Penerapan Metode Resitasi dalam Meningkatkan Keterampilan Baca Tulis Al-Qur`an Siswa Kelas IX MTs Mallari Kecematan Awangpone Kabupaten Bone
Sukmia Rafianti/02.17.1022 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang Penerapan Metode Resitasi dalam meningkatkan
keterampilan baca tulis Al-Qur`an siswa kelas IX MTs Mallari Kecamatan Aangpone
Kabupaten Bone, hal yang paling penting dikaji skripsi ini yaitu penerapan metode
resitasi pada pembelajaran baca tulis Al-Qur`an siswa kelas IX MTs Mallari
Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone, upaya guru mata pelaran baca tulis Al-
Qur`an siswa MTs Mallari, wujud keterampilan baca tulis Al-Qur`an melalui
penerapan metode resitasi siswa kelas IX MTs Mallari Kecamatan Awangpone
Kabupaten Bone.
Untuk memudahkan memecahkan masalah tersebut, digunakan metode penelitian
kualitatif deskriptif dengan pendekatan paedagogis, sosiologis dengan teknik
pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.Data yang
diperoleh dianalisis dengan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan
kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, penerapan metode resitasi pada
pembelajaran baca tulis Al-Qur`an siswa kelas IX MTs Mallari Kecamatan
Awangpone Kabupaten Bone ada tiga, yaitu pemberian tugas, pelaksanaan tugas, dan
mempertanggung jawabkan tugas. Kedua, upaya guru mata pelajaran baca tulis Al-
Qur`an siswa MTs Mallari, yaitu menggunakan beberapa langkah-langkah
pembelajaran dan media pembelajaran sehingga membantu siswa dalam
mengerjakan tugas dan mempermudah guru dalam mengaplikasikan metode resitasi
dalam mata pelajarannya. Ketiga wujud keterampilan baca tulis Al-Qur`an melalui
penerapan metode resitasi siswa kelas IX MTs Mallari Kecamatan Awangpone
Kabupaten Bone, yaitu meningkat dari yang sebelumnya karena metode resitasi
dipandang mampu meningkatkan keterampilan siswa dalam belajar untuk mencapai
tujuan pembelajaran.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode resitasi pada
pembelajaran baca tulis Al-Qur`an siswa kelas IX MTs Mallari Kecamatan
Awangpone Kabupaten Bone dilakukan secara bertahap, mulai dari pemberian tugas,
pelaksanaan tugas, sampai pada mempertanggung jawabkan tugas. Adapun upaya
guru yaitu menggunakan beberapa langkah-langkah pembelajaran dan media
pembelajaran.Dan wujud peningkatannya sudah meningkat dari sebelumnya.
A. Simpulan
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh penulis tentang penerapan
metode resitasi dalam meningkatkan baca tulis Al-Qur`an siswa kelas IX MTs
Malllari kecamatan Awangpone kabupaten Bone menyimpulkan:
1. Penerapan metode resitasi pada pembelajaran bacatulis Al-Qur`an siswa kelas
IX MTs Mallari kecamatan Awangpone kabupaten Bone terlaksana dengan
baik karena melalui tiga fase yaitu pemberian tugas, pelaksanaan tugas, dan
mempertanggung jawabkan tugas sehingga mempermudah siswa dan guru
melakukan proses belajarmengajar.
2. Upaya guru mata pelajaran baca tulis Al-Qur`an dalam penerapan metode
resitasi siswa kelas IX MTs Mallari terlaksana dengan baik karena
menggunakan beberapa langkah-langkah pembelajaran dan media
pembelajaran sehingga membantu siswa dalam mengerjakan tugas dan
mempermudah guru dalam mengaplikasikan metode resitasi dalam mata
pelajarannya.
3. Wujud peningkatan keterampilan bacatulis Al-Qur`an melalui penerapan
metode resitasi siswa kelas IX MTs Mallari kecamatan Awangpone kabupaten
Bone sudah meningkat dari yang sebelumnya karena metode resitasi dipan
dang mampu meningkatkan keterampilan siswa dalam belajar untuk
mencapai tujuan pembelajaran.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawahini di
kemukakan implikasi penelitian adalah:
1. Kepada dewan Pembina dan guru MTs Mallari, tetap dapat berupaya untuk
memberikan pendidikan pada siswa hingga dapat menjadikannya manusia
yang beriman dan bertaqwa.
2. Dewan Pembina dan guru MTs Mallari diharapkan untuk selalu menerapkan
metode resitasi agar tetap meningkatkan keterampilan siswa dalam membaca
dan menulis Al-Qur`an.
3. Kepadasiswa di MTs Mallari, alangkah baiknya tetap selalu mendengarkan
nasehat, weejangan baik dari guru maupun kepala madrasah, serta selalu
mematuhi aturan-aturan yang berlaku dan tidak melanggar kode etik sekolah.
keterampilan baca tulis Al-Qur`an siswa kelas IX MTs Mallari Kecamatan Aangpone
Kabupaten Bone, hal yang paling penting dikaji skripsi ini yaitu penerapan metode
resitasi pada pembelajaran baca tulis Al-Qur`an siswa kelas IX MTs Mallari
Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone, upaya guru mata pelaran baca tulis Al-
Qur`an siswa MTs Mallari, wujud keterampilan baca tulis Al-Qur`an melalui
penerapan metode resitasi siswa kelas IX MTs Mallari Kecamatan Awangpone
Kabupaten Bone.
Untuk memudahkan memecahkan masalah tersebut, digunakan metode penelitian
kualitatif deskriptif dengan pendekatan paedagogis, sosiologis dengan teknik
pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.Data yang
diperoleh dianalisis dengan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan
kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, penerapan metode resitasi pada
pembelajaran baca tulis Al-Qur`an siswa kelas IX MTs Mallari Kecamatan
Awangpone Kabupaten Bone ada tiga, yaitu pemberian tugas, pelaksanaan tugas, dan
mempertanggung jawabkan tugas. Kedua, upaya guru mata pelajaran baca tulis Al-
Qur`an siswa MTs Mallari, yaitu menggunakan beberapa langkah-langkah
pembelajaran dan media pembelajaran sehingga membantu siswa dalam
mengerjakan tugas dan mempermudah guru dalam mengaplikasikan metode resitasi
dalam mata pelajarannya. Ketiga wujud keterampilan baca tulis Al-Qur`an melalui
penerapan metode resitasi siswa kelas IX MTs Mallari Kecamatan Awangpone
Kabupaten Bone, yaitu meningkat dari yang sebelumnya karena metode resitasi
dipandang mampu meningkatkan keterampilan siswa dalam belajar untuk mencapai
tujuan pembelajaran.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode resitasi pada
pembelajaran baca tulis Al-Qur`an siswa kelas IX MTs Mallari Kecamatan
Awangpone Kabupaten Bone dilakukan secara bertahap, mulai dari pemberian tugas,
pelaksanaan tugas, sampai pada mempertanggung jawabkan tugas. Adapun upaya
guru yaitu menggunakan beberapa langkah-langkah pembelajaran dan media
pembelajaran.Dan wujud peningkatannya sudah meningkat dari sebelumnya.
A. Simpulan
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh penulis tentang penerapan
metode resitasi dalam meningkatkan baca tulis Al-Qur`an siswa kelas IX MTs
Malllari kecamatan Awangpone kabupaten Bone menyimpulkan:
1. Penerapan metode resitasi pada pembelajaran bacatulis Al-Qur`an siswa kelas
IX MTs Mallari kecamatan Awangpone kabupaten Bone terlaksana dengan
baik karena melalui tiga fase yaitu pemberian tugas, pelaksanaan tugas, dan
mempertanggung jawabkan tugas sehingga mempermudah siswa dan guru
melakukan proses belajarmengajar.
2. Upaya guru mata pelajaran baca tulis Al-Qur`an dalam penerapan metode
resitasi siswa kelas IX MTs Mallari terlaksana dengan baik karena
menggunakan beberapa langkah-langkah pembelajaran dan media
pembelajaran sehingga membantu siswa dalam mengerjakan tugas dan
mempermudah guru dalam mengaplikasikan metode resitasi dalam mata
pelajarannya.
3. Wujud peningkatan keterampilan bacatulis Al-Qur`an melalui penerapan
metode resitasi siswa kelas IX MTs Mallari kecamatan Awangpone kabupaten
Bone sudah meningkat dari yang sebelumnya karena metode resitasi dipan
dang mampu meningkatkan keterampilan siswa dalam belajar untuk
mencapai tujuan pembelajaran.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka di bawahini di
kemukakan implikasi penelitian adalah:
1. Kepada dewan Pembina dan guru MTs Mallari, tetap dapat berupaya untuk
memberikan pendidikan pada siswa hingga dapat menjadikannya manusia
yang beriman dan bertaqwa.
2. Dewan Pembina dan guru MTs Mallari diharapkan untuk selalu menerapkan
metode resitasi agar tetap meningkatkan keterampilan siswa dalam membaca
dan menulis Al-Qur`an.
3. Kepadasiswa di MTs Mallari, alangkah baiknya tetap selalu mendengarkan
nasehat, weejangan baik dari guru maupun kepala madrasah, serta selalu
mematuhi aturan-aturan yang berlaku dan tidak melanggar kode etik sekolah.
Ketersediaan
| STAR20220413 | 413/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
413/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
