Analisis Supervisi Akademik Melalui Pendekatan Kolaboratif oleh Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di SMPN 3 Awangpone
Lisdahlia/02.17.3139 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang analisis supervisi akademik melalui pendekatan
kolaboratif oleh kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SMPN
3 Awangpone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui supervisi akademik melalui
pendekatan kolaboratif dalam meningkatkan kemampuan profesionalisme guru agar
dapat meningkatkan kualitas pembelajaran melalui pengajaran yang baik di SMPN 3
Awangpone.
Metode digunakan peneliti penelitian lapangan (field research) dengan
melakukan observasi, wawancara, dokumentasi. Data yang diperoleh diolah dengan
menggunakan metode kualitatif untuk mendeskripsikan penelitian tentang analisis
supervisi akademik melalui pendekatan kolaboratif oleh kepala sekolah dalam
meningkatkan kualitas pembelajaran di SMPN 3 Awangpone dalam menganalisis
data, penulis menggunakan reduksi data, menyajikan data, menarik kesimpulan dan
verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukkan pertama, upaya supervisi akademik dalam
meningkatkan kualitas pembelajaran di SMPN 3 Awangpone dimulai dari tahap
perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran
dalam mengembangkan kemampuan mengolah proses pembelajaran untuk mencapai
pembelajaran. Kedua, pendekatan kolaboratif dalam meningkatkan kualitas
pembelajaran di SMPN 3 Awangpone dengan menggunakan supervisi kolaboratif
supervisor dapat mendengarkan apa yang menjadi keluhan guru dalam
mengembangkan kompetensi mengajar demi meningkatkan kualitas pembelajaran di
sekolah. Ketiga, implementasi supervisi akademik melalui pendekatan kolaboratif
oleh kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SMPN 3
Awangpone, dalam melaksanakan supervisi akademik dimulai dari menyusun
perencanaan program supervisi akademik dengan objektif, bertanggung jawab,
berkelanjutan, didasarkan pada aturan yang berlaku dan didasarkan pada kebutuhan
dan kondisi sekolah. Manfaat perencanaan program supervisi akademik adalah
sebagai pedoman pelaksanaan dan supervisi akademik serta penjaminan efektifitas
kerja pengawas dalam melaksanakan tugas supervisi pembelajaran.
A. Simpulan
Berdasarkan penelitian yang telah diuraikan pada bab sebelumnya yang
dilakukan oleh peneliti di Sekolah SMP Negeri 3 Awangpone, maka peneliti
menyimpulkan sebagai berikut:
1. Upaya Supervisi Akademik Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di SMP
Negeri 3 Awangpone dimulai dari tahap perencanaan pembelajaran, pelaksanaan
pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran dalam mengembangkan kemampuan
mengolah proses pembelajaran untuk mencapai pembelajaran.
2. Pendekatan kolaboratif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SMP
Negeri 3 Awangpone dengan menggunakan supervisi kolaboratif supervisor
dapat mendengarkan apa yang menjadi keluhan guru dalam mengembangkan
kompetensi mengajar demi meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah.
3. Implementasi Supervisi Akademik Melalui Pendekatan Kolaboratif Oleh Kepala
Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di SMP Negeri 3
Awangpone,dalam melaksanakan supervisi akademik dimulai dari menyusun
perencanaan program supervisi akademik dengan objektif, bertanggung jawab,
berkelanjutan, didasarkan pada aturan yang berlaku dan didasarkan pada
kebutuhan dan kondisi sekolah. Manfaat perencanaan program supervisi
akademik adalah sebagai pedoman pelaksanaan dan supervisi akademik serta
penjaminan efektifitas kerja pengawas dalam melaksanakan tugas supervisi
pembelajaran.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan di atas, maka di bawah ini akan diuraikan
implikasi penelitian yang berisi saran-saran. Adapun saran-saran yang penulis
maksud yaitu sebagai berikut
1. Kepala sekolah SMP Negeri 3 Awangpone, diharapkan tetap melaksanakan
supervisi akademik secara maksimal baik kepada guru maupun staf untuk
meningkatkan kualitas pembelajaran peserta didik.
2. Kepala sekolah SMP Negeri 3 Awangpone, diharapkan selalu menerapakan
pendekatan kolaboratif agar dapat mendengarkan dan memperhatikan secara
cermat keluhan guru terhadap masalah perbaikan, peningkatan, dan pengembangan kinerjanya dan kemampuan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.
3. Implementasi supervisi akademik dengan pendekatan kolaboratif agar dapat
meningkatkan kualitas pembelajaran peserta didik di SMP Negeri 3 Awangpone,
diharapkan pengawas satuan pendidikan dan kepala sekolah selalu bekerja sama
dalam hal membantu guru dalam mengembangkan kemampuannya mengelolah
proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran.
kolaboratif oleh kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SMPN
3 Awangpone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui supervisi akademik melalui
pendekatan kolaboratif dalam meningkatkan kemampuan profesionalisme guru agar
dapat meningkatkan kualitas pembelajaran melalui pengajaran yang baik di SMPN 3
Awangpone.
Metode digunakan peneliti penelitian lapangan (field research) dengan
melakukan observasi, wawancara, dokumentasi. Data yang diperoleh diolah dengan
menggunakan metode kualitatif untuk mendeskripsikan penelitian tentang analisis
supervisi akademik melalui pendekatan kolaboratif oleh kepala sekolah dalam
meningkatkan kualitas pembelajaran di SMPN 3 Awangpone dalam menganalisis
data, penulis menggunakan reduksi data, menyajikan data, menarik kesimpulan dan
verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukkan pertama, upaya supervisi akademik dalam
meningkatkan kualitas pembelajaran di SMPN 3 Awangpone dimulai dari tahap
perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran
dalam mengembangkan kemampuan mengolah proses pembelajaran untuk mencapai
pembelajaran. Kedua, pendekatan kolaboratif dalam meningkatkan kualitas
pembelajaran di SMPN 3 Awangpone dengan menggunakan supervisi kolaboratif
supervisor dapat mendengarkan apa yang menjadi keluhan guru dalam
mengembangkan kompetensi mengajar demi meningkatkan kualitas pembelajaran di
sekolah. Ketiga, implementasi supervisi akademik melalui pendekatan kolaboratif
oleh kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SMPN 3
Awangpone, dalam melaksanakan supervisi akademik dimulai dari menyusun
perencanaan program supervisi akademik dengan objektif, bertanggung jawab,
berkelanjutan, didasarkan pada aturan yang berlaku dan didasarkan pada kebutuhan
dan kondisi sekolah. Manfaat perencanaan program supervisi akademik adalah
sebagai pedoman pelaksanaan dan supervisi akademik serta penjaminan efektifitas
kerja pengawas dalam melaksanakan tugas supervisi pembelajaran.
A. Simpulan
Berdasarkan penelitian yang telah diuraikan pada bab sebelumnya yang
dilakukan oleh peneliti di Sekolah SMP Negeri 3 Awangpone, maka peneliti
menyimpulkan sebagai berikut:
1. Upaya Supervisi Akademik Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di SMP
Negeri 3 Awangpone dimulai dari tahap perencanaan pembelajaran, pelaksanaan
pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran dalam mengembangkan kemampuan
mengolah proses pembelajaran untuk mencapai pembelajaran.
2. Pendekatan kolaboratif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SMP
Negeri 3 Awangpone dengan menggunakan supervisi kolaboratif supervisor
dapat mendengarkan apa yang menjadi keluhan guru dalam mengembangkan
kompetensi mengajar demi meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah.
3. Implementasi Supervisi Akademik Melalui Pendekatan Kolaboratif Oleh Kepala
Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di SMP Negeri 3
Awangpone,dalam melaksanakan supervisi akademik dimulai dari menyusun
perencanaan program supervisi akademik dengan objektif, bertanggung jawab,
berkelanjutan, didasarkan pada aturan yang berlaku dan didasarkan pada
kebutuhan dan kondisi sekolah. Manfaat perencanaan program supervisi
akademik adalah sebagai pedoman pelaksanaan dan supervisi akademik serta
penjaminan efektifitas kerja pengawas dalam melaksanakan tugas supervisi
pembelajaran.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan di atas, maka di bawah ini akan diuraikan
implikasi penelitian yang berisi saran-saran. Adapun saran-saran yang penulis
maksud yaitu sebagai berikut
1. Kepala sekolah SMP Negeri 3 Awangpone, diharapkan tetap melaksanakan
supervisi akademik secara maksimal baik kepada guru maupun staf untuk
meningkatkan kualitas pembelajaran peserta didik.
2. Kepala sekolah SMP Negeri 3 Awangpone, diharapkan selalu menerapakan
pendekatan kolaboratif agar dapat mendengarkan dan memperhatikan secara
cermat keluhan guru terhadap masalah perbaikan, peningkatan, dan pengembangan kinerjanya dan kemampuan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.
3. Implementasi supervisi akademik dengan pendekatan kolaboratif agar dapat
meningkatkan kualitas pembelajaran peserta didik di SMP Negeri 3 Awangpone,
diharapkan pengawas satuan pendidikan dan kepala sekolah selalu bekerja sama
dalam hal membantu guru dalam mengembangkan kemampuannya mengelolah
proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Ketersediaan
| STAR20210005 | 05/2021 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
05/2021
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2021
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyahh
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
