Pengaruh Manajemen Pemasaran Berbasis Sosialisasi terhadap Peningkatan Jumlah Peserta Didik di MA As‟adiyah Mattirowalie Kec. Tellu Siattinge Kab. Bone
Niswatu Syakira/02.17.3129 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang pengaruh manajemen pemasaran berbasis
sosialisasi terhadap peningkatan jumlah peserta didik di MA As‟adiyah Mattirowalie
Kec. Tellu Siattinge Kab. Bone. Hal ini penting untuk dibahas karena lembaga
pendidika dituntut harus mampu bersaing untuk menunjukkan eksistensinya. salah
satu bukti eksistensi dalam suatu lembaga pendidikan yaitu ditandai dengan
meningkatnya minat dan jumlah peserta didik yang mendaftar untuk bersekolah di
lembaga pendidikan tersebut.
Penelitian ini merupakan penyajian data yang dilakukan secara deskriptif
kuantitatif, yaitu suatu penelitian yang menghasilkan data secara deskriptif
(penggambaran) yang berupa fakta-fakta tertulis maupun lisan dari setiap perilaku
orang yang dicermati. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan manajemen,
sosiologis dan psikologis. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
observasi, angket, dokumentasi, dan wawancara, Analisis data dilakukan
dengan menggunakan rumus korelasi product moment.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan manajemen pemasaran
berbasis sosialisasi terhadap peningkatan jumlah peserta didik di MA As‟adiyah
Mattirowalie dilakukan dengan beberapa langkah beberapa langkah yaitu membuat
rumusan tujuan pemasaran (sosialisasi), merancang pesan, menentukan anggaran,
memilih saluran komunikasi, dan memilih media sosialisasi. Manajemen pemasaran
berbasis sosialisasi MA As‟adiyah Mattirowalie kualifikasi baik dengan persentase
43,75 persen. Dan berdasarkan data diketahui bahwa r hitung adalah 0,8801,
sedangkan r tabel masing-masing 0.4973 dan 0.6226. Hal tersebut berarti bahwa r
hitung lebih besar dari r tabel, sehingga ada pengaruh yang signifikan antara
manejemen pemasaran berbasis sosialisasi terhadap peningkatan jumlah peserta didik
di MA As‟adiyah Mattirowalie.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian mengenai manejemen pemasaran berbasis
sosialisasi terhadap peningkatan jumlah peserta didik di MA As‟adiyah
Mattirowalie, maka dapat disempulkan sebagai berikut
1. Perencanaan manajemen pemasaran berbasis sosialisasi terhadap peningkatan
jumlah peserta didik di MA As‟adiyah Mattirowalie dilakukan dengan
beberapa langkah beberapa langkah yaitu membuat rumusan tujuan
pemasaran (sosialisasi), merancang pesan, menentukan anggaran, memilih
saluran komunikasi, dan memilih media sosialisasi. Manajemen pemasaran
berbasis sosialisasi MA As‟adiyah Mattirowalie kualifikasi baik dengan
persentase 43,75 persen.
2. Berdasarkan data diketahui bahwa r hitung adalah 0,8801, sedangkan r tabel
masing-masing 0.4973 dan 0.6226. Hal tersebut berarti bahwa r hitung lebih
besar dari r tabel, sehingga ada pengaruh yang signifikan antara manejemen
pemasaran berbasis sosialisasi terhadap peningkatan jumlah peserta didik di
MA As‟adiyah Mattirowalie.
B. Implikasi Penelitian
Setelah penulis menguraikan simpulan, maka dibawah ini akan diuraikan
implikasi atau saran. Adapun implikasi yang penulis maksud dalam pembahasan
skripsi ini yaitu sebagai berikut:
1. Mengoptimalkan media sosialisasi yang digunakan. Seperti spanduk agar
lebih banyak lagi yang dicetak sehingga bisa di pasang di lebih banyak
tempat-tempat yang strategis. Begitu juga dengan brosur, yang tidak hanya
dibagikan ke sekolah/madrasah tapi bisa disebarkan kepada masyarakat
umum.
2. Meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat secara luas, bukan hanya pada
masyarakat setempat, agar informasi terkait MA As‟adiyah Mattirowali lebih
meluas
3. Diharapkan pihak madrasah terus mengembangkan strategi pemasarannya
guna meningkatkan jumlah peserta didik.
sosialisasi terhadap peningkatan jumlah peserta didik di MA As‟adiyah Mattirowalie
Kec. Tellu Siattinge Kab. Bone. Hal ini penting untuk dibahas karena lembaga
pendidika dituntut harus mampu bersaing untuk menunjukkan eksistensinya. salah
satu bukti eksistensi dalam suatu lembaga pendidikan yaitu ditandai dengan
meningkatnya minat dan jumlah peserta didik yang mendaftar untuk bersekolah di
lembaga pendidikan tersebut.
Penelitian ini merupakan penyajian data yang dilakukan secara deskriptif
kuantitatif, yaitu suatu penelitian yang menghasilkan data secara deskriptif
(penggambaran) yang berupa fakta-fakta tertulis maupun lisan dari setiap perilaku
orang yang dicermati. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan manajemen,
sosiologis dan psikologis. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
observasi, angket, dokumentasi, dan wawancara, Analisis data dilakukan
dengan menggunakan rumus korelasi product moment.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan manajemen pemasaran
berbasis sosialisasi terhadap peningkatan jumlah peserta didik di MA As‟adiyah
Mattirowalie dilakukan dengan beberapa langkah beberapa langkah yaitu membuat
rumusan tujuan pemasaran (sosialisasi), merancang pesan, menentukan anggaran,
memilih saluran komunikasi, dan memilih media sosialisasi. Manajemen pemasaran
berbasis sosialisasi MA As‟adiyah Mattirowalie kualifikasi baik dengan persentase
43,75 persen. Dan berdasarkan data diketahui bahwa r hitung adalah 0,8801,
sedangkan r tabel masing-masing 0.4973 dan 0.6226. Hal tersebut berarti bahwa r
hitung lebih besar dari r tabel, sehingga ada pengaruh yang signifikan antara
manejemen pemasaran berbasis sosialisasi terhadap peningkatan jumlah peserta didik
di MA As‟adiyah Mattirowalie.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian mengenai manejemen pemasaran berbasis
sosialisasi terhadap peningkatan jumlah peserta didik di MA As‟adiyah
Mattirowalie, maka dapat disempulkan sebagai berikut
1. Perencanaan manajemen pemasaran berbasis sosialisasi terhadap peningkatan
jumlah peserta didik di MA As‟adiyah Mattirowalie dilakukan dengan
beberapa langkah beberapa langkah yaitu membuat rumusan tujuan
pemasaran (sosialisasi), merancang pesan, menentukan anggaran, memilih
saluran komunikasi, dan memilih media sosialisasi. Manajemen pemasaran
berbasis sosialisasi MA As‟adiyah Mattirowalie kualifikasi baik dengan
persentase 43,75 persen.
2. Berdasarkan data diketahui bahwa r hitung adalah 0,8801, sedangkan r tabel
masing-masing 0.4973 dan 0.6226. Hal tersebut berarti bahwa r hitung lebih
besar dari r tabel, sehingga ada pengaruh yang signifikan antara manejemen
pemasaran berbasis sosialisasi terhadap peningkatan jumlah peserta didik di
MA As‟adiyah Mattirowalie.
B. Implikasi Penelitian
Setelah penulis menguraikan simpulan, maka dibawah ini akan diuraikan
implikasi atau saran. Adapun implikasi yang penulis maksud dalam pembahasan
skripsi ini yaitu sebagai berikut:
1. Mengoptimalkan media sosialisasi yang digunakan. Seperti spanduk agar
lebih banyak lagi yang dicetak sehingga bisa di pasang di lebih banyak
tempat-tempat yang strategis. Begitu juga dengan brosur, yang tidak hanya
dibagikan ke sekolah/madrasah tapi bisa disebarkan kepada masyarakat
umum.
2. Meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat secara luas, bukan hanya pada
masyarakat setempat, agar informasi terkait MA As‟adiyah Mattirowali lebih
meluas
3. Diharapkan pihak madrasah terus mengembangkan strategi pemasarannya
guna meningkatkan jumlah peserta didik.
Ketersediaan
| STAR20210163 | 163/2021 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
163/2021
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
