Penataan Sarana dan Prasarana Pendidikan dalam Mendukung Kualitas Pembelajaran di SMP Negeri 2 Cina Kab. Bone

No image available for this title
Skripsi ini membahas tentang penataan sarana dan prasarana pendidikan
dalam mendukung kualitas pembelajaran di SMP Negeri 2 Cina Kab. Bone. Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penataan sarana dan prasarana pendidikan
di SMP Negeri 2 Cina Kab. Bone serta untuk mengetahui sejauhmana tingkat
optimalisasi penataan sarana dan prasarana pendidikan dalam mendukung kualitas
pembelajaran di SMP Negeri 2 Cina Kab. Bone.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data kualitatif.
Penelitian ini menggunakan pendekatan manajemen, dan pendekatan paedagogik.
Dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan
dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Penataan sarana dan prasarana
pendidikan di SMP Negeri 2 Cina Kab. Bone dilakukan dengan penataan ruang
kegiatan belajar, penataan ruang keterampilan/praktek, penataan ruang laboratorium,
pengaturan barang-barang yang dipergunakan oleh sekolah, kesesuaian dan
keseimbangan dalam penyusunan perabot sekolah, penataan ruang kepala sekolah,
penataan ruang tata usaha, penataan ruang guru, penataan ruang kelas dan penataan
ruang perpustakaan. 2) Tingkat optimalisasi penataan sarana dan prasarana
pendidikan dalam mendukung kualitas pembelajaran di SMP Negeri 2 Cina Kab.
Bone dilakukan dengan melihat beberapa aspek yakni membangun persepsi dan
sikap positif terhadap siswa, menguasai disiplin ilmu dan mempresentasikan materi
sesuai dengan kebutuhan siswa, mengembangkan kepribadian dan keprofesionalan,
guru agar siswa memiliki persepsi dan sikap positif terhadap pembelajaran,
menerapkan pengetahuan, keterampilan, dan sikapnya secara bermakna, membangun
kebiasaan berfikir, bersikap dan bekerja produktif, menciptakan suasana kelas yang
kondusif, membuat kesesuaiannya dengan tujuan pembelajaran dan kompetensi yang
harus dikuasai siswa, menjaga keseimbangan antara keluasan dan kedalaman materi
dengan waktu yang bersedia, memberikan materi pembelajaran sistematis
konstektual, menciptakan pengalaman belajar yang bermakna, memfasilitasi proses
interaksi antara siswa dan guru, media pembelajaran yang dapat digunakan untuk
memperkaya pengalaman belajar siswa dan mengutamakan penggunaan media
pembelajaran agar mampu mengubah suasana belajar dari siswa pasif menjadi siswa
aktif.
A. Simpulan
Dari hasil penelitian yang penulis lakukan dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Penataan sarana dan prasarana pendidikan di SMP Negeri 2 Cina Kab. Bone
dilakukan dengan penataan ruang kegiatan belajar, penataan ruang
keterampilan/praktek, penataan ruang laboratorium, pengaturan barang-barang
yang dipergunakan oleh sekolah, kesesuaian dan keseimbangan dalam
penyusunan perabot sekolah, penataan ruang kepala sekolah, penataan ruang tata
usaha, penataan ruang guru, penataan ruang kelas dan penataan ruang
perpustakaan.
2. Tingkat optimalisasi penataan sarana dan prasarana pendidikan dalam mendukung
kualitas pembelajaran di SMP Negeri 2 Cina Kab. Bone dilakukan dengan
melihat beberapa aspek yakni membangun persepsi dan sikap positif terhadap
siswa, menguasai disiplin ilmu dan mempresentasikan materi sesuai dengan
kebutuhan siswa, mengembangkan kepribadian dan keprofesionalan, guru agar
siswa memiliki persepsi dan sikap positif terhadap pembelajaran, menerapkan
pengetahuan, keterampilan, dan sikapnya secara bernakna, membangun kebiasaan
berfikir, bersikap dan bekerja produktif, menciptakan suasana kelas yang
kondusif, membuat kesesuaiannya dengan tujuan pembelajaran dan kompetensi
yang harus dikuasai siswa, menjaga keseimbangan antara keluasan dan
kedalaman materi dengan waktu yang bersedia, memberikan materi pembelajaran
sistematis konstektual, menciptakan pengalaman belajar yang bermakna,
memfasilitasi proses interaksi antara siswa dan guru, media pembelajaran yang
dapat digunakan untuk memperkaya pengalaman belajar siswa dan
mengutamakan penggunaan media pembelajaran agar mampu mengubah suasana
belajar dari siswa pasif menjadi siswa aktif.
B. Implikasi
Sebagai akhir dari penulisan skripsi ini, dengan mendasarkan pada penelitian
yang peneliti lakukan, maka peneliti ingin memberikan saran yang mungkin dapat
menjadi bahan masukan, antara lain sebagai berikut:
1. Untuk penggunaan dan penataan sarana dan prasarana pendidikan, semua warga
sekolah hendaknya memperhatikan peraturan dan petunjuk yang sudah tertera
demi terciptanya kelancaran dalam proses pembelajaran.
2. Semua warga sekolah harus mempunyai rasa memiliki dan tanggung jawab
terhadap sarana dan prasarana pendidikan yang ada di sekolah, sehingga sarana
dan prasarana yang ada dapat terpeliharan dengan baik dan meminimalisir
kerusakan.
3. Demi terjadinya kelancaran dalam kegiatan, hendaknya lebih banyak dilakukan
koordinasi terhadap pihak-pihak yang terkait, sehingga dalam melaksanakan
tugas.
Ketersediaan
STAR20210111111/2021Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

111/2021

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyahh

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top