Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas VII B dalam Pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Palakka Kab. Bone
Rahmaeni Musli/ 02.17.1077 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan model pembelajaran
kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran PAI, dan untuk mengetahui keaktifan
siswa dengan model pembelajaran Kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran
Pendidikan Agama Islam.
Untuk memudahkan memecahkan masalah di atas, penulis melakukan
pendekatan paedagogik, psikologis dan melakukan penelitian lapangan dengan
menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh
dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan tiga tahap yaitu
tahap reduksi data, penyajian data (display data) dan penarikan kesimpulan
(conclution drawing/verification).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1
Palakka Kab. Bone yaitu: 1) Guru melakukan pembentukan kelompok asal dan
kelompok ahli. 2) Guru memberikan sub materi yang akan menjadi keahliannya. 3)
Siswa melakukan diskusi kelompok ahli dan kelompok asal. 4) Guru memandu
jalannya diskusi. 5) Guru mengadakan kuis. 6) Guru memberikan penghargaan
kelompok berupa piagam atau bonus nilai. Dan keaktifan siswa kelas VII B dalam
pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Palakka Kab. Bone terdapat
bentuk-bentuk keaktifan siswa dalam belajar diantaranya aktivitas fisik, aktivitas
mental dan aktivitas emosional, kemudian ada beberapa faktor-faktor pendukung dan
penghambat dalam meningkatkan keaktifan siswa, faktor pendukungnya a) faktor
sarana prasarana yang memadai, b) Minat belajar siswa c) Profesionalisme dan
semangat guru sedangkan faktor penghambatnya a) Adanya sebagian siswa yang
kurang memperhatikan penjelasan dari guru, b) Adanya sebagian siswa yang belum
berani untuk mengungkapkan pendapatnya di depan kelas. Berdasarkan hal tersebut
di atas, maka diharapkan kepada guru pendidikan agama Islam hendaknya berusaha
untuk selalu membangkitkan semangat siswa dalam belajar antara lain dengan
meningkatkan keaktifan siswa.
A. Simpulan
Setelah mengadakan penelitian mengenai penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan keaktifan siswa kelas VII B dalam
pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Palakka Kab. Bone, maka simpulan dapat
diambil adalah sebagai berikut:
1. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw kelas VII B di SMP
Negeri 1 Palakka Kab. Bone dilakukan dengan langkah-langkah sebagai
berikut:
a. Guru melakukan pembentukan kelompok asal
b. Guru memberikan sub materi yang akan menjadi keahliannya
c. Pembentukan kelompok ahli
d. Selanjutnya diskusi kelompok ahli
e. Kemudian, diskusi kelompok asal, anggota kelompok ahli kembali ke
kelompok asal masing-masing kemudian setiap anggota kelompok asal
menjelaskan mengenai sub materi.
f. Diskusi kelas dengan dipandu oleh guru, setiap kelompok asal
memaparkan materi di depan kelas.
g. Pemberian kuis
h. Pemberian penghargaan kelompok
2. Keaktifan siswa kelas VII B dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 1
Palakka Kab. Bone, yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif
tipe jigsaw mampu meningkatkan keaktifan siswa kelas VII B dalam
pembelajaran PAI, meskipun banyak kendala yang dialami oleh guru dan
siswa pada saat proses pembelajaran karena sebagian siswa mengatakan
bahwa dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw ini cara
pelaksanaannya rumit dan siswa cenderung merasa bosan dan masih ada satu
dua orang siswa hanya mengandalkan teman-temannya pada saat diskusi
berlangsung.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan, maka dibawah ini akan diuraikan
implikasi. Adapun implikasi yang penulis maksud dalam pembahasan skripsi ini yaitu
sebagai berikut:
1. Kepada Bapak kepala sekolah SMP Negeri 1 Palakka Kab. Bone diharapkan
memberikan bimbingan dan arahan untuk guru-guru mata pelajaran khususnya
guru pendidikan agama Islam untuk bisa meningkatkan keaktifan siswa dalam
belajar.
2. Kepada para guru khususnya guru pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1
Palakka Kab. Bone, diharapkan mampu menciptakan inovasi-inovasi baru
dalam dunia pendidikan dan selalu membangkitkan semangat siswa dalam
belajar.
3. Kepada siswa di SMP Negeri 1 Palakka Kab. Bone, diharapkan
memperhatikan dan bersungguh-sungguh dalam mengikuti pelajaran,
khususnya mata pelajaran pendidikan agama islam agar kedepannya bisa
menjadi lebih baik.
kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran PAI, dan untuk mengetahui keaktifan
siswa dengan model pembelajaran Kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran
Pendidikan Agama Islam.
Untuk memudahkan memecahkan masalah di atas, penulis melakukan
pendekatan paedagogik, psikologis dan melakukan penelitian lapangan dengan
menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh
dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan tiga tahap yaitu
tahap reduksi data, penyajian data (display data) dan penarikan kesimpulan
(conclution drawing/verification).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1
Palakka Kab. Bone yaitu: 1) Guru melakukan pembentukan kelompok asal dan
kelompok ahli. 2) Guru memberikan sub materi yang akan menjadi keahliannya. 3)
Siswa melakukan diskusi kelompok ahli dan kelompok asal. 4) Guru memandu
jalannya diskusi. 5) Guru mengadakan kuis. 6) Guru memberikan penghargaan
kelompok berupa piagam atau bonus nilai. Dan keaktifan siswa kelas VII B dalam
pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Palakka Kab. Bone terdapat
bentuk-bentuk keaktifan siswa dalam belajar diantaranya aktivitas fisik, aktivitas
mental dan aktivitas emosional, kemudian ada beberapa faktor-faktor pendukung dan
penghambat dalam meningkatkan keaktifan siswa, faktor pendukungnya a) faktor
sarana prasarana yang memadai, b) Minat belajar siswa c) Profesionalisme dan
semangat guru sedangkan faktor penghambatnya a) Adanya sebagian siswa yang
kurang memperhatikan penjelasan dari guru, b) Adanya sebagian siswa yang belum
berani untuk mengungkapkan pendapatnya di depan kelas. Berdasarkan hal tersebut
di atas, maka diharapkan kepada guru pendidikan agama Islam hendaknya berusaha
untuk selalu membangkitkan semangat siswa dalam belajar antara lain dengan
meningkatkan keaktifan siswa.
A. Simpulan
Setelah mengadakan penelitian mengenai penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan keaktifan siswa kelas VII B dalam
pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Palakka Kab. Bone, maka simpulan dapat
diambil adalah sebagai berikut:
1. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw kelas VII B di SMP
Negeri 1 Palakka Kab. Bone dilakukan dengan langkah-langkah sebagai
berikut:
a. Guru melakukan pembentukan kelompok asal
b. Guru memberikan sub materi yang akan menjadi keahliannya
c. Pembentukan kelompok ahli
d. Selanjutnya diskusi kelompok ahli
e. Kemudian, diskusi kelompok asal, anggota kelompok ahli kembali ke
kelompok asal masing-masing kemudian setiap anggota kelompok asal
menjelaskan mengenai sub materi.
f. Diskusi kelas dengan dipandu oleh guru, setiap kelompok asal
memaparkan materi di depan kelas.
g. Pemberian kuis
h. Pemberian penghargaan kelompok
2. Keaktifan siswa kelas VII B dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 1
Palakka Kab. Bone, yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif
tipe jigsaw mampu meningkatkan keaktifan siswa kelas VII B dalam
pembelajaran PAI, meskipun banyak kendala yang dialami oleh guru dan
siswa pada saat proses pembelajaran karena sebagian siswa mengatakan
bahwa dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw ini cara
pelaksanaannya rumit dan siswa cenderung merasa bosan dan masih ada satu
dua orang siswa hanya mengandalkan teman-temannya pada saat diskusi
berlangsung.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan, maka dibawah ini akan diuraikan
implikasi. Adapun implikasi yang penulis maksud dalam pembahasan skripsi ini yaitu
sebagai berikut:
1. Kepada Bapak kepala sekolah SMP Negeri 1 Palakka Kab. Bone diharapkan
memberikan bimbingan dan arahan untuk guru-guru mata pelajaran khususnya
guru pendidikan agama Islam untuk bisa meningkatkan keaktifan siswa dalam
belajar.
2. Kepada para guru khususnya guru pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1
Palakka Kab. Bone, diharapkan mampu menciptakan inovasi-inovasi baru
dalam dunia pendidikan dan selalu membangkitkan semangat siswa dalam
belajar.
3. Kepada siswa di SMP Negeri 1 Palakka Kab. Bone, diharapkan
memperhatikan dan bersungguh-sungguh dalam mengikuti pelajaran,
khususnya mata pelajaran pendidikan agama islam agar kedepannya bisa
menjadi lebih baik.
Ketersediaan
| STAR20210123 | 123/2021 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
123/2021
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
