Penerapan Metode Brain Storming Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk Dapat Meningkatkan Keaktifan Siswa Smp Negeri 2 Ulaweng

No image available for this title
Skripsi ini membahas tentang penerapan metode brain storming dalam
pembelajaran pendidikan agama islam untuk dapat meningkatkan keaktifan siswa
SMP Negeri 2 Ulaweng. Kegunaan penelitian yang dilakukan adalah kegunaan ilmiah
dan kegunaan praktis.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, penulis mengumpulkan
data dengan menggunakan teknik observasi, kuiesioner (angket) dan dokumentasi,
yaitu suatu metode yang digunakan dengan jalan mendatangi lokasi penelitian, dan
mengadakan pengamatan langsung terhadap objek yang diteliti. Jenis penelitian yang
dilakukan yaitu penelitian kuantitatif khususnya penelitian tindakan kelas, dengan
menggunakan pendekatan paedagogik, dan psikologis.
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang disampaikan maka dapat
disimpulkan bahwa penerapan metode brain storming dalam pembelajaran
Pendidikan Agama Islam di kelas VII A SMP Negeri 2 Ulaweng dapat dikatakan
berhasil dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa, dimana dapat dilihat dari tabel
perbandingan siklus I dan siklus II terjadi peningkatan skor keaktifan siswa serta
dapat dibuktikan dari observasi dan angket yang telah dibagikan kepada siswa dimana
presentase setiap butir yang berjumlah 9 butir melebihi kriteria keaktifan nilai respon
siswa yaitu ≥ 50%.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang disampaikan pada Bab
III maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode brain storming dalam
pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VII A SMP Negeri 2 Ulaweng
dapat dikatakan berhasil dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa, dimana
dapat dilihat dari tabel perbandingan siklus I dan siklus II terjadi peningkatan skor
keaktifan siswa serta dapat dibuktikan dari observasi dan angket yang telah
dibagikan kepada siswa dimana presentase setiap butir yang berjumlah 9 butir
melebihi kriteria keaktifan nilai respon siswa yaitu ≥ 50% .
B. Implikasi
1. Bagi sekolah
Hendaknya sarana dan prasaran serta fasilitas pembelajaran disediakan
agar proses belajar mengajar tidak terhambat sehingga kualitas dan mutu
pendidikan di sekolah dapat meningkat
2. Bagi guru
Hendaknya guru dapat menerapkan berbagai metode atau teknik dalam
mengajar misalkan saja metode brain storming agar siswa mampu berperan
aktif dalam proses belajar mengajar bukan hanya guru.
3. Bagi siswa
Hendaknya memusatkan perhatian kepada proses pembelajaran,
menumbuhkan motivasi dalam diri untuk belajar, berani bertanya kepada guru
tentang pelajaran yang belum dimengerti dan berani mengeluarkan pendapat
ketika sedang berdiskusi baik dengan guru maupun dengan siswa lainnya.
4. Bagi peneliti
Penelitian mengenai penerapan metode brainstorming dalam
pembelajaran Pendidikan Agama Islam hendaknya lebih dikembangkan
dengan menggabungkan metode pembelajaran jenis yang lain agar proses
pembelajaran bisa lebih kondusif dan lebih aktif.
Ketersediaan
STAR20210348348/2021Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

348/2021

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top