturan pada kegiatan ekstrakurikuler diberikan sanksi yang
sifatnya mendidik, dimana pembentukan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler
masih ada siswa memerlukan bantuan dan arahan dari Pembina ekstrakurikuler
atau pendidik. Dapat dipahami bahwa peran organisasi ekstrakurikuler di SMP
Negeri 2 Tonra sudah baik namun masih perlu ditingkatkan atau masih perlu
dibina untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. siswa selalu dibimbing
untuk membiasakan berperilaku sosial namun tata tertib yang telah ditetapkan di
sekolah siswa masih sering melanggarnya baik dari segi pakaian maupun
kebersihan adapun hambatan bagi orang tua dalam membentuk perilaku sosial
anak, anak sulit diatur dan adanya pengaruh dari teman bergaul anak terlalu
banyak aktifitas di luar bersama temannya dibanding waktu belajar seperti lebih
banyak main game dan ikut-ikutan merokok dan dukungan yang diberikan orang
tua terhadap perilaku sosial anak yaitu selalu memberikan pemantauan atau
pengawasan dalam penggunaan media sosial.
A. Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab hasi penelitian dan pembahasan maka penulis
dapat mengemukakan simpulan dari hasil peneltian yang telah dilakukan yaitu:
1. Organisasi ekstrakurikuler sangat bagus untuk mengembangkan mental dan
kepribadian peserta didik dan kegiatan ekstrakurikuler merupakan wahana
dalam pengembangan peserta didik sesuai dengan kebutuhannya. Namun
kegiatan ekstrakurikuler di SMP Negeri 2 Tonra masih perlu ditingkatkan dan
dimaksimalkan lagi seperti keterlibatan dalam kelompok ekstrakurikuler dan
pengerjaan tugas yang diberikan oleh Pembina ekstrakurikuler maupun tugas
yang diberikan pendidik pada saat di ruang kelas. Dimana siswa berbeda-beda
karakter ada siswa gampang diatur ada juga siswa susah diatur sebagaimana
sebagian siswa suka dikasi tugas dan menyelesaikan tanpa diminta namun
sebagian siswannya lagi tidak suka di berikan tugas dan selalu mencari-cari
alasan untuk tidak mengerjakannya. Dan siswa yang melanggar aturan pada
kegiatan ekstrakurikuler diberikan sanksi yang sifatnya mendidik, dimana
pembentukan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler masih ada siswa
memerlukan bantuan dan arahan dari Pembina ekstrakurikuler atau pendidik.
Dapat simpulkan bahwa peran organisasi ekstrakurikuler di SMP Negeri 2
Tonra sudah baik namun masih perlu ditingkatkan atau masih perlu dibina
untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.
2. Upaya untuk menumbuhkan perilaku sosial peserta didik selayaknya ada kerja
sama antara orang tua
dan guru dalam memperhatikan kebutuhan
perkembangan anak, sangat diperlukan agar mereka memiliki perilaku sosial
yang diharapkan. Mengenai pembiasaan siswa selalu dibimbing untuk
membiasakan berperilaku sosial namun tata tertib yang telah ditetapkan di
sekolah siswa masih sering melanggarnya baik dari segi pakaian maupun
kebersihan.
3. Hambatan bagi orang tua dalam membentuk perilaku sosial anak, anak sulit
diatur dan adanya pengaruh dari teman bergaul anak terlalu banyak aktivitas
di luar bersama temannya dibanding waktu belajar seperti lebih banyak main
game dan ikut-ikutan merokok dan dukungan yang diberikan orang tua
terhadap perilaku sosial anak yaitu selalu memberikan pemantauan atau
pengawasan dalam penggunaan media sosial.
B. Implikasi
1. Diharapkan kepada Pembina ekstrakurikuler SMP Negeri 2 Tonra mengenai
peran organisasi ekstrakurikuler terhadap peserta didik ditingkatkan lagi serta
memberikan pembinaan yang lebih maksimal agar dapat mencapai tujuan
yang diharapkan.
2. Diharapkan kepada peserta didik untuk lebih taat kepada guru, orang tua dan
tata tertib yang telah diterapkan di sekolah serta mempebanyak kegitan-
kegiatan positif dan mengurangi kegiatan yang sifatnya negatif.
Ketersediaan
STAR2021001717/2021Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

17/2021

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyahh

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top