Peran Guru PAI dalam Mencegah Dampak Negatif Penggunaan Media Sosial pada Siswa SMAN 13 WajoKecamatan Bola Kabupaten Wajo

No image available for this title
Skripsi ini membahas Peran Guru PAI Dalam Mencegah Dampak Negatif
Penggunaan Media Sosial Pada Siswa SMA Negeri 13 Wajo, hal yang penting dikaji
skripsi ini yaitu dampak negatif media sosial pada siswa SMAN 13 Wajo, strategi
guru pendidikan agama Islam dalam mencegah dampak negatif penggunaan media
sosial pada siswa SMAN 13 Wajo, hambatan guru pendidikan agama Islam dalam
mencegah dampak negatif media sosial pada siswa SMAN 13 Wajo.
Untuk memudahkan memecahkan masalah tersebut, digunakan metode
penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan paedagogik, psikologi, sosiologi
dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Data yang diperoleh dianalisis dengan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian dan
dan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, Dampak negatif penggunaan
media sosial pada siswa SMA Negeri 13 Wajo ada tiga, yaitu melihat konten negatif,
pengaruh perilaku buruk dan kecanduan. Kedua strategi guru pendidikan agama Islam
dalam mencegah dampak negatif penggunaan media sosial pada siswa SMA Negeri
13 Wajo, yaitu melakukan pendekatan, melakukan pemeriksaan, memberikan arahan
dalam penggunaan media sosial dan memberikan bimbingan ajaran agama Islam.
Ketiga Hambatan guru pendidikan agama Islam dalam mencegah dampak negatif
media sosial pada siswa SMA Negeri 13 Wajo, yaitu 1) adanya covid 19, 2) Kurang
dukungan orang tua siswa, dan 3) Pengaruh lingkungan sekitar juga nerupakan faktor
penghambat pencegahan dampak negatif penggunaan media sosial.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dampak negatif media sosial
memberikan pengaruh yang buruk pada siswa, strategi yang digunakan guru PAI
dalam mencegah dampak negatif media sosial pada siswa sudah diterapkan dengan
baik, meskipun ada beberapa hambatan yang dihadapi guru PAI dalam mencegah
dampak negatif penggunaan media sosial. Bedasarkan kesimpulan penelitian, maka
penulis merekomendasikan saran yaitu guru PAI untuk hendaknya tetap
melaksankan perannya dalam mencegah dampak negatif penggunaan media sosial
seoptimal mungkin, dan lebih memperhatikan keadaan siswa yang masih butuh
bimbingan pengajaran dan keadaan siswa yang sudah mampu menggunakan media
sosial dengan bai
A. Simpulan
1. Dampak negatif media sosial pada siswa SMA Negeri 13 Wajo, yaitu
melihat konten negatif, pengaruh perilaku buruk dan kecanduan dari
ketiga dampak negatif penggunaan media sosial ada beberapa siswa yang
mengalami dampak negatif dari penggunaan media sosial tersebut.
2. Strategi guru pendidikan agama Islam dalam mencegah dampak negatif
penggunaan media sosial pada siswa SMA Negeri 13 Wajo, yaitu
melakukan pendekatan, melakukan pemeriksaan, memberikan arahan
dalam penggunaan media sosial dan memberikan bimbingan ajaran agama
Islam. Tujuan strategi digunakan agar siswa dapat belajar pendidikan
agama Islam dengan benar dan terhindar dari dampak negatif penggunaan
media sosial.
3. Hambatan guru pendidikan agama Islam dalam mencegah dampak negatif
media sosial pada siswa SMA Negeri 13 Wajo, yaitu 1) Adanya covid 19
dengan adanya covid 19 siswa lebih sulit dikontrol dalam proses belajar
mengajar, malas mengerjakan tugas dan guru mengalami kesusahan dalam
melakukan pencegahan dampak negatif penggunaan media sosial dengan
adanya covid 19, 2) Kurang dukungan orang tua siswa, dan 3) Pengaruh
lingkungan sekitar juga merupakan faktor penghambat dalam pencegahan
dampak negatif penggunaan media sosial.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut maka di bawah ini akan
diuraikan saran. Adapun saran penulis yang maksudkan dalam pembahasan skripsi ini
adalah sebagai berikut:
1. Kepada guru pendidikan agama Islam hendaknya tetap melaksankan perannya
dalam mencegah dampak negatif penggunaan media sosial
seoptimal mungkin, dan lebih memperhatikan keadaan siswa yang masih butuh
bimbingan pengajaran dan keadaan siswa yang sudah mampu menggunakan
media sosial dengan baik.
2. Setelah penulisan skripsi ini diharapkan mampu memberikan kontsribusi di
dalam dunia pendidikan formal, nonformal, maupun informal.
Ketersediaan
STAR2021000202/2021Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

02/2021

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyahh

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top