Pengaruh Persepsi Masyarakat Tentang Bank Syariah Terhadap Minat Menabung Di Perbankan Syariah (Studi Masyarakat Dusun Waru Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone)
Asrita/ 01.15.5071 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang pengaruh persepsi masyarakat tentang bank
syariah terhadap minat menabung di perbankan syariah. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui apakah variabel persepsi masyarakat berpengaruh terhadap
minat menabung masyarakat di perbankan syariah.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengambilan
sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus Slovin, bahwasanya diperoleh
jumlah responden 84 dari jumlah populasi 520 jiwa. Analisis data dalam
penelitian ini menggunakan Analisis Regresi Linier Sederhana.
Secara umum dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi
masyarakat tentang bank syariah berpengaruh terhadap minat menabung di
perbankan syariah, karena semakin banyak informasi dan pengetahuan yang
diperoleh masyarakat akan semakin mendorong minat menabung masyarakat di
perbankan syariah.
Berdasarkan hasil penelitian dengan analisis regresi sederhana
menggunakan uji t parsial menunjukkan bahwa persepsi masyarakat berpengaruh
signifikan terhadap minat menabung di perbankan syariah.
A. Kesimpulan
Setelah melakukan serangkaian analisis data maka kesimpulan dari penelitian
ini adalah:
1. Secara umum dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi
masyarakat tentang bank syariah berpengaruh terhadap minat menabung di
perbankan syariah, karena semakin banyak informasi dan pengetahuan yang
diperoleh masyarakat akan semakin mendorong minat menabung masyarakat
di perbankan syariah.
2. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa, persepsi masyarakat berpengaruh
positif dan signifikan terhadap minat menabung. Dari hasil pengujian
hipotesis didapatkan nilai t hitung sebesar 5,077 sedangkan t tabel sebesar
1,989 atau t hitung > t tabel , nilai probabilitas signifikansi untuk variabel persepsi
masyarakat sebesar 0,000 di bawah 0,05 atau 0,000 < 0,05. Hal ini berarti H 0
ditolak dan H 1 diterima.
B. Implikasi Penelitian
Berdasarkan hasil penelitian, pembahasan dan simpulan di atas, maka
penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan acuan bagi kemajuan Bank Syariah di
Kabupaten Bone. Implikasi yang diharapkan dari penelitian ini adalah peneliti
berikutnya diharapkan untuk mengembangkan dan menyempurnakan penelitian lebih
lanjut di masa yang akan datang. Pengembangan penelitian dapat diarahkan pada
penggunaan variabel-variabel lain yang mungkin mempengaruhi minat menabung
masyarakat, sehingga dapat menghasilkan model regresi penelitian yang dapat
memprediksi secara lebih akurat.
Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan dan memberi manfaat bagi
Bank Syariah dalam mempromosikan produk-produknya ke masyarakat sehingga
dapat diminati oleh seluruh masyarakat.
syariah terhadap minat menabung di perbankan syariah. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui apakah variabel persepsi masyarakat berpengaruh terhadap
minat menabung masyarakat di perbankan syariah.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengambilan
sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus Slovin, bahwasanya diperoleh
jumlah responden 84 dari jumlah populasi 520 jiwa. Analisis data dalam
penelitian ini menggunakan Analisis Regresi Linier Sederhana.
Secara umum dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi
masyarakat tentang bank syariah berpengaruh terhadap minat menabung di
perbankan syariah, karena semakin banyak informasi dan pengetahuan yang
diperoleh masyarakat akan semakin mendorong minat menabung masyarakat di
perbankan syariah.
Berdasarkan hasil penelitian dengan analisis regresi sederhana
menggunakan uji t parsial menunjukkan bahwa persepsi masyarakat berpengaruh
signifikan terhadap minat menabung di perbankan syariah.
A. Kesimpulan
Setelah melakukan serangkaian analisis data maka kesimpulan dari penelitian
ini adalah:
1. Secara umum dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi
masyarakat tentang bank syariah berpengaruh terhadap minat menabung di
perbankan syariah, karena semakin banyak informasi dan pengetahuan yang
diperoleh masyarakat akan semakin mendorong minat menabung masyarakat
di perbankan syariah.
2. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa, persepsi masyarakat berpengaruh
positif dan signifikan terhadap minat menabung. Dari hasil pengujian
hipotesis didapatkan nilai t hitung sebesar 5,077 sedangkan t tabel sebesar
1,989 atau t hitung > t tabel , nilai probabilitas signifikansi untuk variabel persepsi
masyarakat sebesar 0,000 di bawah 0,05 atau 0,000 < 0,05. Hal ini berarti H 0
ditolak dan H 1 diterima.
B. Implikasi Penelitian
Berdasarkan hasil penelitian, pembahasan dan simpulan di atas, maka
penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan acuan bagi kemajuan Bank Syariah di
Kabupaten Bone. Implikasi yang diharapkan dari penelitian ini adalah peneliti
berikutnya diharapkan untuk mengembangkan dan menyempurnakan penelitian lebih
lanjut di masa yang akan datang. Pengembangan penelitian dapat diarahkan pada
penggunaan variabel-variabel lain yang mungkin mempengaruhi minat menabung
masyarakat, sehingga dapat menghasilkan model regresi penelitian yang dapat
memprediksi secara lebih akurat.
Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan dan memberi manfaat bagi
Bank Syariah dalam mempromosikan produk-produknya ke masyarakat sehingga
dapat diminati oleh seluruh masyarakat.
Ketersediaan
| SFEBI20190245 | 245/2019 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
245/2019
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Arab
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
